Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI
Kuliah 6: Inovasi FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009
2
HASIL PEMBELAJARAN Mahasiswa memahami pengaruh desain enjinering terhadap gagasan baru yang muncul di masyarakat, termasuk dampak sosialnya. Tugas 6: Tugas Kelompok. Dikumpulkan pada hari Rabu minggu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha FakultasTeknologi Industri. KULIAH 6 - Inovasi
3
INOVASI Materi Kuliah:
Terminologi: Science, Engineering, Teknik, Teknologi, Inovasi, Invensi Contoh Inovasi: Watt, Telford Disain dan Gagasan Baru Dorongan Baru Disain Enjinering Asal Muasal Inovasi: Aplikasi Sains, Proses Sosial, Individu Jenius Technology Push dan Market Pull KULIAH 6 - Inovasi
4
TERMINOLOGI: SAINS Sains: ilmu pengetahuan pada umumnya.
ilmu pengetahuan alam. pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik. KULIAH 6 - Inovasi
5
TERMINOLOGI: ENGINERING-REKAYASA
Enjinering (rekayasa): penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan (perancangan; pembuatan konstruksi; pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yang eknomis dan efisien). KULIAH 6 - Inovasi
6
Pembuatan garam tradisional
TERMINOLOGI: TEKNIK Teknik: pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri (bangunan, mesin, dsb) cara (kepandaian) membuat sesuatu atau malakukan sesuatu; cara sistematis mengerjakan sesuatu. Pembuatan garam tradisional KULIAH 6 - Inovasi
7
TERMINOLOGI: TEKNIK Definisi:
Tercakup dalam kegiatan teknologi, meliputi cara, langkah, metode, rutin dan prosedur Merupakan perpaduan cara dan langkah yang tepat yang telah terpolakan secara baik untuk melakukan sesuatu kegiatan KULIAH 6 - Inovasi
8
TERMINOLOGI: TEKNIK Contoh: Teknik memasang paku pada tembok
Pegang paku dengan jari telunjuk & jempol kiri Tempelkan ujung paku pada tembok sesuai dengan ketinggian yang diinginkan Pukul paku dengan palu yang dipegang dengan tangan kanan secara ritmis sehingga paku masuk ke dalam tembok sedalam yang diinginkan KULIAH 6 - Inovasi
9
TERMINOLOGI: TEKNOLOGI
kemampuan teknis yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis. KULIAH 6 - Inovasi
10
TERMINOLOGI: TEKNOLOGI
Komponen Teknologi (Technology Altas Project, 1989): Technoware peralatan manual, mesin otomatis, fasilitas terintegrasi Humanware kemampuan: operasional, memproduksi, memperbaiki, adaptasi, inovasi Infoware menilai, menjelaskan, menggunakan fakta, melakukan klasifikasi Orgaware individual, kelompok, organisasi, industri, nasional KULIAH 6 - Inovasi
11
TERMINOLOGI: TEKNOLOGI
Komponen Teknologi (Technology Altas Project, 1989): KULIAH 6 - Inovasi
12
TERMINOLOGI: INOVASI Inovasi:
pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaruan; Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metoda, alat) Perahu kayu Perahu beton KULIAH 6 - Inovasi
13
TERMINOLOGI: INOVASI KHALIL, 2002: A complex set of activities that transforms ideas & scientific knowledge into physical reality & real words applications Converts knowlegde into useful products & service that have socio-economic impact Requires the integration of inventions and existing technologies to bring innovations to the marketplace KULIAH 6 - Inovasi
14
Invensi: TERMINOLOGI: INVENSI
penciptaan atau perancangan sesuatu yang sebelumnya tidak ada; reka-cipta; (mendorong teknologi lain yang dapat menghemat bahan dan tenaga). KULIAH 6 - Inovasi
15
WATT ( ) Pembuat instrumen matematik, perancang, insinyur mesin. Mesin uap Newcomen (1712), Smeaton (1772), komponen : boiler, silinder, lengan-pengayuh. Watt: Mengapa mesin Newcomen membutuhkan uap yang banyak / bahan bakar yang banyak ? (Why ?). Pengamatan: Persoalan pokok: Silinder: perubahan temperatur yang cepat. KULIAH 6 - Inovasi
16
WATT (1736-1819) Watt: Pengamatan: Penyebabnya: Gagasan: Eksperimen:
Banyak energi yang hilang untuk memanaskan kembali silinder pada setiap langkahnya. Gagasan: Perlu pendingin uap yang mendinginkan piston. Eksperimen: Tambahkan komponen pendingin (condenser). Bejana-benam dalam air dingin. Uap panas diumpankan dari silinder. KULIAH 6 - Inovasi
17
WATT (1736-1819) Hasil: Dengan bahan bakar yang sama:
menghasilkan kerja 3 x lebih baik dari mesin yang ada, menghasilkan kerja 9 x lebih baik dari rancangan asli. Sukses komersial: Boulton & Watt: perusahaan, paten, laboratorium. Entrepreuner, monopoli, pengembangan teknis (R & D). KULIAH 6 - Inovasi
18
MESIN UAP NEWCOMEN (1712) KULIAH 6 - Inovasi
19
MESIN UAP WATT (1775) KULIAH 6 - Inovasi
20
INETRNAL COMBUSTION ENGINE
Four Stroke Engine Two Stroke Engine KULIAH 6 - Inovasi
21
INETRNAL COMBUSTION ENGINE
Rotary Engine Wankel Engine KULIAH 6 - Inovasi
22
JET PROPULSION Turbojet Turboprop Turbofan KULIAH 6 - Inovasi
23
TELFORD ( ) Tukang batu, arsitek, perancang & pengawas bangunan & jembatan (insinyur sipil). Pengamatan: Jembatan besi lebih tahan terhadap banjir daripada jembatan batu. Jembatan besi tidak membendung air yang akan menekan jembatan. Eksperimen: perancangan & pengujian lapangan berbagai bentuk struktur. pengujian lapangan berbagai penggunaan material jembatan besi-tuang. Hasil: Jembatan lebih panjang, material yang lebih sedikit. Penghematan material 3 kali. KULIAH 6 - Inovasi
24
JEMBATAN KULIAH 6 - Inovasi
25
DISAIN DAN GAGASAN BARU
KULIAH 6 - Inovasi
26
DISAIN DAN GAGASAN BARU
Menghasilkan: Inovasi. Efesiensi. Produksi masal. Standarisasi. Saintis & enjiner. Gagasan sosial. Gagasan sosial: Proses yang produktif: mesin (berputar) tekstil, alat transporatsi. Keterhubungan antar kota dan negara. KULIAH 6 - Inovasi
27
DORONGAN DISAIN BARU ENJINERING
KULIAH 6 - Inovasi
28
DORONGAN DISAIN BARU ENJINERING
KULIAH 6 - Inovasi
29
DORONGAN DISAIN BARU ENJINERING
KULIAH 6 - Inovasi
30
GANGGUAN DAN PERMASALAHAN MASYRAKAT
KULIAH 6 - Inovasi
31
DORONGAN DISAIN BARU ENJINERING
Desain sebagai invensi mengarahkan: Perubahan yang akumulatif. Produksi kuantitas kecil ke produksi masal. Lintas perakitan manual ke robotika. Perancangan dengan meja gambar ke perancangan berbantuan komputer. Kehidupan yang mekanistik. Masyarakat materialistik dan komersialistik. Desain sebagai seni mengarahkan: Perubahan yang sesuai dengan jamannya. Dirasakan untuk waktu yang panjang KULIAH 6 - Inovasi
32
LINI PERAKITAN MANUAL DAN ROBOTKA
KULIAH 6 - Inovasi
33
DISAIN ENJINERING SEBAGAI SENI
KULIAH 6 - Inovasi
34
ASAL MUASAL INOVASI Penelusuran asal-muasal kejadian dan objek merupakan hal yang vital bagi sejarawan dan desainer. Melihat masa-lalu dan mendapatkan sumber asli merupakan dorongan untuk mendapatkan kebenaran umum yang mungkin dapat diterapkan pada situasi masa datang atau objek desain. Tiga gagasan yang merupakan asal-muasal inovasi teknologi: Inovasi sebagai konsekuensi sains terapan. Inovasi merupakan respon dari tekanan politik dan ekonomi. Inovasi sebagai suatu hasil genius secara individual. KULIAH 6 - Inovasi
35
INOVASI SEBAGAI APLIKASI SAINS
Steam boat Fulton’s: Menggunakan hasil penelitian/desain paddlewheel yang sidah ada. Menggunakan mesin uap Watt’s. Melakukan eksperimen dengan bentuk kapal yang baru. Melakukan pengukuran pengurangan hambatan dan peningkatan kecepatan. Mempelajari kegagalan desain sebelumnya. Memanfaatkan penelitian enjinering sebelumnya. KULIAH 6 - Inovasi
36
INOVASI SEBAGAI PROSES SOSIAL
Merupakan kontribusi kolektif dari: Ahli mekanik, Bengkel kayu, Bengkel mekanik, yang menyelesaikan pekerjaan konstruksi rinci, penyesuaian, dan inovasi yang diperlukan. Institusi Finansial / Perbangkan, monopoli politik, dan pasar bebas. Profesi keteknikan dan masyarakat pengembang teknologi. KULIAH 6 - Inovasi
37
INOVASI OLEH INDIVIDU JENIUS
Penerapan sains dan Proses Sosial memacu inovasi bagi individu dalam mengembangkan pemanfaatan kerekayasaan. Individu Jenius: Kemampuan dalam kalkulasi enjinering, Motivasi untuk melihat hasil karyanya dapat dimanfaatkan / dikomersialkan, Ketekunan dan keyakinan, Keterampilan untuk mendapatkan dukungan dari figur politik yang berpengaruh. KULIAH 6 - Inovasi
38
INOVASI Strong dynamics relationship: technological innovation & market place SCIENCE-TECHNOLOGY PUSH: Change the market Radical innovations create new markets & expand existing markets Contoh: Nuclear energy (Einsten: equivalence of mass & energy, 1905) Transistors (Wilson: semiconductors, 1931) Electronics (Maxwell: electromagnetism, 1880) Genetic engineering (Waltson & Crick: structure of DNA, 1952) KULIAH 6 - Inovasi
39
SCIENCE-TECHNOLOGY PUSH
KULIAH 6 - Inovasi
40
INOVASI MARKET PULL: Technological development is stimulated by market pull, customers Incremental nature or improvement to existing technologies Strong collective demand for a solution to a specific problem: vaccine for AIDS KULIAH 6 - Inovasi
41
MARKET PULL KULIAH 6 - Inovasi
42
TECHNOLOGY PUSH & MARKET PULL
KULIAH 6 - Inovasi
43
TECHNOLOGY PUSH & MARKET PULL
KULIAH 6 - Inovasi
44
INOVASI: TECHNOLOGY PUSH & MARKET PULL
Technology Push: new invention melalui R&D, produksi, fungsi penjualan tanpa melihat kebutuhan pengguna Market Pull: dikembangkan melalui R&D sebagai jawaban dari kebutuhan pasar LI (1980): Innovation doublex helix technology – market synergy KULIAH 6 - Inovasi
45
INOVASI: TECHNOLOGY PUSH & MARKET PULL
KULIAH 6 - Inovasi
46
TUGAS 6 Berdasarkan pada Tugas 4 dan Tugas 5, diskusikan dan pilih satu permasalahan atau objek teknologi tertentu yang dianggap paling penting: Nyatakan pertimbangan dan manfaat dari teknologi tersebut. Nyatakan dampak negatif yang dapat terjadi dari teknologi tersebut. Tuliskan referensi yang digunakan untuk tugas ini. KULIAH 6 - Inovasi
47
TUGAS 6 Ketentuan: Tugas kelompok. Pada lembar tugas: Nama-nama mahasiswa & NIM. Dikerjakan pada kertas ukuran A4. Dikumpulkan pada hari Rabu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha FakultasTeknologi Industri Penilaian: Keruntutan dalam penjelasannya. Kejelasan dan kerapihan penampilannya. Ketidaksamaan dari teknologi yang dipilih, makin banyak yang sama makin kecil nilainya. Jumlah halaman dari tugas, makin sedikit makin baik. KULIAH 6 - Inovasi
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.