Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009."— Transcript presentasi:

1 KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009

2 KULIAH 11 - Disain 2 HASIL PEMBELAJARAN Tujuan: desain, analisis, dan reproduksimemahami proses desain Memahami perbedaan antara desain, analisis, dan reproduksi, serta memahami proses desain. Tugas 10: Tugas Kelompok Tugas Kelompok jam 12:00 Tata Usaha Dikumpulkan pada hari Rabu sebelum kuliah minggu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha Fakultas Teknologi Industri.

3 KULIAH 11 - Disain 3 WHAT IS DESIGN ? Design (n): Invensi atau pengaturan suatu bentuk, komponen, atau rincian sesuatu yang sesuai dengan rencana (plan). Aktivitas yang menghasilkan sintesa sesuatu untuk memenuhi keinginan (need). Konteks enjinering: Konteks enjinering: aplikasi pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) tertentu, untuk menghasilkan sesuatu yang memenuhi keinginan dalam bentuk set spesifikasi. Beberapa contoh keinginan (needs): Lemari pendingin untuk makanan. Speda untuk alat transportasi. Keyboard untuk mengirim data ke komputer. Knalpot untuk meredam suara mesin.

4 KULIAH 11 - Disain 4 WHAT IS DESIGN ? Objek desain: Peralatan, mesin, rangkaian, bangunan, mekanisme, struktur, software, proses manufaktur. Sistem teknis lainnya. Yang melakukan desain: Setiap individu. Teknisi atau non-teknisi. Enjiner. Objek desain produk dan peralatan struktur, sistem, prosedur, atau software. Objek desain yang berupa produk dan peralatan, tidak berarti hanya objek nyata (tangible), tetapi juga: struktur, sistem, prosedur, atau software.

5 KULIAH 11 - Disain 5 PERBEDAAN DESAIN DAN ANALISIS Analisis: Jika hanya terdapat satu jawab atas persoalan. Merupakan rangkuman.Contoh: Pengolahan data yang digunakan untuk menguji teori.Desain: Jika terdapat lebih dari satu solusi. Jika memerlukan keputusan yang kreatif, melakukan: pemilihan, pengujian, iterasi, dan evaluasi. Desain memerlukan analisis, dan melibatkan minimum satu elemen analisis tersebut.

6 KULIAH 11 - Disain 6 PERBEDAAN DESAIN DAN ANALISIS Stasiun cuaca. Contoh: Stasiun cuaca. analisis. Mengambil data cuaca, mengirimkan lewat internet, dan melakukan ramalan cuaca adalah analisis. desain. Membangun stasiun cuaca adalah kegiatan desain. Medieval catapult. Contoh: Medieval catapult. Mendapatkan lintasan projektil pada sumbu x-y. Menggunakan Hukum Newton, F=m.a.

7 KULIAH 11 - Disain 7 PERBEDAAN DESAIN DAN ANALISIS Medieval catapult. Contoh: Medieval catapult. Melibatkan keputusan: Target yg. mana? Menentukan parameter yg. akan digunakan: Berapa Vo dan sudut yg. akan digunakan. Persoalan melibatkan lebih dari satu solusi. analisis. Persoalan hanya berupa analisis.

8 KULIAH 11 - Disain 8 PERBEDAAN DESAIN DAN ANALISIS Medieval catapult. Contoh: Medieval catapult. membuat katapel desain. Bagaimana membuat katapel tsb. merupakan persoalan desain. Dapat dibuat dengan lebih dari satu cara. Perlu memilih metode terbaik. Perlu menentukan material untuk strukturnya. Perlu menentukan: tali, gantungan keranjang, penyimpan energi. Seberapa besar ukuran, digeser atau menggunakan roda. Memerlukan eksperimen, analisis, pengujian, evaluasi, dan revisi.

9 KULIAH 11 - Disain 9 PERBEDAAN DESAIN DAN REPRODUKSI Desainkreasi Desain melibatkan kreasi peralatan atau produk untuk memenuhi keperluan atau spesifikasi tertentu. Analisis mendapatkan jawab Analisis adalah proses yang menggunakan matematika atau tools lainnya untuk mendapatkan jawab atas persoalan tertentu.Reproduksi: proses kreasi ulang sesuatu yang telah di desain. replikasirevisi Melibatkan replikasi penuh atau revisi minor dimana hasilnya sudah diketahui. Contoh reproduksi: Membuat rangkaian osilator dari buku elektronik, dan mengganti nilai resistor untuk frekuensi tertentu. Menanami halaman oleh tanaman yang dibeli.

10 KULIAH 11 - Disain 10 PERBEDAAN DESAIN DAN REPRODUKSI Pentingnya reproduksi: Sebagai inti manufaktur. keterampilantools yang berbeda dengan desain. Memerlukan keterampilan dan tools tertentu yang berbeda dengan desain.

11 KULIAH 11 - Disain 11 GOOD DESIGN VS BAD DESIGN GOOD DESIGN BAD DESIGN Meets all technical requirement Meets all technical requirement Meets only some technical requirements Works all the time Works all the time Works initially but stops working after a short time Meets cost requirements Meets cost requirements Cost more then it should Requires little or no maintenance Requires little or no maintenance Requires frequent maintenance Is safe Is safe Poses a hazard to users Creates no ethical dilemma Creates no ethical dilemma Raises ethical question

12 KULIAH 11 - Disain 12 DESIGN CYCLE

13 KULIAH 11 - Disain 13 GOOD ENGINEER Listen to new ideas with an open mind Consider a variety of solution methodologies before choosing a design approach Does not consider a project complete at the first sign of success, but insists on testing and retesting Is never content to arrive at a set of design parameters solely by trial and error Uses phrases such as, “ I need to understand why,” and “Let consider all possibilities”

14 KULIAH 11 - Disain 14 BAD ENGINEER Thinks he has all the answer; seldom listens to the ideas of others Has tunnel vision; pursues with intensity only the first design approach that comes to mind Ships the product out the door without thorough testing Uses phrases such as, ”good enough” and “ I don’t understand why it won’t work, so-and-so did it this way” Equates pure trial and error with engineering design

15 KULIAH 11 - Disain 15 CONTOH PROSES DESAIN Merancang dan membuat kendaraan kecil yang dapat mendaki dengan tenaga sendiri, berhenti di puncaknya, menuruni bukit. Baca Horenstein, Ch.2, Section 2.5.

16 KULIAH 11 - Disain 16 DESAIN KASAR, SKESTSA AWAL Energi. Penggerak. Mekanisme kerja. Konstruksi. Material. Lainnya ?

17 KULIAH 11 - Disain 17 KONTRUKSI Ukuran rangka & roda. Roda penggerak. Lainnya ? Energi & Penggerak: Jenis, power, ukuran motor listrik.

18 KULIAH 11 - Disain 18 TUGAS 10 strukturbeban tinggi Rancanglah suatu struktur, yang mampu menahan beban dengan ketinggian yang maksimum. Ketentuan rancangan: Material menggunakan karton manila, tidak melebihi ¼ lembar. Konstruksi struktur tidak menggunakan lem/perekat, ataupun material lain.Ketentuan: Tugas kelompok. Sketsa rancangan, rumus yang digunakan, proses perhitungan, serta pernyataan performansi yang dicapai dikerjakan pada kertas ukuran A4.

19 KULIAH 11 - Disain 19 TUGAS 10 Ketentuan: Xcell Proses perhitungan menggunakan Xcell dan di print sebagai bagian dari tugas. jam 12:00 Tata Usaha Dikumpulkan pada hari Rabu sebelum kuliah minggu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha FakultasTeknologi IndustriPenilaian: Beban dan tinggi yang dihasilkan, dengan penggunaan material yang sesedikit mungkin. Keruntutan penjelasan, dan kerapihan penampilan. Ketidaksamaan dari bentuk struktur yang dipilih, makin banyak yang sama makin kecil nilainya. Jumlah halaman dari tugas, makin sedikit makin baik.


Download ppt "KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google