Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Transmisi Data Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom., M.Cs.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Transmisi Data Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom., M.Cs."— Transcript presentasi:

1 Transmisi Data Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom., M.Cs.

2 Pendahuluan Istilah analog dan digital berkesesuaian kepada kuntinu dan diskrit. Kedua istilah tersebut digunakan dalam komunikasi data setidaknya tiga konteks: data, sinyal dan transmisi. Data sebagai entitas yang menyampaikan arti atau informasi. Sinyal adalah perlambangan elektromagnetik terhadap data. Transmisi adalah komunikasi data melalui propagasi dan pengolahan sinyal.

3 Kode Transmisi Boudot Code ASCII code EBCDIC code

4 Mode Transmisi Parallel Transmission Semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode, ditransmisikan secara serentak satu karakter tiap saat. Misalnya bila digunakan kode ASCII maka dibutuhkan 8 channel untukmentransmisikan sekaligus 8 buah bit 1 karakter ASCII.

5 Serial Transmission Transmisi secara seri merupakan mode transmisi yang umum dipergunakan. Pada mode ini, masing-masing bit dari suatu karakter dikirimkan secara berurutan, yaitu bit per bit, satu diikuti oleh bit brikutnya. Penerima kemudian merakit kembali arus bit-bit yang datang ke dalam bentuk karakter.

6 Serial Transmission dapat berbentuk : Synchronous Transmission Yaitu waktu pengiriman bit-bit di sumber pengirim harus sesuai dengan waktu penerimaan bit-bit yang diterima oleh penerima. Asynchronous Transmission Merupakan transmisi dari data yang ditransmisikan satu karakter tiap waktu tertentu. Pengirim dapat mentransmisikan karakter pada intreval waktu yang berbeda. Jenis transmisi ini disebut juga start/stop transmission dan lebih aman dibanding synchronous transmission dan bila suatu kesalahan terjadi pada data yang ditransmisikan hanya akan merusak sebuah karakter saja.

7 Metode Transmisi Simplex Sinyal ditransmisi dalam satu arah Stasiun yang satu bertindak sebagai transmitter dan yang lain sebagai receiver, tugasnya adalah tetap. Jarang digunakan untuk sistem komunikasi data

8 Half Duplex Sinyal ditransmisikan ke dua arah secara bergantian Kedua stasiun dapat melakukan transmisi tetapi hanya sekali dalam suatu waktu Terdapat “turn around time” (waktu untuk mengubah arah)

9 Full Duplex Sinyal ditransmisikan ke dua arah secara simultan / bersamaan Medium membawa dalam dua arah pada waktu yang sama.

10 Media Transmisi Copper media (media tembaga) Optical Media (media optik) Wireless Media (media tanpa kabel)

11 Copper Media Merupakan media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Jenis kabel: 1 Koaksial = kabel telepon 2 Twisted pair - STP (Shielded Twisted Pair) - UTP (Unshielded Twisted Pair)

12 Kabel STP Kabel STP memiliki kabel pelindung untuk menghindari derau dan perlindungan terhadap cuaca udara di luar gedung Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar Kekurangannya adalah mahal, dan jarak jangkauannya hanya 100m

13 Kabel UTP Jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik,dan jarak jangkauannya hanya 100m

14 kabel-utp.html kabel-utp.html

15 kabel-utp.html kabel-utp.html

16 Optical Media Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron) Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic) Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya

17 Fiber Optic

18 Wireless Media transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (WirelessAccess Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC), sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringankomputer. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan Active Hub dari jaringan yang sudah ada.

19 Keuntungannya wireless : Dapat dipergunakan untuk komunikasi data dengan jarak yang jauh sekali. Sangat baik digunakanpada gedung yang sangat sulit menginstall kabel. Kerugiannya : Sulit diperoleh karena spektrum frekuensi terbatas. Biaya instalasinya, operasional dan pemeliharaannya mahal. Keamanan data kurang terjamin. Pengaruh gangguan (derau) cukup besar. Transfer data lebih lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel.


Download ppt "Transmisi Data Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom., M.Cs."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google