Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRANSMISI DATA KOMUNIKASI DATA. Definisi Dasar Transmisi, menurut KBBI Online, Source kbbi.web.id adalah : “pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRANSMISI DATA KOMUNIKASI DATA. Definisi Dasar Transmisi, menurut KBBI Online, Source kbbi.web.id adalah : “pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya."— Transcript presentasi:

1 TRANSMISI DATA KOMUNIKASI DATA

2 Definisi Dasar Transmisi, menurut KBBI Online, Source kbbi.web.id adalah : “pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya dari seseorang kepada orang (benda) lain” Data, menurut KBBI Online Source kbbi.web.id adalah : “keterangan yang benar dan nyata atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan)”

3 Kesimpulan Definisi Dasar Jadi jika kita gabungkan dari definisi KBBI untuk Transmisi Data adalah : “pengiriman pesan dan sebagainya dari seseorang kepada orang atau benda lain dengan keterangan yang benar dan nyata”

4 Transmisi Data 1. Media transmisi yang digunakan 2. Kapasitas channel transmisi 3. Type channel transmisi 4. Kode transmisi yang digunakan 5. Mode transmisi 6. Protokol perangkat lunak 7. Penanganan kesalahan transmisi Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses ini, yaitu :

5 Media Transmisi Media Transmisi yang dapat digunakan antara lain : 1. Kabel UTP (Unshielded Twister Pair)

6 2. Kabel Koaksial

7 3. Fiber Optik

8 4. Radiasi Elektromagnetik

9 Kapasitas Channel Transmisi  Kapasitas atau transfer rate dari suatu channel transmisi dapat digolongkan dalam  Bandwidth menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu.dinyatakan dalam satuan bps (bits per second) dan cps (characters per second). 1) Narrow band channel 1. Rendah/lambat dan berkisar bps 2. Contoh: Telegraf. 2) Voice band channel bps 2. Contoh: Telepon. 3) Wide band channel 1. sampai bps 2. Contoh: Jalur telepon jarak jauh yang menggunakan media transmisi.

10 Type Channel Transmisi a. Tipe transmisi satu arah (simplex) Transmisi hanya dapat dilakukan satu arah, contoh: siaran radio dan televisi. b. Tipe transmisi dua arah bergantian (half duplex) Transmisi dapat dilakukan dua arah tetapi dalam pentransmisian dilakukan secara bergantian, contoh: handy talkie, walkie talkie. c. Tipe transmisi dua arah bersamaan (full duplex). Transmisi dapat dilakukan dua arah dan pentransmisian data dilakukan secara bersamaan antara kedua belah pihak, contoh: telepon. Setiap sistem transmisi pasti mempunyai tipe transmisi tersendiri. Type transmisi dibedakan menjadi tiga, yaitu:

11 Kode Yang Mewakili Transmisi a. BCD (Binary Coded Decimal) Untuk 1 karakter yang disimpan di main memory diwakili oleh kombinasi digit binary (bit) dengan 1 byte terdiri dari 4 bit. b. SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchange Code) 1 byte terdiri dari 6 bit. Untuk melakukan komunikasi atau transmisi data, suatu informasi diubah menjadi kode-kode yang menjadi standarisasi untuk pertukaran data. Kode-kode tersebut antara :

12 c. EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) 1 byte terdiri dari 8 bit. d. ASCII (American Standard Code for Information Interchange atau American Standard Comitte on Information Interchange) 1 byte terdiri dari 7 bit. e. Boudot Code (Murray Code) 1 byte terdiri dari 5 bit.

13 ModeTransmisi A. Parallel Transmission sejumlah bit dikirimkan per waktu. Masing-masing bit mempunyai jalurnya tersendiri Ada dua jenis mode transmisi, yaitu :

14 B. Serial Transmission pada setiap waktu hanya 1 bit data yang dikirimkan. Dengan kata lain, bit-bit data tersebut dikirimkan secara satu per satu.

15 Source Untuk Download Materi

16 TERIMA KASIH


Download ppt "TRANSMISI DATA KOMUNIKASI DATA. Definisi Dasar Transmisi, menurut KBBI Online, Source kbbi.web.id adalah : “pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google