Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pembelajaran Berbasis Komputer
Selamat Datang Pembelajaran Berbasis Komputer Bersama Deni Hardianto
2
PENGERTIAN, MANFAAT DAN BENTUK PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
a teaching process directly involving a computer in the presentation of instructional materials in an interactive mode to provide and control the individualized learning environment for each individual student. Hick and Hyde (Joiner; 29)
3
PBK adalah program instruksional dimana komputer sebagai alat bantu yang dipakai untuk menyampaikan pesan kepada si belajar secara individual
4
Komponen Instruksional
Petunjuk Kompetensi Uraian materi Grafis Rangkuman Tugas-tugas Balikan
5
Active Responding Karakteristik PBK Small steps Immediate feedback
6
Program PBK yang menyediakan banyak stimulus- stimulus berupa perintah-perintah yang memandu dan meminta siswa segera memberikan response dalam rangka belajar.
7
Program PBK dimana materi-materi yang dikembangkan/ diuraikan dalam penggalan-penggalan pendek untuk selanjutnya diuji bagaimana pemahaman siswa terhadap materi tersebut.
8
Yaitu balikan yang di berikan pada siswa dengan tujuan siswa segera mengetahui apakah dia telah berhasil dalam belajar atau belum dengan bukti respon dan balikan. Contoh:
9
Kota provinsi sumatera selatan yaitu ………………
a. Banjar masin b. Tanjung karang c. Padang d. Palembang
10
bagus! anda benar
11
Maaf !! coba ulangi lagi
12
B. Manfaat PBK Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
Dapat memberikan balikan pada siswa Mengatasi kelamahan dalam belajar kelompok Dapat mengatasi siswa yang lambat atau kurang konsentrasi dalam belajar ………………………? dll
13
Bentuk- bentuk PBK ~ Tutorial ~ Drill and practice ~ Problem Solving
~ Simulation ~ game
14
Tutorial merupakan program yang menyajikan informasi baru kepada si belajar.
Program pembelajaran bentuk ini memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi, istilah, latihan dan branching yang sesuai.
15
Drill and practice mengsnggap bahwa konsep-konsep dasar dari materi yang di pelajari sudah dikuasai oleh si belajar.
16
Problem solving merupakan program pemecahan masalah dengan komputer sebgai alat bantu.
17
Simulation analog dengan kehidupan nyata yang dihadapi oleh si belajar dengan maksud mendapat pengertian global.
18
Game merupakan salah satu program pembelajaran dengan bentuk permainan dengan maksud meningkatkan motivasi belajar.
19
Sekian Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.