Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehNovi Bagas Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
SUCI ANGGARINI, 2102405026 Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di SMA
2
Identitas Mahasiswa - NAMA : SUCI ANGGARINI - NIM : 2102405026 - PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - EMAIL : sucie_maniez pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN : 2009-03-20
3
Judul Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di SMA
4
Abstrak Crita cekak (cerkak) dapat disesuaikan sebagai bahan ajar di SMA karena dalam pengajaran di sekolah cerkak memiliki pengaruh besar terhadap peserta didik. Ini dapat terjadi apabila peserta didik mengerti makna yang terkandung dalam cerkak sehingga akan mengimplementasikannya dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tokoh dan penokohan pada tiap-tiap cerkak yang terdapat pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito dan apakah sesuai sebagai bahan ajar di SMA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif. Data diperoleh dari buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara. Pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara terdapat 15 cerkak antara lain “BMW 318i”, “Bu Gin”, “Dalan”, “Dhompet Lemu”, “Filsafat Tresna”, “Mbesuk Ngenteni Apa”, “Ngamen”, “Nglangkahi Oyod Mimang”, “Panggung Sandiwara”, “Relief”, “Rokok”, “Sopir Taksi”, Tangga Kamar”, “Tebusan”, dan “Weny” ini mengangkat cerita kehidupan sehari-hari seperti cobaan hidup, pekerjaan, masalah keluarga, percintaan, perselingkuhan, dan lain sebagainya. Amanat atau pesan yang ingin disampaikan sebagian besar mengangkat hal-hal kemanusian dan moral. Melalui penelitian ini dapat diketahui, bahwa dalam buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito terdapat tokoh utama dan tokoh sampingan. Terdapat dua cara penggambaran penokohan pada cerkak-cerkak dalam buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito ini yaitu secara analitik (cara singkap) dan secara dramatik (cara lukis). Berdasarkan analisis tokoh dan penokohan pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito maka aspek tokoh dan penokohannya telah memenuhi kriteria bahan ajar yang terdiri dari tiga aspek, yaitu bahasa, psikologi, dan budaya. Dengan demikian unsur intrinsik kelima belas cerkak pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito dapat disesuaikan sebagai bahan ajar kesusastraan di SMA. ------------------------------------------------------> Crita cekak (cerkak) pantes kanggo bahan pamulangan ing SMA amarga saka pamulangan ing sekolah cerkak duwe daya kang gedhe kanggone siswa. Iki bisa kelakon menawa siswa ngerteni makna sing kakandhut ing cerkak saengga diterapake ing panguripan saben-dinane. Amarga iku, underaning perkara ing panaliten iki yaiku kepriye paraga lan pamaraganane ing saben cerkak sing ana ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito lan jumbuh kanggo bahan pamulangan ing SMA. Panaliten iki nganggo pendekatan objektif. Data saka buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara. Ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara iki ana 15 cerkak antarane yaiku “BMW 318i”, “Bu Gin”, “Dalan”, “Dhompet Lemu”, “Filsafat Tresna”, “Mbesuk Ngenteni Apa”, “Ngamen”, “Nglangkahi Oyod Mimang”, “Panggung Sandiwara”, “Relief”, “Rokok”, “Sopir Taksi”, Tangga Kamar”, “Tebusan”, lan “Weny” iki njupuk crita panguripan ing saben-dinane. Tuladhane pacobaning urip, pagawean, perkara kulawarga, tresna, lan dhemenan. Amanat utawa pesen saperangan njupuk saka perkara-perkara panguripan lan moral. Saka panaliten iki bisa dimangerteni, yen ing buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito ana paraga utama lan paraga sampingan. Ana cara loro kanggo nggambarake pamaragane paraga yaiku kanthi cara analitik (cara singkap) lan cara dramatik (cara lukis). Adhedhasar panaliten paraga lan pamaraganane sing ana ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito, mula segi paraga lan pamaraganane wis jumbuh karo kriteria bahan pamulangan kesusastraan sing ana telung perangan, yaiku bahasa, psikologi, lan budaya. Kanthi mengkana, unsur intrinsik limalas cerkak sing dibabar ing buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara dijumbuhake kanggo bahan pamulangan kesusastraan ing SMA.
5
Kata Kunci tokoh dan penokohan, kumpulan cerkak, bahan ajar.
6
Referensi Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Bara Agensindo. Astuti, Agustin Tri. 2008. Unsur-unsur Intrinsik Kumpulan Cerpen Musafir Karya Gola Gong dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar di SMP. Skripsi: FBS. Universitas Negeri Semarang. Baribin, Raminah. 1985. Teori dan Apresiasi Karya Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. ---------- 1989. Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. Effendi, Anwar. 1997/1998. Pengajaran Apresiasi Sastra. Jakarta: Depdikbud Hadikusuma, Kunarya. Supratigyo, Titi. Sayuti, Sadjat. Sutarto Joko. Rifai Achmad. Salim, Agus. Budiono dan Buchori, Mochtar. 1999. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press. Nurgiyantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rahmanto. B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Semi, Atar M. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya Padang. Soeparwoto. Liftiah dan Hendriyani, Rulita. 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Sudjiman, Panuti. 1991. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya. Suharianto, S. Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Sukada, Made. 1987. Pembinaan Kritik Sastra Indonesia Masalah Sistematika Analisis Struktur Fiksi. Bandung: Angkasa. Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia. Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tito, Daniel. 2006. Panggung Sandiwara (Kumpulan Crita Cekak). Sragen: Genta Mediatama. Wellek, Rene dan Austin Warren. 1989. Teori Kesustraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta) Jakarta: Gramedia.
7
Terima Kasih http://unnes.ac.id
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.