Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDante Ramadhani Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pertemuan 4 : OOP Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
2
Getting Started C# adalah sebuah bahasa pemrograman yang object-oriented. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang object-oriented, dapat dibuat sebuah program dengan code yang berkualitas, mudah di-maintain dan code yang dapat di-reuse (dipakai di bagian lain dari program tanpa perlu anda menulis ulang baris-baris code tersebut).
3
Class
4
Object dan Class Object:
Sebuah object adalah sebuah benda yang memiliki tujuan yang jelas. Sebuah object memiliki dua hal: kondisi (state) dan perilaku (behavior). Kondisi (state) dari suatu object sering dinyatakan melalui attribute dari object tersebut. Sedangkan perilaku (behavior) dinyatakan melalui operations dari object tersebut.
5
Object dan Class Class:
Sebuah class adalah blueprint atau rancangan dari sebuah object. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan state dan behaviour dari suatu object secara umum. Pada sisi lain, object merupakan instance atau bentuk nyata dari suatu class.
6
Object dan Class
7
Class Member Class member dibagi menjadi beberapa kategori: Konstanta
Field Method Properties Event Indexer Operator Constructor Destructor
8
Konstanta Konstanta adalah anggota Class yang bernilai tetap. Nilai konstanta diperhitungkan pada saat kompilasi program. Tidak bisa dilakukan pengambilan nilai konstanta dengan keyword this. Jadi harus dipanggil nama classnya.
9
Field Dalam OOP field biasanya hanya dipakai untuk menyimpan data. Sedangkan data ini sifatnya disembunyikan. Static field merupakan milik class dari pada object.
10
Method
11
Constructor & Destructor
12
Inheritance
13
Base and Derived Classes
<access-specifier> class <base_class> { ... } class <derived_class> : <base_class> { Dalam menulis code untuk derived class, digunakan tanda titik dua “:” sesudah nama class, kemudian diikuti dengan nama dari base class.
15
Di Kelas Rectangle terdapat Method Override..
16
Encapsulation
17
Access specifier public : semua objek boleh akses tanpa batas.
private : hanya berlaku dalam Class. protected : hanya boleh diakses Class sendiri dan turunannya. protected : hanya boleh diakses Class-Class dalam satu assembly.
18
Public
19
Private
20
Internal
21
Interface
22
Interface Interface adalah komponen vital dan penting dalam dunia OOP.
Interface merupakan semacam kontrak tentang apa yang bisa dilakukan di depannya. Deklarasi :
23
Interface : Contoh (..1)
24
Interface : Contoh (..2)
25
END
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.