Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHasan Mamah Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
PENYUSUNAN GBRP & SAP Perubahan Paradigma dalam Pembelajaran Lokakarya GBRP dan SAP Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unhas 14 Agustus 2014 RAHMAT MUHAMMAD
2
Proses Perancangan Pembelajaran (Content Based Approach)
Identifikasi kebutuhan pembelajaran dan penulisan Tujuan MK (TIU) Melakukan Analisis Instruksional Mengidentifi-kasi perilaku awal & karakteristik awal mahasiswa Menulis Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Menulis Tes Acuan Patokan Menyusun Strategi Pembelajaran Mengembang-kan Bahan Pembelajaran Mende-sain GBPP /SAP & melaksanakan evaluasi formatif Sistem Pembelajaran
3
GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) Tujuan Instruksional Khusus
Mata Kuliah : Kode/Bobot : Deskripsi Singkat : Tujuan Instruksional Umum : No. Tujuan Instruksional Khusus Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Estimasi Waktu Sumber Kepustakaan 1 2 3 4 5 6 . . . n TIK1=A+PLK1+C+D TIK2=A+PLK2+C+D TIKn=A+PLKn+C+D
4
Contoh Formulir Satuan Acara Pengajaran (SAP)
Mata Kuliah : Kode Mata Kuliah : SKS : Waktu Pertemuan : jam/menit Pertemuan ke : Tujuan 1. TIU : 2. TIK : Pokok Bahasan : C. Sub Pokok Bahasan: Kegiatan Belajar Mengajar Tahap Kegiatan Dosen Kegiatan Mahasiswa Media dan Alat Pengajaran Pendahuluan Penyajian Penutup E. Evaluasi : D. Referensi :
5
Rencana Tes Objektif NO. POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
JENJANG KEMAMPUAN DAN TINGKAT KESUKARAN JUMLAH BUTIR SOAL % C1 C2 C3 C4, 5, 6 M U D A H S E N G K R JUMLAH BUTIR SOAL PROSENTASE 100
6
Rencana Tes Uraian NO. POKOK BAHASAN & SUB POKOK BAHASAN
JUMLAH SOAL PROSES BERPIKIR MAKSIMAL JUMLAH BUTIR SOAL % C2 C3 C4 C5 C6 JUMLAH BUTIR SOAL PROSENTASE 100
7
Proses Perancangan Pembelajaran (Competency Based Approach)
Identifikasi kebutuhan pembelajaran dan menulis Kompetensi MK Melakukan Need Assesment Mengidentifi-kasi kompetensi awal yang telah dimiliki mahasiswa Menulis Sasaran dan skenario Pembelajaran Menyiapkan Instumen penilaian Memilih Bentuk Pembelajaran Menyusun Rencana Pembelajaran Melaksa- nakan PBM, Memoni- tor dan menilai prestasi Sistem Pembelajaran
8
CONTOH (versi 1) (lembar1 ) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : ……………………………………………………… SEMESTER : ………………………………… sks : …………… KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN DICAPAI OLEH PESERTA …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………
9
JENIS KEGIATAN PEMBELAJARAN
CONTOH (VERSI 1)(lembar 2) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN MINGGU KE JENIS KEGIATAN PEMBELAJARAN TOPIK BAHASAN BENTUK TUGAS BOBOT NILAI 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
10
KATAGORI PROSES KOGNITIF
CONTOH (VERSI 1)(lembar 3) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN NO POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN KATAGORI PROSES KOGNITIF 1 2 3 4 5 6 Tingkat kedalaman proses kognitif (revisi katagori Bloom, Anderson,et.al;2001) : 1. Remember Understand Apply Analyze Evaluate Create
11
BENTUK TUGAS (versi 1) (lembar 4)
MATA KULIAH : …………………………………………………………. SEMESTER : ………………………………… sks : ………………. TUJUAN TUGAS : URAIAN TUGAS : a. Obyek garapan : ……………………………………………………… b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan : …………………… c. Metodologi/ cara pengerjaan, acuan yang digunakan : d. Kriteria luaran tugas yang dihasilkan/ dikerjakan : ………………. KRITERIA PENILAIAN : a. ……………………….. b. ………………………. c. ………………………..
12
CONTOH (versi 2) (lembar 1) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : ……………………………………………………… SEMESTER : ………………………………… sks : …………… Sararan KOMPETENSI Profil Lulusan yang akan DICAPAI OLEH PESERTA melalui MK ini : …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………
13
CONTOH (VERSI 2) (lembar 2) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN
(1) MINGGU KE (2) MATERI PEMBELA JARAN (3) BENTUK PEMBELA JARAN (4) KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN (KOMPETENSI) (5) KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) (6) BOBOT NILAI (%)
14
BENTUK TUGAS (versi 2) (lembar 3)
MATA KULIAH : …………………………………………………………. SEMESTER : ………………………………… sks : ………………. TUJUAN TUGAS : URAIAN TUGAS : a. Obyek garapan : ……………………………………………………… b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan : …………………… c. Metodologi/ cara pengerjaan, acuan yang digunakan : d. Kriteria luaran tugas yang dihasilkan/ dikerjakan : ………………. KRITERIA PENILAIAN : a. ……………………….. b. ………………………. c. ………………………..
15
CARA MENGISI RENCANA PEMBELAJARAN (Versi 2)
) NOMOR KOLOM Menunjukan kapan suatu kegiatan dilaksanakan, yakni mulai minggu ke 1 sampai ke 16 (satu semester ). Bisa diisi pokok bahasan, atau sub pokok bahasan ,atau topik bahasan. Bentuk pembelajaran bisa berupa : kuliah, diskusi, presentasi tugas, seminar, simulasi, responsi, praktikum, latihan, kuliah lapangan, praktek bengkel, survai lapangan ,bermain peran, dlsb. Rumusan kompetensi diusahakan berupa rumusan kemampuan akhir dibidang kognitif, psikomotorik, dan afektif .( lengkap dan utuh )* Kriteria penilaian berisi : indikator yang akan dapat menunjukan pencapaian kompetensi yang dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif – ketepatan analisis, kerapian sajian, bisa juga yang kuantitatif – banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas) Bobot nilai disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengejakan tugas, atau tingkat pentingnya bahasan, atau kompetensi yang utama/ pendukung/ lainnya.
16
CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN Versi 2
MINGGU KE MATERI PEMBELA JARAN BENTUK PEMBELA JARAN KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN (KOMPETENSI) KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI 1 - 4 KULIAH 5 - 6 PRESENTASI 20% 7 - 10 SEMINAR 30% DISKUSI KELOMPOK UJIAN
17
Kompetensi Akhir Sesi Pembelajaran Indikator Penilaian Bobot Nilai (%)
Minggu ke : Materi Pembelajaran Bentuk Pembelajaran Kompetensi Akhir Sesi Pembelajaran Indikator Penilaian Bobot Nilai (%) 1 Informasi Kontrak dan Rencana Pembelajaran. Kuliah + Diskusi Membentuk kelompok kerja dan memilih ketua secara demokratis 2 Klasifikasi dan Aplikasi Persamaan Diferensial Kuliah + Tugas Kajian Pustaka Menemukan paling sedikit 3 contoh aplikasi pada paling sedikit 3 bidang keilmuan Ketepatan pemakaian konsep dgn contoh; kejelasan uraian; kemutakhiran bahan pustaka. 10 3 s.d 6 Model-Model Analitik Penyelesaian Persamaan Diferensial Biasa Kuliah + Kerja Kelompok + Presentasi Menyusun Poster yg memuat langkah-langkah penyelesaian PDB dari satu Model Analitik yg ditugaskan Ketuntasan Gagasan pada Poster dari model yang dipilih; Kretivitas; Kerja sama Tim pada presentasi. 25 7 s.d 10 Model-Model Numerik Penyelesaian Persamaan Diferensial Biasa Kuliah + Kerja Individu + Tutorial Menyusun PORTFOLIO tentang karakteristik Model-Numerik dan menyelesaikan Problem Set pada Buku Kerja Kelengkapan isi, kejelasan konsep dan penguasaan Model-Model Numerik; Kemampuan menyelesaikan Problem Set; Kedisiplinan 30 15 s.d 16 Uji Kompetensi & Remedial Studi Kasus + Presentasi Menyusun Draf Langkah-Langkah pemecahan Kasus yang akan digunakan disertai alasan. Kejelasan langkah pemecahan kasus; kejelasan alasan; ketepatan langkah dan alasan; ketelitian; kemampuan analogi. 35*
18
CONTOH (versi 3) (lembar 1) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : ……………………………………………………… SEMESTER : ………………………………… sks : …………… Sararan KOMPETENSI Profil Lulusan yang akan DICAPAI OLEH PESERTA melalui MK ini : …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………
19
CONTOH (VERSI 3) (lembar 2) FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN
1 2 3 4 5 6 7 WAKTU MINGGU ENTRY SKILL TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ISI BENTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN (KOMPETENSI) KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI (%)
20
BENTUK TUGAS (versi 3) (lembar 3)
MATA KULIAH : …………………………………………………………. SEMESTER : ………………………………… sks : ………………. TUJUAN TUGAS : URAIAN TUGAS : a. Obyek garapan : ……………………………………………………… b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan : …………………… c. Metodologi/ cara pengerjaan, acuan yang digunakan : d. Kriteria luaran tugas yang dihasilkan/ dikerjakan : ………………. KRITERIA PENILAIAN : a. ……………………….. b. ………………………. c. ………………………..
21
CARA MENGISI RENCANA PEMBELAJARAN (Versi 3)
) NOMOR KOLOM Menunjukkan kapan suatu kegiatan dilaksanakan, yakni mulai minggu ke 1 sampai ke 16 (satu semester ). Menunjukkan Entry Skill yang diperlukan untuk melaksanakan PBM Tujuan Kegiatan : Berisi informasi kompetensi yang disasarkan, semacam TIK pada desain lama. Bentuk pembelajaran bisa berupa : kuliah, diskusi, presentasi tugas, seminar, simulasi, responsi, praktikum, latihan, kuliah lapangan, praktek bengkel, survai lapangan ,bermain peran, dlsb. Rumusan kompetensi diusahakan berupa rumusan kemampuan akhir dibidang kognitif, psikomotorik, dan afektif .( lengkap dan utuh ) Kriteria penilaian berisi : indikator yang akan dapat menunjukan pencapaian kompetensi yang dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif – ketepatan analisis, kerapian sajian, bisa juga yang kuantitatif – banyaknya kutipan acuan / unsur yang dibahas) Bobot nilai disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengejakan tugas, atau tingkat pentingnya bahasan, atau kompetensi yang utama/ pendukung/ lainnya. Berisi standar kompetensi profesional yang disyaratkan oleh Lembaga profesi (miasa : IDI, PII, dll) apabila disyaratkan.
22
CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN
Mata kuliah : PERANCANGAN ARSITEKTUR II Semester : IV ( 4 sks ) JURUSAN ARSITEKTUR FTSP ITS. CONTOH RENCANA PEMBELAJARAN WAKTU MINGGU ENTRYSKILL TUJUAN KEGIATAN ISI-BENTUK KEGIATAN KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI 1 MINGGU Sudah mengikuti SPA I ,minimal nilai D Mhs.mendapat gambaran lengkap tentang program SPA II Pembagian Pedoman SPA II, penjelasan,dan tayangan hasil semester lalu. Pemberian tugas Pemahaman yang baik terhadap tujuan,bobot dan bentuk tugas, penilaian dan sasaran setiap tugas. 2 MINGGU Teknik gambar arsitektural, warna,bayangan,tektur,dan rendering. Melatih kepekaan daya apresiasi,dan kemampuan komunikasi visual -arsitektural. Menggambar ulang obyek yang dianggap indah dalam bentuk gambar yang komunikatif arsitektural. Kemampuan gambar arsitektural yang komunikatif dan apresiasif. Tingkat komunikatif gambar ( teknik gambar,ekspresivitas gambar). 10% Teori Estetika visual. Memberi pengalaman estetis unsur ruang dan bentuk bangunan, dan menumbuhkan kreativitas. Membuat ide ruang dan bentuk bangunan tanpa fungsi, yang dianggap indah. Kemampuan menuangkan kreativitas ide bentuk bangunan yang estetis. Tingkat estetis dan kreativitas. Berlajut ke tampilan berikutnya
23
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
PERENCANAAN PEMBELAJARAN (lanjutan) WAKTU MINGGU ENTRY SKILL TUJUAN KEGIATAN ISI-BENTUK KEGIATAN KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI 3 MINGGU Teori komposisi / teori menata ruang dan bentuk Melatih kepekaan komposisi ruang dan bentuk,dan menumbuhkan kreativitas Membuat komposisi 4 ruang dalam 2 lantai, tanpa fungsi dan membuat ide bentuk bangunan Kepekaan mengintergrasikan ruang dan bentuk secara kreatif. Integritas ruang dan bentuk, dan kreativitas. 15% Asas mengorganisasi ruang. Melatih logika penataan ruang yang fungsional dan berkarakter. Membuat rancangan rumah peristirahatan ruang,2 lantai, digambar secara arsitektural. Kemampuan mengintergrasikan berbagai ruang fungsional dengan bentuk dan penataan yang jelas. Kejelasan penataan dan intergritas ruang- bentuk- fungsi. 8 MINGGU Kegiatan merancang dan sistim struktur bangunan 2 lantai (kayu- beton) Melatih kemampuan menggubah ruang yang fungsional, yang utuh dengan bentuknya yang berkarakter,dan estetis. Membuat rancangan rumah dengan penghuni khusus,2 lantai, digambar secara arsitektural. Kreativitas dalam menata ruang dan bentuk yang terintegrasi dengan struktur yang benar, kemampuan menkomunikasikan secara visual- arsitektural (gambar denah, tampak, potongan, perspektif, dan maket) Tingkat fungsional ruang Tingkat estetis bentuk. Tingkat integritas ruang dan bentuk. Tingkat komunikatif gambar dan maket. 50% 1 hari UJIAN . Perkembangan kemampuan.
24
BENTUK RANC. PEMBLJR PARADIGMA LAMA PARADIGMA BARU GBPP SAP ASESMEN/
Dibuat untuk kepentingan /berorientasi pada apa yang harus dikerjakan dosen untuk mencapai kompetensi MK (TIU), dan umumnya disusun berdasarkan logika keilmuan. Dibuat berorientasi pada kegiatan apa saja yang akan dilakukan mahasiswa dalam satu semester, agar mencapai kompetensi yang diharapkan. SAP Satuan Acara Pekuliahan (SAP), lebih banyak berisi deskripsi kegiatan dosen untuk mencapai TIK tertentu. Sebaiknya diganti TUGAS, apa yang dikerjakan dan akan dihasilkan oleh mahasiswa. ASESMEN/ PENILAIAN Lebih banyak dalam bentuk tes/ ujian tulis (hasil). Umumnya tidak ada Remedial Lebih banyak pada unjuk kerja Mahasiswa, dan penilaian/ pengamatan pada proses dan hasil. Ada Remedial. ?
25
URAIAN RINGKAS CIRI BEBERAPA CARA BELAJAR YANG DILAKUKAN MAHASISWA
No CARA BELAJAR YANG DILAKUKAN MAHASISWA YANG DILAKUKAN DOSEN 1 Small Group Discussion membentuk kelompok (5-10) memilih bahan diskusi mepresentasikan paper dan mendiskusikan di kelas Membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi. Menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesion diskusi mahasiswa. 2 Simulasi mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya. atau mempraktekan/mencoba berbagai model (komputer) yang telah disiapkan. Merancang situasi/kegiatan yang mirip dengan yang sesungguhnya, bisa berupa bermain peran, model komputer, atau berbagai latihan simulasi. Membahas kinerja mahasiswa. 3 Discovery Learning mencari, mengupulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan. Menyediakan data, atau petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari oleh mahasiswa. Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa.
26
URAIAN RINGKAS CIRI BEBERAPA CARA BELAJAR YANG DILAKUKAN MAHASISWA
No CARA BELAJAR YANG DILAKUKAN MAHASISWA YANG DILAKUKAN DOSEN 4 Self-Directed Learning merencanakan kegiatan belajar, melaksanakan, dan menilai pengalaman belajarnya sendiri. Sebagai fasilitator. 5 Cooperative Learning Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan dosen secara berkelompok. Merancang dan dimonitor proses belajar dan hasil belajar kelompok mahasiswa. Menyiapkan suatu masalah/ kasus atau bentuk tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok. 6 Collaborative Learning Bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas Membuat rancangan proses dan bentuk penilaian berdasarkan konsensus kelompoknya sendiri. Merancang tugas yang bersifat open ended. Sebagai fasilitator dan motivator.
27
YANG DILAKUKAN MAHASISWA
No CARA BELAJAR YANG DILAKUKAN MAHASISWA YANG DILAKUKAN DOSEN 7 Contextual Instruction Membahas konsep (teori) kaitannya dengan situasi nyata Melakukan studi lapang/ terjun di dunia nyata untuk mempelajari kesesuaian teori. Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori dan mengkaitkannya dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, atau kerja profesional, atau manajerial, atau entrepreneurial. Menyusun tugas untuk studi mahasiswa terjun ke lapangan 8 Project Based Learning Mengerjakan tugas (berupa proyek) yang telah dirancang secara sistematis. Menunjukan kinerja dan mempertanggung jawabkan hasil kerjanya di forum. Merancang suatu tugas (proyek) yang sistematik agar mahasiswa belajar pengetahuan dan ketrampilan melalui proses pencarian/ penggalian (inquiry), yang terstruktur dan kompleks. Merumuskan dan melakukan proses pembimbingan dan asesmen. 9 Problem Based Learning Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen . Merancang tugas untuk mencapai kompetensi tertentu Membuat petunjuk(metode) untuk mahasiswa dalam mencari pemecahan masalah yang dipilih oleh mahasiswa sendiri atau yang ditetapkan.
28
TERIMA KASIH & SELAMAT BERDISKUSI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.