Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4"— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4
PERANAN TEKNOLOGI DAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN EVOLUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DAN INTERNET UNTUK PENDIDIKAN

2 Perkembangan Peranan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan
Alat yang digunakan : Awal permulaan dari bahan alami (batu, daun dan sejenisnya) Abad ke-9 muncul kertas sebagai alat dalam proses belajar (buku-buku) Kemudian muncul papan tulis (black Board dan White Board) Awal abad ke-20 radio sebagai alat proses belajar dilanjutkan dengan Video Selanjutnya Televisi digunakan sebagai alat untuk belajar mengajar, yang dapat menghilangkan batas waktu dan jarak. Akhirnya komputer sebagai teknologi modern masuk dalam dunia pendidikan. Internet, E- Learning, E- Education

3 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Teknologi Kuno
Sumber daya tidak terbatas Murah, mudah diperoleh dan praktis Kerugian : Sulit untuk didokumentasikan Pesan (isi tulisan) terbatas

4 Dokumentasi lebih mudah dilakukan
Kertas Keuntungan : Dokumentasi lebih mudah dilakukan Pesan (isi tulisan lebih banyak di banding batu, daun) Kualitas tulisan lebih jelas, nampak rapi Kerugian : Perlu biaya (proses produksi) Relatif mahal Bahan cepat habis

5 Pesan (Isi tulisan) mudah di hapus (pemakaian berulang-ulang)
Blackboard/Whiteboard Keuntungan : Pesan (Isi tulisan) mudah di hapus (pemakaian berulang-ulang) Pemakain bersama Kerugian : Perlu Biaya (Proses produksi)

6 Radio (Audio) : Efektif (Dapat dipakai bersama terutama untuk jarak yang jauh) dan Efisien Praktis (waktu dan tempat belajar bisa dilakukan di berbagai tempat) Materi tidak terbatas Dapat interaktif dengan menggunakan telepon Kerugian : Biaya pemerolehannya mahal Kualitas suara tidak terjamin (noise) Pesan (Isi materi) sulit dibayangkan Timbal ballik (feed back) sulit (lambat)

7 Televisi (Audio Visual)
Keuntungan : Materi (pesan) dapat divisualisasikan dan dapat berulang-ulang Praktis Efektif dan Efisien Kerugian : Relatif mahal (Perlu biaya) Kualitas tergantung noise Respon / Timbal balik (feed back) lambat (kecuali interaktif)

8 Video Keuntungan : Materi dapat berulang-ulang
Visualisasi lebih jelas dan terfokus (kualitas) Praktis (dapat diarahkan) Efisien dan Efektif Kerugian : Biaya (relatif mahal) Feed Back sangat minim (tidak ada)

9 Komputer Keuntungan : Visualisasi lebih jelas dan bervariasi (multimedia) (teks, suara dan gambar) Tutorial Materi dapat diprogram (modular)/terencana dan berulang-ulang Efektif dan Efisien Praktis Lebih Menyenangkan (Menghibur) dalam bentuk permainan Simulasi Isi materi lebih banyak (tergantung kapasitas penyimpanan) Kerugian : Relatif mahal (modern) (Saat ini cenderung semakin murah) Feed Back bisa lambat/cepat bahkan tidak ada tergantung program Perlu keahlian / keterampilan mengoperasikan komputer

10 Perubahan Pendidikan Konvensional Dengan komputer
-Lebih manusiawi (ada dosen untuk memotivasi) -Tidak dapat memenuhi kebutuhan Perorangan Bahan ajaran tetap -Hanya tergantung pada siswa -Tidak tergantung waktu -Penyiapan materi lama

11 Perubahan Pendidikan Era Industri Era Informasi
Buku sebagai sarana belajar Keterampilan membaca dan menulis, penting Pengajar sebagai sumber dominan (mentor in center) Teknologi canggih sebagai sarana belajar Keterampilan komunikasi penting Pengajar sebagai fasilitator (guide in the side)

12 Beda Pendidikan & Pelatihan
1.Materi belum jelas dan dapat dikembangkan 2. Faktor yang ingin ditingkatkan: - Pengetahuan (Knowledge) - Sikap (Attitude) 1. Materi jelas dan baku - Keterampilan (Skill) Pengetahuan : Teoritis, melatih otak Keterampilan : Aplikatif, melatih fisik

13 Penggunaan Komputer Computer Aided Instruction (CAI)
Computer Aided Learning (CAL) Computer Managed Instruction (CMI) Computer Based Education (CBE) 􀂄 CAI : meningkatkan keterampilan 􀂄 CAL : meningkatkan pengetahuan

14 Aplikasi Non Pengajaran
CMI (Computer Managed Instruction) Belajar dengan dikelola komputer Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian. Komputer langsung memantau kegiatan dan prestasi mahasiswa.

15 CAT (Computer Assisted Testing) : Ujian berbantuan komputer
Contoh : komputer digunakan sebagai penganti kertas ujian komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan melalui tanya jawab secara aktif CAG (Computer Assisted Guidance) Pengarahan berbantuan komputer membantu pemakai dalam pengambilan keputusan - penggunaan INTERNET

16 Aplikasi Pengajaran CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI : Latih dan Praktek (Drill and Practice) Menguji tingkat pengetahuan siswa. Penjelasan (tutorial) Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer. Simulasi Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit. Pemainan (game) Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

17 Aplikasi Program Komputer
Pendidikan - cd interaktif (materi pelajaran dilengkapi dengan bank soal) - cd interaktif (kamus bahasa) - cd interaktif (games/permainan pendidikan - cd interaktif grafis pendidikan - cd tutorial pemrograman

18 Sistem CAI – PLATO - Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp.
Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi. - Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES - Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A

19 INTERNET Definisi : Merupakan jaringan global yang menghubungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung bisa melakukan komunikasi satu sama lain (Brace, 1997). Awal Internet : Untuk pertahanan militer Amerika lahir Avanced Research Project Agency dari Departemen Pertahanan Amerika dengan nama jaringan ARPANet, untuk mendukung keperluan riset kalangan militer Sekanjutnya dipakai keperluan riset perguruan tinggi yang dimulai dengan University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah. Fasilitas Internet yang dipakai untuk dunia pendidikan : (Surat Elektronik) : one to one communication Mailing List (milis), perluasan penggunaan one to many communication File Transfer Protocol (FTP), digunakan untuk mencari dan mengambil arsif (file) di suatu server News Group, untuk melakukan komunikasi secara serempak dalam waktu yang sama (real time) lazim disebut konferensi dengan menggunakan fasilitas alat video conferencing : komunikasi verbal dan non verbal.

20 Syarat Internet Pendidikan
Agar pemanfaatan internet untuk pendidikan dapat berhasil, harus memenuhi syarat dalam hal : - Faktor Lingkungan yang meliputi institusi/penyelenggara pendidikan dan masyarakat (tekad, kesiapan, kebijakan dan manajemen) - Peserta didik meliputi usia, latar belakang, budaya, penguasan bahasa dan berbagai gaya belajar. Pendidik meliputi latar belakang, usia, gaya mengajar, pengalaman dan personality-nya (sebagai pengembang) Faktor Teknologi, meliputi komputer, perangkat lunak, jaringan, koneksi ke internet dan berbagai kemampuan yang dibutuhkan berkaitan dengan penerapan internet.

21 Keberhasilan pendidikan berbasis komputer/internet sangat ditentukan oleh karakteristik pengajar yang terlibat, untuk itu : Pendidik perlu diberi pemahaman berbagai keuntungan, termasuk kelebihan dan kelemahan penggunaan internet, sehingga memiliki motivasi dan komitmen yang tinggi Pendidik harus dibekali dengan kesadaran, wawasan, pengetahuan dan keterampilan tentang internet, krn nantinya ia akan berperan sebagai pengembang dan pengguna Pendidik harus memiliki pengelaman dan kemampuan mengajar yang cukup

22 Bentuk Pemanfaatan Ada 3 bentuk sistem pemanfaatan pendidikan melalui Internet : Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan serta ujian sepenuhnya disampaikan melalui Internet. Bentuk ini tidak memerlukan tatap muka, semua proses belajar sepenuhnya melalui fasilitas Internet, dan dilengkapi berbagai sumber belajar digital. Web Centric Course, sebagian bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan disampaikan melalui Internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi dilakukan secara tatap muka, berupa tutorial,namun persentase tatap muka lebih kecil. Web Enhanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan agar menunjang kualitas kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajarnya masih didominasi dengan tatap muka di kelas.

23 Terminologi Learning (Menurut TELKOM)
Distance Learning, merupakan seluruh bentuk pembelajaran (pendidikan dan pelatihan) jarak jauh, baik yang berbasis korespondensi (modul tercetak) maupan yang berbasis teknologi E- Learning, merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi (synchronous dan asynchronous) On line learning, memanfaatkan teknologi internet yang dikenal dengan web based learning Computer based learning, memanfaatkan komputer sebagai terminal akses ke proses belajar (CD-ROM leraning) Distance-learning E-learning Online CBL

24 Definisi : E-learning adalah upaya menghubungkan peserta didik dengan sumber belajarnya yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. Manfaat E-learning bagi organisasi : Peningkatan produktivitas Menciptakan nilai bisnis, identik dengan aset organisasi Efisiensi ; proses pembanngunan kompetensi dapat dilakukan dalam waktu singkat Fleksibel dan Interaktif

25 INTERNET (E-Learning)/ E- Education
Keuntungan : 1. Peranan komputer lebih luas (jaringan dunia, waktu dan tempat tidak terbatas) Informasi lebih luas 2. Siswa (Mahasiswa) sebagai subyek (ebih demokratis) (obyek versi metode belajar konvensional) 3. Basis materi (kurikulum) mendukung kompetensi 4. Daya kreasi lebih tinggi 5. Interaktif (chating, sms, video/camera) 6. Praktis, efektif dan efisien 7. Menghibur (menyenangkan) 8. Visualisasi sangat menarik karena powerfull multimedia (meningkatkan minat belajar) dan dinamis Kerugian : Relatif mahal (biaya koneksi dan peralatan jaringan tambahan) Kemanan data / informasi sangat rentan Gangguan oleh virus lebih rentan

26 Aplikasi E-Learning Pendidikan Menengah menerapkan program ICT(Information and Communication Technology) dalam bentuk situs/web : Edukasi.Net (prog.pemerintah/Pustekkom) EduTech.Net SMUNSabogor SMUN1Gres. Com SMUN1JKT.Com Universitas Terbuka Pelita harapan (mobile education)

27 PENDIDIKAN TINGGI Terciptanya virtual campus, berbagai PT telah menerapkan e-learning, syarat : Fasilitas hardware+jaringan lengkap Materi Kuliah, Absensi, Ujian dan Diskusi interaktif harus tercover melalui situs / web dinamis Biaya Tinggi harus tersedia (maintenance) Kemanan jaringan harus dapat diandalkan

28 Isyu dan Masalah Apakah benar komputer meningkatkan kemampuan belajar?
Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengabaikan lingkup sosialnya?

29 Sekian Terima Kasih


Download ppt "KOMPUTER MASYARAKAT SESI KE 4"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google