Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN PRODUKSI PERTANIAN MANAJEMEN RESIKO DAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN PRODUKSI PERTANIAN MANAJEMEN RESIKO DAN."— Transcript presentasi:

1

2 PERENCANAAN PRODUKSI PERTANIAN MANAJEMEN RESIKO DAN

3 PERENCANAAN PRODUKSI PERTANIAN

4 RUANG LINGKUP Pemilihan Komoditas Pertanian Pemilihan Lokasi Produksi Pertanian dan Penempatan Fasilitas Perencanaan Proses Produksi Pertanian Skala Usaha Pertanian

5 PEMILIHAN KOMODITAS PERTANIAN Pemilihan komoditas yang akan diusahakan memegang peranan penting dalam keberhasilan usaha produksi pertanian. Komoditas yang bernilai ekonomis tinggi akan menjadi prioritas utama, tetapi perlu dipertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan pemasarannya.

6 Bisa terjadi komoditas bernilai ekonomis dalam produksi, tetapi tidak tepat untuk daerah produksi dan wilayah pemasaran yang akan dituju. Komoditas yang telah dipilih selanjutnya ditetapkan jenisnya/varietasnya sesuai dengan kondisi topografi dan iklim lokasi yang direncanakan.

7 PEMILIHAN LOKASI PERTANIAN DAN PENEMPATAN FASILITAS Untuk usaha agribisnis berskala kecil mungkin pemilihan lokasi produksi tidak menjadi suatu prioritas, karena umumnya produksi dilakukan di daerah domisili para petani.

8 Usaha agribisnis yang berskala menengah ke atas, seperti perusahaan perkebunan, peternakan, perikanan, dan dikelola oleh perusahaan dengan modal investasi yang berjumlah besar, maka pemilihan lokasi tersebut akan besar pengaruhnya bagi keberhasilan dan kesinambungan usaha.

9 Produk pertanian yang umumnya tidak tahan lama memerlukan penanganan dan pengangkutan yang cepat menuju ke lokasi konsumen. Keberadaan alat telekomunikasi akan menjadi penting untuk transfer informasi dari lokasi produksi ke lokasi pasar atau sebaliknya.

10 Pertimbangan lainnya adalah lokasi pemasaran. Sebaiknya lokasi produksi dekat dengan lokasi pemasaran, terutama untuk komoditas-komoditas yang tidak tahan lama, seperti produk hortikultura.

11 Ketersediaan tenaga kerja Ketersediaan sarana penunjang Lokasi pemasaran Ketersediaan itensif wilayah Hal – hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi

12 SKALA USAHA PERTANIAN Skala usaha sangat terkait dengan ketersediaan input dan pasar. Ketersediaan input, seperti modal, tenaga, bibit, peralatan, serta fasilitas produksi dan operasi lainnya harus diperhitungkan.

13 PERENCANAAN PROSES PRODUKSI Biaya Produksi Pertanian Penjadwalan Proses Produksi Pertanian Perencanaan Pola Produksi Pertanian Perencanaan dan Sistem Pengadaan Input-input dan Sarana Produksi Pertanian

14 MANAJEMEN RESIKO

15 Resiko dan ketidak pastian Dikatakan resiko bila kita tidak mengetahui berapa peluang terjadinya resiko tersebut. Dikatakan ketidak pastian, bila peluang terjadinya resiko tersebut tidak diketahui.

16 Manajemen resiko pada agribisnis Fungsi terpenting dari manajer agribisnis adalah penguraian yang cermat atas masalah khusus yang dihadapi, sasaran dan tujuan dianggap sebagai bahan pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan. Agar resiko terjadinya kegagalan sedikit.

17 Contoh resiko pada agribisnis Iklim yang tidak menentu Penurunan harga mendadak Hama Kebutuhan pasar yang selalu berubah

18


Download ppt "PERENCANAAN PRODUKSI PERTANIAN MANAJEMEN RESIKO DAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google