Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB. I ELEMEN-ELEMEN DASAR PIK BAB. II ORGANISASI DAN PERSONIL BAB. III PERANGKAT KOMPUTER BAB. IV PENGATURAN RUANG KOMPUTER BAB. V MANAJEMEN SISTEM INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB. I ELEMEN-ELEMEN DASAR PIK BAB. II ORGANISASI DAN PERSONIL BAB. III PERANGKAT KOMPUTER BAB. IV PENGATURAN RUANG KOMPUTER BAB. V MANAJEMEN SISTEM INFORMASI."— Transcript presentasi:

1

2 BAB. I ELEMEN-ELEMEN DASAR PIK BAB. II ORGANISASI DAN PERSONIL BAB. III PERANGKAT KOMPUTER BAB. IV PENGATURAN RUANG KOMPUTER BAB. V MANAJEMEN SISTEM INFORMASI

3  Pressman, R.S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak :Pendekatan Praktisi, Jilid 1, Edisi bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh : CN Harnaningrum, Andi, Yogyakarta.  10/14/pengelolaan-instalasi-komputerpik/ 10/14/pengelolaan-instalasi-komputerpik/  Sumber-sumber lain yang relevan

4 1. BUAT MAKALAH TENTANG PROSEDUR PROSEDUR INSTALASI KOMPUTER DALAM SUATU MANAJEMEN ORGANISASI A.SISTEM PERPUSTAKAAN B.SISTEM AKADEMIK UNIVERSITAS/ST/INSTITUT C.SISTEM BIROKRASI : DINAS, BADAN D.SISTEM KOPERASI E.SISTEM PERBANKAN F.SISTEM ORGANISASI PUBLIK:TREVEL, ASURANSI, KREDIT, PENJUALAN DLL

5 Implementasikan Prosedur Instalasi Komputer dalam kasus nyata: 1. Buatlah RIP: Rencana Induk Pengembangan Instalasi suatu Organisasi 2. Organisasi dan Personil 3. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak 4. Pengaturan Ruang

6  PENGELOLAAN Definsi (1) “Proses Pengelolaan yang mempertimbangkan hubungan timbal balik antara kegiatan manusia dengan komputer. Definisi ke (2) “adalah suatu proses penyusunan dan pengambilan keputusan secara rasional tentang pemanfaatan komputer secara berkelanjutan”. Definisi ke (3) “Suatu proses kontinu dan dinamis dalam penyusunan dan pengambilan keputusan tentang pemanfaatan komputer secara berkesinambungan”. Definisi ke (4) “Melakukan sebuah upaya pemeliharan secara terjadwal atau tidak terjadwal”.

7  INSTALASI Proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bisa digunakan oleh sistem.

8 Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.

9 memberikan pembelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengelola instalasi sistem komputer pada suatu instansi. Pengelola diharapkan mampu menjamin sistem komputer yang dipergunakan akan dapat dioperasikan tanpa henti.

10  Ruang computer adalah segala jenis ruang yang berisi instalasi komputer baik tunggal maupun jaringan. Pengertian Instalasi komputer juga mencakup ruang server, ruang kontrol jaringan komputer (LAN) dan ruang pengolahan/penyimpanan data digital.

11  Keamanan alat  Kenyamanan  Besar dan rumit  Keseimbangan perencanaan Perlu diperhatikan keseimbangan elemen-elemen yang akan mempengaruhi desain ruang komputer termasuk peralatannya. Elemen-elemen tersebut diantaranya: lokasi ruang komputer, tata ruang, keamanan fisik, sistem UPS, Generator listrik cadangan, distribusi daya listrik, sistem pendinginan dan kelembapan udara, raised flooring, deteksi dan pemadam kebakaran, kontrol akses dan keamanan, dan sistem monitoring untuk seluruh elemen tersebut.

12  Desain:  Tata Ruangan  Aspek teknis:  – Power (Kelistrikan)  – Penangkal petir  – Pencahayaan  – HVAC (Heat/Ventillation/Air Conditioning)  – Fire Protection (deteksi dan pemadam kebakaran)  – Flooring

13  Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi tesebut melalui perangkat digital

14  Long distance service,  Akses yang mudah.  Murah (cost efective).  Mencegah duplikasi dan plagiat.  Publikasi karya secara global.

15  Tidak semua pengarang mengizinkan karyanya didigitalkan. Pastinya, pengarang akan berpikir- pikir tentang royalti yang akan diterima bila karyanya didigitalkan.  Masih banyak masyarakat Indonesia yang buta akan teknologi. Apalagi, bila perpustakaan digital ini dikembangkan dalam perpustakaan di pedesaan.  Masih sedikit pustakawan yang belum mengerti tentang tata cara mendigitalkan koleksi perpustakaan. Itu artinya butuh sosialisasi dan penyuluhan tentang perpustakaan digital.

16  Scanning, yaitu proses memindai (men-scan) dokumen dalam bentuk cetak dan mengubahnya ke dalam bentuk berkas digital. Berkas yang dihasilkan dalam contoh ini adalah berkas PDF.  Editing, adalah proses mengolah berkas PDF di dalam komputer dengan cara memberikan password, watermark, catatan kaki, daftar isi, hyperlink, dan sebagainya. Kebijakan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diedit dan dilingdungi di dalam berkas tersebut disesuaikan dengan kebijakan yang telah ditetapkan perpustakaan. Proses OCR (Optical Character Recognition) dikategorikan pula ke dalam pross editing..  Uploading, adalah proses pengisian (input) metadata dan meng-upload berkas dokumen tersebut ke digital library. Berkas yang di-upload adalah berkas PDF yang berisi full text karya akhir dari mulai halaman judul hingga lampiran, yang telah melalui proses editing.  Di bagian akhir, ada dua buah server. Server pertama yaitu sebuah server yang berhubungan dengan intranet, berisi seluruh metadata dan full text karya akhir yang dapat diakses oleh seluruh pengguna di dalam Local Area Network (LAN) perpustakaan yang bersangkutan.  Sedangkan server kedua adalah sebuah server yang terhubung ke internet, berisi metadata dan abstrak karya tersebut. Pemisahan kedua server ini bertujuan untuk keamanan data. Dengan demikian, full tekt sebuah karya hanya dapat diakses dari LAN, sedangkan melalui internet, sebuah karya hanya dapat diakses abstraknya saja.

17  Komputer personal (PC)  internet (inter-networking),  World Wide Web (WWW).  Sistem Informasi

18  Web server, yaitu server yang akan melayani permintaan-permintaan layanan web page dari para pengguna internet;  Database server, yaitu jantung sebuah perpustakaan digital karena di sinilah keseluruhan koleksi disimpan;  FTP server, yaitu untuk melakukan kirim/terima berkas melalui jaringan komputer;  Mail server, yaitu server yang melayani segala sesuatu yang berhubungan dengan surat elektronik ( );  Printer server, yaitu untuk menerima permintaan-permintaan pencetakan, mengatur antriannya, dan memprosesnya;  Proxy server, yaitu untuk pengaturan keamanan penggunaan internet dari pemakai-pemakai yang tidak berhak dan juga dapat digunakan untuk membatasi ke situs-situs yang tidak diperkenankan.  Perangkat lunak yang paling banyak digunakan adalah Apache yang bersifat open source (bebas terbuka-gratis). Untuk yang mengunakan Microsoft, terdapat perangkat lunak untuk web server yaitu IIS (Internet Information Sevices). Sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam sistem informasi ini adalah  Database Administrator, yaitu penanggungjawab kelancaran basis data,  Network Administrator, yaitu penanggungjawab kelancaran operasional jaringan computer.  System Administrator, yaitu penanggungjawab siapa saja yang berhak mengakses sistem,  Web Master, yaitu penjaga agar website beserta seluruh halaman yang ada di dalamnya tetap beroperasi sehingga bisa diakses oleh pengguna,  Web Designer, yaitu penanggungjawab rancangan tampilan website sekaligus mengatus isi website.


Download ppt "BAB. I ELEMEN-ELEMEN DASAR PIK BAB. II ORGANISASI DAN PERSONIL BAB. III PERANGKAT KOMPUTER BAB. IV PENGATURAN RUANG KOMPUTER BAB. V MANAJEMEN SISTEM INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google