Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

5 4 1 2 3 YUU..AHHH SATU DUA LIMA EMPAT TIGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "5 4 1 2 3 YUU..AHHH SATU DUA LIMA EMPAT TIGA."— Transcript presentasi:

1 5 4 1 2 3 YUU..AHHH SATU DUA LIMA EMPAT TIGA

2 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PERTEMUAN 1 OLEH : VIKRI SETIAWAN, S.Kom. Free Powerpoint Templates

3 STANDAR KOMPETENSI : KOMPETENSI DASAR: MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK
PEMBUAT DESAIN GRFIS KOMPETENSI DASAR: MENUNJUKAN MENU DAN IKON YANG TERDAPAT DALAM PROGRAM PEMBUAT DESAIN GRAFIS

4 Gambar Ilustrasi Fotografi Typografi/Huruf Angka Simbol Grafik/Chart
Definisi Grafis…? Gambar Ilustrasi Fotografi Typografi/Huruf Angka Simbol Grafik/Chart

5 Menurut Suyanto : Jessica Helfand :
“desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri". Jessica Helfand : “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat".

6 Danton Sihombing : Michael Kroeger:
“desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi". Michael Kroeger: “visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition)i".

7 Blanchard : “desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.”

8 Definisi Desain Grafis:
adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

9 MACAM GRAFIS Grafis terbagi menjadi dua yaitu Grafis berbasis vektor dan bitmap. Keduanya sama-sama digunakan untuk menggambar dan mengedit objek, tetapi masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya. Grafis vektor tersusun atas garis-garis sedangkan Grafis bitmap terususun atas titik-titik, piksel, dot atau raster

10 PERBEDAAN GRAFIS BITMAP DAN VEKTOR
Grafis Vektor Terdiri atas kurva dan garis berdasarkan rumus matematis Resolution Independent Memerlukan penyimpanan yang relatif lebih kecil Cocok untuk gambar dengan warna sederhana (tidak rumit) Grafis Bitmap Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna tertentu Resolution Dependent Memerlukan ruang penyimpanan yang relatif besar Cocok untuk gambar yang detail dengan gradasi warna yang rumit

11 PROGRAM PENGOLAH DESAIN GRAFIS VEKTOR
Adobe Illustrator Beneba Canvas CorelDraw Macromedia Freehand Metacreations Expression Micrografx Designer

12 PROGRAM DESAIN GRAFIS BITMAP
Adobe Photoshop Corel Photo Paint Macromedia Xres Metacreations Painter Metacreations Live Picture Micrografx Picture Publisher Microsoft Photo Editor QFX Wright Image

13 SCREEN SHOOT PROGRAM GRAFIS VEKTOR COREL DRAW
2 1 3 4 13 6 10 5 11 7 14 12 8 9

14 Keterangan : Title Bar : Merupakan bagian yang memuat judul dari Dokumen. Contoh : Graphic1 Menu Bar : Merupakan daftar fasilitas / perintah yang ada dalam suatu program Property Bar : Berisi kelengkapan dari tool-tool yang sedang dipakai Toolbar standard : Berisi ikon/gambar berisi perintah-perintah program Toolbox : Berisi tool-tool / alat yang dipergunakan untuk operasional program (corel draw) Docker Windows : Merupakan jendela dari tool-tool yang dipilih Color Palettes : Warna-warna default/standar bawaan dari corel draw Navigator : Bagian yang berisi perintah untuk berpindah halaman, menambah halaman dan menghapus halaman Status Bar : Bagian yang menunjukan status dari tool, dan posisi kursor. Workspace/Lembar kerja : Bagian untuk menggambar image Vertical scroll bar : menggulung layar secara vertikal Horizontal scroll bar : menggulung layar secara horizontal Vertikal ruller : penggaris vertikal Horizontal ruller : penggaris horizontal

15 MENU PROGRAM GRAFIS VEKTOR

16 EXPLANATION…. 1. File • New : Membuat lembar kerja baru • New From Template : Membuat lembar kerja dari template • Open : Membuka lembar kerja yang tersimpan • Close : Menutup lembar kerja • Close All : Menutup semua halaman lembar kerja • Save : Menyimpan lembar kerja • Save As : Menyimpan lembar kerja baru atau dengan nama lain • Import : Meyisipkan objek dari file lain (bukan corel) kedalam lembar kerja • Export : Mengirim lembar kerja ke file lain (bukan corel) • Export Office : Mengirim lembar kerja ke Ms. Office • Send To : Mengirim lembar kerja ke dekstop, mail, my document • Print : Mencetak lembar kerja • Print Preview : Melihat lembar kerja yang akan dicetak • Print Setup : Mengatur lembar kerja yang akan dicetak • Publish To Web : Menjadikan file web • Publish To PDF : Menjadikan file pdf • Recent Files : Membuka file yang telah dibuka • Document Info : Informasi lembar kerja • Exit : Keluar program CorelDRAW X3

17 MASIH BRAY… 2. Edit • Undo : Kembali ke kondisi sebelumnya • Redo : Menuju ke kondisi berikutnya • Cut : Memotong objek atau teks • Copy : Menyalin objek atau teks • Paste : Meletakan hasil copy atau paste • Insert Barcode : Menyisipkan barcode dalam lembar kerja • Insert New Object : Menyisipkan objek baru • Properties : Menampilkan keterangan dari objek. 3. View • Full-Screen Preview : Menampilkan lembar kerja pada layar monitor secara penuh • Guidelines : Menampilkan garis bantu • Grid : Menampilkan grid (kotak-kotak) pada lembar kerja • Rulers : Menampilkan pengaris 4. Layout • Insert Page : Menambahkan halaman lembar kerja • Rename Page : Menganti nama halaman lembar kerja • Delete Page : Menghapus halaman lembar kerja • Got To Page : Loncat ke halaman • Page Setup : Mengatur halaman lembar kerja • Page Background : Mengatur layar lembar kerja

18 LAGEE… 5. Arrange • Group : Menjadikan satu semua objek yang dipilih • Ungroup : Memisahkan kumpulan objek • Ungroup All : Memisahkan kumpulan – kumpulan objek • Lock Object : Mengunci objek agar tidak dapat dipindahkan • Unlock Object : Membuka kunci objek • Unlock All Object : Membuka semua kunci objek 6. Effects • Artistic Media : Memberi efek objek artistic media • Blend : Memberi efek objek blend • Contour : Memberi efek objek contour • Envelope : Memberi efek objek envelope • Extrude : Memberi efek objek extrude • Bevel : Memberi efek objek bevel • Lens : Memberi efek objek lensa 7. Text • Character Formatting : Memformat teks • Paragraph Formatting : Memformat paragraph • Tabs : Memformat tabs • Columns : Memformat kolom • Bulets : Memformat bullet • Drop Cap : Memformat drop cap • Edit Text : Mengedit text • Insert Symbol Characters : Memasukan teks symbol

19 Masih deui... Table : berisi perintah-perintah untuk Membuat tabel di corel draw Tools : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan kelengkapan lembar corel draw

20 SCREEN SHOOT PROGRAM GRAFIS BITMAP ADOBE PHOTOSHOP
1 2 3 4 5 6

21 KETERANGAN 1. Title Bar : Merupakan bagian yang memuat judul dari Dokumen. Contoh : Graphic1 2. Menu Bar : Merupakan daftar fasilitas / perintah yang ada dalam suatu program 3. Property Bar : Berisi kelengkapan dari tool-tool yang sedang dipakai 4. Toolbox : Berisi tool-tool / alat yang dipergunakan untuk operasional program (adobe photoshop) 5. Pallete : Bagian yang digunakan untuk melihat propertis dari tool-tool 6. Workspace : Bagian untk menggambar atau mengedit objek

22 MENU PROGRAM GRAFIS BITMAP

23 EXPLANATION…. 1. File Berkaitan dengan file seperti menyimpan, membuka, export, import, dan cetak. Edit Berkaitan dengan editing secara umum seperti cut, copy, paste, transform image, serta untuk mengatur preferences Adobe Photoshop. Image Berisi editing image untuk mengatur warna, hue/saturation, brightness/contrast, ukuran, dsb. 4. Layer Berkaitan dengan manajemen layer pada image, seperti menambah layer, menghapus, menambah efek pada layer, serta masking. Select Berkaitan dengan selection image.

24 LANDJUUTT 6. Filter Berisikan filter-filter yang terinstall pada Photoshop yang dapat digunakan untuk memberi efek tertentu pada image. 7. View Digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image, menampilkan skala, dan sebagainya. 8. Window Digunakan untuk pengaturan window 9. Help Digunakan untuk menampilkan help Adobe Photoshop.

25 HATUR NUHUN TERIMAKASIH KESUWUN ARIGATOU.. THANK YOU… SEE YOU NEXT WEEK

26 LATIHAN SOAL… APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN GRAFIS….??
SIAPA SAJAKAH PAKAR DESAIN GRAFIS…?? SEBUTKAN PERBEDAAN GRAFIS VEKTOR DAN BITMAP..!!! SEBUTKAN PROGRAM PENGOLAH DESAIN GRAFIS VEKTOR (3) SEBUTKAN PROGRAM PENGOLAH DESAIN GRAFIS BITMAP (3) ADA BERAPA MENUKAH PROGRAM GRAFIS VEKTOR… ADA BERAPA MENUKAH PROGRAM GRAFIS BITMAP…. SEBUTKAN CONTOH SUB MENU YANG TERDAPAT PADA MENU ARRANGE BESERTA FUNGSINYA (3) SEBUTKAN FUNGSI DARI MENU FILTER… KUMPULAN DARI TOOL-TOOL DISEBUT DENGAN….


Download ppt "5 4 1 2 3 YUU..AHHH SATU DUA LIMA EMPAT TIGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google