Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Yusring Sanusi Baso Muhammad Hasbi Siti Sahraeny.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Yusring Sanusi Baso Muhammad Hasbi Siti Sahraeny."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Yusring Sanusi Baso Muhammad Hasbi Siti Sahraeny

2 STRATEGI MENEMUKAN REFERENSI PENDUKUNG LEWAT INTERNET  Pendahuluan  Menemukan referensi dari e-Journal (Unhas dan Nasional)  Menemukan Referensi dari Internet.  Menemukan Referensi dari LMS  Reading Dinamik

3 Pendahuluan Berikut ini, ada beberapa mesin pencari (Search engine atau Browser) referensi di internet :

4

5 E-JOURNAL PERPUSTAKAAN UNHAS Proquest  atau  Nama User : 0TBCR3KD4B  huruf pertama 0 =Nol  Password : pqunhas Engage Learning  atau  Nama User : UNHAS  Password : livesearch  atau  Nama User : ptn045  Password : success

6 E-JOURNAL PERPUSTAKAAN UNHAS EBSCO  atau  Nama User : ns  Password : password Garuda online

7 Penyaringan Referensi di Internet  Filterisasi dengan Simbol Matematika  Filterisasi dengan Simbol Boolean  Host Searching  URL Searching  Filetype Searching  Title Searching  Wildcards Searching  Search by Language

8 Filterisasi dengan Operator Matematika  Operator matematika selain berguna untuk operasi bilangan, juga dapat digunakan untuk menyaring referensi dari internet. Beberapa operator matematika yang dapat membantu penyaringan referensi, seperti Plus (+), Minus (-), Tanda Petik (“ “)

9 Operator plus (+). Operator + dipergunakan untuk mencari berbagai referensi di internet yang mengandung kata kunci lebih dari satu yang diinginkan terdapat dalam referensi tersebut, tanpa memperhatikan urutan kata kuncinya. Contoh: Seorang mahasiswa mencari referensi yang mengandung kata kunci populasi, guru dan Gorontalo. Salah satu cara untuk menemukan referensi tersebut adalah dengan menuliskan pada mesin pencari sbb: +populasi +guru +Gorontalo Dengan demikian, maka, mesin pencari akan menemukan semua referensi yang mengandung kata populasi, guru, dan Gorontalo, baik terpisah antara satu dengan lainnya, maupun dalam bentuk pharase.

10 Operator MINUS (-) Operator – dibaca sebagai “kecuali”. Operator ini digunakan untuk mencari referensi di internet yang tidak mengandung kata kunci yang didahului oleh operator ini. Contoh: Seorang mahasiswa mencari referensi di internet yang membahas tentang pahlawan yang tidak bergelar ”Andi”. Salah satu cara untuk menemukan referensi tersebut adalah dengan menuliskan pada mesin pencari sbb: pahlawan –Andi Dengan demikian, maka mesin pencari akan menemukan semua referensi yang mengandung kata pahlawan, tetapi tidak mengandung kata Andi (- Andi)

11 Tanda Kutip (“) Tanda tersebut digunakan untuk mencari referensi yang mengandung beberapa kata kunci yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Cotoh: Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang membahas tentang sejarah Unhas Salah satu cara untuk menemukan referensi tersebut adalah dengan menuliskan pada mesin pencari sbb: “sejarah Unhas” Dengan demikian, maka, mesin pencari akan menemukan semua referensi yang mengandung frase “sejarah Unhas” secara utuh. Tapi, mesin pencari tersebut tidak akan menampilkan dokumen yang hanya mengandung kata “sejarah” atau “Unhas” saja.

12 Kombinasi Operator (+), (-) dan (“) Cotoh: Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang membahas tentang Negara penghasil minyak bumi di Asia selain Indonesia. Salah satu cara untuk menemukan referensi tersebut adalah dengan menuliskan pada mesin pencari sbb: +penghasil +”minyak bumi” +Asia -Indonesia Dengan demikian, maka, mesin pencari akan menemukan semua referensi yang mengandung kata kunci penghasil, frase “minyak bumi”, dan Asia, Tapi, mesin pencari tersebut tidak akan menampilkan referensi yang mengandung kata kunci Indonesia.

13 Latihan 1 Jelaskan apa yang akan ditampilkan mesin pencari informasi di internet dari kombinasi simbol logika berikut: • pahlawan Diponegoro +Surapati • +pahlawan +Diponegoro -Surapati • +“definisi Komputer” +Pascal -Suryadi • +“Arti Pancasila” +”UUD 45” -”Sekolah Dasar”

14 Filterisasi dengan Simbol Boolean (AND, OR, NOT, NEAR)  Simbol-simbol Boolean banyak dipergunakan oleh mereka yang memiliki latar belakang ilmu komputer atau terbiasa dengan cara mengakses sistem basis data (database) konvensional.  Kelebihan dari simbol boolean adalah dapat merepresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena adanya simbol-simbol tambahan.

15 Penggunaan Simbol AND Fungsi AND kurang lebih sama dengan TANDA PLUS pada operator matematika Cotoh : Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang membahas tentang Ilmu Pengetahuan Alam Ilmu AND Pengetahuan AND Alam Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan semua referensi di internet yang mengandung kata kunci Ilmu, Pengetahuan, dan Alam, baik secara berpisah antara satu dengan lainnya, maupun dalam bentuk pharase.

16 Penggunaan NEAR Simbol NEAR tersebut digunakan untuk menampilkan semua referensi di internet yang mengandung kata kunci yang berdekatan posisinya di dalam dokumen. Ukuran Kedekatan kata kunci referensi yang dicari berbeda-beda antara satu mesin pencari dengan mesin pencari lainnya. Cotoh : Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang mengandung kata kunci Pengetahuan Alam yang saling berdekatan. Pengetahuan NEAR Alam Dengan demikian, maka, mesin pencari akan menampilkan semua referensi yang mengandung kata kunci Pengetahuan dan Alam dimana keduanya saling berdekatan.

17 Simbol NOT Simbol NOT Bermakna “KECUALI”. Simbol ini digunakan untuk menampilkan semua referensi yang mengandung kata kunci yang bersesuaian dengan operator matematika dan/atau simbol logika lainnya, kecuali yang mengandung kata kunci yang didahului dengan simbol NOT. Cotoh : Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang mengandung kata kunci populasi pulau jawa, kecuali surabaya. populasi AND pulau AND jawa NOT surabaya Dengan demikian, maka mesin pencari akan menampilkan semua referensi yang mengandung kata kunci populasi, pulau, dan jawa, dan tidak mengandung kata kunci surabaya (NOT surabaya).

18 Tanda Kurung () Cotoh : Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang mengandung kata kunci Diponegoro saja atau Surapati saja atau kedua-duanya, dan juga harus mengandung kata kunci Pahlawan. pahlawan AND (diponegoro OR surapati) Dengan demikian, maka mesin pencari akan menampilkan semua referensi yang mengandung kata kunci Diponegoro saja atau Surapati saja atau kedua- duanya, dan juga mengandung kata kunci Pahlawan.

19 Latihan 2 Jelaskan apa yang akan ditampilkan mesin pencari informasi di internet dari kombinasi simbol logika berikut: • (pahlawan AND diponegoro) OR (pahlawan AND surapati) • definisi AND (bisa OR dapat) • (nusantara OR (majapahit AND sriwijaya)) NEAR khatulistiwa • (presiden NEAR habibie) OR (robert NEAR mongisidi) • ((pelangi OR rainbow) AND (color OR warna)) NOT lagu NOT spektrum

20 Host Searching Host Searching digunakan untuk menemukan referensi di internet, khusus yang berada pada host yang dituju, Contoh: Seorang mahasiswa mencari berbagai referensi di internet yang mengandung kata kunci ”Sejarah Unhas” yang ada di host unhas.ac.id “Sejarah Unhas” host:unhas.ac.id Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan seluruh halaman situs yang mengandung pharase Sejarah Unhas baik yang berada di maupun yang berasosiasi dengan nama domain

21 Contoh 1: Seorang mahasiswa ingin mencari berbagai referensi mengenai e-government yang hanya berkaitan dengan situs resmi departe men dalam negeri Salah satu cara untuk menemukan referensi tersebut adalah dengan menuliskan pada mesin pencari sbb: e-government host:depdagri.go.id host:depdagri.go.id e-government Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan seluruh halaman situs yang mengandung kata e-government baik yang berada di maupun yang berasosiasi dengan nama domain

22 Contoh 2: Seorang mahasiswa mencari referensi dalam kemasan artikel ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan arsitektur komputer yang terdapat pada situs- situ perguruan tinggi saja: +article +”computer architecture” host:edu Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan semua referensi yang mengandung artikel computer architecture yang hanya bersumber dari situs-situs perguruan tinggi saja, seperti: dan lain-lain yang berasosiasi dengannya.www.harvard.edu

23 Kombinasi Operator matematika dan Host Searching Kombinasi penggunaan teknik-teknik searching akan sangat membantu mesin pencari dalam menspesifikasi referensi yang dibutuhkan di internet. Kombinasi operator minus (-) dan host searching. Contoh: Mahasiswa mau mencari referensi yang membahas tentang presiden yang tidak ada dalam host:ri.go.id. presiden –host:ri.go.id Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan semua referensi yang mengandung kata “presiden” tetapi bukan berasal dari situs yang terdapat pada host “ri.go.id”.

24 Latihan 3 Tuliskan perintah pada mesin pencari informasi di internet 1. Untuk mendapatkan referensi tentang “peternakan” yang dibatasi pada situs-situs resmi milik pemerintah di negara Indonesia saja. 2. Untuk mendapatkan referensi ten tang “peternakan” yang dibatasi pada situs-situs resmi perguruan tinggi di Indonesia saja. 3. Untuk mendapatkan artikel tentang “kanker” yang dibatasi pada situs-situs resmi perguruan tinggi atau situs resmi pemerintah Indonesia saja.

25 URL Searching Teknik search yang dibatasi pada URL membatasi pencarian referensi hanya pada sebuah alamat website saja. Contoh: Seorang mahasiswa ingin mendapatkan referensi tentang exploration pada URL:mars.jpl.nasa.gov URL:mars.jpl.nasa.gov exploration URL:mars.jpl.nasa.govURL:mars.jpl.nasa.gov Dengan demikian, maka mesin pencari akan mencari berbagai referensi yang berkaitan dengan kata exploration di dalam sebuah alamat unik website “mars.jpl.nasa.gov” saja

26 Filetype Searching mencari file-file dengan format tertentu di internet untuk di-download. Contoh: Seorang mahasiswa ingin mencari presentasi Powerpoint untuk mata kuliah Sejarah Majapahit. +sejarah +majapahit filetype:ppt Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan semua referensi bertipe Powerpoint yang membahas sejarah, majapahit baik secara terpisah maupun dalam bentuk pharase.

27 Kombinasi Filetype dan Host Searching Contoh: Seorang mahasiswa ingin mendowload file-file.pdf di seluruh situs-situs pendidikan yang ada di internet, dimana di dalamnya terdapat teks “pendidikan”, “moral” dan “pancasila”. +pendidikan +moral +pancasila filetype:pdf host:edu Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan semua referensi dalam format PDF yang mengandung kata pendidikan, moral, dan pancasila yang disimpan pada host/site pendidikan (:edu)

28 Title Searching Setiap halaman situs yang ada di internet memiliki judul atau title yang biasanya dapat dilihat pada bagian kiri atas pada aplikasi browser Hal ini diakibatkan karena adanya perintah pada HTML Sekolah2000.or.id Contoh: Seorang mahasiswa ingin mencari website yang mengandung judul Ilmu Kompter. Title: “Ilmu Kompter”. Dengan demikian, maka mesin pencari akan menampilkan semua website yang headernya bertuliskan Ilmu Kompter.

29 TITLE  referensi title pada situs tersebut, yaitu dengan menggunakan kata TITLE.  TITLE:perpustakaan atau T:sekolah  search engine terkemuka Yahoo, biasanya istilah tidak dikenal perintah TITLE, tetapi hanya disingkat dengan satu huruf T

30 Wildcards Searching Simbol wildcards pada mesin pencari, ada yang menuliskan tanda bintang ”*”, tanda ”?” dan tanda ”%”, yang berarti mewakili sederetan huruf bebas. Contoh: Seorang mahasiswa mencari referensi yang memiliki sebagian kata kuncinya, yaitu maka. maka* Dengan demikian, maka mesin pencari akan menampilkan seluruh referensi yang tidak hanya mengandung kata “maka”, tetapi jiga berbagai variasinya seperti “makan”, “makar”, “makalah”, dan lain sebagainya

31 Advanced Searching Beberapa mesin pencari memiliki fasilitas ADVANCED SEARCH. Google di Fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut:  Find Results  “with all of the words”, “with the exact phrase”, “with any of the words”, dan “without the words” yang berfungsi sebagai filter dalam melakukan seleksi terhadap dokumen.  Language menawarkan batasan pencarian terhadap situs-situs yang ditulis di dalam bahasa tertentu.

32 Mencari Pusat Informasi Khusus Pendidikan  Portal riset dan penelitian;  Portal sekolah kejuruan;  Portal karya seni semacam lukisan dan patung;  Portal buku-buku yang diterbitkan;  Portal perpustakaan online;  Portal lembaga-lembaga pendidikan;  Portal dana studi dan bea siswa; dan lain sebagainya. Untuk dapat mencari portal, mahasiswa dapat menggunakan teknik pencarian dengan format searching key sebagai berikut: +portal +

33 Mencari Gambar, Audio, dan Video Simulasi Di internet banyak sekali ditemukan file multimedia gambar, audio, atau/dan video yang dapat diambil dan dimanfaatkan. File Video: Salah satu ekstensi file gambar yangJpg, banyak ditemukan di internet adalah Vcd. Contoh : Seorang mahasiswa ingin mencari referensi Video Grand Canyon”. +”Grand Canyon” +vcd atau +”Free download “ +”Grand Canyon” +Vcd Penulisan Free download ditambahkan untuk file-file yang diizinkan oleh pemiliknya di ambil secara gratis atau bebas.

34 Mencari Buku Referensi Elektronik Internet merupakan perpusatakaan elektronik raksasa. Buku elektronik dikenal dengan “e-book”. Contoh: Seorang mahasiswa mencari e-book tentang Bologi. Salah satu cara menuliskannya pada mesin pencari sbb: +Biologi + ”e-book” Contoh: Seorang mahasiswa mencari e-book tentang Bologi Dasar. Salah satu cara menuliskannya pada mesin pencari sbb: +”Biologi Dasar “ + ”e-book”

35 Mencari Komunitas Spesifik Beberapa komunita s di internet misalnya: • Komunitas spesialis bidang ilmu biologi; • Komunitas peneliti fenomena bencana alam gempa; • Komunitas pemakai piranti lunak open source; • Komunitas pelajar penggemar astronomi; • Komunitas pemerhati kasus-kasus hukum internasional; • Komunitas pencipta lagu bernuansa etnik; dan lain sebagainya.

36 Keberadaan komunitas ini sangat bermanfaat, karena selain dapat saling bertukar menukar data dan informasi. Seperti “mailing list” dan “newsletter”. Contoh: Seorang mahasiswa mencari komunitas “astronomi” Salah satu cara menuliskan pada mesin pencari sbb: +komunitas +Matematika Atau +community +Math

37


Download ppt "Oleh: Yusring Sanusi Baso Muhammad Hasbi Siti Sahraeny."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google