Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehNico Dany Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Input dan Output Restyandito, S.Kom, MSIS
3
INPUT
4
PIRANTI INPUT Piranti input adalah segala instrumen, peralatan dan mekanisme yang dapat digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer Penelitian IMK bertujuan untuk membuat suatu piranti input yang dapat memaksimalkan sifat-sifat fisik dan karakteristik kognitif manusia, sehingga meningkatkan efisiensi, reabilitas, dan kenyamanan sistem
5
Piranti input tertua Piranti input tertua Digunakan untuk memasukkan teks Digunakan untuk memasukkan teks Dikembangkan ole Christopher Sholes (QWERTY) Dikembangkan ole Christopher Sholes (QWERTY) Lambat, karena jarak antar tombol-tombol yang sering digunakan terlalu jauh (bandingkan dengan Keyboard Dvorak) Lambat, karena jarak antar tombol-tombol yang sering digunakan terlalu jauh (bandingkan dengan Keyboard Dvorak) Beban terhadap jari-jari tangan Beban terhadap jari-jari tangan tidak merata (Shneiderman, 1987) tidak merata (Shneiderman, 1987) Digunakan oleh sebagian besar orang Digunakan oleh sebagian besar orang PIRANTI INPUT Keyboard
6
Secara ergonomis, keyboard yang baik adalah (Emmon & Hirsch, 1982) Secara ergonomis, keyboard yang baik adalah (Emmon & Hirsch, 1982) Agak miring ke arah pengguna Agak miring ke arah pengguna Tidak menjadi satu dengan VDU (Virtual Display Unit) Tidak menjadi satu dengan VDU (Virtual Display Unit) Tipis, sehingga memberikan ruang gerak yang luas bagi pengguna Tipis, sehingga memberikan ruang gerak yang luas bagi pengguna PIRANTI INPUT Keyboard
7
Microwriter Chord Keyboards PIRANTI INPUT Keyboard GKOS Keyboards BAT Keyboards
8
PIRANTI INPUT Apa yang perlu diperhatikan? Apa yang perlu diperhatikan? Mobile Keyboard
9
Watch GUI Watch GUI PIRANTI INPUT Mobile Keyboard
10
Suatu bentuk pada layar yang digunakan untuk menunjukkan posisi di layar Suatu bentuk pada layar yang digunakan untuk menunjukkan posisi di layar Pengembangan dari keyboard (tombol arah) Pengembangan dari keyboard (tombol arah) PIRANTI INPUT Cursor Key Kelemahan: Kelemahan: Gerakan pointer lambat. Jika gerakan dibuat cepat mengurangi ketepatan (akurasi Gerakan pointer lambat. Jika gerakan dibuat cepat mengurangi ketepatan (akurasi Repetitive strain injury (Dr.Leo M. Rozmaryn, M.D) Repetitive strain injury (Dr.Leo M. Rozmaryn, M.D)
11
Suatu piranti seukuran tangan yang dapat digunakan untuk menunjuk dan menggambar Suatu piranti seukuran tangan yang dapat digunakan untuk menunjuk dan menggambar 1 tombol vs. 2/3 tombol (Price & Cordova, 1983) 1 tombol vs. 2/3 tombol (Price & Cordova, 1983) User lebih cepat jika menggunakan mouse dengan 2 tombol User lebih cepat jika menggunakan mouse dengan 2 tombol Pengguna mouse dengan 2/3 tombol lebih akurat Pengguna mouse dengan 2/3 tombol lebih akurat PIRANTI INPUT Mouse Ball Kelebihan: Kelebihan: Akurat (sebagai pointing device) Akurat (sebagai pointing device) Dapat menggerakkan cursor secara cepat Dapat menggerakkan cursor secara cepat Pengguna dapat merasa memanipulasi obyek secara langsung (direct manipulating) Pengguna dapat merasa memanipulasi obyek secara langsung (direct manipulating) Kelemahan: Kelemahan: Memerlukan ruang untuk menggerakan mouse Memerlukan ruang untuk menggerakan mouse
12
Bola yang dapat dirotasikan, gerakan kursor searah dengan bola Bola yang dapat dirotasikan, gerakan kursor searah dengan bola PIRANTI INPUT Tracker Ball Kelebihan: Kelebihan: Akurat Akurat Dapat menggerakkan cursor secara cepat Dapat menggerakkan cursor secara cepat Tidak memerlukan tempat yang luas Tidak memerlukan tempat yang luas Kelemahan: Kelemahan: Keletihan microvascular (Dr.Leo M. Rozmaryn, MD) Keletihan microvascular (Dr.Leo M. Rozmaryn, MD)
13
Suatu batang kecil yang dapat digerak-gerakkan ke semua arah Suatu batang kecil yang dapat digerak-gerakkan ke semua arah PIRANTI INPUT Joystick Kelebihan: Kelebihan: Tidak memerlukan tempat yang luas (dapat dibuat menyatu dengan keyboard) Tidak memerlukan tempat yang luas (dapat dibuat menyatu dengan keyboard) akurat akurat Self-centering pointing device Self-centering pointing device Kelemahan: Kelemahan: Lambat Lambat Hanya digunakan untuk aplikasi tertentu Hanya digunakan untuk aplikasi tertentu
14
Pengguna menggunakan stylus untuk menggambarkan atau menggerakkan kursor pada graphic tablet Pengguna menggunakan stylus untuk menggambarkan atau menggerakkan kursor pada graphic tablet PIRANTI INPUT Graphics Tablet Kelebihan: Kelebihan: Cocok untuk pekerjaan menggambar dan tracing suatu gambar Cocok untuk pekerjaan menggambar dan tracing suatu gambar Kelemahan: Kelemahan: Memerlukan banyak tempat Memerlukan banyak tempat
15
Kelebihan: Kelebihan: Piranti direct pointing Piranti direct pointing Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan Pengguna dapat langsung mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer Pengguna dapat langsung mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer Sangat berguna sebagai pointing and positioning device Sangat berguna sebagai pointing and positioning device Kelemahan: Kelemahan: Saat menggunakan lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan Saat menggunakan lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan Physical fatigue (kelelahan) Physical fatigue (kelelahan) PIRANTI INPUT Lightpen
16
Menggunakan lapisan plastik (plastic membrane) atau cahaya infra merah Menggunakan lapisan plastik (plastic membrane) atau cahaya infra merah PIRANTI INPUT Touch Screen Kelebihan: Kelebihan: Piranti direct pointing Piranti direct pointing Berguna untuk tugas-tugas dimana pengguna harus memilih perintah / obyek pada layar Berguna untuk tugas-tugas dimana pengguna harus memilih perintah / obyek pada layar Penggunaan intuitive Penggunaan intuitive Kelemahan: Kelemahan: Kurang akurat Kurang akurat Monitor menjadi kotor Monitor menjadi kotor Sebagian layar tertutup olehtangan Sebagian layar tertutup olehtangan
17
Footmice atau moles Footmice atau moles Speech: Speech: cepat cepat Skill yang dikuasai semua orang dan proses kognitif yang terjadi sudah terotomatisasi Skill yang dikuasai semua orang dan proses kognitif yang terjadi sudah terotomatisasi Cocok untuk jenis interaksi yang berupa komunikasi Cocok untuk jenis interaksi yang berupa komunikasi Digunakan jika mata dan tangan harus bebas (Michaelis & Wiggins 1982) Digunakan jika mata dan tangan harus bebas (Michaelis & Wiggins 1982) PIRANTI INPUT Lain-Lain
18
Eye and head movement: Eye and head movement: Electrophysiological, berdarsarkan gerakan otot mata Electrophysiological, berdarsarkan gerakan otot mata terperngaruh gerakan badan terperngaruh gerakan badan Retina scan, melacak obyek dengan memfokuskan pandangan Retina scan, melacak obyek dengan memfokuskan pandangan kurang cocok untuk obyek-obyek yang kecil kurang cocok untuk obyek-obyek yang kecil PIRANTI INPUT Lain-Lain
19
Wearable Devices
20
The Blood Volume Pressure (BVP) earring Galvanic Skin Response (GSR) Shoes Affective Jewelry And Accessories
21
Expression Glasses
22
Movement
23
Movement
24
Lain - Lain
25
PIRANTI INPUT Reids Summary (1985) Of Newman & Sproulls recomendation ACTIVITIES BEST DEVICE Picking Mouse and joystick, followed by the tracker ball and light pen Positioning Numeric input The numeric keypad, followed by alphanumeric keypad (QWERTY keyboard) Text input The alphanumerick keypad (QWERTY keyboard) Drawing The graphics tablet, followed by the mouse followed by the light pen
26
OUTPUT
27
PIRANTI OUTPUT Piranti output adalah segala instrumen, peralatan dan mekanisme yang dapat digunakan untuk memberikan informasi (feedback) kepada pengguna
28
PIRANTI OUTPUT Sistem harus dapat memberikan informasi: 1. Memberitahu pengguna dimana dia berada (dalam file / proses) 2. Menunjukkan seberapa jauh perkembangan suatu proses 3. Memberitahu pengguna jika harus memberikan masukan (input) 4. Mengkonfirmasikan bahwa inputan sudah diterima belum / informasi tidak valid
29
Masalah yang sering timbul sehubungan dengan VDU biasanya berkaitan dengan masalah fisik, misalnya flicker, kurang cahaya, resolusi, bentuk karakter dan spasi (Stewart, 1976) Masalah yang sering timbul sehubungan dengan VDU biasanya berkaitan dengan masalah fisik, misalnya flicker, kurang cahaya, resolusi, bentuk karakter dan spasi (Stewart, 1976) Rekomendasi Reids (1985) Rekomendasi Reids (1985) Hindari memberi terlalu banyak informasi pada layar Hindari memberi terlalu banyak informasi pada layar Gunakan seperempat pojok kanan bagian monitor untuk pesan yang penting karena penguna lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi pada bagian ini (Danchak, 1977) Gunakan seperempat pojok kanan bagian monitor untuk pesan yang penting karena penguna lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi pada bagian ini (Danchak, 1977) Gunakan berbagai jenis font dan warna untuk menunjukkan bagian-bagian yang berbeda Gunakan berbagai jenis font dan warna untuk menunjukkan bagian-bagian yang berbeda Desain layout sehingga mata pengguna secara netral jatuh ke bagian penting berikutnya Desain layout sehingga mata pengguna secara netral jatuh ke bagian penting berikutnya Gunakan pesan berkedip untuk mendapatkan atensi, tetapi hendaknya digunakan seperlunya. Gunakan pesan berkedip untuk mendapatkan atensi, tetapi hendaknya digunakan seperlunya. PIRANTI OUTPUT Visual Display Unit
30
Hardcopy vs. Softcopy Hardcopy vs. Softcopy ada kebutuhan untuk dapat merasakan langsung ada kebutuhan untuk dapat merasakan langsung jenisnya jenisnya plotters plotters Impact line printer Impact line printer Inkjet printers Inkjet printers Laser printers Laser printers PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter
31
Shneiderman (1987) memberikan beberapa kriteria printer Shneiderman (1987) memberikan beberapa kriteria printer kecepatan kecepatan Kualitas cetak Kualitas cetak biaya biaya Compactness Compactness Operasi yang tidak berisik Operasi yang tidak berisik Jenis kertas yang digunakan Jenis kertas yang digunakan Set karakter yang tersedia Set karakter yang tersedia Variasi jenis dan ukuran font Variasi jenis dan ukuran font Special form (printed forms, beda ukuran,dl) Special form (printed forms, beda ukuran,dl) realibilitas realibilitas PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter
32
Impact Printer Impact Printer PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter murah cepat kualitas rendah berisik
33
Thermal Printer Thermal Printer PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter sensitif terhadap cahaya kualitas cetakan semakin lama menurun kualitas rendah memerlukan daya sedikit
34
Inkjet Printer Inkjet Printer PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter cukup bagus relatif murah tidak begitu cepat
35
Laser Printer Laser Printer PIRANTI OUTPUT Printer dan Plotter cepat kualitas bagus mahal
36
Suara dapat digunakan untuk memberikan nformasi mengenai background process Suara dapat digunakan untuk memberikan nformasi mengenai background process Suara dapat digunakan untuk menggantikan informasi visual jika atensi pengguna tidak terfkus pada VDU Suara dapat digunakan untuk menggantikan informasi visual jika atensi pengguna tidak terfkus pada VDU PIRANTI OUTPUT Suara
37
Robot Robot Computer Aided Manifacturing Computer Aided Manifacturing Fungsi-fungsi repetitive Fungsi-fungsi repetitive Akurasi tinggi Akurasi tinggi Produktifitas tinggi (tidak perlu rehat kopi) Produktifitas tinggi (tidak perlu rehat kopi) Menggantikan tugas yang berbahaya Menggantikan tugas yang berbahaya PIRANTI OUTPUT Mechanic
38
Real 3D Interactive
39
Kacamata Hologram Prototipe peralatan holografik buatan perusahaan Optik Minolta, berat 25 gram, memungkinkan Penggunanya menyksikan citra holografik dari TV dan DVD yang diproyeksikan ke bagin dalam lensa plastik kacamata biasa.
40
Virtual Reality Equipment: Input glove Input glove Head mounted display (HMD) Head mounted display (HMD) Position trackers Position trackers
41
Braille Board
42
Sony Augmented Surface
43
Referensi Preece, Rogers, Sharp, 1994, Human-Computer Interaction, Addison-Wesley. Preece, Rogers, Sharp, 1994, Human-Computer Interaction, Addison-Wesley. ( hal 211-260 )
44
The End
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.