Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehGede Rizal Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Konstruksi Kekerasan Pada Majalah Populer Anak (Studi Tentang Penggambaran Kekerasan pada Film Animasi dan Videogame di Majalah Anak Populer) Oleh : Babay, Eka Wenats, Indiwan, Inge Hutagalung, Megandaru, Rudy Handoko, Nina Mutmainah
3
PERMASALAHAN PENELITIAN
Bagaimana artikel dalam majalah populer anak mengkonstruksi kekerasan dalam film animasi dan videogame? Apa kondisi internal dan eksternal yang melatarbelakangi majalah populer anak dalam mengkonstruksi kekerasan? Bagaimana jalinan kepentingan ekonomi mendorong adanya konstruksi kekerasan dalam majalah populer anak?
4
TUJUAN PENELITIAN Menggambarkan karakteristik kekerasan yang dikonstruksi oleh artikel majalah anak populer tentang film animasi dan videogame. Menjelaskan alasan munculnya konstruksi kekerasan dalam majalah anak populer dengan mengkaji kondisi internal dan eksternal terkait proses produksi dalam majalah anak populer. Mengkaji jalinan kepentingan ekonomi yang melatarbelakangi industri media anak populer dalam mengkonstruksi kekerasan.
5
METODE PENGUMPULAN DATA
LEVEL MIKRO Teks A. Analisis isi kuantititatif terhadap film animasi dan videogame B. Analisis isi kualitatif terhadap artikel majalah: dengan analisis framing Gamson-Modigliani Definisi Kekerasan menggunakan definisi studi NTVS (National Television Violence Study).
6
METODE PENGUMPULAN DATA
LEVEL MEZZO Produksi Teks Tiap level dalam model Shoemaker & Reese : wawancara mendalam dengan wartawan, editor, redaktur, redaksi pelaksana, pemimpin redaksi, pemimpin umum. Khusus untuk level media routine : ditambah dengan pengamatan terhadap kegiatan di ruang redaksi.
7
METODE PENGUMPULAN DATA
LEVEL MAKRO Analisis kepentingan ekonomi industri hiburan anak dilakukan studi dokumen terhadap muatan iklan di majalah anak, industri hiburan anak yang dekat (misal: mainan, merchandise), bisnis penerbit 3 majalah anak populer yang menjadi obyek penelitian.
8
UNIT ANALISIS A. Content (level mikro)
Tiga majalah populer anak : XY Kids, Kiddo, Ino Dari masing-masing majalah dipilih dua edisi yang paling banyak menampilkan artikel tentang film animasi dan videogame kekerasan Games, program film animasi televisi B. Lingkungan Media (level mezzo) Wartawan, Pemimpin Redaksi, Ekstra media Owner, atau Kepala Divisi C. Ideologi (level makro) : nilai-nilai kapitalis
9
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Level mikro : Content : document, archives Level mezzo : a. Lingkungan media : in-depth interview b. Observasi : pada lingkungan kerja media Level Makro: studi dokumen/literatur
10
ALASAN PENGGUNAAN TEKNIK
Document, archives: Akumulasi informasi tertulis In-depth interview Mencari informasi yang mendalam berdasarkan level pada lingkungan media. Mencari dan memahami proses dan keterkaitan antara beberapa level dalam lingkungan media.
11
INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
In-depth interview : Unstructured Interview Content : Content analysis (quantitative) Content analysis (qualitative) – Framing method Gamson - Mondigliani
12
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.