Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHendri Ansyah Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (E-LEARNING WEB EDMODO)
JUDUL PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (E-LEARNING WEB EDMODO) Momon Warjiman PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA PASCA SARJANA UNIVERSITAS PASUNDAN
2
PENDAHULUAN Di bidang teknologi, manfaat hasil inovasi telah dapat dirasakan oleh banyak orang dan tidak dapat dipungkiri bahwa inovasi dalam bidang tersebut telah membantu memudahkan aktivitas manusia. Dewasa ini pemerintah terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai inovasi (pembaharuan), diantaranya inovasi di bidang sistem pendidikan, kurikulum, buku pelajaran, metode pengajaran dan peningkatan kualitas pendidik sebagai pengajar.
3
Pada saat ini masih banyak pendidik di lapangan yang melaksanakan proses pembelajaran matematika dengan cara konvensional. Dalam proses pembelajaran, banyak sekali pendidik matematika yang menggunakan waktu pelajaran dengan kegiatan membahas tugas-tugas lalu, memberi pelajaran baru, kemudian memberi tugas kepada peserta didik. Selain itu dalam proses pembelajaran yang terjadi satu arah yang hanya menekankan pada aspek kognitif saja, sedangkan aspek afektif dan psikomotor siswa kurang diperhatikan.
4
Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran dapat berupa media real maupun media maya (komputer). Pada era globalisasi ini, pemanfaatan komputer sudah berkembang tidak hanya sebagai alat yang hanya dipergunakan untuk urusan administrasi dan perhitungan saja, rnelainkan memungkinkan juga untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Arsyad (2011: 15) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses mengajar dapat membangkitkan minat yang baru, membangkitkan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Media pembelajaran berbasis web interaktif (ICT) adalah media yang efektif dan perlu dikembangkan.
5
PEMBAHASAN Pembelajaran Berbasisi Komputer Penegrtian Keuntungan Langkah-langkah Pengertian Pembelajaran berbasis komputer adalah pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu.
6
Keuntungan Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah secara individual. Menyediakan presentasi yang menarik dengan animasi. Menyediakan pilihan isi pembelajaran yang banyak dan beragam. Mampu membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar. Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengajar dengan baik. Meningkatkan pengembangan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disajikan. Merangsang peserta didik belajar dengan penuh semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh peserta didik. Peserta didik mendapat pengalaman yang bersifat konkret, retensi peserta didik meningkat.
7
Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Komputer
Orientasi Sebelum pelaksanaan proses pembelajaran tentang materi baru yang akan diberikan kepada peserta didik untuk dipelajari dan ditelaah, akan sangat menolong peserta didik jika pendidik memberikan kerangka pelajaran dan orientasi terhadap materi yang akan disampaikan. Presentasi Pada fase ini peserta didik dapat mempresentasikan/ menyajikan materi pelajaran baik berupa konsep-konsep maupun keterampilan.
8
Latihan terstruktur Pada fase ini peserta didik untuk melakukan latihan-latihan. Peran pendidik adalah memberikan umpan balik terhadap respon peserta didik dan memberikan penguatan terhadap respon peserta didik yang benar dan mengoreksi tanggapan peserta didik yang salah. Latihan terbimbing Pada fase ini pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih konsep atau keterampilan. Latihan terbimbing ini baik juga digunakan oleh pendidik untuk menilai kemampuan peserta didik untuk melakukan tugasnya. Peran pendidik adalah memonitor dan memberikan bimbingan jika diperlukan. Latihan mandiri Pada fase ini peserta didik melakukan kegiatan latihan secara mandiri.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.