Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari
2
Macromedia Flash
3
Pendahuluan Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
4
Pendahuluan Macromedia Flash merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk menggabungkan antara multimedia, grafis, animasi dan suara. Banyak digunakan untuk membangun game animasi Bisa dimanfaatkan sebagai media interaktif untuk pembelajaran
5
Pendahuluan Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
6
Tampilan Muka Macromedia Flash
Menu Bar Time Line Color Panel Kanvas Toolbox
7
Toolbox Macromedia Flash
8
Layer Layer dapat dianalogikan sebagai kanvas suatu lukisan. Jumlah layer bisa lebih dari satu (berlapis), layer yang paling atas adalah kanvas yang terdepan Layer bawah Layer Tengah Layer Atas
9
TimeLine Timeline atau garis waktu mempunyai fungsi untuk membantu penempatan obyek pada fungsi waktu Angka pada timeline menunjukkan garis waktu disebut sebagai frame. Menggunakan satuan fps, jika 12 fps maka setiap frame akan ditampilkan 1/12 detik
10
Membuat Dokumen Baru Membuat dokumen baru Dialog pembuatan
11
Jenis File Flash File Utama (.fla)
File yang menyimpan obyek-obyek flash. File ini dapat diedit atau diubah isinya. File Hasil Export (.swf) File hasil export yang tidak bisa diedit. Untuk membuka masih membutuhkan flash player File Publikasi Hasil publish menghasilkan .exe, .html, .swf dll. Bisa dibuka tanpa perlu installasi flash player atau macromedia flash
12
Jenis Animasi di Flash Keyframe to Keyframe atau biasa disebut frame by frame Pembuatan animasi yang dilakukan frame demi frame. Biasanya dilakukan untuk membuat film kartun Motion Tween Animasi perubahan bentuk secara instance Contoh dalam kategori ini : Shape Tweening, Motion Guide Action Script Action script merupakan bahasa pemprograman di flash yang digunakan untuk pengontrolan object
13
KeyFrame to KeyFrame Animation
Buat Dokumen Baru di Flash Buat gambar1 pada frame1 Klik Kanan Frame, Insert Blank Frame buat gambar dua pada frame2 Klik kanan Frame, Insert BlankFrame dan buat gambar 3 pada Frame3 Dst sampai frame terakhir Untuk menjalankan tekan Ctrl-Enter pada keyboard Klik Kanan pada Frame dan pilih Insert BlankFrame
14
Frame By Frame dengan MultiLayer
Digunakan untuk membuat animasi jika ada bagian yang bergerak dan ada bagian yang tidak bergerak Hanya yang bergerak yang perlu kita gambar ulang Perlu dipilah : mana obyek yang bergerak dan tidak berbergerak Dibuat layer sendiri-sendiri Yang tidak bergerak ikut gambar sebelumnya
15
Motion Tweening Buat dokumen baru Gambar pada frame 1
Arahkan kursor ke frame20 klik kanan dan pilih keyframe Geser Gambar pada frame1 ke tempat yang kita inginkan Arahkan kursor antara frame1-frame20 klik kanan dan pilih create motion tween Untuk melihat efek ketik ctrl-enter
16
Animasi Shape Tweening
Buat dokumen baru Pada kanvas gambar object yang anda inginkan Arahkan kursor ke Frame 20 insert Blank Frame Pada posisi yang sama pada frame1 gambar object yang benar-benar berbeda dari frame1 Select Frame1 s/d frame20 pada properties pilih shape pada isian tween Ketik Ctrl-enter untuk melihat efek animasinya NB. Jika obyek bukan shape harus kita rubah dulu menjadi shape dengan cara dari menu modify Break Apart
17
Animasi Shape Tweening: Shape Hints
Kadang hasil animasi Shape Tweening tidak sesuai dengan harapan kita Kita bisa menentukan mana yang berubah mana tidak sehingga perubahan menjadi bagus Cara : Klik KeyFrame1, dari menu modify Shape Add Shape Hint. Pindahkan lingkaran kecil ke awal perubahan Selanjutnya klik Keyframe20, pindahkan lingkaran kecil ke akhir yang ingin kita rubah Ulangi langkah diatas untuk mengkorespondensi awal dan akhir perubahan. Semakin banyak semakin bagus Korespondensi Titik shape hint
18
Animasi Shape Tweening: Shape Hint …
Korespondensi Titik shape hint
19
Animasi dengan motion Guide
Berguna untuk membuat animasi sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan, cnt : putaran planet ke matahari, animasi roket yang meluncur, dll Pembuatan animasi dengan motion guide Bangun dokumen baru Buat object yang akan digerakkan pada frame1 Buat layer Guide dari menu Insert Timeline MotionGuide Dengan pencil tools buat jalan yang akan dilalui object Insert KeyFrame40 dan gerakkan object ke tempat yang diinginkan Pada frame1 pastikan object ada di ujung path dan frame40 object ada di akhir path Pilih frame1-frame40 dan click kanan pilih Create motion tween Pastikan Snap to Object aktif pada menu view snapping snap to objects Pada properties object pastikan Orient to Path dicentang untuk supaya arah object real
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.