Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A CTIVITY D IAGRAM Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A CTIVITY D IAGRAM Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E."— Transcript presentasi:

1 A CTIVITY D IAGRAM Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E

2 A CTIVITY DIAGRAMS Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.

3 M EMBUAT A CTIVITY D IAGRAM D ENGAN R ATIONAL R OSE Setelah membuat diagram use case yang menjelaskan interaksi sistem/perangkat lunak yang dikembangkan, kita perlu membuat activity diagram yang secara rinci menjelaskan aliran-aliran kerja untuk setiap use case. Activity Diagram dibuat berdasarkan proses bisnisnya (sumber : JEDI (Java Education & Development Innitiative))

4

5 A DAPUN UNSUR - UNSUR UTAMA DALAM ACTIVITY DIAGRAM MELIPUTI : • Swimlane. Memperlihatkan siapa yang bertanggungjawab untuk melaksanakan tugas- tugas tertentu pada activity diagram. • Activity. Menggambarkan langkah-langkah dalam aliran kerja. • Action. Merupakan langkah-langkah dalam activity. Aksi-aksi (actions) mungkin terjadi saat event tertentu memasuki activity, saat event meninggalkan (exit) activity, terjadi di dalam activity, atau setelah event tertentu (spesifik).

6 A DAPUN UNSUR - UNSUR UTAMA DALAM ACTIVITY DIAGRAM MELIPUTI : • Objek. Merupakan entitas-entitas yang dipengaruhi aliran kerja. • Transitions. Memperlihatkan bagaimana aliran-aliran kerja bergerak dari suatu activity ke activity lainnya. • Decisions Points. Memperlihatkan dimana keputusan perlu diambil selama terjadi aliran- aliran kerja. • Synchronizations. Memperlihatkan bagaimana dua atau lebih langkah pada aliran-aliran kerja terjadi secara simultan.

7 A DAPUN UNSUR - UNSUR UTAMA DALAM ACTIVITY DIAGRAM MELIPUTI : • Start State. Memperlihatkan dimana aliran kerja berawal. • End State. Memperlihatkan dimana aliran kerja berakhir.

8 L ATIHAN Buka Rational Rose... !!!


Download ppt "A CTIVITY D IAGRAM Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google