Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APA? Kedondong Agropolitan Center adalah kawasan agropolitan yang akan dibangun di Desa Kedondong. Agropolitan Center adalah suatu kawasan berupa kota.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APA? Kedondong Agropolitan Center adalah kawasan agropolitan yang akan dibangun di Desa Kedondong. Agropolitan Center adalah suatu kawasan berupa kota."— Transcript presentasi:

1

2 APA? Kedondong Agropolitan Center adalah kawasan agropolitan yang akan dibangun di Desa Kedondong. Agropolitan Center adalah suatu kawasan berupa kota pertanian yang tumbuh dan berkembang yang mampu memacu berkembangnya sistem & usaha agribisnis sehingga dapat melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian (agribisnis) di wilayah sekitarnya.

3 MENGAPA? Masyarakat Desa Kedondong telah mengalami proses transformasi sosial dari masyarakat miskin menuju masyarakat berdaya, dan masyarakat berdaya menuju masyarakat mandiri berkat stimulus yang telah diberikan berupa P2KP 1, P2KP 2, P2KP 3, dan PNPM Mandiri. Akan tetapi meskipun telah mengalami proses transformasi sosial tersebut Desa Kedondong tak lepas dari permasalahan. Permasalahan ini muncul akibat kurangnya sarana dan prasarana desa yang memicu urbanisasi sehingga menghambat laju pembangunan, yang berarti juga menghambat proses transformasi sosial tahap selanjutnya yaitu dari masyarakat mandiri menuju masyarkat madani.

4 BAGAIMANA? Dengan mempertimbangkan permasalahan dan potensi yang ada di Desa Kedondong disusunlah Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP) guna mengatasi masalah yang dialami, dimana kemudian masyarakat bersama BKM Maju Pratama dan Pemerintah Desa Kedondong memunculkan konsep Pembangunan Kawasan Kedondong Agropolitan Center yang mejanjikan desa memiliki fasilitas perkotaan, namun masih bernuansa pertanian.

5 UNTUK APA? Tujuan pembangunan kawasan Kedondong Agropolitan Center adalah untuk mewujudkan Desa Kedondong sebagai sentra agropolitan yang mandiri dan berbudaya, menuju masyarakat sejahtera.

6 DIMANA? Kegiatan Pembangunan Kawasan Kedondong Agropolitan Center akan dilaksanakan di kawasan prioritas terpilih yang merupakan tanah banda desa seluas 1,6 Ha di Desa Kedondong.

7 KAPAN? Kegiatan Pembangunan Kawasan Kedondong Agropolitan Center direncanakan akan dilaksanakan selama kurang lebih 4 tahun yaitu dalam rentang waktu Oktober 2011 sampai dengan Desember 2015.

8 OLEH SIAPA? Pelaksanaan kegiatan pembangunan kawasan Agropolitan Center dilaksanakan sepenuhnya oleh BKM Maju Pratama yang merupakan agen pemberdayaan masyarakat miskin dimana peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat miskin menjadi tujuan yang harus direalisasikan.

9 BERAPA? Kegiatan pembangunan kawasan Kedondong Agropolitan Center direncanakan akan menghabiskan dana kurang lebih Rp.2,7 M

10

11 DARI MANA? Dana kegiatan pembangunan kawasan Kedondong Agropolitan Center bersumber dari dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) pembangunan fisik PLP BK yang telah diterima oleh BKM yaitu sebesar Rp.700,000, Kekurangan anggaran biaya akan ditutup dengan dana swadaya masyarakat dan dana yang didapatkan dari mitra yang bersedia menjalin kerjasama dengan BKM Maju Pratama antara lain dari pihak Kementerian terkait, LSM peduli pertanian, LSM peduli peternakan, LSM peduli perikanan, LSM peduli pembangunan desa, Dinas Propinsi Jateng, dan pihak swasta baik perorangan maupun perusahaan.

12 TAWARAN KERJASAMA? Bentuk kerjasama yang ditawarkan antara lain hibah, sponsorship, dan investasi, serta kerjasama bentuk lain yang saling menguntungkan antara pihak BKM Maju Pratama selaku wakil masyarakat Desa Kedondong dan pihak calon mitra.

13 AJAKAN BKM Maju Pratama mengajak seluruh pihak yang peduli terhadap pembangunan desa dan pengembangan UMKM untuk ikut berpartisipasi dalam program ini. Partisipasi tersebut dapat berupa bantuan dana pembangunan, bantuan dana permodalan, bantuan pelatihan, bantuan workshop dan seminar, bantuan relawan tenaga ahli dan tenaga teknis, bantuan fasilitas, bantuan peralatan dan perlengkapan, bantuan pemasaran dan promosi, bantuan advokasi, bantuan investasi, serta bantuan sarana prasarana pertanian yang mendukung program pembangunan kawasan Kedondong Agropolitan Center.

14 ingat... ingat...!!! bali deso, mbangun deso... noto deso, mlebu suwargo...


Download ppt "APA? Kedondong Agropolitan Center adalah kawasan agropolitan yang akan dibangun di Desa Kedondong. Agropolitan Center adalah suatu kawasan berupa kota."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google