Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehНадежда Головко Telah diubah "5 tahun yang lalu
1
PEMBELAJARAN DARING (E-Learning) DAN KELAS VIRTUAL
2
MURID DULU MURID SEKARANG
3
GURU DULU GURU SEKARANG
4
MEDIA SEKARANG MEDIA DULU
6
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEARNING
TOPIK PEMBAHASAN ELEARNING OVERVIEW ELEARNING DESIGN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEARNING PLATFORM ELEARNING E-learning juga diartikan sebagai seluruh pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN atau Internet) untuk membantu interaksi dan penyampaian materi selama proses pembelajaran
7
PERISCOPE Plicker untuk Ujian KEIZENA feedback VERSAL
9
TREN ELEARNING CYBER UNIVERSITY
11
Kebijakan Elearning Catatan : ITB sedang merumuskan kebijakan PJJ ITB
UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Bagian ketujuh Pendidikan Jarak Jauh Pasal 31 ayat 1 Permendikbud No 109 th 2013 tentang Penyelenggaraan PJJ Catatan : ITB sedang merumuskan kebijakan PJJ ITB
12
Jenis E-Learning Suplemental e-learning
LCMS Suplemental e-learning Seluruh pertemuan berupa F to F, sedangkan e_learning digunakan sebagai pelengkap untuk mempermudah proses pembelajaran 14 kali pertemuan klasikal Kegiatan e_learning: forum diskusi, download bahan, kuis on-line, tugas online) Cocok digunakan bagi siswa yang belum familier dengan program e-learning
13
Blanded e-learning Tidak seluruh pertemuan berupa F to F,
LCMS Blanded e-learning Tidak seluruh pertemuan berupa F to F, Ada pertemuan non F to F (dapat berupa kuliah on- line: VC, multimedia, dll) Kegiatan e-learning: forum diskusi, download bahan, kuis on-line, tugas online) Cocok digunakan bagi siswa yang sudah familier dengan program e-learning
14
Kondisi sekarang
15
Model Blended Learning
Flex Classrroom Flipped Classrroom Blended Learning : Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara onlien setidaknya 30-70% dari keseluruhan kegiatan Flex Classroom : Pada model ini pembelajaran online merupakan kegiatan utama dari kegiatan belajar siswa. Akan tetapi kegiatan belajar online ini dilaksanakan di kelas secara bersamaan. Dosen atau tutor mendampingi kegiatan diskusi kelompok, tugas kelompok atau tutorial individu. Flipped Classroom : Kegiatan belajar dimana siswa belajar mengenai utama konten pembelajaran dan mangerjakan tugas secara online dan tetap menghadiri kegiatan kelas dengan dosen yang memberikan pengarahan atau diskusi tentang topik terkait. Kuliah online di ruang kelas dipandu dosen Latihan/ responsi di ruang kelas dipandu dosen Kuliah online mandiri Latihan/ responsi di ruang kelas dipandu dosen
16
Siklus Pengembangan Elarning
Perancangan Elearning (Elearning Design) Secara umum, hal yang dikerjakan pada perancangan elearning adalah merancang pembelajaran elearning agar capaian pembelajarannya sama dengan hasil pembelajaran tatap muka. Pada prosesnya diperlukan diskusi antara perancang dengan Subject Matter Expert (SME) juga antara perancang dengan bagian produksi konten elearning juga penyampai konten elearning. Produksi Konten Elarning (Elearning Content Production) Proses produksi konten elearning merupakan terdiri beberapa tahap pekerjaan. Konten elearning dapat diproduksi menjadi berbagai bentuk media yang disesuaikan dengan rancangan dan tujuan pembelajaran Penyampaian konten elearning (Elearning Content Delivery) Konten elearning yang telah diproduksi akan disampaikan melalu LMS (Learning Managemen System). LMS memiliki berbagai fitur yang mendukung pembelajaran dan dosen dapat memperoleh hasil evaluasi kegiatan belajar yang diperlukan.
17
E-Learning dan Kegiatan Kelas
18
Melakukan perbaikan berkelanjutan waktu nyata
Dosen di Kelas Mengajar Memperbaiki Mengamati Mengevaluasi Melakukan perbaikan berkelanjutan waktu nyata
19
Menyiapkan Kelas eLearning
Bagaimana? Substitusi Transformasi
20
Kelas Tatap Muka Kelas e-Learning
Substitusi Transformasi Dukungan Pembelajaran Eksternal dengan LMS Konten Disesuaikan Proses Mental Internal Interaksi Online Interaksi melalui LMS dan Diskusi Online Interaksi Alternatif – Engagement (keterlibatan) Kelas e-Learning
21
Tahapan Pembelajaran Berbasis E-Learning
Menyusun RPR. Pembuatan Konten dan pengisian Pelaksanaan Evaluasi
22
Menyusun Tujuan dan Capaian Belajar
Memilih strategi instruksional Merancang Konten dan Kegiatan Kelas Menjalankan kegiatan di kelas
23
Program Mapping Program Mapping adalah perencanaan mata kuliah yang berisi semua aktivitas dalam setiap pertemuan baik klasikal maupun kegiatan berbasis web. Merupakan rencana detil yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam membuat konten dalam Moodless Isi program mapping harus selaras dengan konten dalam e-learning PM menjadi kunci pelatihan e-learning
24
Program Mapping
26
Dalam Program mapping mengandung 3 unsur pokok yaitu:
1. Konten (Objek dan Materi Pembelajaran : Dalam bentuk ppt, link jurnal, pdf, vidieo pembelajaran, link vidieo dari you tube) 2. Delivery (Sistem Penyampaian : F to F, VC, multimedia) 3. Interaksi (Interaksi dalam Pembelajaran : interaksi langsung, interaksi tidak langsung melalui forum diskusi atau chatting)
27
Komponen Design Program Mapping
Delivery system Program Mapping e-Learning Content: Learning Object Materials Interaction: Learning Design and Path
28
Program Mapping Delivery system atau Sistem Penyampaian kuliah ada 3 yaitu; Face-to-face Web-based Video Conference
29
Fungsi E-learning Suplemen (tambahan) Komplemen (pelengkap)
Kebebasan memilih memanfaatkan materi elektronik atau tidak. Sekalipun sifatnya hanya bersifat optional, siswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan, walaupun materi pembelajaran elektronik berfungsi sebagai suplemen. Komplemen (pelengkap) Materi elektronik diprogram untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi pengajar dalam megikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Subtitusi (pengganti) (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.
30
Manfaat E-learning Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara siswa dengan pengajar atau instruktur . Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.
31
Memulai E-learning UIN Raden Fatah
LMS : Moodle Alamat : Username /Password (sebagai pengajar) Bahan ajar (ppt/pdf/doc files)
32
Menu dan Tampilan Daftar Matakuliah yang diasuh
Pilih matakuliah yang akan diset-up
33
Menu dan Tampilan Bagian : Course Layout Bagian Navigasi/ Administrasi
34
Ubah Pengaturan Pengaturan : Tgl awal perkuliahan Jumlah Pertemuan
Pola pembelajaran Ubah Pengaturan Pengaturan Nama Matakuliah Pengaturan tanggal mulai Perkuliahan
35
Ubah Pengaturan Jangan lupa simpan perubahan
Bisa disesuaikan,apakah jmlh minggu pertemuan Atau tergantung dengan jumlah topik Jangan lupa simpan perubahan
36
Tampilan eLearning Berdasarkan Minggu Berdasarkan Topik
Materi akan tampil sebagai urutan materiyang tidak bergantung kepada proses pertemuan dikelas disetiap minggu Materi pembelajaran online disesuaikan dengan pertemuan dikelas disetiap minggu
37
Learning Resources Persiapan Bahan/Material Online
SAP/Silabus Slides Perkuliahan/ Materi Ajar E-Book Link sumber
38
Learning Resources Hidupkan Mode Ubah
Hidupkan Mode Ubah untuk menambahkan/ merubah learning resources
39
Learning Resources Menambah Identitas Matakuliah
40
Learning Resources Menambah Identitas Matakuliah
Pilih menu ini untuk memulai perubahan Pilih menu Image Untuk menambahkan gambar Unggah image untuk membuat elearning tampil menarik
41
Learning Resources Informasi Matakuliah Silabus/Learning Outcome
Tambahkan silabus atau learning outcome dari matakuliah ini, sehingga elearning tampil informatif Tampilan awal elearning kita Selanjutnya pilih tombol ini Untuk menambahkan aktivitas online
42
Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah
Tambahkan pada elearning kita materi ajar Contohnya - slide ppt / pdf - e-book, dll
43
Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah
Nama yang akan ditampilkan di layar elearning Isi untuk deskripsi dari file tersebut Ukuran file dibatasi Unggah file dengan menekan tombol Atau dengan menarik file dan meletakannya disini
44
Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah
45
Learning Resources Menambahkan informasi dengan “Label”
Gunakan label untuk menyisipkan text atau multimedia lain sebagai pelengkap informasi pada tiap bagiannya (minggu) 2 3 1
46
Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah
Salah satu keuntungan penggunaan e-learning adalah siswa dapat mengirimkan tugas dimana saja, kapan saja dan waktu yang terukur. Pengunaan kertas yang bisa dikurangi. Pemberian nilai yang cepat Feedback yang cepat. 3 1 Pilih minggu dimana aktivitas akan dilakukan 2
47
Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah
Isikan nama tugas Tambahkan deskripsi mengenai tugas yang diberikan Set waktu memulai tugas dapat dikumpulkan. Set waktu akhir tugas dikumpulkan.
48
Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah
Type dari tugas: Online text : siswa menjawab tugas di halaman elearning File submissions :siswa unggah file tugas ke elearning Membatasi Jumlah kata untuk tugas online text Jumlah file yang dibolehkan diunggah untuk tugas File Submissions Ukuran file yang dibolehkan diunggah untuk tugas File Submissions
49
Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah
Pilih nama tugas yang akan diperiksa Jumlah siswa Jumlah siswa yg mengumpulkan Pilih menu ini untuk menilai tugas
50
Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah
Berikan komentar untuk hasil dari tugas ini Pilih option ini untuk menampilkan cara hitung cepat
51
Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah
Disisi siswa
52
Learning Resources Bank Soal
Kita bisa membuat bank soal yang bisa digunakan untuk aktivitas quis atau ujian online Bank soal akan memilih kegunaan soal, Contohnya bila kita sudah membuat quis dan belum memiliki soal. Maka pilihannya bisa diarahkan ke quis yang sudah dibuat
53
Learning Resources Bank Soal
Pilihan bentuk soal Multiple choice True /False Menjodohkan Essay dll
54
Learning Resources Bank Soal
Contoh Soal Essay Contoh Soal Pilihan Ganda Memasukan Bank Soal ke Quis yang telah ada Pilih soal - Pilih “ Move to” dan pilih Quis yang dimaksud
55
Learning Activity Quiz
Aktifitas lain dalam e-learning adalah Quis Pilih Pada Minggu / Waktu yang kita tentukan.
56
Learning Activity Quiz
Berikan Nama Quis Isikan Deskripsi Set Waktu Pelaksanaan Kuis Durasi aktifitas Set Berapa Kali Siswa Bisa Mencoba
57
Learning Activity Menambahkan Soal Quiz
Pilih menu “Edit quiz” untuk menambahkan soal Pilih Soal dari Bank Soal Tambahkan soal dengan menekan tombol + Pilih Add
58
Learning Activity Quiz Preview
59
Learning Activity Forum
Forum diskusi adalah aktifitas yang paling sering digunakan dalam elearning. Diskusi Umum Diskusi per Topik / per Minggu Forum untuk mengeluarkan pendapat Forum untuk tanya/jawab
60
Learning Activity Forum
Diskusi per-topik/perminggu bisa ditambahkan dari menu aktifitas Diskusi umum bisa dimulai dari menu “News Forum”yang disediakan pada awal pertemuan
61
Download Grade Report Kita bisa melihat nilai dari siswa yang mengikuti aktifitas dalam elearning Data bisa diexport ke file Microsoft Excel
62
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.