Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SENI BUDAYA IX BAB III APRESIASI KARYA SENI MUSIK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SENI BUDAYA IX BAB III APRESIASI KARYA SENI MUSIK."— Transcript presentasi:

1 SENI BUDAYA IX BAB III APRESIASI KARYA SENI MUSIK

2 MENYANYIKAN LAGU HATI YANG TULUS LIHAT PARTITUR ANDA MASING-MASING

3 SENI DAN BUDAYA KL. IX PERKEMBANGAN MUSIK DI ASIA Seni musik merupakan Ungkapan pikiran dan perasaan manusia yang diwujudkan dalam alunan tinggi rendahnya suara yang serasi dan merdu, sehingga menimbulkan pesan / kesan. Musik bersumber dari Tubuh kita sendiri dan di sekitar kita. Perkembangan musik di Asia tidak terlepas dari perkembangan peradaban manusia sejak zaman dahulu kala.

4 Pusat peradaban dunia menurut peninggalan sejarah berasal dari Di sekitar laut tengah, daerah dataran di antara sungai Tigris dan Eufrat sekitar 4.500 th SM Di sekitar laut tengah, daerah dataran di antara sungai Tigris dan Eufrat sekitar 4.500 th SM Di sekitar Asia depan, selatan, dan tengah dari daratan Tiongkok pusat peradaban Asia Di sekitar Asia depan, selatan, dan tengah dari daratan Tiongkok pusat peradaban Asia

5 MUSIK MESIR Banyak gambar alat musik pada prasasti Terdapat gambar paduan suara dan alat musik pada prasasti Musik sebagai pengiring tari-tarian kebaktian Musik untuk jamuan makan raja Musik sebagai warisan raja keturunan dewa seni ISIS Sistem tangga nada tidak begitu terkenal Lagu Mesir kuno hanya memakai 4 nada Tetrachord ( 4 dawai ) merupakan dasar seni musik mesir Alat musik : Harpa, Lyra,Gitar, Mandolin, Seruling ganda

6 MUSIK ARAB ► Alat musik : Tamborin, Gendang,Lyra, Lute ► Wanita turut berperan dalam bermain musik ► Dikenal musik irama rajaz ( dari langkah unta ) ► Musik Arab dipengaruhi musik Zunani ► Musik tradisional pada dasarnya tidak harmonis ► Menggunakan banyak nada tinggi dalam oktafnya ► Ketukan ditentukan dengan gendang serta tamborin ► Irama dan hiasan melodi menjadi ciri khas musik Arab

7 MUSIK INDIA Musik tradisional India berdasarkan prinsip risalat-risalat sankrit Aspek pokoknya melodi dan waktu yang diwujudkan dalam bentuk raga dan tala ( irama dan nada ) Suaras ( titi nada ) Sa, RI, Ga, Ma, Pa, Da, Ni Tempo : Dilampat ( Lambat), Madya ( sedang ), dan Drut ( Cepat ) Instrumen : Gendang 300 macam, Vina, Sitar Didruba, Shannai ( suling ), Rabab, Biola, Tambura, Tabla, dan Suling

8 MUSIK CINA Musik memiliki gaya kontras tempo cepat atau lambat Bisa mengkomunikasikan udara dan temperatur yang seimbang Melodi sederhana Membawa kedamaian Urutanya bisa ketat atau tidak ketat

9 MUSIK JEPANG Lagu di Jepang dibawakan dengan suara mesra Musik untuk upacara keagamaan Tanggal 7 dan 10 disebut hari musik atau kagura

10 UNSUR MUSIK ASIA Nada Melodi Ritme / Irama Tempo Dinamika dan Tangga nada

11 NADA adalah bunyi yang mempunyai getaran teratur dalam tiap detik dengan sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda-beda C, D, E, F, G, S, B, C

12 MELODI Adalah tinggi rendahnya nada yang membentuk lagu

13 RITME / IRAMA Adalah panjang pendeknya nada yang menjiwai lagu 1 ketukan 1 ketukan 2 ketukan 2 ketukan 3 ketukan 3 ketukan 4 ketukan 4 ketukan ½ ketukan ½ ketukan

14 TEMPO adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan Lambat: Largo Lambat: Largo Sedang : Moderato Sedang : Moderato Cepat: Allegro Cepat: Allegro Alat pengukur kecepatan lagu Metronom Maelzel ( M.M )

15 DINAMIKA adalah mebgatur keras lembutnya lagu dinyanyikan p: piano ( lembut ) pp: pianissimo ( sangat lembut ) ppp: Pianissimo posibille ( sangat lembut sekali ) F: forte ( keras ) Ff: fortissimo ( sangat keras ) fff: fortissimo assai (sangat keras sekali) mp: mezo piano ( agak lembut ) mf: mezo forte ( agak keras

16 <: Crescendo ( mengeras ) >: Decrescendo ( melembut ) : Mezo Divoce ( mengeras kemudian melembut )

17 TANGGA NADA Adalah : susunan nada yang dimulai dari nada dasar dan diakhiri dengan nada oktafnya yang jatuh pada nana itu do, re, mi, fa, sol, la, si, do’

18 TANDA KROMATIK Adalah : tanda yang digunakan untuk mengubah nama nada dan juga digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nada setengah laras

19 JENIS TANDA KROMATIK KRES: Untuk menaikkan ½ nada KRES: Untuk menaikkan ½ nada MOL: Untuk menurunkan ½ nada MOL: Untuk menurunkan ½ nada Pugar: Untuk mengubah nada ke nada semula Pugar: Untuk mengubah nada ke nada semula

20 KROMATIK KRES DAN MOL ► C: Cis ► D: Dis ► F: Fis ► G: Gis ► A: Ais ► D: Des ► E: Es ► G: Ges ► A: As ► B: Bes

21 INTERVAL  Adalah : jaarak antara nada yang satu dengan nada yang lain

22 NAMA-NAMA INTERVAL Contoh Nada Jarak Nada Nama Interval C – C 0 nada Prim C – D 1 nada Sekon C – E 2 nada Terts C – F 2 ½ nada Kuart C – G 3 ½ nada Kwint C – A 4 ½ nada Sekst C – B 5 ½ nada Septim C – C’ 6 nada Oktaf

23 Macam-macam tangga nada »Tangga nada kromatik »Tangga nada pentatonik »Tangga nada diatonik

24 Tangga Nada Kromatik adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak ½ laras Tangga Nada Kromatik Kres ( # ) Tangga Nada Kromatik Kres ( # ) C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B - C ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ Tangga Nada Kromatik Mol Tangga Nada Kromatik Mol C – Des – D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ ½ Nada Enharmonis ( Dua nada yang berbeda nama tetapi tingginya sama ) Nada Enharmonis ( Dua nada yang berbeda nama tetapi tingginya sama ) C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B – C C – Cis – D – Dis – E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B – C C – Des - D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C C – Des - D – Es – E – F – Ges – G – As – A – Bes – B - C

25 Tangga Nada Pentatonik Adalah Tangga Nada yang hanya menggunakan 5 nada Tangga Nada Pelog : 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 Ji ro lu pat mo nem pi Tangga Nada Slendro : 1 - 2 - 3 - 5 - 6 ji ro lu mo nem

26 Tangga Nada Diatonik adalah Tangga nada yang menggunakan 7 nada pokok Tangga nada Mayor : Mayor Kres ( # ) Mayor Mol Tangga nada Minor : Minor Kres ( # ) Minor Mol

27 Tangga nada mayor Kres TGND12345671 0 # C:1CDEFGABC’ 1 # G:1GABCDEFisG’ 2 # D:1DEFisGABCisD’ 3 # A:1ABCisDEFisGisA’ 4 # E:1EFisGisABCisDisE’ 5 # B:1BCisDisEFisGisAisB’ 6 # Fis:1FisGisAisBCisDisFFis 7 # Cis:1CisDisFFisGisAisCCis

28 Tangga Nada Mayor Mol TGND12345671 0MolC:1CDEFGABC’ 1MolF:1FGABesCDEF’ 2MolBes:1BesCDEsFGABes’ 3MolEs:1EsFGAsBesCDEs; 4MolAs:1AsBesCDesEsFGAs’ 5MolDes1DesEsFGesAsBesCDes 6MolGes1GesAsBesBDesEsFGes 7MolB:1BDesEsEGesAsBesB’

29 Tangga Nada Minor Kres ( # ) TGND67123456 0#a:6abcdefgA 1#e:6efisgabcde 2#b:6bcisdefisgab 3#fis:6fisgisabcisdefis 4#cis:6cisdisefisgisabcis 5#g:6gisaisbcisdefisgis 6#d:6defisgisaisbcisd 7#ais:6aisccisdisffisgisais

30 Tangga Nada Minor Mol TGND67123456 0 Mol a:6 abcdefga 1 Mol d:6 defga bes cd 2 Mol g:6 ga bes cd es fg 3 Mol c:6 cd es fg asbes c 4 Mol f:6 fg asbes c deses f 5 Molbes:6 bescdesfgesasbes 6 Mol es:6 esfgesasbesbdeses 7 Mol as:6 asbesbdesesegesas

31 Fungsi Musik India Untuk mengiringi tari-tarian Untuk tata suara teater Untuk upacara keagamaan Untuk musik istana

32 Fungsi Musik Cina Sebagai pengiring opera Sebagai upacara panen Sebagai upacara adat

33 Fungsi Musik Jepang Untuk pengantar pemujaan Untuk pengantar pemujaan Untuk pawai tradisi Untuk pawai tradisi

34 Fungsi Musik Modern / Kontemporer Sebgi musik pribadi Sebagai fungsi sosial Sebagai sarana bisnis

35 Harmoni  Adalah : adanya keselarasan nada-nada, melodi, irama, dan sebagainya. Hal penting yang kita bahas sehubungan dengan keselarasan ini adalah perpaduan antara nada-nada ytang serasi ytang biasa disebut akor

36 Akor adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan atau dinyanyikan secara serempak akan terdengar harmonis adalah paduan beberapa nada apabila dimainkan atau dinyanyikan secara serempak akan terdengar harmonis

37 Akor C Mayor Tingkat AkorNama AkorAkor trinadaSimbul akor ITonikac-e-gC IISuper tonikad-f-aDm IIIMediane-g-bEm IV Sub Dominan f-a-cF VDominang-b-dG VISub Mediana-c-eAm VIILeading Notb-d-fBm

38 Akor pokok / Mayor Tonika Tonika Sub Dominan Sub Dominan Dominan Dominan

39 Akor Minor ►S►S►S►Super Tonika ►M►M►M►Median ►S►S►S►Sub Median ►L►L►L►Leading Not

40 Akor G Mayor Tingkat Akor Nama Akor Akor Trinada Simbul akor ITonika g – b – d G II Super tonika a – c – e Am IIIMedian b – d – fis Bm IV Sub Dominan c – e – g C VDominan d – fis – a D VI Sub Median e – g – b Em VII Leading Not fis – a - c Fis m

41 Tingkat Akor TandaTingkatAkor MulaIIIIIIIVVVIVII 0#CDmEmFGAmBm 1#GAmBmCDEm Fis m 2#DEm GABm Cis m 3#ABm DE Fis m Gis m 4#E Fis m Gis m AB Cis m Dm 5#B DmEFis Gis m Ais m 6#Fis Gis m Ais m BCis Dis m Fm 7#Cis FmFisGis Ais m Cm

42 Tingkat Akor TandaTingkatAkor MulaIIIIIIIVVVIVII 0 mol CDmEmFGAmBm 1 mol FGABesCDE 2 mol BesCDEsFGA 3 mol EsFGAsBesCD 4 mol AsBesCDesEsFG 5 mol DesEsFGesAsBesC 6 mol GesAsBesBDesEsF 7 mol BDesEsEGesAsBes

43 UJI KOMPETENSI SISWA 1. Partitur lagu Malayan Moon bernada dasar …. a. Do = Cb. Do = Dc. Do = Fd. Do = G 2. Tanda Kromatik yang digunakan untuk menaikan setengah nada adalah …. a. Kresb. Molc. Pugard. Permata 3. Nada A bila mendapat tanda Kres berubah menjadi …. a. Asb. Asesc. Aisd. Asis 4. Berikut ini adalah macam-macam tanda kromatik, kecuali …. a. Kresb. Molc. Pugard. Permata 5. Susunan tangga nada G adalah …. a. G – A - B - C - D - E - F – Gc. G – A - B - Cis - D - E - Fis – G b. G – A – B – C – D – E – Fis – Gd. G – A - B - Cis - D - E - F – G

44 12. Susunan tangga nada F adalah …. a. F – G – A – B – C – D – E – F c. F – G – As – B – C – D – E - F b. F – G – As – Bes – C – D – E – F d. F – G – A – Bes – C – D – E – F 13. Alat musik Lyra berasal dari Negara …. a. Mesirb. Jepang c. India d. Pilipina 14. Alat musik di bawah ini yang bukan berasal dari India adalah …. a. Didrubab. Rababc. Tablad. Rebab 15. Alat musik yang berasal dari Jepang adalah …. a. Shamisenb. Bianz-bongc. Sasandod. Calung 16. Mesir beranggapan bahwa seni musik merupakan warisan raja-raja dewa seni yang dinamai …. a. ISISb. Siwic. Aosisd. Miosis

45 17. Irama musik di Arab diambil dari irama langkah unta yang dikenal dengan irama …. a. Lamakb. Bajatic. Tubald. Rajaz 18. Di Turki nama alat musik gendang disebut …. a. Tablb. Duwulc. dawuld. Tabla 19. Alat musik Vina berasal dari …. a. Cinab. Indiac. Jepangd. Arab 20. Tala dalam istilah musik bangsa India sama dengan …. a. Tangga nadab. Pola iramac. Susunan nadad. Birama 21. Not di bawah ini merupakan bagian lagu Kokoronotomo a. 5 4 I 3 3 3 5 I 4 3 3 3 I dst c. 5 4 I 3.33 3 5 4 I 3.33 3 35 I dst b. I 5 4 3.33 3 I 5 4 3.33 3 I dstd. I 5 4 3 3 I 3 3 5 4 I 3 3 3 3 I dst


Download ppt "SENI BUDAYA IX BAB III APRESIASI KARYA SENI MUSIK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google