Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDavid Mudumi Telah diubah "5 tahun yang lalu
2
Keluaran
3
4 peristiwa penting dari sejarah jaman purba (pasal 1-11) (pasal 1-11) _________________ 4 peristiwa penting dari sejarah jaman purba (pasal 1-11) (pasal 1-11) _________________ 56 Penciptaan Kejatuhan Air Bah Bangsa-bangsa Kuis Tinjauan pada Kejadian:
4
4 tokoh penting dari Sejarah Patriakh (pasal 12-50) _________________ 4 tokoh penting dari Sejarah Patriakh (pasal 12-50) _________________ 56 Abraham Ishak Yakub Yusuf Kuis Tinjauan pada Kejadian:
5
©2003 TBBMI 7.5.03a. 19 Kata Kunci di Kejadian: 56
6
Patriarchal Family Tree Terah HaranNahorAbraham Lot Betuel (Hagar) Ismael (Sara) Ishak Laban Ribka Lea Esau ( Lea) Ruben, Simeon, Isakhar, Zebulon, Lewi, Yehuda (Zilpa) Gad, Asyer (Bilha ) Dan, Naftali (Rahel) Yusuf, Benyamin Efraim Rahel Yakub Manasye 91 Hijau = garis berkat hak kesulungan meskipun bukan yang pertama lahir/bukan anak sulung (1 Kor. 5:1-2) menikah
7
Kematian Yusuf “Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempahi, dan ditaruh dalam peti mati di Mesir (50:26 LAI) (Ayat terakhir Kejadian) Kanaan Mesir
8
Walk Through The Bible ©1989 “Keluar-Kita”
9
Penindasan Pembebasan Wahyu Ibadah Penindasan Pembebasan Wahyu Ibadah Peristiwa di Keluaran
10
Gereja Allah Bangsa Patriakh Suku-suku Israel Imam Rasul Juruselamat Nabi Raja Hakim-hakim Auto Transisi Siapa?
11
Exodus Progression Gereja Allah Bangsa Patriarkh Suku-suku Israel Imam Rasul Juruselamat Nabi Raja Hakim-hakim KELUARAN Auto transition
12
10001000 10001000 20002000 20002000 0 0 10001000 10001000 20002000 20002000 30003000 30003000 Bah Penciptaan Abraham Daud Yesus Kini Penciptaan Baru Gereja Raja Suku-suku KELUARAN Manual transition from here on Garis waktu
13
Frase Kunci Keluaran Pembentukan sebuah bangsa dimulai
14
Judul 99 Judul Ibrani untuk Keluaran adalah “Dan inilah nama-nama" ( tAmv. hL,aeªw> we'elleh shemoth), diambil dari frase pertama yang mengikuti kebiasaan kuno untuk penamaan teks (LaSor 131)
15
Judul 99 Dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia “Keluaran”: Exodus (“yang keluar") terjemahan dari Judul Yunani dari e;k, “keluar,” dan o[doj, “jalan” = keluar, keberangkatan, atau yang keluar.Dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia “Keluaran”: Exodus (“yang keluar") terjemahan dari Judul Yunani dari e;k, “keluar,” dan o[doj, “jalan” = keluar, keberangkatan, atau yang keluar. Israel meninggalkan Mesir hanya membutuhkan beberapa pasal, tetapi penekanan kunci dalam buku ini membuat kata “Keluaran” menjadi tepatIsrael meninggalkan Mesir hanya membutuhkan beberapa pasal, tetapi penekanan kunci dalam buku ini membuat kata “Keluaran” menjadi tepat
16
Kepenulisan 99 Bukti-bukti Eksternal Kitab Suci dan tradisi, keduanya mengaitkan Musa sebagai penulis Keluaran sejak jaman Yosua (Yos 8:30-32)
17
Kepenulisan 99 Bukti Internal untuk Kepenulisan Musa Beberapa ayat menunjuk langsung kepada Musa. Ini masuk akal karena tidak ada orang lain yang lebih berkualitas dari Musa untuk menulis buku ini Penulis adalah saksi mata dari Keluaran seperti yang diperlihatkan kitab ini pengenalannya terhadap kebiasaan dan iklim di Mesir serta tanaman, binatang dan daerah padang gurun. Kitab ini juga memberikan bukti sebuah konsistensi karakteristik gaya penulis tunggal.
18
Tanggal 99 Penulisan Kitab Keluaran oleh Musa ditempatkan pada masa hidupnya (1525-1405) Lebih khusus lagi, Keluaran mencakup sejarah Israel hanya sampai perkemahan di Gunung Sinai pada tahun 1444 SM, dengan asumsi itu adalah tanggal awal dari Keluaran Adalah logis bahwa Musa mencatat kejadian tersebut tidak lama setelah peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1444 SM
19
Penerima 99
20
Peristiwa 99 Musa tahu bahwa ia akan segera mati, itu sebabnya dia mencatat kelahiran Israel sebagai bangsa yang akan membawa pemerintahan Allah di muka bumi.Musa tahu bahwa ia akan segera mati, itu sebabnya dia mencatat kelahiran Israel sebagai bangsa yang akan membawa pemerintahan Allah di muka bumi. Hal ini memberikan ingatan abadi kepada Israel akan karya tangan Allah, terutama dalam pembebasan Israel dari Mesir.Hal ini memberikan ingatan abadi kepada Israel akan karya tangan Allah, terutama dalam pembebasan Israel dari Mesir.
21
Karakteristik 99 Keluaran berisi lebih banyak informasi mengenai hal- hal berikut ini dibanding kitab-kitab lain dalam Kitab Suci: Paskah Taurat Tabernakel Keluaran meletakkan dasar bagi Hukum Musa secara keseluruhan.
22
100 Alasan Keluaran mulai dari penutup Kejadian – Keluarga Yakub di Mesir sedang menantikan pemenuhan janji Allah kepada Abraham Keluaran mencatat bagaimana Allah campur tangan dalam pemenuhan janji tersebut dengan mulai membentuk keluarga Yakub menjadi sebuah bangsa yang mana akan berada dibawah pemerintahan Allah sebagai sebuah teokrasi
23
Kata Kunci 98
24
100 Apa yang dibutuhkan untuk membentuk suatu bangsa Apa yang dibutuhkan untuk membentuk suatu bangsa ?
25
Untuk menjadi suatu bangsa, Israel membutuhkan tiga hal: (1) kemerdekaan (2) pemerintah (3) tanah Keluaran mencatat dua pertama dari tiga kebutuhan tersebut. Yang kurang dari karakteristik suatu bangsa adalah tanah, yang mana didapatkan dalam kitab Yosua 100 Alasan
26
Garis Besar Pembentukan suatu bangsa dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima pembebasan dari perbudakanMenerima Hukum dari Tuhan Israel Keluar dari Mesir NarasiPembentukan Undang-undang Bangsa yang merdekaPemerintah PenindasanPembebasanArahan/Petunjuk MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Kerja Keras & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Proteksi (12—18) Perjanjian Dinyatakan (19—31) Perjanjian Disahkan (32—40) Musa sebagai pelarian yang kembali Musa sebagai pemimpin di padang gurun Musa sebagai pengantara Musa sebagai pemberi hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah-Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketentuan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3-Bagian Perjanjian (20–31) Kesalahan & Pembaharuan (32–34) Tabernakel Dibangun (35–40) 98
27
GarisBesar 98 Pembentukan suatu bangsa dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima pembebasan dari perbudakanMenerima Hukum dari Tuhan Israel Keluar dari Mesir NarasiPembentukan Undang-undang Bangsa yang merdekaPemerintah PenindasanPembebasanArahan/Petunjuk MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Kerja Keras & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Proteksi (12—18) Perjanjian Dinyatakan (19—31) Perjanjian Disahkan (32—40) Musa sebagai pelarian yang kembali Musa sebagai pemimpin di padang gurun Musa sebagai pengantara Musa sebagai pemberi hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah-Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketentuan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3-Bagian Perjanjian (20–31) Kesalahan & Pembaharuan (32–34) Tabernakel Dibangun (35–40)
28
Garis Besar 98 Pembentukan suatu bangsa dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima pembebasan dari perbudakanMenerima Hukum dari Tuhan Israel Keluar dari Mesir NarasiPembentukan Undang-undang Bangsa yang merdekaPemerintah PenindasanPembebasanArahan/Petunjuk MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Kerja Keras & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Proteksi (12—18) Perjanjian Dinyatakan (19—31) Perjanjian Disahkan (32—40) Musa sebagai pelarian yang kembali Musa sebagai pemimpin di padang gurun Musa sebagai pengantara Musa sebagai pemberi hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah-Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketentuan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3-Bagian Perjanjian (20–31) Kesalahan & Pembaharuan (32–34) Tabernakel Dibangun (35–40)
29
©2003 TBBMI 7.5.03b. 7 7 57 Buku Pegangan hal. 24-25 Yusuf Sphinx dan Piramida Besar
30
Bagaimana Kedaulatan Allah ditunjukkan dalam Keluaran 1-11? Kutip semua cara dan referensinya 1–23–45:1–7:137:14–11:10
31
BatuRosetta Kunci untuk memahami hiroglif Mesir Tengah: Demotik Mesir Bawah: Yunani 105b Atas: Hiroglif
32
Orang Mesir tidak menyukai orang Israel karena pekerjaan mereka sebagai peternak
33
Mesir Menindas Israel dengan Kejam
34
Kekuasaan “Utama”
35
Siapa yang lebih berkuasa – Firaun atau Yahweh?
36
Batu Bata
37
Bidan Ibrani menghadap Firaun (Keluaran 1:15-22)
38
Musa “dihanyutkan di S. Nil” (Kel. 1:22)
39
Ratu Hatshepsut Musa terdengar seperti bahasa Ibrani :”yang ditarik keluar “ (2:10)
40
At that time Moses was born, and he was no ordinary child. For three months he was cared for in his father’s house. When he was placed outside, Pharaoh’s daughter took him and brought him up as her own son. (NIV) Terjemahan harafiah: Pada waktu itulah Musa lahir, dan dia bukan anak yang biasa, selama tiga bulan dia diasuh dirumah ayahnya. Ketika dia dibuang, putri Firaun mengambilnya dan mengasuhnya seperti anaknya sendiri LAI(LembagaAlkitabIndonesia): Pada watu itulah Musa lahir dan ia elok di mata Allah. Tiga bulan lamanya ia diasuh dirumah ayahnya. Lalu ia dibuang, tetapi puteri Firaun memungutnya dan menyuruh mengasuhnya seperti anaknya sendiri At that time Moses was born, and he was no ordinary child. For three months he was cared for in his father’s house. When he was placed outside, Pharaoh’s daughter took him and brought him up as her own son. (NIV) Terjemahan harafiah: Pada waktu itulah Musa lahir, dan dia bukan anak yang biasa, selama tiga bulan dia diasuh dirumah ayahnya. Ketika dia dibuang, putri Firaun mengambilnya dan mengasuhnya seperti anaknya sendiri LAI(LembagaAlkitabIndonesia): Pada watu itulah Musa lahir dan ia elok di mata Allah. Tiga bulan lamanya ia diasuh dirumah ayahnya. Lalu ia dibuang, tetapi puteri Firaun memungutnya dan menyuruh mengasuhnya seperti anaknya sendiri KPR 7:20-21
41
Miryam (Kel. 2:4)
42
Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya KPR 7:22 (LAI)
43
Thutmose III Pelarian Musa
44
Lokasi Midian
45
Amenophis II Keluaran 3:1-4:17 Semak yang menyala
46
1. Siapa Saya (3:11)? 2. Siapa Engkau (3:13)? 3. Bagaimana jika saya gagal (4:1)? 4. Saya tidak punya karunia (4:10) 5. Saya tidak mau terlibat (4:13) ALASAN
47
Lokasi Mesir Midian Midian Mesir Padang Gurun Tanggal 1525-1485 S.M. 1485-1445 S.M. 1445-1405 S.M. Referensi Kel 2:1-10 Kel 2:11- 25 Kel 3:1- Ul 34:8 Periode 40 tahun Pangeran 40 tahun Gembala 40 tahun Pemimpin 100 Kehidupan Musa
48
Garis Besar 98 Pembentukan suatu bangsa dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima pembebasan dari perbudakanMenerima Hukum dari Tuhan Israel Keluar dari Mesir NarasiPembentukan Undang-undang Bangsa yang merdekaPemerintah PenindasanPembebasanArahan/Petunjuk MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Kerja Keras & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Proteksi (12—18) Perjanjian Dinyatakan (19—31) Perjanjian Disahkan (32—40) Musa sebagai pelarian yang kembali Musa sebagai pemimpin di padang gurun Musa sebagai pengantara Musa sebagai pemberi hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah-Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketentuan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3-Bagian Perjanjian (20–31) Kesalahan & Pembaharuan (32–34) Tabernakel Dibangun (35–40)
49
1. Air menjadi darah 2. Katak 3. Nyamuk 4. Lalat Pikat 5. Penyakit Sampar pada Ternak 6. Barah 7. Hujan Es 8. Belalang 9. Gelap Gulita 10. Kematian Anak Sulung 1. Air menjadi darah 2. Katak 3. Nyamuk 4. Lalat Pikat 5. Penyakit Sampar pada Ternak 6. Barah 7. Hujan Es 8. Belalang 9. Gelap Gulita 10. Kematian Anak Sulung Keluaran 7-12 10 Tulah
50
IRS Plague Untung Bagi Mesir, Tulah Kesebelas itu Tidak Diperlukan. Untung Bagi Mesir, Tulah Kesebelas itu Tidak Diperlukan. PETUGAS PAJAK PETUGAS PAJAK PETUGAS PAJAK PETUGAS PAJAK
51
Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh— Keluaran 12:12 (LAI) dan kepada semua allah di Mesir akan kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN. dan kepada semua allah di Mesir akan kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN. Arti Tulah-Tulah Tersebut
52
Mereka berangkat dari Rameses pada bulan yang pertama, pada hari yang kelima belas bulan yang pertama itu; pada hari sesudah Paskah berjalanlah orang Israel keluar, oleh tangan yang dinaikan, di depan mata semua orang Mesir Bilangan 33:3-4 (LAI) Mengingat Kembali Makna Keluaran
53
Sebab TUHAN telah menjatuhkan hukuman-hukuman kepada para allah mereka Sebab TUHAN telah menjatuhkan hukuman-hukuman kepada para allah mereka Bilangan 33:4 (LAI) Mengingat Kembali Makna Keluaran
54
Firaun dalam Perbudakan Roh Jahat
55
106 Tulah-Tulah dan Para Dewa Mesir John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, edisi 2., 85 Tulah-Tulah dan Para Dewa Mesir John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, edisi 2., 85 TULAH Referensi DIARAHKAN TERHADAP PARA DEWA MESIR AIR SUNGAI NIL MENJADI DARAH Keluaran 7:14-25 Khnum: penjaga Sungai Nil Hapi: roh Sungai Nil Osiris: Nil adalah Aliran Darah KATAK Keluaran 8:1-1.5 Heqt: dewa berbentuk katak; dewa kebangkitan NYAMUK Keluaran 8:16-19 LALAT PIKAT Keluaran 8:20-32 SAMPAR PADA TERNAK Kelurran 9:1-7 Hathor: dewi ibu; berbentuk sapi Apis: dewa lembu; Ptah: simbol kesuburan Mnevis: lembu keramat dari Heliopolis
56
106 BARAH Keluaran 9:5-12 Imhotep: dewa kesembuhan HUJAN ES Keluaran 9:13-35 Nut: dewi langit Isis: dewi kehidupan Seth: dewa pelindung tanaman BELALANG Keluaran l0:1-20 Isis: dewi langit Seth: dewa pelindung tanaman GELAP GULITA Keluaran 10:21-29 Re, Aten, Atum, Horus: semua bentuk dewa matahari KEMATIAN ANAK SULUNG Keluaran 11:1-12:36 dewa Firaun: Osiris, Pemberi Kehidupan TULAH REFERENSI Tulah-Tulah dan Para Dewa Mesir Tulah-Tulah dan Para Dewa Mesir John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, ed. 2, 85 DIARAHKAN TERHADAP PARA DEWA MESIR
57
Rute Alternatif Keluaran http://www.comingoutofegypt.com/map-of-exodus.pdf
58
Rute Keluaran
59
Amenophis II Melintasi Laut Teberau
60
Keluaran membawa iman! L. Teberau Lihat Kel 14 SAYA PIKIR KALIAN MEMILIKI MASALAH SERIUS MENGENAI IMAN
61
87 Kerajaan Baru Para Firaun Dinasti Kedelapanbelas Nama Keterangan Masa Pemerintahan Pengganti Kamose Penguasa Perempuan yg langkah Penguasa pada masa awal Keluaran Berdirinya monoteisme sederhana Periode menyembah Aten Mantan Jenderal dan penasehat Tutankhamun Diadaptasi dari http://en.wikipedia.org/wiki/Pharaoh#Eighteenth_Dynasty
62
* Para ahli mengenai Mesir yang lain mengatakan Rameses memulai pemerintahannya pada tahun 1304 atau 1292-1290. Penanggalan yang pasti sulit ditentukan. 87 Kerajaan Baru Para Firaun Abad Kesembilanbelas Nama Keterangan Masa Pemerintahan Rameses Agung II Penguasa pada masa Musa *1279-1212 menurut dukungan tanggal terakhir Penguasa Perempuan yg langkah Diadaptasi dari http://en.wikipedia.org/wiki/Pharaoh#Eighteenth_Dynasty
63
Amenophis II
64
Abraham (2166-1991) 13001300 13001300 12001200 12001200 14001400 14001400 15001500 15001500 16001600 16001600 17001700 17001700 18001800 18001800 19001900 19001900 20002000 20002000 Yusuf (1915-1805) 1445 1290 Animasi Manual untuk 1445 setelah Saya membahas 1290 Garis Waktu Keluaran yang diusulkan
65
Abraham (2166-1991) 13001300 13001300 12001200 12001200 14001400 14001400 15001500 15001500 16001600 16001600 17001700 17001700 18001800 18001800 19001900 19001900 20002000 20002000 Yusuf (1915-1805) 1445 1290 Musa (1525-1405) Garis Waktu Keluaran yang awal
66
108 Kontras Kronologis Masa Menetap di Mesir 400 TAHUN MENETAP 430 TAHUN MENETAP SOJOURN 215 TAHUN MENETAP KELUARAN AKHIR KRITIKAL Menetap di Mesir 1660-1446 Perbudakan 1580 Egyptian Sojourn 1875-1446 Perbudakan 1730 or 1580 Pengembaraan 1446-1405 Penaklukan dan Msa Hakim-Hakim 1406-1050 Pengembaraan 1446-1405 Penaklukan dan Msa Hakim-Hakim 1406-1050 21 00 Para Patriakh 2135-1774 Menetap di Kanaan 1875-1845 Migrasi ke Mesir 1845 Menetap di Mesir 1845-1445 Perbudakan 1730? 20 00 19 00 18 00 17 00 16 00 15 00 14 00 13 00 12 00 11 00 10 00 9 00 Para Patriakh 2166-1805 Menetap di Kanaan 2090-1876 Migrasi ke Mesir 1876 Pengembaraan 1445-1405 Penaklukan dan Msa Hakim-Hakim 1405-1050 Kerajaan Bersatu 1050-931 Kerajaan Bersatu 1050-931 Keluaran Para Patriakh 1952-1589 Menetap di Kannan 1875-1660 Migrasi ke Mesir 1660 Kerajaan Bersatu 1050-931 Keluaran Menetap di Mesir 1650-1230 Perbudakan 1580 (Tidak ada pengembaraan) Penaklukan dan Msa Hakim-Hakim 1230-1025 Kerajaan Bersatu 1025-931 Keluaran Para Patriakh 1950- 1650 Menetap di Kanaan ?-1650 Migration to Egypt 1650 Menetap di Mesir 1350-1230 (tidk ada Keluaran & pengembaraan 40 th) Penaklukan dan Msa Hakim- Hakim Kerajaan Bersatu 1025-931 Para Patriakh 1500-1300 Migrasi Bertahap ke Mesir diadaptasi (kolom 1 ditambahkan) dari John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 99
67
108a Evaluasi Kronologis Masa Menetap di Mesir Menurut saya pandangan-pandangan ini adalah daftar terbaik dari perspektif yg buruk. Pandangan 400 TAHUN MENETAP 430 TAHUN MENETAP CRITICAL Keluaran Awal Awal Awal Akhir Migrasi Bertahap Menetap di Mesir 400430215420120 Tahun-Tahun Kebebasan Tidak ditentukan295 atau 1458070120 Tahun-Tahun Perbudakan <400135 atau 285135350tidak ada (sebuah mitos) Teks Kel. 12:40 Pentateukh versi LXX & Samaritan TM (Teks Massorete) Pentateukh LXX & Samaritan TM (Teks Massorete) Tidak Penting PopularitasSedikitPaling UmumUmumInjili sedikit Kebanyakan Liberal Kebanyakan Liberal Dukungan: Kej. 15:13 (menetap 400 thn) KPR 13:19-20 “sekitar 450 thn" = 400 + 40 + 7 = 447 thn. Kel. 12:40 “orangIsrael" menunjuk Kej. 35:10 (1875 SM ) untuk memulai 430 thn sejak sejak bangsa ini disebut“Israel” Menurut TM Kel. 12:40 Alkitab kadang menggunakan pembulatan (Lihat beberapa halaman berikutnya untuk argumen tanggal lebih awal) Menurut TM Kel. 12:40 Raja baru dalam Kej 1 adalah orang Mesir asli setelah kaum Hiksos Tgl yg lebih akhir dari Perjanjian Abrm (1875 SM), Yakub masuk Mesir (1660 SM) ada 215 thn Arkeologi mendukung penghancuran beberapa kota Kanaan pada abad 13 (Lihat hal berikutnya utk argumen tgl yg lbh awal) Kota Ramese (Kel 1:11)harus sudah dibangun setelah Ramese II (1300 SM) krn itu adlh namanya 215 TAHUN MENETAP KELUARAN AKHIR KRITIKAL Berkorelasi dgn adaptasi saya dari John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, ed 2., 99
68
109 Bukti Tanggal Awal John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, ed 2., 102-3 十五世纪证据十三世纪反驳 列王纪上 6:1 指定四百八十年从逃 亡到所罗门的奉献神殿。奉献是 966 。这使得 1446 年的外流。 480 年有可能是 12 代( 12x40 = 480 ) 。实际上,一代是大约 25 年,使实际年数为 300 。 。 “ 梦石碑 ” 上的图特摩斯四使狮 身人面像的证据表明,图特摩斯 是不合法的王位继承人。将是合 乎逻辑的长子因瘟疫而病死。 只是其中一个可能性。没有证据 证明法王之长子死于瘟疫。 在士师记里, Jephthah 说明了当 时与征服相隔了 300 年。这是 15 世纪初埃及的说法。 Jepthah 所说的只是大概,而并不 是通过任何史记。 支持圣经年表摩西,法老统治必 须有超过 40 年。摩西留在旷野, 直到法老死亡。只有 2 可能性: 图特摩斯三世,拉美西斯本人 摩西于米甸人在一起 40 年不是个 真正的年代学证据 在过去的水平 Hazor ,抹去了巴 拉克和德博拉,包含 Mycenana IIIB 部陶器 ; 这就要求,在最近的 一个日期在 13 世纪后期。这推动 出埃及记要早得多。 50 年是足够的时间。 在阿玛尔纳片( 1440 )讲述的 动荡所造成的 “ 哈比鲁 ” 。这本来 是犹太人,可能归入一般类别。 “ 哈比鲁 ” 绝不能等同于以色列人。 在士师记里, ` 时间分配甚至重叠, 不能被压缩到一个半世纪允许由 一个 13 世纪的外流。 与重叠和理解象征性的时间跨度, 可以安装以下 BUKTI ABAD 15BANTAHAN ABAD 13 I Raja 6:1 menunjuk 480 thn dari Keluaran ke masa Salomo mendirikan Bait Allah thn 966 sM. Ini membuat thn Kel tahun 1446 sM Thn 480 lebih seperti 12 generasi (12X40=480). Faktanya, satu generasi sekitar 25 thn, jadi angka aktual sekitar 300 thn Prasasti “Mimpi” dari Thutmose IV di Spunik memberikan bukti bahwa Thustmose bukan pewaris tahta yg sah. Logiskah bahwa anak sulung mati krn tulah kesepuluh Hanya satu dari banyak kemungkinan. Tidak ada bukti bahwa tulah dalam Alkitab melibatkan kematian pewaris yang sah Dlm Hak 11:26 Yefta menetapkan 300 thn antara masanya (1100 BC) dan penaklukan. Ini tampaknya mengindikasikan sebuah Keluaran abad ke 15 Ini adalah sebuah generalisali atau perkiraan dan dugaan yg sedikit tidak akurat oleh Yefta yang tidak memiliki akses kepada catatan sejarah Untuk mendukungan kronologi alkitabiah dari Musa, Firaun harus sudah memerintah 40 thn. Musa tinggal di padang gurun sampai Firaun meninggal. Hanya ini kemungkinan yang ada: Thutmose III, Rameses II 40 tahun Musa berada di Median bukan sebuah referensi yang kronologis Lapisan terakhir di Hazor yang dipunahkan oleh Barak dan Deborah, menyimpan Tembikar Mycenaean IIIB. ini membutuhkan, paling lambat akhir abad 13. Hal ini mendorong Keluaran jauh lebih awal Ketumpantindihan Hakim-Hakim cukup mengakomodir hal ini. Prasasti Merneptah (1220) menyebut Israel sebagai nama. Mereka harus berada disana untuk Mesir menerima mereka sebagai satu bangsa. Limapuluh tahun adalah waktu yang cukup Batu Tulis Amarna (1400) menceritakan pergolakan yang disebabkan oleh “Habiru” Ini bisa jadi adalah Hebrew (Ibrani) yang diklasifikasikan dalam kategori yang umum Kata Habiru tidak bisa dijadikan cara untuk mengidentifikasikan orang-orang Israel Rentang waktu yang ditunjuk pada masa Hakim-Hakin, meski tumpang tindih tidak bisa diperas ke dalam satu setengah abad seperti yg dibolehkan oleh Keluaran abad ke- 13 dengan tumpang tindih dan pemahaman tentang sifat simbolik dari rentang waktu, itu dapat dicocokkan
69
110 John H. Walton, Chronological and Background Charts of the OT, 2d ed., 102-3 Early Date Responses 十三世纪的证据十五世纪证据 以东,莫阿布,和阿蒙的文明 是在 15 世纪后。以色列与他们 接触,所以外流必须在后。 。销毁 Lachish , Debir 和贝瑟 尔是在 13 世纪,如一层灰。 Lachish , Debir 和贝瑟尔不说, 被烧毁的时候,征服。层灰的 原因可能是埃及的征服。 在出埃及记 1 : 11 ,犹太人被说 已经建立了城市拉美西斯。这 必须是 13 世纪为纪念拉美西斯 二世建立的。 1 。名称 “ 拉美西斯 ” 使用更早超 过 13 世纪。 2 。市正在建立出 生前摩西 ; 从而在拉美西斯二世, 即使后期外流。 3 。 这是一储 蒇城市,而不是首都。 430 多年的出埃及记 12:40 不能 配合 Hyksos 期 希伯来人不必与 hyksos 有关。 有大量证据雅各前往埃及将近 150 年前开始的 Hyksos 时期。 图特摩斯三世不是一个伟大的 建设者,因此不适合的历史图 片。 虽然不知道是一个伟大的建设 者,图特摩斯三世是众所周知 的已经取得了一些建设项目中 的三角洲地区。 圣经没有提到巴勒斯坦入侵塞 蒂本人或拉美西斯二世。因此, 出埃及记必须是在 13 世纪和以 色列还没有在巴勒斯坦。 士师时期 “ 休息 ” 期间同于埃及 时期的严格控制。埃及入侵反 对迦南人。 推进出走回到手段推动始祖回 来,始祖不能回去任何更远。 有一样的证据,把始祖青铜我 中有把他们在中东铜牌二。 BUKTI ABAD 13BANTAHAN ABAD 15 Peradaban Edom, Moab, dan Amon belum eksis di abad ke-15. Karena Israel telah kontak dengan mereka dalam Keluaran, masa Keluaran harus lebih akhir Penemuan di kuil Timna menunjukkan setidaknya pada awal abad ke-14 peradaban telah ada di di Negev. Suku yang mengembara lebih awal dari pada itu Penghancuran Lakhis, Debir, dan Betel terjadi pada abad 13 sebagaimana yg diindikasikan oleh lapisan tanah. Lakhis, Debir dan Betel tidak dikatakan telah dibakar pada masa Penaklukan. Lapisan tanah tersebut bisa jadi disebabkan oleh penaklukan Mesir Dlm Keluaran 1:11, Israel dikatakan telah membangun kota Raam. Ini pasti untuk menghormati Taamses II yang berkuasa pada abad ke 13. (1) Nama “Raamses” banyak digunakan pada masa yang lebih awal dari abad ke-13. (2) Kota itu dibangun sebelum kelahiran Musa; jadi sebelum Rameses II, bahkan dengan Keluaran yg lebih akhir (3) Ini adalah kota perdagangan, bukan sebuah ibukota 430 tahun dalam Keluaran 12:40 tidak cocok dengan periode Dinasti Hiksos Orang-orang Ibrani tidak perlu dihubngkan dengan Hiksos. Ada bukti yang sangat kuat bahwa Yakub pergi ke mesir hampir 150 tahun sebelum periode Dinasti Hiksos dimulai. Thutmose III tidak dikenal sebagai pembangun yang besar dan oleh karena itu tidak pas dimasukan kedalam gambaran historikal Meski tidak terkenal sebagai soerang pembangun yang luar biasa, Thutmose III dikenal telah memiliki beberapa poyek bangunan di daerah delta Alkitba tidak menyebut invasi Palestina oleh Firaun SetiI atau Raamses II. Oleh karena itu Keluaran pasti di abad ke-13 dan Israel belum ada di Palestina sangat mungkin bahwa periode “tenang" selama periode Hakim-Hakim, masa kekuasaan Mesir semakin ketat. Invasi Mesir melawan bangsa-bangsa Kanaan. Mendorong Keluaran ke masa yang lebih awal berarti mendorong masa Patriakh lebih awal, dan para patriakh tidk bisa pergi lebih jauh lagi Ada banyak bukti menempatkan mereka di Masa Perunggu Tengah I sebagaimana bukti menempatkan mereka di Masa Perunggu Tengah II
70
Garis Besar 98 Pembentukan suatu bangsa dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima pembebasan dari perbudakanMenerima Hukum dari Tuhan Israel Keluar dari Mesir NarasiPembentukan Undang-undang Bangsa yang merdekaPemerintah PenindasanPembebasanArahan/Petunjuk MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Kerja Keras & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Proteksi (12—18) Perjanjian Dinyatakan (19—31) Perjanjian Disahkan (32—40) Musa sebagai pelarian yang kembali Musa sebagai pemimpin di padang gurun Musa sebagai pengantara Musa sebagai pemberi hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah-Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketentuan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3-Bagian Perjanjian (20–31) Kesalahan & Pembaharuan (32–34) Tabernakel Dibangun (35–40)
71
Allah lebih berkuasa dari semua dewa Mesir(12:29, 37)! Allah memenuhi janji-Nya pada hari itu (12:40-41; bdn. Kej. 15:15) Tipologi dari Domba Paskah(12:3-5, 27, 43, 46; bdn. Yoh 1:29; 19:36; 1 Kor. 5:7-8) Mengapa Keluaran begitu sangat penting?
72
Permulaan bangsa Israel (6:6-8) Penanggalan baru (12:2) Tanggapan iman untuk menerima kehidupan yang baru
73
Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumh-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah- tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir Keluaran 12:13 (LAI) Proteksi Paskah
74
Karena iman maka ia mengadakan Paskah dan pemercikan darah, supaya pembinasa anak-anak sulung jangan menyentuh mereka Ibrani 11:28 (LAI) Gambaran Iman
75
Pada keesokan harinya Yohanes melihatYesus datang kepadanya dan ia berkata: ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia Yohanes 1:29 (LAI) Gambaran Anak Domba
76
Sebab Anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus 1 Korintus 5:7 (LAI) Gambaran Salib
77
Iman kepada Anak Domba
78
“Inilah tubuhKu…”
79
Malaikat Maut Melewati Rumah- Rumah yang Bertandaka n Darah di Palang Pintunya
80
Peristiwa di Kitab Keluaran merujuk ke Perjanjian Lama… Salib Kristus merujuk ke Perjanjian Baru Ancaman
81
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
82
Perjalanan Keluar dari Tanah Mesir
83
Manna
84
I Kor 10:1-4 (LAI) 1 Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut. 2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut. 3 Mereka semua makan makanan rohani yang sama 4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.
85
Awan Keluaran 40
86
Laut Keluaran 12
87
Sang Pemimpin Keluaran 12
88
Makanan Keluaran 16
89
Air Keluaran 17
90
100-101 19–40 Menerima Hukum 1–18 Menerima Kemerdekaan Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Sintesis
91
Outline Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
92
101, 104 Outline I.(Pasal 1—18) Penebusan Israel dari Mesir secara ajaib dan pemeliharaan selama di padang gurun mengawali pembentukan Israel menjadi suatu bangsa yang kelak dipimpin oleh Daud dan keturunannya untuk menjadi bukti sejarah bagaimana bangsa ini seharusnya percaya kepada Tuhan. II.(Pasal 19—40) Israel menerima hukum lalu menolaknya, tetapi setelah Israel bertobat Tuhan menyatakan ulang dan memperbaharui perjanjian itu dengan memberikan kemah suci yang baru untuk menyatakan dosa dan membangun kekudusan dalam kerajaan dimana Tuhan berdiam sebagai rajanya.
93
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
94
Apa yang terjadi seandainya Bangsa Israel tidak melewati Sinai, tetapi langsung menuju tanah Kanaan dari Mesir? Pentingnya Gunung Sinai
95
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Months Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
96
Keluaran 19–40 Musa Menjadi Perantara Perjanjia n
97
Ayat Kunci 98 “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan FirmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagiKu kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel. ” (Keluaran 19:5-6) “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan FirmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagiKu kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel. ” (Keluaran 19:5-6)
98
Keluaran Pembentukan Israel menjadi suatu bangsa diawali dengan Tuhan sebagai raja yang melakukan penebusan dari Mesir secara ajaib dan pemberian Hukum Musa untuk mempersiapkan sebuah kerajaan yang kelak dipimpin oleh keturunan Yehuda agar dapat memerintah dengan menyatakan kekudusan dan kepercayaan kepada Tuhan. 98 KesimpulanKesimpulan
99
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan Penaklukan Pembebasan Pembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
100
Apa yang dimaksudkan oleh para penulis? “Meskipun perjanjian [Sinai] itu bersifat untuk selamanya dan tidak terbatas, tetapi perjanjian itu meminta kesetiaan dan ketaatan penuh kepada Tuhan” (p. 112)
101
Perjanjian AbrahamPerjanjian Musa Penerima (Tanggal & Tempat) Abraham sebagai perantara untuk semua bangsa 2060 SM, Urkasdim Musa sebagai perantara untuk Israel 1445 SM, Gunung Sinai Kitab Suci Kejadian 12:1-3 (tetapi dirumuskannya menjadi perjanjian dalam Kejadian 15) Keluaran 20—31 merupakan jantung-hatinya perjanjian Antara Tuhan & Satu orang (untuk suatu bangsa yang akan datang) Sebuah bangsa Lingkup Universal (“olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat”) Hanya Israel yang menerima hukum (Ul 4:8; Mzm 147:20) Sifat & Arti Anugerah (janji-janji) —primer (Apa yang Tuhan akan lakukan) Usaha (hukum-hukum) —sekunder (Bagaimana Tuhan akan melakukannya) Perbedaan Kedua Perjanjian Itu 116
102
Perjanjian AbrahamPerjanjian Musa PartisipasiAbraham tertidur (Kej 15:12) Israel setuju untuk taat (Kel 19:8) Analogi Ayah kepada anak (warisan tahta) Raja yang menaklukkan kepada budak (bangsa yang ditaklukkan) Tujuan Menjelaskan berkat yang diterima Israel itu untuk memotivasi mereka hidup benar oleh iman kepada ketetapan Tuhan untuk masa depan yang luar biasa (Kej 12:1; 15:1, 6) Menjelaskan bagaimana Israel dapat menerima berkat dalam perjanjian Abraham secepat dan sepenuhnya; tidak mengulangi atau memperluas perjanjian Abraham tetapi mengungkapkan tentang dosa (Rom 5:20; Gal. 3:19, 24) Janji Tanah, keturunan, dan berkat (tanpa indikasi waktu penggenapan) Berkat bagi yang taat dan kutuk bagi yang melanggar (Im 26; Ul 28) KondisiTak terbatas: “Aku akan…” Terbatas: “Jika kamu akan … maka Aku akan …” Perbedaan Kedua Perjanjian Itu
103
116 Perjanjian AbrahamPerjanjian Musa Akhir Tidak berakhir (Gal 3:15-18) sebagai sebuah perjanjian yang kekal (Kej 17:8) Berakhir saat kematian Kristus (Rom 7:6; 10:4; II Kor 3:7-11; Gal 5:1; Ibr 7:11-12) Bentuk Lisan (tidak ada ketetapan yang tertulis) Dituliskan di loh batu & Pentatuk Penekanan Berkat atas disiplin/penghakiman (lima “berkat” di Kej 12:1-3) Penghakiman/disiplin atas berkat (band. Ul 28:1-14 dengan 28:15-68) KristologiKeturunan utama (Kej 12:3) Dilambangkan dalam Kemah Suci (Ibr 8–10) Tanda Sunat (Kej 17:11)Sabat (Kel 31:13, 17) Perbedaan Kedua Perjanjian Itu
104
Sepuluh Hukum Tuhan Sebagai Jantung- hatinya Perjanjian Musa
105
©2003 TBBMI 7.5.03c. Ajaran yang Saleh dalam Tiga Hal: MORAL: Sepuluh Hukum Tuhan; dasar bagi sistem legal kita sekarang. MASSA: Bagaimana masyarakat seharusnya hidup bersama di dalam tatanan kehidupan sosial yang baru IBADAH: Bagaimana beribadah kepada Tuhan di dalam tatanan kehidupan sosial yang baru. Ajaran yang Saleh dalam Tiga Hal: MORAL: Sepuluh Hukum Tuhan; dasar bagi sistem legal kita sekarang. MASSA: Bagaimana masyarakat seharusnya hidup bersama di dalam tatanan kehidupan sosial yang baru IBADAH: Bagaimana beribadah kepada Tuhan di dalam tatanan kehidupan sosial yang baru. 7 7 Ex. 25-31 40 MOSES Sinai M - C - C Exodus 13 Handbook pg. 26-29 TETAPI APAKAH ITU 10 HUKUM MORAL YANG UTAMA? 104 PANDANGAN TRADISIONAL TENTANG HUKUM
106
113a # Perintah di Perjanjian Lama Pengulangan di Perjanjian Baru 1 Lalu Allah mnegucapkan sagala firman ini: “Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu allah lain di hadapanKu. (Kel 20:1-3) ”Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia biasa sama seperti kamu. Kami ada di sini untuk memberitakan Injil kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, yang telah menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya... “ (Kis 14:15; disebutkan paling sedikit 50 kali). 2 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di ata, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintahKu. (Kel 20:4-6) Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala. (I Yoh 5:21; band. I Tes 1:9; Wahyu 2:14, 20; 9:20; disebutkan di PB 12 kali). * Bagan ini diadopsi dan diubah dari salah satu tulisan Lewis Sperry Chafer, Systematic Theology, 4:209-10 3 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut namaNya dengan sembarangan. (Kel 20:7) Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman. (Yakobus 5:12; 4x). Sepuluh Hukum Tuhan
107
113a # Perintah di Perjanjian Lama Pengulangan di Perjanjian Baru 5 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. (Kel 20:12) Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu – ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. (Ef 6:1-3; Mat 15:4-6; 19:19; Mrk 7:10; 10:19; 6 kali). 6Jangan membunuh. (Kel 20:13) Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya. (I Yoh 3:15; band. Mat 19:18; Mrk 10:19; Luk 18:20; Rom. 13:9; Yak 2:11; 6 kali) 4 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. (Kel 20:8-11) Tidak ada pasal di dalam PB yang menekankan hal ini bagi orang-orang Kristen. Bahkan salah satu pasal di PB dengan jelas melarang orang percaya untuk melakukannya: “Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. ” (Kol 2:16-17; tidak pernah). Sepuluh Hukum Tuhan
108
113a # Perintah di Perjanjian Lama Pengulangan di Perjanjian Baru 7 Jangan berzinah. (Kel 20:14) Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. (Ibr 13:4; band. Mrk 10:19; 12 kali). 8Jangan mencuri. (Kel 20:15) Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. (Ef 4:28; band. Mat 27:64; Mrk 10:19; Luk 18:20; Rom 13:9; Titus 2:10; 6 kali). 9 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. (Kel 20:16) Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannnya, … (Kol 3:9; band. Ef 4:25; 4 kali) 10 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.” (Kel 20:17) ”Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah- limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.: (Luk 12:15; Rom 7:7; 13:9; Ef 5:3; Yak 4:2; II Pet. 2:3, 14; 9 kali) Sepuluh Hukum Tuhan
109
Perbedaan Dua Perjanjian Kunci 116 AbrahamMusa Penerima (Tanggal & Tempat) Abraham sebagai perantara untuk semua bangsa 2060 SM, Urkasdim Musa sebagai perantara untuk Israel 1445 SM, Gunung Sinai Kitab SuciKejadian 12:1-3 (tetapi dirumuskannya menjadi perjanjian dalam Kej 15) Keluaran 20—31 merupakan jantung-hatinya perjanjian Antara Tuhan & Satu orang (untuk suatu bangsa yang akan datang) Sebuah Bangsa LingkupUniversal (“olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat”) Hanya Israel yang menerima hukum (Ul 4:8; Mzm 147:20)
110
Perbedaan Dua Perjanjian Kunci 116 AbrahamMusa JanjiTanah, keturunan, dan berkat (tanpa indikasi waktu penggenapan) Berkat bagi yang taat dan kutuk bagi yang melanggar (Im 26; Ul 28) KondisiTak terbatas: “Aku akan…”Terbatas: “Jika kamu akan …maka Aku akan …” PartisipasiAbraham tertidur (Kej 15:17) Israel setuju untuk taat (Kel 19:8) AnalogiAyah kepada anak (warisan tahta) Raja yang menaklukkan kepada budak (bangsa yang ditaklukkan)
111
Perbedaan Dua Perjanjian Kunci 116 AbrahamMusa BentukLisan (tidak ada ketetapan yang tertulis) Dituliskan di loh batu & Pentatuk PenekananBerkat atas disiplin/penghakiman (5 “berkat” di Kej 12:1-3) Penghakiman/disiplin atas berkat (band. Ul 28:1-14 dengan 28:15- 68) KristologiKeturunan Utama (Kej 12:3) Dilambangkan dalam Kemah Suci (Ibr 8–10) TandaSunat (Kej 17:11)Sabat (Kel 31:13, 17)
112
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31 ) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
113
Keluaran 32 Peristiw a Anak Lembu Emas
114
Keluaran 32:19 Loh Batu Dipecahkan
115
Outline Pembentukan Sebuah Bangsa Dimulai Pasal 1—18Pasal 19—40 Menerima Kemerdekaan dari Perbudakan Menerima Hukum dari Tuhan Membawa Israel Keluar dari Mesir Membuat Mesir Meninggalkan Israel CeritaUndang-Undang Orang MerdekaPemerintahan PenaklukanPembebasanPembelajaran MesirPadang GurunSinai 400 Tahun2 Bulan10 Bulan Perjuangan & Konfrontasi (1—11) Penebusan & Perlindungan (12—18) Penjelasan Perjanjian (19—31) Pengesahan Perjanjian (32—40) Musa Buronan yang Pulang Musa Pemimpin di Padang Gurun Musa Perantara Musa Pemberi Hukum Persiapan (1:1–7:13) Tulah (7:14–11:10) Peringatan (12:1–15:21) Ketetapan (15:22–18:27) Persiapan (19) 3 Bagian Perjanjian (20–31) Dipecahkan & Dibaharui (32–34) Pembangunan Kemah Suci (35–40) 98
116
119 Apa pentingnya sebuah Kemah Suci?
117
©2003 TBBMI 7.5.03c. 7 7 Kemah Suci Kemah Suci di Padang Gurun 40 MOSES Sinai M - C - C Kadesh Barnea Exodus 2 16 Handbook pg. 26-29 Tuhan membangun tempat kediamanNya sebagai Raja
118
Kemah Suci
119
Simbolisasi Pelataran http://www.roadmapforthesoul.com/b19.htm Di luar pagar sekeliling “pelataran luar” merupakan ‘dunia yang berdosa’ (yang diwakili oleh Mesir) yang darimana Allah telah memanggil Israel untuk keluar … Setelah meninggalkan ‘dunia yang berdosa’, Israel dibawa masuk ke “pelataran luar” yang melambangkan ‘padang gurun’ … Melalui pintu berikutnya adalah “tempat kudus” yang melambangkan ‘tanah perjanjian’ dari relasi dengan TUHAN di bumi, dan juga peran imam yang TUHAN inginkan Israel jalankan di bumi ini … Dan ruang terakhir …”Ruang Maha Kudus”, yang melambangkan ‘tanah perjanjian’ yang terutama dari relasi “kekal” dengan TUHAN, yang juga berarti akses “kekal” kepada kehadiranNya
120
The Tabernacle of Israel http://www.thebookwurm.com/tent0a.gif Kemah Suci di tengah-tengah Bangsa Israel
121
119 Tabut Perjanjian
122
119a PerabotanPerabotan Bejana Pembasuhan Bejana Pembasuhan kandilkandil Mezbah Korban Bakaran Meja Roti Sajian Mezbah Pembakaran Ukupan
123
J: Perabotannya sudah ditata ulang J: Perabotannya sudah ditata ulang P: Apa yang salah dengan gambar ini?
124
Tempat Kudus
125
119b Kemah Suci yang Hidup Beberapa orang melihat susunan perabotan di Kemah Suci menggambarkan salib Kristus.
126
Pakaian Imam Besar Keluaran 28 119c Patam (ukiran emas dilekatkan di serban untuk dahi) Patam (ukiran emas dilekatkan di serban untuk dahi) Kemeja (lenan halus yang putih) Kemeja (lenan halus yang putih) Celana (terbuat dari lenan dari pinggang sampai paha panjangnya) Celana (terbuat dari lenan dari pinggang sampai paha panjangnya) Gamis ( biru dengan giring-giring & bentuk buah delima) Gamis ( biru dengan giring-giring & bentuk buah delima) Efod (emas, biru, dan ungu dengan permata krisopras) Efod (emas, biru, dan ungu dengan permata krisopras) Sabuk Pengikat (ikat pinggang untuk menahan pakaian itu) Sabuk Pengikat (ikat pinggang untuk menahan pakaian itu) Tutup Dada (lempengan di dada) Tutup Dada (lempengan di dada) Urim & Tumim Urim & Tumim Patam (ukiran emas dilekatkan di serban untuk dahi) Patam (ukiran emas dilekatkan di serban untuk dahi) Kemeja (lenan halus yang putih) Kemeja (lenan halus yang putih) Celana (terbuat dari lenan dari pinggang sampai paha panjangnya) Celana (terbuat dari lenan dari pinggang sampai paha panjangnya) Gamis ( biru dengan giring-giring & bentuk buah delima) Gamis ( biru dengan giring-giring & bentuk buah delima) Efod (emas, biru, dan ungu dengan permata krisopras) Efod (emas, biru, dan ungu dengan permata krisopras) Sabuk Pengikat (ikat pinggang untuk menahan pakaian itu) Sabuk Pengikat (ikat pinggang untuk menahan pakaian itu) Tutup Dada (lempengan di dada) Tutup Dada (lempengan di dada) Urim & Tumim Urim & Tumim
127
Kehadiran Allah memenuhi tempat kediamanNya yang baru! Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci. Keluaran 40:34 LAI
128
Kolose 1:13-14 (LAI) Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan anakNya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. Penebusan dalam Kitab Keluaran
129
Mengapa Hukum itu sangat vital? Hukum itu menjadi anggaran dasar untuk pemerintahan bagi Israel
130
Black (Supplements follow)
131
107 Peta dalam Kitab Keluaran The Bible Visual Resource Book, 23
132
Imam Besar 119c Kel 28:1 – Ibr 8:1, 2 Ibr 7:24, 25 – I Yoh 2:12 Patam Kel 28:36-38 Permata Krisopras Kel 28:9-14 Tutup Dada Kel 28:15-29 – Ef 6:14 Urim & Tumim Kel 28:30 – Ul 27:21 Kemeja Kel 28:39 – Why 19:8 Sabuk Pengikat Kel 28:8-39:5-Luk 17:8, Yes 22:21 Gamis Kel 28:31-35; Yes 61:10 Ayub 29:14 Giring-Giring Kel 39:26 Efod Kel 28:6, 7 Serban Kel 28:39 Imam Besar
133
IsraelGereja Identitas Keturunan Abraham secara fisik (Gal 6:12-16) Keturunan Abraham secara spiritual (Gal 3:7, 29) Perjanjian Palestina Belum selesai (Ul 30:1-10) tetapi sebagian telah digenapi sejak tahun 1948 (Yeh 37:1-7) Tidak ada tanah (Perjanjian Palestina) yang dijanjikan yang dapat diklaim oleh orang percaya abad ini Hukum Harus mentaati Hukum (Kel 19—20) Terbebas dari Hukum (Rom 7; Gal 3) Durasi Abraham (Kej 12:1-3) sampai kekekalan (Yer 31:35-37) Pentakosta (Kis 2) sampai Kedatangan Tuhan (I Tes 4:13- 18) atau mungkin lebih (?) Murka Mengalami masa Tribulasi (Yer 30:7) Terbebas dari murka (I Tes 5:9; Why 3:10) Israel & Gereja: Ketidaksinambungan 117
134
Israel Gereja Iman Ditunjukkan melalui korban bakaran Ditunjukkan melalui iman terhadap pengorbanan Kristus Keimamatan Memiliki satu imam: kelompok khusus yang diwariskan turun- menurun Satu imam: semua adalah imam (I Pet 2:5) Kegiatan Ditetapkan antara “Minggu” ke-69 & 70 (Dan 9:24-27)—bagian dari “masa orang-orang bukan Yahudi” (Luk 21:24) Antara “Minggu” ke-69 & 70 gereja menjadi misteri yang tidak terlihat dalam PL (Ef 3:1-9; Kol 1:26) Kualifikasi Etnik—keturunan Abraham atau orang-orang bukan Yahudi yang menjadi Yahudi melalui sunat mendapat berkat melalui Israel (I Raja 8:41-43; Yes 2:2-3; 19:19-25; 49:6; 51:4; 56:6-8; Zak 14:16-19) Non-etnik—“Tidak ada orang Yahudi atau orang bukan Yahudi” (Gal 3:28) berarti kombinasi antara Yahudi dan bukan Yahudi tanpa harus menjadi Yahudi melalui sunat (Kis 15; Ef 3:3, 6) Israel & Gereja: Ketidaksinambungan 117
135
Israel & Gereja: Kesinambungan 118 IsraelGereja Perjanjian Abraham Berawal dari Abraham sebagai bapak dari bangsa (Kej 12:1-3) Orang-orang percaya saat ini termasuk dalam perjanjian Abraham (Rom 11:17- 21; band. Gal 3:29) Perjanjian Daud Janji untuk sebuah bait Allah secara fisik (II Sam 7:13) digenapi oleh Salomo (I Raja-Raja) Sekarang berfungsi sebagai bait Allah secara rohani (Ef 2:19-22; I Pet 2:4-10) Perjanjian yang Baru Janji pengampunan dosa, Roh Kudus yang berdiam, hati yang baru, penyatuan kembali Israel & Yehuda, & pemahaman tentang Allah di seluruh bumi (Yer. 31:31-34) Tiga aspek pertama (pengampunan dosa, Roh Kudus yang berdiam, hati yang baru) saat ini sedang dalam proses digenapinya perjanjian itu (Luke 22:20) Hukum Harus mentaati Hukum Musa (Kel 19—20) Harus mentaati “Hukum Yesus” (Gal 6:2) atau “hukum yang memerdekakan” (Yak 1:25; 2:12)
136
Israel & Gereja: Kesinambungan 118 IsraelGereja Keselamat an dengan Anugerah Tuhan melalui iman (Kej 15:6) Anugerah Tuhan melalui iman (Rom 4:3) Dasar Keselamat an domba korban Anak Domba Korban Roh Mengisi para pemimpin Berdiam dalam semua orang percaya (Rom 8:9) Nabi Membawa wahyu Tuhan Dasar gereja (Ef 2:20)
137
Israel & Gereja: Kesinambungan 118 IsraelGereja Pemilihan Berdasarkan anugerah (Mal 1:2) Berdasarkan anugerah (Ef 1:4-6, 11) Ketidak- taatan Membawa kepada pendisiplinan Tuhan (I Kor 11:30) Kepemimpi nan Para tua-tua (Kel 3:16, 18; 4:29, 31;12:21; Ul 11:16-17; Yos 24:31; I Sam 15:30;II Sam. 17:4, 15; I Raja 21:8, 11 dan banyak teks lainnya) Penatua-Penatua (Kis 11:30; 14:23- 24; 15:1-6; 16:4; 20:17-38; 21:17- 26; I Tes 5:12-13; Fil 1:1; I Tim 3:1-7; 4:14; 5:17-25; Tit 1:5-9; Yak 5:14; I Pet 5:1-5; Ibr 13:17) Saksi “terang bagi orang-orang bukan Yahudi” (Yes 49:3-6) “kerajaan imam” (Kel 19:6) “bangsa yang kudus” (Kel 19:6) “terang bagi dunia” (Mat 5:14-16) “kudus…imamat yang rajani” (I Pet 2:5, 9) “bangsa yang kudus” (1 Pet. 5:9)
138
Kemah Suci dan Perabotan 119 Kemah Suci B S U T Ruang Maha Kudus dengan tabut perjanjian 10 kubik persegi (15 kaki persegi) Tirai Tempat Kudus dengan meja roti sajian, kandil, dan mezbah pembakaran ukupan Kel 35:30-36:38; 39:9-40:39 panjang: 20 kubik (30 kaki) lebar: 10 kubik (15 kaki) Bejana Pembasuhan Mezbah Korban Bakaran Pintu masuk 20 kubik (30 kaki lebarnya)
139
Kemah Suci & Penciptaan 119d PenciptaanKemah Suci Teks Kejadian 1-2Keluaran 25-31 Topik Penciptaan langit dan bumiPembangunan Kemah Suci Arti Penting Tempat dimana Allah membangun persekutuan dengan manusia Alat untuk memperbaiki persekutuan manusia dengan Allah yang telah rusak Struktur Tujuh tindakan yang ditandai dengan Firman: “Berfirmanlah Allah” (Kej 1:3, 6, 9, 14, 20, 24, 26; band. ayat 11, 28, 29) Tujuh tindakan yang ditandai dengan Firman: “Berfirmanlah TUHAN” (Kel 25:1; 30:11, 17, 22, 34; 31:1, 12) Isi Emas (Kej. 2:12a) dan batu krisopras (Kej 2:12b) Emas (Kel 25:3) dan permata krisopras (Kel 25:7)
140
119d PenciptaanKemah Suci Pemeriksaan Terakhir & Berkat Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik. (Kej 1:31); Allah memberkati mereka (Kej 1:28) Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnyalah, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan TUHAN (Kel 39:43a) lalu Musa memberkati mereka (Kel 39:43b) Penutup Peringatan bahwa Allah beristirahat pada hari Sabat (Kej 2:1-3) Peringatan untuk menguduskan hari Sabat (Kel 31:12-18) Pola Manusia diciptakan menurut gambar Allah (Kej 1:26-27) Kemah Suci dibuat menurut segala apa TUHAN tunjukkan kepada Musa (Kel 25:9) Akibat Kejatuhan manusia dalam dosa akibat memakan buah yang TUHAN larang (Kej 3) Kejatuhan Israel ke dalam penyembahan patung anak lembu emas (Kel 32) Kemah Suci & Penciptaan
141
Keselamatan dalam Perjanjian Lama 119e Waktu PL (Musa sampai Kematian Kristus) Waktu PB (Kematian Kristus sampai Sekarang) Dasar Keselamatan Penetapan Allah akan kematian Krsitus (Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu; Imamat 17:11b) Penetapan Allah akan kematian Kristus (dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan; Ibrani 9:22) Persyaratan Keselamatan Iman di dalam ketetapan yang telah Allah nyatakan — sebagai hadiah (Mzm 51:16-17) Iman di dalam ketetapan yang telah Allah nyatakan — sebagai hadiah (Gal 2:16) Intisari Isi Keselamatan Obyek dari iman adalah Allah sendiri — para nabi memperingatkan tentang pertobatan, bukan pengorbanan (Yer. 3:12; Yoel 2:12) Obyek dari iman adalah Allah sendiri — saksi-saksi iman dikutip untuk memperingatkan tentang iman kepada Allah (Ibr 11) Pengungkapan secara khusus Isi dari Keselamatan Secara keseluruhan isi dari iman menyangkut pengorbanan & janji: binatang (Kej 3:21) berlanjut kepada persembahan Habel (Kej 4:4) lalu Perjanjian Abraham (Kej 15), dst. Isi yang baru dari iman adalah penumpahan darah Yesus Kristus (I Pet 1:18-21) yang membersihkan dosa (band. Pengorbanan dalam PL hanya untuk menutupi dosa) Tanggapan Orang Percaya terhadap Keselamatan Mentaati hukum moral, memberikan persembahan korban binatang, mentaati Hukum Musa (aspek kehidupan bermasyarakat & beribadah) Mentaati hukum moral, memperhatikan Perjamuan Kudus dan baptisan, dll melalui pertolongan Roh Kudus (Rom 8:9)
142
120-121 Persamaan Perbedaan (Keunikan) Pengadopsian Anak secara Mesopotamia: Pasangan yang tidak memiliki anak dapat mengadopsi orang dewasa diluar keluarganya untuk merawat mereka dimasa tua dan melakukan ritual agama sebagai ganti dari harta warisannya (Kej 15:2-4; band. Kenneth Kitchen, The Bible and Its World, 70). Monoteisme : Bangsa-bnagsa Timur Dekat Kuno menyembah kepada lebih dari satu dewa (politeisme), tetapi Israel menyembah hanya kepada Yahweh (monoteisme). Banyak pakar berpendapat bahwa monoteisme dimulai pada zaman Musa, tetapi Alkitab menyatakan itu dimulai dengan satu Allah Pencipta (Kej 1:1). Hak Kesulungan secara Mesopotamia : Anak laki-laki sulung menerima dua kali lipat bagian harta warisan (Ul 21:15 dst). Perjanjian yang Tidak Terbatas: TUHAN memanggil Abraham dan membuat perjanjian yang unik dengannya dimana Abraham tidak perlu memenuhi persyaratan apapun (Kej 12:1-3). Hal seperti ini tidak lazim dalam upacara orang Mesopotamia dimana Abraham tidak mengambil bagian bersama TUHAN diantara potongan-potongan daging itu (Kej 15:17). Bentuk Kode Hukum : Alkitab menggunakan bentuk perjanjian antara Raja yang menaklukkan dengan Raja yang ditaklukkan pada abad ke 15 SM (Kitab Ulangan). Bentuk perjanjian ini juga mengatur lembaga umum lainnya (perkawinan, pemerintahan, kepemilikan pribadi) dan masalah-masalah umum (kematian, pembunuhan, pencurian, perbudakan, dll.). Dasar Kode Hukum : Israel diperintahkan untuk tidak berbuat dosa karena TUHAN sangat menghendakinya, dimana elemen moral etika kurang ditekankan dalam kode hukum zaman purbakala. Selain itu kode hukum lainnya hanya berdasarkan pada pemerintahan masyarakat, sementara Israel berdasarkan pemerintahan teokrasi (Tuhan sebagai raja). Israel versus Budaya Kafir
143
120-121 PersamaanPerbedaan (Keunikan) Bahasa Kanaan : Orang Kanaan (Orang Semit di daerah Barat Laut dari daerah Barat Siria dan Palestina sebelum abad ke-12 SM) menggunakan bahasa Semit yang sama dengan yang digunakan oleh orang Israel, yang memungkinkan terjadinya peminjaman kata-kata seperti terlihat dalam Kitab Mazmur. Tetapi orang Kanaan memiliki dua macam sistem penulisan abjad: Ugarit dan yang satunya yang kemudian juga mempengaruhi Bahasa Phoenicia. Dalam hal linguistik mereka melampaui Israel. Teknologi Kanaan : Orang Kanaan juga lebih maju teknologinya dari orang Israel, khususnya dalam pengelolaan logam. Oleh karena itu kereta-kereta tempur mereka yang terbuat dari baja menguasai dataran sebelah barat dan lembah Jezreel di Palestina. Orang Phoenicia, yang juga adalah orang Kanaan setelah abad ke-12 SM, menjadi pelaut dan pedagang yang hebat setelah merebut Palestina di abad ke-13-12 SM. Mereka menyebarkan budaya, agama, bahasa, dan abjad orang Kanaan ke seluruh wilayah Mediterania. Korban Binatang merupakan bagian dari semua ritual agama kuno. Para pakar Konservatif berpendapat bahwa Allah mengajarkan tentang korban binatang kepada Adam dan keturunannya (Kej 3:21), tetapi setelah zaman Nuh hal itu diselewengkan. Praktek Penyembahan Orang Kanaan yang Menyelewengkan Moral menarik mereka dari suatu bangsa yang memiliki budaya yang luar biasa agungnya. Praktek-praktek ini adalah praktek yang terburuk yang pernah ada di seluruh timur dekat, termasuk pengorbanan manusia, ritual pelacuran, kasim para imam, penyembahan setan, dan mitologi yang brutal dengan para dewa yang saling berperang. Kegiatan seksual dalam ritual keagamaan Kanaan dengan El dewa tertingginya, Asherah-isteri Dewa El, dan keturunannya dalam Baal dan Dagon berkaitan dengan “Ratu Langit” orang kafir (Yer 7:18; 44:17), Dewa-Dewa Seksual Romawi (Venus, Diana, Aphrodite) dan doktrin Mariologi dalam Katolik. Semua ini merupakan bagian dari penyembahan terhadap perawan yang berasal dari masa mula-mula misteri agama Babilonia. Israel versus Budaya Kafir
144
120-121 PersamaanPerbedaan (Keunikan) Kemah Suci yang diajarkan dan dibangun di Gunung Sinai memiliki banyak persamaan dengan agama- agama kafir: dapat dipindah- pindahkan, pelataran dalam dan luar, penggunaan emas, mezbah persembahan korban, para imam, dll (band. hlm. 119 dari buku teks ini). Kemah Suci Bangsa Yahudi memiliki beberapa keunikan, seperti: Pertama, secara terinci dirancang oleh Alah sendiri (Kel 25—27) walaupun itu dibangun oleh manusia (Kel 36:8—40:33). Kedua, Allah hadir disitu melalui tiang api pada malam hari dan tiang awan pada siang hari (Kel 40:34-38). Nabi : Orang yang menyampaikan “pesan-pesan” dari Dagon atau dewa lainnya kepada para raja kafir seperti kepada raja di Mari lebih sering muncul dalam bangsa-bangsa lainnya daripada dalam Israel sendiri. Nabi : Nabi kaum kafir memberikan pesan-pesan singkat yang selalu mengenai hal-hal politik dan militer yang menjadi minatnya raja dan kadang-kadang dengan disertai janji atau ancaman, tergantung kepada respon raja itu (Kitchen, 54-55). Sebaliknya, Para nabi Israel seperti Nathan, Amos, Hosea, or Isaiah mengkoreksi dan memperingatkan raja atas masalah moralnya, keadilan, ataupun ketaatannya kepada Tuhan. Tentang hal ini lebih lanjut dapat kita lihat dalam I Raja-Raja 22.
145
URUTAN BULANNAMA IBRANI PADANAN MODERN REFERENSI ALKITAB PERTANIANPERAYAAN 1 Urutan Suci Dimulai 7Abib; Nisan Maret-AprilKel 12:2, 13:4; 23:15; 34:18; Ul. 16:1; Neh 2:1; Ester 3:7 Musim Semi (akhir) hujan; mulai panen barley (semacam gandum) dan rami Paskah; Hari Raya Roti Tidak Beragi; Panen Pertama 28Ziw (lyyar) April-Mei1 Raja 6:1, 37Panen barley; musim kering dimulai 39SiwanMei-JuniEster 8:9Panen gandum Pentakosta (minggu) 410(Tammuz)Juni-JuliMerawat tanaman anggur 111 Kalendar Ibrani & Perayaan Tertentu The Bible Visual Resource Book, 21
146
URUTAN BULANNAMA IBRANI PADANAN MODERN REFERENSI ALKITAB PERTANIANPERAYAAN 511(Ab)Juli- Agustus Memanen buah anggur, ara dan zaitun 612ElulAgustus- September Neh 6:15Pengolahan buah anggur, ara dan zaitun 71 Urutan berdasar kan masyara kat Etanim (Tishri) September- Oktober 1 Raja 8:2Musim gugur (awal) mulai hujan; membajak tanah Trompet; Hari Raya Penebusan Dosa; Perayaan Tabernakel (Sukkot) 82Bul (Marche shvan) Oktober- November 1 Raja 6:38Menabur benih gandum dan barley 111 Kalendar Ibrani & Perayaan Tertentu Book The Bible Visual Resource, 21
147
URUTAN BULANNAMA IBRANI PADANAN MODERN REFERENSI ALKITAB PERTANIANPERAYAAN 93KislewNovember- Desember Neh 1:1; Zak 7:1Musim Dingin mulai hujan (salju turun dibeberapa wilayah) Hanukkah (“Peresmian”) 104TebetDesember- Januari Ester 2:16 115SyebatJanuari- Februari Zak 1:7 126AdarFebruary- March Ezra 6:15; Ester 3:7, 13; 8:12; 9:1,15,17,19,21 Pohon Almond bersemi; panen buah citrus Purim 111 Kalendar Ibrani & Perayaan Tertentu The Bible Visual Resource Book, 21
148
Menafsirkan dan Mengajarkan Literatur Legal 112-113 1.Interpretasi: Pelajari maksud dibalik perintah hukum itu, bertanya, “Mengapa perintah ini diberikan di Israel?” 2.Penarikan prinsip: Uraikan maksud dari hukum itu secara prinsip umum. 3.Applikasi: Tunjukkan bagaimana prinsip itu berkaitan dengan situasi paralel saat ini.
149
Exodus 1-18 Tabernacle 25-40 Law 19-24 Power Presence Precepts Misery 1 Moses 2-6 Plagues 7-10 Passover 11-13 Red Sea 14-15 Covenant 19-20 Commands 21-24 Design 25-31 Defection 32-34 Dedication 35-40 Provison 16-18 Deliverance Devotion Christ: Our Passover Exodus 12:13 Another Exodus Chart…
150
... dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. II Timotius 3:15 (LAI) Mengapa Kitab Keluaran dituliskan?
151
Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan penghiburan dari Kitab Suci. Roma 15:4 (LAI) Kitab Keluaran memberi kita harapan
152
Semua ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, dimana zaman akhir telah tiba. I Korintus 10:11 (LAI) Kitab Keluaran juga memberi kita peringatan
153
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Apakah Hukum itu? Definisi sama dengan pendapat ke-3-5 Instruksi lisan atau tulisan yang Tuhan berikan sejak masa penciptaan Semua hukum Musa yang diberikan di Pentatuk (Kitab Kejadian sampai Ulangan) tetapi juga dipertegas di seluruh kitab Perjanjian Lama. Untuk siapakah Hukum itu? Kaum Pilihan (Israel = Gereja) Semua Manusia (Israel = Gereja) Orang Percaya (Israel dan Gereja) Orang Percaya (Israel dan Gereja) Hanya Israel (Israel ≠ Gereja)
154
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Bagian Hukum yang mana yang masih berlaku sekarang? “Hukum Moral"? (Decalogue atau 10 Hukum Tuhan) Semua Hukum Moral berlaku bagi umat Tuhan disetiap masa, maka semua orang pilihan sejak masa penciptaan harus mem- perhatikan apakah itu Hari Sabatnya Yahudi (Hari Sabtu, sebelum Krsitus) ataupun “Hari Sabat Kristen,” (Hari Minggu, sesudah Kristus). Semua Hukum Moral berlaku bagi orang percaya dan yang tidak percaya disetiap masa (contoh: semua orang- termasuk orang kafir sejak masa penciptaan- harus memperhati- kan Hari Sabat atau “Hari Sabt Kristen” pada Hari Minggu). Semua Hukum Moral yang berasal dari karakter Tuhan: 10 Hukum Tuhan Imamat 18-19 (seks) (Hari Sabat diwajibkan sejak terbentuknya Bangsa Israel dan larangan praktek seks dalam keagamaan masih berlaku) Sependapat dengan para pakar Dispensationalist, Hukum Musa telah dihapuskan seluruhnya; tetapi nilai-nilai moralnya memberikan panduan yang baik bagi kehidupan kristiani, walaupun Kristus-lah yang pada akhirnya memimpin melalui Roh Kudus; Ketaatan akan Sabat tidak berlaku secara konsisten “Hukum Moral” Tuhan sebelum Musa sekarang disebut “Hukum Kristus” (Gal 6:2) dan mengatur orang percaya melalui perjanjian baru yang dimateraikan oleh Roh Kudus; Hukum itu tidak mudah dipecah-pecah menjadi “bagian- bagian” dan dilaksanakan secara keseluruhan (Rom 7:1-6; I Kor 9:19-21; Ibr 8:13), termasuk tentang Hari sabat (Kol 2:16-17)
155
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Hukum yang berlaku di masyarakat? (Hukum di pengadilan) Semua berlaku (contoh: hukum sekarang seharusnya menggunakan hukuman mati bagi pelaku Perzinahan) Beberapa bagian masih berlaku (contoh: perpuluhan dan tidak mengambil bunga/riba terhadap sesama orang Percaya Prinsip-prinsip di pengadilan (bukan hukum) diterapkan sejak Hukum Moral mengatur semua hukum di pengadilan dan hukum agama Hanya prinsip- prinsip yang berlaku sekarang sebab HUkum Musa hanya diberikan kepada Bangsa Israel Tidak satupun yang masih berlaku sebab hukum itu hanya mengatur Israel (tetapi prinsip- prinsipnya seperti kasih dan belas kasihan masih berlaku) Hukum Agama? Kelima pakar sependapat bahwa aspek-aspek keagamaan seperti sistem pengorbanan dan keimamatan Yahudi sekarang telah digenapi dalam Yesus Kristus
156
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Apakah hubungan antara Perjanjian Abraham dengan Perjanjian Musa? Keduanya adalah “Perjanjian Anugerah” Tuhan. Mereka memuat isi yang sama tentang penyelamatan hubungan yang Tuhan lakukan yang membuat Perjanjian (Hukum) Musa masih berlaku hingga sekarang. Hukum Musa ditambahkan ke dalam Perjanjian Abraham; keduanya masih berlaku walaupun keduanya memiliki kemiripan isi tetapi berbeda dalam bentuk dan tujuannya. Hukum Musa diberikan secara khusus untuk Bangsa Israel tetapi prinsip-prinsip moralnya masih relevan untuk semua orang percaya di bawah Perjanjian Abraham. Seperti pendapat para pakar Dispensational ist Hukum Musa terbatas, tetapi Perjanjian Abraham tidak terbatas; Hukum Musa merupakan kerangka sementara yang menguraikan istilah dan maksud ketaatan bagi Israel pada masa Hukum. Hukum Musa mengatur kehidupan Bangsa Israel maka mereka dapat mengalami berkat yang dijanjikan dalam Perjanjian Abraham, tetapi Hukum Musa tidak lagi berlaku karena telah tergenapi dalam Kristus.
157
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Kekuatan Kesinam- bungan antara PL dan PB dipentingkan Etika dikaitkan dengan keseluruhan hidup Membukakan aspek-aspek positif dari hukum itu Kesinam- bungan antara PL dan PB dipentingkan Menyatakan Hukum Musa sebagai gambaran awalnya Kristus Membukakan peran hukum untuk membuktikan kesalahan orang-orang yang tidak percaya saat ini Memberikan panduan alkitabiah bagi beberapa aspek hukum (moral) menjadi lebih berat dari yang lainnya (Mat 23:23) Kode kekudusan dalam Imamat 18-19 berasal dari naturnya Allah Catatan bagi perjanjian baru yang menekankan Hukum Kristus (Gal. 6:2) Menyatakan bahwa hukum- hukum di PL yang diulangi di PB masih berlaku Menerapkan prinsip-prinsip hukum itu saat ini Menunjukkan bahwa Hukum Musa dimulai di Sinai dan berakhir pada kematian Kristus berlaku sebagai penuntun sementara (Gal 3:19, 24-25) Membedakan dengan jelas antara Israel dan gereja Tuntunan dilanjutkan melalui hukum Kristus
158
Apakah Hukum Musa Berlaku bagi Saya?113b Stanley N. Gundry, ed. Five Views on Law & Gospel summarized by Lee Hwee Chin, SBC, 2001 THEONOMIC Bahnsen REFORMED Van Gemeren WEIGHTIER ISSUES Kaiser MODIFIED LUTHERAN Moo DISPENSATIONAL Strickland Kelemahan Membagi-bagi hukum menjadi moral, kehidupan bermasyarakat & hukum agama tidak sesuai dengan alkitab Keliru mengarahkan orang- orang yang tidak lahir baru untuk menerapkan perintah Tuhan Tidak semua “hukum” harus merupakan Hukum Musa (hukum alam dan hukum Kristus juga ada) Untuk kehidupan bermasyarakat PB tidak pernah menerapkan prinsip- prinsip dalam PL Hukum untuk menghukum manusia (II Kor 3:9) Membagi-bagi hukum menjadi moral, kehidupan bermasyarakat & hukum agama tidak sesuai dengan alkitab Penerapan “hukum” yang tidak konsisten & membingungkan dalam cara-cara yang berbeda Keharusan mengadakan Sabat saat ini bertentangan dengan PB (Kol 2:16-17) Tidak jelas jika hukum moral menjadi hukum Kristus Penggabungan Israel dan gereja Membagi-bagi hukum menjadi moral, kehidupan bermasyarakat & hukum agama tidak sesuai dengan alkitab Sewenang- wenang memilih dan mengambil bagian mana dari hukum itu yang diharuskan Decalogue dan Im 18–19 sangatlah sempit untuk dijadikan sebagai hukum moral Mencoba untuk mengajarkan keutuhan HUkum itu saat mengutamakan hanya ajaran moralnya Terlalu ekstrim menyatakan bahwa Hukum itu sama sekali tidak berguna lagi saat ini Gagal untuk melihat Injil dalam PL dengan melakukan pemisahan antara Hukum dan Injil ke dalam masa yang berbeda dan yang tidak berkesinam- bungan Membedakan aspek pengungkapan (kekekalan, natur Allah) dari aspek pengaturan (sementara, mengatur ) dari Hukum itu menimbulkan perbedaan dalam Kode ketertidakpisahkan Hukum— jika Hukum PL itu merupakan kesatuan lalu mengapa dibagi menjadi dua bagian? Hukum itu bukannya ditiadakan tetapi sebenarnya diteguhkan oleh iman (Roma 3:31)
159
Aplikasi Sebagai orang percaya kita perlu mengingat Ketetapan-Ketetapan Tuhan: Untuk membentuk kita menjadi umat milik Tuhan (melalui kematian Kristus) dan Untuk membuat kita milik pribadi Kristus (mengalami Tuhan secara pribadi). 98
Presentasi serupa
© 2025 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.