Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lesson 1 for April 2, 2016. Matius Ps.1 menulis Injil untuk memperkenalkan:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lesson 1 for April 2, 2016. Matius Ps.1 menulis Injil untuk memperkenalkan:"— Transcript presentasi:

1 Lesson 1 for April 2, 2016

2 Matius Ps.1 menulis Injil untuk memperkenalkan:

3

4 1.Apa pun ragam pandangan orang Yahudi tentang kedatangan Mesias, satu hal yang pasti adalah Mesias akan berasal dari keturunan Daud (Anak Daud). 2.Rasul Matius dalam memulai Injilnya ingin menetapkan identitas Yesus sebagai Mesias. Mesias adalah keturunan Abraham (Kejadian 22:18; Galatia 3:16), Bapa bangsa Yahudi dan dari garis keturunan Daud.

5 1.Matius memulai Injilnya dengan menuliskan silsilah Tuhan Yesus. 2.Siapakah Yesus ? 3.Apakah Ia,... Allah atau manusia ? 4.Ataukah kedua-duanya ? 5.Ataukah IA, adalah guru yang terbaik yang pernah dikenal dunia? Apakah IA, seorang filsuf dan ahli etika paling pintar yang pernah dijumpai oleh manu-sia? Apakah IA, seorang martir yang tak ada bandingannya, dijatuhi hukuman mati oleh manusia yang lapar kekuasaan.. ? Siapakah IA,.. ?

6 Matius menulis Injil untuk memperkenalkan: Yesus, sebagai Mesias, Anak Daud. Suatu silsilah yang meliputi pria dan wanita berdosa dan kaum marginal bukan dengan sifat kekal dan keilahian sebagai Raja. Yesus, sebagai Juruselamat kita. Para leluhurnya sudah percaya kepada-Nya. (Matius 1:21).

7 Matius menulis Injil untuk memperkenalkan: Para penyembah berhala sujud untuk menyembah Raja yang menyelamatkan mereka. Yesus, diperkenalkan bersama orang- orang berdosa seperti Matius si pemungut cukai. Kemudian IA, menebus mereka dan membuat mereka menjadi putra dan putri Allah.

8 “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Matius 1:21

9 MINGGU, KITAB KEJADIAN / KELAHIRAN

10 “Mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi” (Mikha 5:2)

11

12 Sama seperti buku Perjanjian Lama yang dimulai dengan sebuah buku tentang Penciptaan dunia, buku Matius, dimulai dengan Sang Pencipta dan tentang pekerjaan Penebusan yang hanya Sang Pencipta itu saja yang dapat menyelesaikannya. Yohanes memulai Injil dengan meninggikan keilahian Yesus, dan Matius meninggikan kemanusiaan-Nya; Yesus adalah Mesias yang diberitahukan melalui nubuatan. (Matius 1:23; 2: 6, 18, 23).

13 Silsilah Keluarga Dan Garis Keturunan adalah penting. -Mengapa dari garis keturunan sese-orang, ada yang menonjol perilaku-nya dan yang lain kurang menonjol.. ? -Apa yang saudara pikirkan, tentang garis keturunan YESUS,.. ?

14 SENIN, KETURUNAN BANGSAWAN

15 “Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.” (Matius 1:1) Matius menyebut karyanya “kitab” (Yunani = “biblos”) atinya “tulisan suci”, “kitab silsilah”, “kitab keturunan” atau sama dengan “kitab kejadian.”

16 1.Pada awalnya, Matius menulis kepada para pembaca Yahudi, 2.Matius memperkenalkan Yesus, sebagai Mesias; keturunan Abraham (Kejadian 22:18), anak Daud (Yesaya 9: 7). 3.Daud dijanjikan takhta yang kokoh dan kekal (2 Samuel 7:17). 4.Janji itu digenapi melalui keturunannya (Kisah Para Rasul 2: 29-30) Yesus dari Nazaret, “Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud.” (Wahyu 22:16).

17 Silsilah Keluarga Dan Garis Keturunan adalah penting. -Mengapa keturunan YESUS, harus menonjolkan kebangsawanan-NYA.. ? -Dapatkah saya dan saudara juga dikatagorikan sebagai kaum bangsawan,.. ? -Adakah prasyarat2 yang harus di penuhi.. ?

18 SELASA, AWAL SILSILAH YESUS / PARAWANITA DALAM SILSILAH- NYA

19 “Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar… 1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut… Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria” (Matius 1:3, 5-6)

20 1.Para wanita itu tidak disebutkan dalam silsilah kuno. 2.Namun demikian, Matius memasukkan keempat wanita tersebut di dalam silsilah Mesias. 3.Mereka adalah contoh iman di antara umat- umat Allah, yang berdosa dan yang dikucilkan. 4.Sehingga Mereka dikatogorikan layak menjadi ibu dari Mesias/yang diUrapi.

21 Tamar: Incest / Bersinah (Kej 38) “Yehuda memeriksa barang- barang itu, lalu berkata: “Bukan aku, tetapi perempuan itulah yang benar.’” (Kej 38:26) Rahab: Wanita sundal (Yos 2:1) “Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka.” (Ibr 11:31)

22

23 ALLAH, ingin kita terlepas dari kesalahan Dan kekurangan kita -Bagaimana pelajaran ini mendewasakan iman kita.. ? -Cara pandangan yang bagaimana, yang dapat saya berikan, setelah melihat, mencermati, masalah yang ada pada saya dan orang lain.. ?

24 RABU, KETIKA KITA MASIH BERDOSA

25

26 1.Yesus, datang ke bumi untuk menyelamatkan orang-orang berdosa. 2.Karena sejak manusia jatuh kedalam dosa, di Taman Eden, Bumi telah diisi dengan orang- orang berdosa, sejak diTaman Eden.. ! 3.“Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa.” (Pengkhotbah 7:20). 4.“Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?” (Yeremia 17 : 9).

27 5.Oleh karena itu.. Yesus, datang untuk menyelamatkan kita; orang-orang berdosa yang memerlukan keselamatan. 6.Akan tetapi Allah, menunjukkan kasih-Nya, kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” (Roma 5:8) 5.“Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati” (Yeremia 29:13).

28 ALLAH, ingin kita DEWASA dalam IMAN / Percaya yang Sungguh -Apa yang menjadi tantangan hidupku sehingga belum sepenuhnya memasrahkan kehidupan ini pada YESUS,.. ? -Apa janji2 Alkitab, yang dapat kita pegang, pada saat kita kecewa dan putus asa.. ?

29 KAMIS, KELAHIRAN PUTRA ILAHI

30 “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” (Matius 2:2)

31 1.Lukas menjelaskan bagaimana Yesus, lahir di palungan yang sederhana 2.Dan disembah oleh para gembala yang mengurus kawanan ternaknya di tempat terbuka (hal itu tidak mungkin terjadi pada tanggal 25 Desember – musim dingin di belahan bumi utara).

32 1.Matius menunjukkan bahwa Yusuf dan Maria tinggal di dalam rumah. Mereka berkehendak untuk menjadikan Bethlehem rumah baru mereka (Matius 2:11). 2.Yang luar biasa dalam cerita ini adalah bahwa beberapa orang bukan Yahudi mengakui Yesus sebagai raja orang Yahudi 3.Sementara orang-orang Yahudi mengabaikan atau takut akan kedatangan sang Raja, mereka.

33 “Gereja-gereja yang mengaku sebagai milik Kristus pada generasi ini diangkat kepada kesempatan- kesempatan yang tinggi. Kesempatan kita adalah jauh lebih besar dari pada kesempatan umat Allah dulu kala. kita mempunyai bukti yang semakin banyak mengenai keselamatan mulia yang dibawa kepada kita melalui Kristus. Kita mempunyai kepastian mengenai Juruselamat yang telah datang, Juruselamat yang telah disalibkan, yang telah bangkit, “Akulah kebangkitan dan hidup. E.G.W. (Christ’s Object Lessons, cp. 24, pg. 317)

34 Cukupkah Terang yang ada pada saya saat ini, sanggup melindungi diri, keluarga dan Jemaat, ? -Bagaimanakah Terang YESUS, dapat menolong saya mengatasi persoalan/masalah disaat saya tak bisa menyiasati/mengatasi, masalah itu,.. -Bagaimana Terang YESUS, memperbaharui mental yang rapuh dan iman yang tipis.. ?

35 Rasul Matius dengan terperinci menjelaskan siapakah Yesus itu : 1.Yesus adalah Raja. Injil Matius mengakui bahwa Yesus adalah Anak Daud (Mat 1 : 1). Orang Majus menyatakan bahwa Yesus adalah Raja orang Yahudi (Mat 2 : 2). Dia mengatakan kepada pengikut-Nya bahwa Dia adalah Raja dan Hakim yang dinubuatkan itu (Mat 25:31-46). Kayu salib pun menanggung gelar-Nya sebagai raja (Mat 27:37) 2.Yesus, adalah penggenapan nubuatan Perjanjian Lama.

36 Rasul Matius dengan terperinci menjelaskan siapakah Yesus itu : 3.14 kali.. IA, menyatakannya dan secara khusus menyebutkan bahwa peristiwa-peristiwa itu adalah penggenapan nubuatan, yaitu : Kelahiran Kristus (Mat 1:22; Yes 7:14). 4.Buku Matius adalah Injil yang mengajar, menyusun dan meringkaskan penggajaran Yesus, dalam konteks Kerajaan Allah, di mana ada etika kerajaan (Mat 5-7), tugas para pemimpin kerajaan (Mat 10), perumpamaan tentang kerajaan (Mat 13), yang terbesar dalam kerajaan (Mat 18) dan kedatangan Raja itu (Mat 24, 25).


Download ppt "Lesson 1 for April 2, 2016. Matius Ps.1 menulis Injil untuk memperkenalkan:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google