Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYohanes Budiono Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Prosedur PEMILIHAN MEDIA Pembelajaran
2
Media Pembelajaran media by utilization media by design Pembelajaran
3
(ACTION). Penjelasan dari akronim tersebut sebagai berikut:
Acces, : mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa Cost, : pembiayaannya dapat dijangkau. Technology, : teknologinya tersedia dan mudah menggunakannya.
4
Acces, Cost, Technology, Interactivity, Organization Novelty ACTION APPLYING CRITERIA Visible, Interesting, Simple, Useful, Accurate, Legitimate, Structure VISUALS
5
Select methode, media and materials Utilize media and materials
Analize learners State objective Select methode, media and materials Utilize media and materials Require learner participation Evaluate and revise ASSURE APPLYING CRITERIA Mc. Connel (dalam Sadiman, 1986) mengatakan, bila media itu sesuai, pakailah (if the medium fits, use it).
6
Interactivity, Dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas antara siswa dengan guru.
Organization, Mendapatkan dukungan dari pimpinan sekolah (ada unit organisasi seperti pusat sumber belajar yang mengelola). Novelty, Memiliki nilai kebaruan, sehingga memiliki daya tarik bagi siswa yang belajar.
7
ketepatan media dengan tujuan pembelajaran;
dukungan terhadap isi bahan pembelajaran; kemudahan memperoleh media; keterampilan guru dalam menggunakannya; tersedia waktu untuk menggunakannya; dan sesuai dengan taraf berfikir anak
8
(VISUALS). Penjelasan dari syarat tersebut adalah:
Visible atau mudah dilihat, dapat memberikan keterbacaan bagi orang lain yang melihatnya; Interesting atau menarik, yaitu media yang digunakan harus memiliki nilai kemenarikan. Sehingga yang melihatnya akan tergerak dan terdorong untuk memperhatikan pesan yang disampaikan melalui media tersebut; Simple atau sederhana, yaitu media yang digunakan juga harus memiliki nilai kepraktisan dan kesederhanaan, sehingga tidak berakibat pada in-efesiensi dalam pembelajaran;
9
Useful atau bermanfaat, yaitu media yang digunakan dapat bermanfaat dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan, Accurate atau benar, yaitu media yang dipilih benar-benar sesuai dengan karakteristik materi atau tujuan pembelajaran. Atau dengan kata lain media tersebut benar-benar valid dalam pembuatan dan penggunaannya dalam pembelajaran; Legitimate atau Sah, masuk akal artinya media pembelajaran dirancang dan digunakan untuk kepentingan pembelajaran oleh orang atau lembaga yang berwenang (seperti guru); Structure atau tersetruktur artinya media pembelajaran, baik dalam pembuatan atau penggunaannya merupakan bagian tak terpisahkan dari materi yang akan disampaikan melalui media tersebut.
10
Their own characteristics Time Cost Availability Contect Utilising
Objective Student Their own characteristics Time Cost Availability Contect Utilising Technical Generally, applying media Instuction in teaching learning procces
11
Menurut Sudjana dan Rifa’i
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN Menurut Sudjana dan Rifa’i a pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar b Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannnya menguasai dan mencapai tujuan pengajaran c Metode belajar akan lebuh bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak mengalami kebosanan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran d Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktifitas lain seperti: mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
12
OEMAR HAMALIK a Meletakkan dasar-dasar yang konkrit untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme b Memperbesar perhatian siswa c Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap d Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalalangan siswa
13
e. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu terutama melalui gambar hidup
f. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
14
TUGAS KULIAH KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBEAJARAN PAI Minimal 5 halaman (tidak termasuk sampul) Diketik 2 spasi Huruf yang digunakan Time New Roman berukuran 12 point Dikerjakan sendiri (tidak dibenarkan COPAST
15
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.