Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Perintah-perintah dasar Greenfoot
Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si
2
Greenfoot Software yang didesain untuk belajar teknik pemrograman berorientasi Object Opensource dan Merupakan aplikasi grafis dengan bahasa pemrogramman JavaTM Mudah digunakan untuk membuat game atau simulasi grafis 2D
3
Instalasi Greenfoot tersedia dalam beberapa Operating System (OS), salah satunya Ms. Windows Komputer sudah terinstal Java 5 atau >
4
User Interface
5
Creating a New Scenario
Scenario == “Project”
6
Creating a New Scenario
Scenario baru dengan Class World dan Actor Kosong
7
Using the API API (Application Programming Interface)
8
Creating a World
9
Properti-properti World
getWidth() getHeight() getObjects() getObjectsAt() setBackground() addObject() removeObject() removeObjects() numberOfObjects() …etc
10
Ukuran dan Resolusi World
11
Background World Mode background tiles
12
Background World
13
Creating New Actors
14
First Compiling Klik tombol Compile
15
Properti-properti Actor
getX() getY() getRotation() getWorld() setLocation(posx,posy) setRotation(sudut) setImage(GreenfootImage)
16
Adding Actor to World Klik kanan atau dengan sambil menekan tombol Shift
17
Make Actor Move
18
Run Option Compile setiap kali selesai mengedit
19
Random Set kecepatan yang berbeda untuk setiap Buaya
Harus sesuai dengan nama World yang digunakan
20
Keyboard Input Dengan memodifikasi fungsi Move(int a):
21
Keyboard Input Single Key Input Klik tombol space sekali
22
Mouse Input Mouse Moved Clicked (Single Clicked) Dragged DragEnded
if(Greenfoot.mouseMoved(this)) Clicked (Single Clicked) if(Greenfoot.mouseClicked(this)) Dragged if(Greenfoot.mouseDragged(this)) DragEnded if(Greenfoot.mouseDragEnded(this)) Pressed if(Greenfoot.mousePressed(this))
23
MouseMoved mouseMoved(null) null digunakan untuk mendeteksi mouse digerakkan di World
24
Mouse Dragged Penambahan variabel rx dan ry digunakan agar Object yang digeser sesuai titik pertama dari Object ketika mouse ditekan mouseDragged() seringkali dikuti mouseDraggedEnded()
25
Mouse Pressed Diperlukan sedikit penyesuaian, penambahan variabel pressed
26
Next Week Greenfoot Primitive Objects String Scorring
Image Manipulation Intersecting (Tumbukan/Collision) Penambahan efek suara Exporting Scenario
27
Contoh Implementasi Lain (Animasi)
28
Contoh Implementasi Lain (2D VR):
29
Pustaka Kölling, Michael and Martin Pain The Greenfoot Programmers' Manual. University of Kent.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.