Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Objek-objek Multimedia
2
Tujuan : Mahasiswa mampu memahami konsep dari objek - objek multimedia seperti teks, grafik, audio, video dan animasi.
3
6 Jenis Objek Multimedia
T e k s G r a f i s B u n y i V i d e o A n i m a s i S o f t w a r e
4
Teks Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan Teks dapat berbentuk kata, surat, narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita Kebutuhan akan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia Game, memerlukan teks yang lebih sedikit Ensiklopedia membutuhkan teks yang banyak Hampir semua multimedia menggunakan teks karena sangat efektif dalam menyampaikan ide dan memberikan panduan kepada pengguna Teks : teks cetak, teks hasil scan, teks elektronik, hypertext
5
Teks Cetak Teks tercetak berada diatas kertas, dan jika menggunakan multimedia, maka harus mengetik teks tersebut. Tetapi akan memakan waktu dan membuang tenaga. Cara yang lebih cepat mungkin menggunakan scan untuk menscan teks tersebut
6
Teks Hasil Scan Prinsipnya ada 3 jenis scanner :
Flatbed, lebih mahal karena menggunakan motor dan pulley yang menggerakan scanner diatas kertas. Handheld (scanner tangan), lebih murah karena kita yang menggerakkan scan secara manual diatas permukaan kertas Sheet-fed, memiliki slot untuk memasukkan halaman tulisan yang akan di scan Contohnya : web sentraponsel, menggunakan icon hasil scan
7
Teks Elektronis Teks yang ditulis dengan format yang bisa dibaca oleh mesin,contohnya wordprocessing. Teks ini dapat dibaca oleh komputer dan dikirimkan secara elektronis melalui jaringan
8
HyperText Hypertext merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual, mengacu pada teks yang telah masuk link Hyper, mengacu pada proses linking yang membuat multimedia menjadi interaktif Contoh : web Jika kita klik “personalize” yang terletak di pojok kiri atas, akan muncul (link) “personalize” Jika kita klik “full winner list” yang terletak di pojok kiri bawah, akan muncul (link) “full winner list”
9
GRAFIK Gambar digunakan dalam presentasi / publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data komplek, sebuah gambar mampu menyampaikan seribu kata Terdiri dari : Gambar vektor / vector image Gambar bitmap / bitmap image Clip art Digitized picture Hyperpicture Format file grafik
10
Gambar vektor Gambar vektor tidak disimpan dalam sebuah gambar, tetapi tersimpan sebagai serangkaian instruksi yang digunakan untuk membuat suatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis, dan berbagai bangun dengan gambar / picture Contoh softwarenya adalah AutoCAD untuk membuat model pada gambar arsitektur dan mekanika
11
Kelebihan gambar vektor ;
Bersifat scalable, maksudnya : bisa merubah ukuran tanpa perubahan kualitas dan tidak tergantung pada resolusi monitor Ukuran file lebih kecil dibandingkan bitmap dan didownload dari internet lebih cepat Dapat diubah menjadi 3 dimensi
12
autoCAD
13
Gambar Bitmap Gambar Bitmap merupakan rekontruksi dari gambar asli.
Gambar Bitmap adalah gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel (titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel Kelemahannya : tidak bisa memperbesar / memperkecil resolusi, resolusi tergantung pada gambar asli Ukuran file relatif besar karena tersimpan dalam pixel bukan dalam instruksi untuk membuat gambar Gambar bitmap bila dikompresi, kualitasnya menurun Kelebihannya : Pengolahannya minimal dan lebih cepat untuk ditampilkan karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Contoh Software : Paint, Adobe Photoshop, CorelDRAW
14
Clip Art Membuat grafis dengan tangan sangat menyita waktu. Untuk
menghemat waktu, ada banyak sekali koleksi clip art untuk membuat multimedia Koleksi clip art : Foto Icon Animasi background tile Button Bullet visual theme (image alam & keilmuan) dll
15
Digitized Picture Video capture board (capture card) memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer dengan video camera, VCR,video disc player, line video feed dan langsung menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan dalam aplikasi multimedia
16
contoh……
17
Hyperpicture Ketika pada gambar terdapat bagian yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event, maka gambar demikian disebut hyperpicture Contoh ketika membuka situs yahoo.com, di samping kanan terdapat gambar mobil. Jika dibawah gambar mobil ini di klik pada kata “toyota”, maka akan link ke halaman web toyota tersebut.
20
Format File Grafik Ada beberapa format file grafik, diantaranya :
Acrobat TouchUp Image : *.pdf, *.ai, *.pdp BMP : *.bmp, *.rle, *.dib Photoshop JPEG : *.jpg, *.jpe PICT file : *.pic, *.pct PNG : *.png PSD : *.psd Raw : *.raw Scitex CT : *.sct Targa : *.tga, *.vda, *.icb, *.vst TIF : *.tif
21
PICT PICT merupakan format file default Macintosh yang tersedia untuk setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada sebuah platform Macintosh yang biasa digunakan untuk program MacDraw. Karakteristik kunci dari tipe file PICT adalah kemampuannya untuk memuat objek yang digambarkan secara bitmap maupun vektor. File ini diindikasikan dengan ekstensi .PIC
22
BMP BMP (Bitmap) merupakan format file default Windows.
Format file ini yang paling populer pada platform Windows dan diidentifikasikan dengan ekstensi .BMP Format BMP mendukung RGB, indexed colour, grayscale dan bitmap colour mode.
23
JPEG JPEG (Joint Photograpic Experts Group)
bertanggungjawab terdapat pengembangan standar dan format pemetaan gambar yang digunakan secara luas. JPEG menggunakan ekstensi .JPG yang merupakan format grafik yang terkompresi, digunakan untuk menampilkan foto dan gambar secara kontinyu dan dapat mengendalikan kedalaman warna. Ukurannya relatif kecil dan paling cocok digunakan di web. Dapat dipilih derajat kompresi file JPEG dengan mengindikasikan penetapan output resolusi rendah, sedang atau tinggi.
24
GIF GIF (Grafic Interchange Format) merupakan format
file terkompresi yang dikembangkan oleh compuserve untuk digunakan di internet. File GIF dapat mengendalikan kedalaman warna 16 bit (mampu menayangkan maksimum 256 warna) Mengkompresi gambar dengan sifat losses Mendukung warba transparan dan animasi sederhana File ini diindikasikan dengan ekstensi .GIF
25
TIFF TIFF (Tagged Interchange File Format) merupakan
format file terkompresi yang biasa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan format file bagi perusahaan percetakan. File ini diindikasikan dengan ekstensi .TIF Kekuatan dari format file TIFF adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan aplikasi kedalaman layout.
26
EPS EPS (Encapsulated Post Script) language file format
digunakan dalam photoshop dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik dan didukung oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman. File ini berekstensi .EPS Format EPS digunakan untuk mentransfer artwork bahasa post script antara apllikasi.
27
PNG PNG (Portable Network Graphics) dikembangkan
sebagai alternatif bebas-patent / pengganti untuk GIF. File ini berekstensi .PNG dan merupakan sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada world wide web Tidak seperti GIF, PNG mempunyai kemampuan menampilkan gambar pada 24 bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan. Gambar PNG tidak didukung oleh web browser
28
PSD PSD merupakan format yang digunakan photoshop
untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi. PSD mendukung seluruh mode gambar yang tersedia (Bitmap,Greyscale, indexed colour, RGB, CMYK, Lab dan multi channel) File PSD tidak terkompresi dan memuat informasi tentang berbagai graphic layer yang ada tanpa sebuah file.
29
AUDIO / SOUND Suara adalah
• fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda • getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu Suara berhubungan erat dengan rasa “mendengar”. Suara/bunyi biasanya merambat melalui udara. Suara/bunyi tidak bisa merambat melalui ruang hampa.
30
Merupakan media yang isi pesannya hanya
dapat diterima menggunakan indera pendengaran saja. Narasi melengkapi penjelasanyang dilihat melalui video. Efek suara dapat lebih menjelaskan gambar.
31
Konsep Bunyi dalam Multimedia
Penyajian audio/bunyi merupakan cara lain untuk lebih memperjelas pengertian suatu informasi. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan sound effect. Macam-macam format audio - wave audio format file audio standar untuk Windows PC namun dapat juga digunakan pada Mac. Kualitas produksi wav bergantung pada sampling rate ( banyaknya sample per detik ) wav juga biasa disebut pulse code modulator (pcm) audio.
32
Konsep Bunyi dalam Multimedia
Wave Audio
33
Konsep Bunyi dalam Multimedia
- AIFF Audio Interchange File Format: standar untuk Mac namun dapat berkerja di Windows jika mengistal terlebih dahulu QuickTime4. Menggunakan ekstensi AIF, dikembangkan oleh Apple computer. File ini menggunakan byte yang besar.
34
Konsep Bunyi dalam Multimedia
AIFF
35
Konsep Bunyi dalam Multimedia
DAT singkatan dari Digital Audio Tape : Sistem ini menggunakan Heas yang berputar serupa dengan Video Tape Recorder. Kebanyakan studio musik menggunakan DAT untuk perekaman dengan memakai tape merk TASCAM. Jika tidak memiliki player atau Recorder DAT,maka harus menggunakan aplikasi konversi analog untuk menghilangkan gangguan dan kesalahan.
36
Konsep Bunyi dalam Multimedia
- MIDI Musical Instrument Digital Interface merupakan cara efisien untuk merekam musik. MIDI merekam performance informasi yang diperlukan chip suara pada komputer agar bisa dimainkan secara fleksibel seperti mengatur volume keras atau lembut, mengubah timbre atau kualitas suara, menyatukan dan menambah efek khusus lainnya
37
Konsep Bunyi dalam Multimedia
- Audio CD Pustaka musik dan efek-efek suara biasanya tersimpan dalam audio CD, merupakan format yang sama dengan anda mainkan pada CD player. WAV, AIF, dan Audio CD bisa menyimpan bunyi rekaman sepanjang 75 menit dengan sampling ratenya perdetik.
38
Konsep Bunyi dalam Multimedia
Audio CD
39
Konsep Bunyi dalam Multimedia
MP3 MPEG Audio layer 3 : merupakan format file audio yang menggunakan suatu code untuk melakukan encoding (kompresi) dan decoding (dekompresi). Dapat memadatkan audio track dalam CD menjadi file berukuran sangat kecil dengan bandwidth lebih sedikit sehingga jika ditransfer melalui internet tidak mengurangi kualitas suara aslinya.
40
VIDEO Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Aplikasi video pada multimedia mencakup banyak aplikasi - Entertainment: roadcast TV, VCR/DVD recording - Interpersonal: video telephony, video conferencing - Interactive: windows
41
Macam-macam Video Digital video adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Biasanya digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD. Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8
42
Macam-macam Video Camcoder Fungsinya mengambil gambar video pada objek
43
Macam-macam Video Aplikasi video
Ada 4 macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia, yaitu : - Live Video Feed - Video Tape - Videodisc - Digital Video - DVD - Standar Video - Format File Video - Digitalisasi Video - Kompresi Video
44
Aplikasi Video Live Video Feed
Live video feed menyediakan objek link multimedia yang menarik dan real-time. Biasanya menggunakan webcam untuk melihat video feed dari seluruh dunia Contoh objek link-nya : saluran TV, live camera feed.
45
Aplikasi Video Video Tape
cara menyimpan video tape ini masih menggunakan kaset, akan tetapi gambaryang dihasilkan bagus.
46
Aplikasi Video Video tape Keterbatasan :
Video tape bersifat linier, informasi tersimpan dalam peta gulungan dan untuk mengaksesnya harus menunggu karena harus mempercepat/menggulung bail (rewind). Kebanyakan videotape player tidak dikontrol lewat komputer, sehingga harus menekan tombol play, stop, fast forward, rewind secara manual.
47
Aplikasi Video Video Disc
Berikut adalah 2 format videodisc : CAV & CLV CAV : dapat menyimpan hingga still frame = 30 menit motion video dengan stereo saundtrack. Frame ditandai dengan angka dan dapat menampilkan still frame dan memainkan motion sequences CLV : dapat menyimpan hingga 1 jam video pada tiap sisi disc (2x CAV) tetapi tidak dapat menampilkan still image frame, kecuali mempunyai high-end player
48
Aplikasi Video Player Video CD
49
Aplikasi Video Digital Video
Digital video merupakan medium penyimpanan video yang paling menjanjikan dengan format MiniDV dan Digital8 yang menggunakan DV codec tetapi direkam dengan ukuran yang berbeda. Contohnya DVCAM, DVCPRO. MiniDV ukurannya kecil 2,5”, dapat merekam selama 60 menit dalam standar play mode dan (90 menit dalam Long Play)
50
Aplikasi Video Alur digital video
51
Format Video Video dibedakan dalam dua format, yaitu: a. Analog : NTSC dan PAL b. Digital : MOV, MPG, AVI, ASF, dll
52
Format Video PAL ( Phase Alternate Line ) merupakan standar yang digunakan di eropa dan negara lain. PAL ini terintegrasi penamabahan warna sinyal televisi hitam putih yang mengandung 625 baris pada sebuah frame rate ( 25 frame rate per second ), masing-masing membutuhkan 1/50 detik untuk menggambar ( 50Hz ) National Televisi Standards Committee, mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 gambar garis scan horisontal setiap 1/30 detik.
53
Format Video MPG juga disebut MPEG berarti Moving Pictures Experts Group dikembangkan bersama oleh Organisasi Standar Internasional dan Komite Elektronik Internasional pada tahun format standar MPEG, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, MPEG-7 dan MPEG-21 MOV merupakan format audio dan video yang dikembangkan oleh Apple
54
Format Video Avi adalah wadah multimedia format yang diperkenalkan oleh Microsoft pada November 1992 sebagai bagian dari Video untuk Windows teknologi
55
ANIMASI Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan.Ketika frame-frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision”
56
Animasi Bentuk perubahan gambar
57
Animasi Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada 9 macam animasi Animasi Cell Kata “ cell “ berasal dari kata celluloid, merupakan material yang digunakan untuk membuat film dibuat dari asetat, bukan celluloid
58
Animasi Bentuk animasi cell
59
Animasi Animasi Frame bentuk animasi yang paling sederhana. Diupamakan anda mempunyai sebuah buku yang mempunyai gambar berseri ditepi halaman berurutan atau gerak secara berurutan Animasi Sprite objek yang yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan lantar belakang diam.
60
Animasi Animasi frame dan animasi spirit
61
Animasi Animasi Lintasan
Animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang anda tentukansebagai lintasan.
62
Animasi Animasi Spline
representasi matematis dari kurva, bila objek bergerak tidak mengikuti garis lurus. Misal kurva
63
Animasi Animasi Vektor
sebuah garis yang memiliki ujung pangkal, arah, dan panjang. Animasi vektor serupa dengan Sprite.
64
Animasi Animasi Karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi.
65
Animasi Ada 3 kategori bahasa animasi: 1. Linier-list Notations
Semua event dalam animasi ditulisdengan sebuah awal dan akhir nomor frame dan sebuah aksi yang akan dilakukan pada suatu koordinat tertentu. 2.General Purpose Language Dilakukan dengan menempelkan animasi pada bahasa pemrograman biasa. Nilai dari variabel pada bahasa pemrograman tersebut dijadikan sebagai parameter untuk prosedur, untuk membuat animasi. Contoh: ASAS adalah bahasa yang dibuat dengan menggunakan LISP
66
Animasi 3. Graphical Language Graphical Language adalah bahasa visual yang mampu memvisualisasikan aksi dari perintah-perintah untuk membangun animasi. Contoh: GENESYS, DIAL, dan S-Dynamics System
67
REFERENSI Suyanto.2003.Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.Penerbit ANDI Offset Binanto, Iwan. Multimedia Digital : Dasar Teori+Pengembangannya. Penerbit ANDI
68
TUGAS !! BUATLAH URAIAN SINGKAT DARI MASING-MASING FORMAT GAMBAR , SUARA, dan VIDEO KEMUDIAN JELASKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA. (MASING-MASING MINIMAL 5 MACAM)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.