Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Review Struktur Dasar Program
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2013
2
Topik: Membedakan antara valid dan invalid identifiers.
Mengetahui Java technology keywords. Mengetahui 8 tipe data primitif. Mendefinisikan literal value untuk tipe data numerik dan tekstual. Mendefinisikan primitive dan reference variable. Mendeklarasikan variabel bertipe class. Mengetahui nilai inisialisasi default. Konversi dan casting tipe data primitif.
3
Identifiers Nama yang digunakan oleh programer untuk memberi nama pada variable, class, atau method. Identifier ini akan dicek oleh compiler, sehingga nama yang digunakan harus memenuhi aturan sbb : Dimulai dengan a Unicode letter, underscore (_), or dollar sign ($). Tidak boleh dimulai dengan angka Setelah karakter pertama, selanjutnya identifier dapat berupa huruf, $, angka. Dalam prakteknya, tidak ada batasan berapa jumlah karakter yang menyusun identifier Case sensitive (huruf besar dan huruf kecil dibedakan). Tidak bisa menggunakan keyword Java sebagai identifier. Contoh 1. foobar // legal 2. BIGinterface // legal: embedded keywords // are OK. 4. $incomeAfterExpenses // legal 5. 3_node5 // illegal: starts with a digit 6. !theCase // illegal: must start with // letter, $, or _
4
Java Keywords and Reserved Words
Java Keywords sering disebut juga sebagai reserved keywords Tidak dapat digunakan sebagai identifier. Tidak ada reserved words yang mempunyai sebuah huruf besar Assert ditambahkan di 1.4 dan enum ditambahkan di 1.5 2 keywords that are reserved in Java but which are not used : const dan goto true, false, null reserved word const, goto is keyword not in used
5
Tipe data primitif Terdapat 8 tipe data primitif : Logical - boolean
Textual - char Integral - byte, short, int, dan long Floating - double dan float
6
Tipe data primitif
7
Deklarasi variabel Sintak umum untuk mendeklarasikan dan menginisialisasi variabel <modifier> <Tipe data> <Nama variabel> = <nilai awal> Contoh : mendeklarasikan private variabel id dengan tipe data int dan variabel id diberikan nilai awal 10 private int id = 10;
8
Scope variabel Variabel lokal Variabel instance Variabel static
variabel yang dideklarasikan dalam sebuah method. Variabel ini hanya bisa diakses dalam method tersebut dan variabel tersebut dihapus (destroyed) setelah method selesai dijalankan. Variabel lokal disebut juga stack variabel karena disimpan dalam stack. Variabel instance Variabel yang dideklarasikan dalam sebuah class tapi diluar method. Merupakan variabel instance dari setiap objek yang dicreate dari class tsb dan hanya berlaku untuk 1 objek tsb. Variabel instance tersimpan dalam heap. Variabel static Variabel instance dideklarasikan dengan modifier static dalam sebuah class (diluar method). Variabel ini dapat dibaca/dishare oleh semua objek dari class tersebut.
9
Literals Contoh literal : Literal adalah Suatu nilai
Contoh angka desimal, angka pecahan, karakter. Tidak bisa diletakkan disebelah kiri pada proses assignment Contoh literal : ‘b' // char literal 42 // int literal false // boolean literal // double literal Penggunaan Literal : Teks = ‘b’; // benar, peletakkan disebelah kanan 42 = nomor; //salah, peletakkan disebelah kiri
10
Logical literals Tipe data boolean mempunya dua tipe literals true dan false. Contoh, statement: 1. boolean isBig = true; 2. boolean isLittle = false; Catatan : boolean literal tidak boleh berharga 0 atau 1
11
char literals Kode Karakter yang digunakan pada Java adalah Unicode character (16 bit encoding) Diekspresikan diantara tanda petik satu (‘ ‘). Contoh : char c = ‘w’; Sedangkan untuk ekspresi yang menggunakan heksadesimal diawali dengan \u dan sebanyak 4 digit. Contoh: char c1 = ‘\u4567’;
12
char literals Special Characters ‘\n’ for new line ‘\r’ for return
‘\t’ for tab ‘\b’ for backspace ‘\f’ for formfeed ‘\’’ for single quote ‘\”’ for double quote ‘\\’ for backslash
13
String literals Is not a primitive data type; it is a class
Represent sequences of characters Has its literal enclosed in double quotes (“ ”) Example: String s = “Characters in strings are 16-bit Unicode.”; String s = “Good Morning !! \n”;
14
Integral literals byte, short, int and long
Tipe default adalah int Untuk menentukan tipe long dengan cara meletakan 'L' or 'l' setelah angka. Contoh: long x = 25L;
15
Integral literals byte, short, int and long
Dinyatakan dengan desimal, octal atau hexadecimal The decimal value is 2 The leading 0 indicates an octal value 0xBAAC The leading 0x indicates a hexadecimal value Output Octal 010 = 8
16
X = 1 y = z =
17
Integral
18
Floating-Point literals
Floating point literal includes either a decimal point or one of the following: E or e (add exponential value) F or f (float) D or d (double) a simple floating point value (a double) 6.02E a large floating point value 2.718F a simple float size value 123.4E306D a large double value Default is double Specify a float by putting an ‘F' or ‘f' after the number. Example: float x = 2.5F;
19
Catatan : Semua tipe data primitif yang numerik (selain char dan boolean) adalah signed.
20
Nilai default
21
Conversion of primitives
Terjadi pada saat kompile. Conversion of a primitives bisa terjadi pada: Assignment Method call Arithmetic promotion
22
Primitive Conversion: Assignment
Terjadi ketika suatu nilai kita berikan pada suatu variabel yang tipe datanya berbeda dari data aslinya. Tipe data yang baru harus mempunyai ukuran lebih besar dari tipe data yang lama. 1. int i; 2. double d; 3. i = 10; 4. d = i; // Assign an int value to a double variable Nilai d = 10.0
23
Primitive Conversion: Assignment
Contoh konversi yang illegal 1. double d; 2. short s; 3. d = ; 4. s = d; // Assign a double to a short variable Muncul error: possible loss of precision Karena tipe data short lebih kecil dari double.
24
Aturan untuk primitive assignment conversion
Boolean tidak bisa di konversi ke tipe data lain Non-boolean dapat di konversi ke tipe data lain selain boolean, konversi yang dilakukan adalah widening conversion Note: widening conversion adalah merubah tipe data suatu variabel ke tipe data yang ukuran bit nya lebih besar dari aslinya.
25
Java’s widening conversions
From a byte to a short, an int, a long, a float, or a double From a short to an int, a long, a float, or a double From a char to an int, a long, a float, or a double From an int to a long, a float, or a double From a long to a float or a double From a float to a double Note: Konversi antar primitive types yang tidak mengikuti arah panah disebut dengan narrowing conversion.
26
Java’s narrowing conversions
From a byte to a char From a short to a byte or a char From a char to a byte or a short From an int to a byte, a short, or a char From a long to a byte, a short, a char, or an int From a float to a byte, a short, a char, an int, or a long From a double to a byte, a short, a char an int, a long, or a float Note: Ubah arah panah!!
27
Primitive Conversion: Assignment
Ada yang istimewa tentang integral literal assignment Legal: khusus untuk integral literal aturan assignment conversion dibebaskan. Contoh : byte b = 1; short s = 2; char c = 3; Illegal: Pembebasan assignment conversion untuk integral literal hanya untuk assigment terhadap nilai. int i = 12; byte b = i; i adalah bukan nilai Ilegal : adalah literal untuk double sehingga tidak bisa di berikan pada float. Misal, : float f = 1.234;
28
Primitive Conversion: Method Call
Terjadi ketika kita berusaha melewatkan suatu nilai variabel sebagai argumen suatu method, dimana tipe data variabel method tersebut berbeda dengan yang diterima. 1. float frads; 2. double d; 3. frads = f; 4. d = Math.cos(frads); // Pass float to method // that expects double Hint: Math.cos(double d); Pada contoh diatas frands yang bertipe float akan secara otomatis di konversi menjadi double. Pada contoh diatas terjadi widening conversions.
29
Primitive Conversion: Arithmetic Promotion
Terjadi pada operasi matematika. Kompiler berusaha mencari tipe data yang sesuai dengan tipe data operan yang berbeda-beda. 1. short s = 9; 2. int i = 10; 3. float f = 11.1f; 4. double d = 12.2; 5. if ((–s * i) >= (f/d)) 6. System.out.println(“>>>>”); 7. else 8. System.out.println(“<<<<”);
30
Primitive Conversion: Arithmetic Promotion
Penyelesaian: 1. Short s dipromosikan ke int, selanjutnya di negatifkan. 2. Hasil step 1 (int) dikalikan dengan int i. Karena kedua operan bertipe int maka hasilnya adalah int. 3. Float f di promosikan menjadi double, selanjutnya dibagi dengan double d. Menghasilkan double. 4. Hasil langkah 2 (int) dibandingkan dengan hasil langkah 3 (double). Int dipromosikan menjadi double. 5. Hasil pembandingan adalah boolean.
31
Aturan: Arithmatic Promotion
Unary operators: +, -, ++, --, ~ Jika operan bertipe byte, short, atau char, maka dikonversikan ke int
32
Aturan: Arithmatic Promotion
Binary operators: +, -, *, /, %, >>, >>>, <<, &, ^, | Jika salah satu operan adalah double, operan lain dikonversikan ke double. Jika salah satu operan adalah float, operan lain dikonversikan ke float. Jika salah satu operan adalah long, operan lain dikonversikan ke long. Selain tipe data diatas maka dikonversikan ke int.
33
Primitives and Casting
Casting means explicitly telling Java to make a conversion. Cara: tambahkan tipe data yang diinginkan dalam tanda kurung sebelum nilai. 1. int i = 5; 2. double d = (double)i; Sama dengan: 2. double d = i;
34
Primitives and Casting
Are required when you want to perform a narrowing conversion. 1. short s = 259; 2. byte b = s; // Compile error 3. System.out.println(“s = “ + s + “ , b = ” + b); Pesan error = Explicit cast needed to convert short to byte. Solusi: dengan menambahkan casting 2. byte b = (byte)s; // Explicit cast 3. System.out.println(“b = ” + b); Hasil : b = 3 Kenapa 259 = The cast tells the compiler “Yes, I really want to do it”
35
Macam-macam Percabangan
if (...) if (…) else (…) if (…) else if (…) else (…) switch (…)
36
Percabangan : if Formula : ….. if (ekspresi_boolean) statement Atau
statements } Logical expression Statements ….. Y N
37
Percabangan : if-else if (ekspresi_boolean) statement 1 else
Logical expression Statements-1 ….. Y N Statements-2 Formula : if (ekspresi_boolean) statement 1 else statement 2 atau if (ekspresi_boolean) { statements 1 } else { statements 2 }
38
Percabangan : if-else if-else
Formula : if( ekspresi_boolean1 ) statement1; else if(ekspresi_boolean2) statement2; else statement3; if(ekspresi_boolean1 ) { statement1; } else if(ekspresi_boolean2 ) { statement2; } else { statement3; }
39
Percabangan : switch Formula :
switch( switch_ekspresi ){ case case_pilihan1: statement1;// statement2;//blok break; case case_pilihan2: statement1;// statement2;//blok break; : default: statement1;// statement2;//blok n }
40
Ekspresi Kondisional Gunakan : ? (ternary operator)
Tujuan : menggantikan if else Pola : ekspresi-1 ? ekspresi-2 : ekspresi-3 Program akan mengevaluasi ekspresi-1 : Jika nilai=1 maka ekspresi-2 dieksekusi Jika nilai=0 maka ekspresi-3 dieksekusi
41
Konsep Perulangan Sebuah proses di dalam program yang akan mengulang satu atau beberapa statement terus-menerus hingga sampai pada kondisi berhenti.
42
Pengulangan : for //statement yang akan diulang }
Umumnya digunakan pada pengulangan yang jumlah iterasinya sudah pasti atau sudah diketahui sebelumnya. Formula : for (inisialisasi; kondisi; iterasi) { //statement yang akan diulang }
43
Alur Kerja for Start inisialisasi false kondisi End true
Statement yang diulang iterasi
44
Contoh-contoh “for” Program untuk menuliskan teks “Java Programming” sebanyak 10 kali. class DemoFor1 { public static void main (String[] args) { for (int i=0; i<10; i++) { System.out.println("Java"); } class DemoFor1 { public static void main (String[] args) { for (int i=10; i>0; i--) { System.out.println("Java"); }
45
Contoh Program untuk menjumlahkan 5 bil. positif pertama
class DemoFor3 { public static void main(String[] args) { int n = 5; // 5 bilangan positif pertama int hasil = 0; for (int i=1; i<=n; i++) { hasil = hasil + i; if (i != n) { System.out.print(i + " + "); } else { System.out.print("= "); } System.out.println(hasil);
46
Program untuk menentukan apakah sebuah integer termasuk prima atau tidak.
class DemoFor4 { public static void main(String[] args) { int bilangan = 7; boolean prima = true; for (int i=2; i <= (bilangan/2); i++) { if ((bilangan % i) == 0) { prima = false; break; // menghentikan pengulangan } if (prima) { System.out.println(bilangan + " merupakan bilangan prima"); } else { System.out.println(bilangan + " bukan bilangan prima");
47
Penggunaan koma dalam “for”
Perhatikan program berikut : class DemoFor5 { public static void main(String[] args) { int j=4; for (int i=0; i < 5; i++) { System.out.println("Nilai i: " + i); System.out.println("Nilai j: " + j); System.out.println(); j--; }
48
Dapat disederhanakan sbb :
class DemoFor6 { public static void main(String[] args) { int i,j; for (i=0, j=4; i < 5; i++, j--) { System.out.println("Nilai i: " + i); System.out.println("Nilai j: " + j); System.out.println(); }
49
Percabangan : while Formula : inisialisasi; while(kondisi) {
//statement yang akan diulang iterasi; } Ekspresi? Statement ……. Salah Ke pernyataan sesudah while
50
Perulangan : do-while Formula : inisialisasi; do{
Ekspresi? Statement ……. Salah Ke pernyataan sesudah while Benar Formula : inisialisasi; do{ //statement yang akan diulang iterasi; }while(kondisi);
51
OPERATOR Operator : sebuah simbol yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu. Operasi yang dapat dilakukan meliputi operasi penambahan, pengurangan, perkalian, dan lain sebagainya. Operand : berupa data/nilai yang akan dikenai operasi.
52
Contoh 1. Misalkan ada ekspresi : 4 % 2 = 0 maka, operand = 4 dan 2
operator = % hasil = 0 Ekspresi : ++A operand = A operator = ++ hasil = nilai A ditambah 1
53
Kind of Operator Plus Minus + - Aritmatika + - * / %
SIMBOL Plus Minus + - Aritmatika + - * / % Increment decrement ++ -- Relasional > < >= <= == != Assignment = Logika && || ! ^ Bitwise & | ^ ~ >> >>> <<
54
Operator Plus Minus SIMBOL JENIS OPERASI CONTOH + Penanda bilangan positif +a - Penanda bilangan negatif -a Ketika bilangan tidak memiliki tanda +/- maka secara otomatis bilangan tersebut merupakan bilangan positif.
55
Operator Increment & Decrement
SIMBOL JENIS OPERASI ++ Tambah variabel/literal dengan 1 -- Kurangi variabel/literal dengan 1
56
Operator Increment & Decrement
Pre-increment, contoh : ++a Post-increment, contoh : a++ Decrement(--) Pre-decrement, contoh : --a Post-decrement, contoh : a--
57
Operator Increment & Decrement
58
Operator Increment & Decrement
59
Operator Aritmatika Hasilnya berupa nilai numerik.
SIMBOL JENIS OPERASI CONTOH + Additional (penambahan) a+b - Subtraction (pengurangan) a-b * Multiplication (perkalian) a*b / Division (pembagian) a/b % Modulus (sisa pembagian) a%b Hasilnya berupa nilai numerik. Tipe data dari operand mempengaruhi tipe dari angka yang dihasilkan.
60
Operator Relasi SIMBOL JENIS OPERASI CONTOH > Lebih besar a>b >= Lebih besar sama-dengan a>=b < Lebih kecil a<b <= Lebih kecil sama-dengan a<=b == Sama-dengan (equal to) a==b != Tidak sama-dengan a!=b Operator relasi disebut juga operator perbandingan, membandingkan dua operand dan mengembalikan nilai true atau false. Operand dapat sembarang nilai numerik.
61
Operator Relasi public static void main(String [] args) {
System.out.println(‘a’ ==‘a’); System.out.println(‘a’ ==‘b’); System.out.println(5 != 6); System.out.println(5.0 == 5L); System.out.println(true==false); }
62
Operator Logika Operasi dengan operator logika berbasis nilai boolean (true/false) hasilnya juga berupa nilai boolean.
63
Operator & (and)
64
Operator | (or) |
65
Operator ^ (xor) ^
66
Operator Bitwise Operasi bitwise dilakukan pada bilangan biner.
Tabel logika :
67
Operator >>
68
Operator <<
69
Operator Assignment
70
Operator Assignment x = x + 2 * 5; Disingkat x+=2*5
Ekspresi pada bagian kanan = selalu dievaluasi terlebih dahulu
71
Prioritas Operator
72
Berapakah hasil operasi berikut?
(2*3)+(6/2)-4 = (175%6) + (2*12) = 75-(24/6/10)+25%3 = (3*7-11) > (81%4+3) 24/6+1 == 17%3+2 (4%2<17) && (3*5>8/4) 22/11<17-10 || 41%4+3*2 2*3%4 & 5 ++7 / 4 >= 99/9-10 175%6+2*12 != 23*2/7
73
Berapakah hasil operasi berikut?
(2*3)+(6/2)-4 =5 (175%6) + (2*12) = 25 75-(24/6/10)+25%3 = 76 (3*7-11) > (81%4+3)=10>4true 24/6+1 == 17%3+2 5==3false (4%2<17) && (3*5>8/4) true && truetrue 22/11<17-10 || 41%4+3*2 Error 2*3%4 & 5 2 & 5 = 0 ++7 / 4 >= 99/9-10 2>=1true 175%6+2*12 != 23*2/7 25 !=6true
74
Tugas Buat Kalkulator yang dapat melakukan kalkulasi antara dua input yang didapatkan dari user. Jenis operat yang dipilih dapat diberikan sebanyak mungkin. Gunakan juga perulangan untuk menanyakan pada user apakah ingin menggunakan kalkulator kembali dengan input yang berbeda!
75
memasukkan dua bilangan
Pilihan Operator : Operator 1…….operator N Pilih operator Proses Kalkulasi bilangan 1 dan bilangan 2 sesuai dengan operator yang dipilih Hasil Kalkulasi ya And mau mengulang lagi? tidak
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.