Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAlbertus Hikaru Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
MUHAMAD CHOIRUDIN, 2401404037 Kerajinan Logam Kuningan UD. Duta Kharisma Sanjaya Bedono Kabupaten Semarang.
2
Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMAD CHOIRUDIN - NIM : 2401404037 - PRODI : Pendidikan Seni Rupa - JURUSAN : Seni Rupa - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - EMAIL : cah_gunung_pati pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Triyanto, M.A. - PEMBIMBING 2 : Drs. Onang Murtiyoso, M.Sn. - TGL UJIAN : 2010-08-09
3
Judul Kerajinan Logam Kuningan UD. Duta Kharisma Sanjaya Bedono Kabupaten Semarang.
4
Abstrak Secara umum barang-barang seni yang dihasilkan perajin sangat banyak macamnya. Salah satu barang seni yang dihasilkan perajin ahli di kalangan masyarakat adalah seni kerajinan. Seni kerajinan yang terdapat di Bedono adalah seni kerajinan logam kuningan. Salah satu unit produksi kerajinan logam kuningan yang terdapat di Bedono adalah UD. ”Duta Kharisma Sanjaya”. Alasan diadakan penelitian, berdasarkan pengamatan sementara yang menunjukkan: (1) Pemasaran produk kerajianan logam kuningan UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” mampu menembus pasar nasional dalam kurun waktu lima tahun, (2) UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” merupakan unit usaha kerajinan logam kuningan yang sedang berkembang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses produksi kerajinan logam kuningan UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” di Bedono Kabupaten Semarang, (2) Bagaimanakah produk kerajinan logam kuningan UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” di Bedono Kabupaten Semarang, jika dikaji dari aspek bentuk, unsur visual, dan prinsip-prinsip estetisnya, (3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi perajin dalam mengembangkan karya dan proses produksi kerajinan logam kuningan UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” Bedono Kabupaten Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengkaji ketiga masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui langkah- langkah reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kerajinan logam kuningan UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” berupa relief logam kuningan. Teknik finishing logam kuningan yang digunakan adalah finishing teknik glow (menampilkan warna asli bahan) dan finishing teknik finishing airbrush yaitu penambahan warna yang dihasilkan dari cat. Perwujudan dari kedua proses finishing tersebut ditampilkan dalam tiga tema. Adapun ketiga tema tersebut meliputi: (1) kaligrafi (khat) yang diambil dari ayat- ayat Al-Qur’an, (2) alam (hewan, tumbuhan, manusia, dan lain sebagainya), (3) campuran dari keduanya. Secara keseluruhan karya-karya yang dihasilkan UD. Duta Kharisma Sanjaya telah menampilkan adanya penggunaan kaidah-kaidah estetis dengan menghasilkan produk kerajinan logam kuningan yang bernilai estetis. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut. Pertama pemilik usaha agar meningkatkan promosi melalui pameran-pameran dan expo yang diadakan di berbagai daerah, kedua perajin kerajinan logam kuningan agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan membaca buku atau artikel- artikel yang berkaitan dengan kerajinan logam kuningan, sehingga dapat menambah wawasan bagi perajin terkait dengan pengembangan kerajinan logam kuningan, ketiga pada proses pemasangan pigura, UD. ”Duta Kharisma Sanjaya” agar menggunakan kaca transparan jenis dof (tidak mengkilap). Dengan menggunakan kaca jenis dof, karya yang dikemas tidak memberikan efek bias atau pantulan, keempat pemerintah Desa Bedono, KESBANG POL dan LINMAS, maupun Pemerintah Kabupaten Semarang perlu menjalin kerja sama terkait dalam peningkatan sumber daya manusia yang berkenaan dengan kerajinan logam kuningan.
5
Kata Kunci Proses, Seni Kerajinan, Logam Kuningan, Nilai Estetis.
6
Referensi Aprilia. 1991. “Beberapa Faktor untuk Meningkatkan Kualitas Produksi Kerajinan Anyam.” dalam Media FPBS IKIP Semarang No.17 Th. XIV Desember 1991. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bastomi, Suwaji. 1981. “Pengembangan Desain Pengembangan Proses dan Pengembangan Produk Industri Kecil.” Makalah / Latihan Tenaga Penyuluhan Lapangan Industri Kecil Jawa Tengah. --------------------, 1986. Seni Kriya Apresiasi dan Perkembangannya. Semarang : IKIP Semarang Press. ---------------------, 1990. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press. ----------------------,1992/1993. “Seni Kerajinan: Suatu Alternatif Pembangunan Masyarakat Pedesaan.” Laporan Penelitian. Semarang: Puslit-IKIP Semarang Chulsum, Umi dan Windi Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko. Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang. IKIP Semarang Press. Ema F, Helmi. 2008. “Proses Produksi Patung Logam Kuningan Karya Perusahaan Sampurna Dua Juwana Kabupaten Pati.” Skripsi. Tidak dipublikasikan. PSR FBS Unnes. Ismiyanto, P.C.S. 2003. ”Metode Penelitian”. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Semarang: Jurusan Seni Rupa tidak dipublikasikan. Kusnadi, 1982/1983. “Peranan Seni Kerajinan (Tradisional dan Baru) dalam Pembangunan.” dalam Analisis Kebudayaan Th.III-No. 2. Depdikbud. Jakarta: Balai Pustaka. Maftuchin. 2003. “Proses Produksi dan Estetika Visual Seni Kerajinan Monel di Desa Kroyan Jepara.” Skripsi. Tidak dipublikasikan. PSR FBS Unnes. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Mudiono. 2008. ”Seni Patung Figur Manusia Karya Basidin Desa Temanggung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang: Kajian Proses dan Nilai Estetis.” Skripsi. Tidak dipublikasikan. PSR FBS Unnes. Mulyadi, P. 1992. Pengetahuan Seni. Buku Pegangan Kuliah Fakultas Sastra-seni Kriya. Surakarta: Depdikbudd UNS. Rachman, Maman. 1999. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 1993. “Dangdut dan Orang Miskin: Analisis Kesenian dalam Perspektif Antropologi.” Dalam Media FPBS No.2 Th.XVI Juli 1993. ---------------------------------. 2002. “Mempersiapkan dan Mengarahkan Seni Kriya Indonesia dalam Era Globalisasi yang Terbuka. Bahasan dalam Perspektif Kebudayaan.” Makalah dalam Seminar Internasional Seni Rupa 2002 PPs ISI Yogyakarta. Rondhi, M. 2002. “Tinjauan Seni Rupa 1”. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Semarang: Jurusan Seni Rupa tidak dipublikasikan. Sahman, Humar. 1993. Mengenal Dunia Seni Rupa. Semarang : IKIP Semarang Press. Setyoatmojo. 1988. Bacaan Pilihan Tentang Estetika. Jakarta: Depdikbud. Soedarso, S.P. 1976. Tinjauan Seni. STSRI Yogyakarta. Diterbitkan untuk Mahasiswa oleh pengarangnya. -------------------. 1990. Pengertian Seni. Yoyakarta: Saku Dayar Sana. -------------------. 2002. “Merevitalisasi Seni Kriya Tradisi Menuju Apresiasi dan Kebutuhan Masyarakat Masa Kini.” Makalah Seminar Internasional Seni Rupa 2002. PPs ISI Yogyakarta Sabtu dan Minggu 21-22 September 2002. Sunaryo, Aryo. 2002. “Nirmana 1”. Paparan Perkuliahan Mahasiswa. Semarang: Jurusan Seni Rupa tidak dipublikasikan. Sunaryo, S. Budi dan Bandono, A. Sri. 1979. Pengetahuan Teknologi Kerajinan Logam I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Susannto, Mikke. 2002. Diksi Rupa Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius. The Liang Gie, 1976. Garis Besar Estetik (Filsafat Keindahan). Yogyakarta: Supersukses. Triyanto. 1997. ”Pelestarian Kesenian tradisional melalui Pendidikan Keluarga: Kasus Pendidikan Seni Keramik Tradisional dalam Lingkungan Keluarga Perajin di Desa Mayong Lor Jepara”. Laporan Penelitian. Semarang: Pusat IKIP Semarang. Udanarto. 1990. Pendidikan seni Rupa, Buku Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Wong, Wucius. 1986. Beberapa Asas Merancang Tri Matra. Bandung: ITB Bandung. Yudoseputro, W. 1993. Pengantar Wawasan Seni Budaya. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
7
Terima Kasih http://unnes.ac.id
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.