Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
NAMA : PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM : FAKULTAS : ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI : SISTEM INFORMASI multimedia
2
Multimedia Yang dimaksud multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dengan speaker.
3
Aplikasi Multimedia Tabel Aplikasi multimedia Aplikasi Keterangan
Presentasi bisnis Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien. Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing) Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan Pendidikan Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif. Hiburan Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional Penyajian Informasi Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran Kios interaktif Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi Telekonferensi Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan Tabel Aplikasi multimedia
4
Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara(sound card), sepasang speaker, dan mikropon. Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio Speaker adalah piranti untuk menyajikan suara Mikropon adalah piranti untuk menerima suara manusia Tetapi umumnya komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.
5
Gambar Berbagai peralatan dalam aplikasi multimedia
6
Elemen-Elemen Multimedia
Teks Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris, perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran. Suara Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu misalnya untuk memperdengarkan cara untuk melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris Format Ekstensi Keterangan AIFF .aif Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format, nerupakan standar berkas suara tersampel pada komputer Apple. AU .au Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal dilingkungan UNIX MIDI .mid Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara Yang khusus untuk menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara MP3 .mp3 Format umum yang digunakan untuk lagu WAVE .wav Format suara yang biasa dipakai untuk windows. WMA .wma Kepanjangan adalah Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya dari setengah dari ukuran berkas mp3 Tabel Format Berkas suara pada computer.
7
Elemen-Elemen Multimedia
Gambar Statis Umumnya gambar disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy adalah teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengangambar aslinya. Animasi Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya harimau yang sedang berlari.
8
Elemen-Elemen Multimedia
5. Video Format Keterangan AVI Kepanjangan adalah Audio/Video Interleaved. Merupakan standar video pada lingkungan Windows. Ekstentsi : .avi MOV Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling bnyak digunakan Web. MPEG Kepanjangan adalah Motion Picture Expeerts Group. Merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD Tabel Format berbagai video pada komputer.
9
Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak yang secara khusus ditunjukkan untuk membuat aplikasi multimedia authoring system. Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director. Virtual Reality Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya
10
Piranti Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter. Glover adalah piranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan kesistem virtual reality. Headset adalah piranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Cara Kerja Virtual reality Cara kerja system virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis
11
Aplikasi Virtual Reality
Format Aplikasi Manufaktur Pelatihan Pengujian rancangan Prototype semu Analisis engineering Analisis ergonomik Simulasi semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan gedung dan struktur lainnya Militer Pelatihan (pilot, astronot, pengemudi) Simulasi peperangan Kedokteran Pelatihan Pembedahan (melalui simulasi) Percangan pembedahan Terapi fisik Penelitian/Pendidikan Laboratorium fisika virtual Studi tentang topan Konfigurasi Galaksi Pengujian matematika kompleks
12
Terima kasih By: Putri Ariesta Ayu Kinasih_
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.