Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kunjungan UP2M ke Pos Pelkes BENIH di Air Abik, Belinyu Bangka 14 - 16 September 2013 Sesuai dengan Program kerja UP2M Mupel Jabar 2 maka 19 Jemaat ' Pendamping.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kunjungan UP2M ke Pos Pelkes BENIH di Air Abik, Belinyu Bangka 14 - 16 September 2013 Sesuai dengan Program kerja UP2M Mupel Jabar 2 maka 19 Jemaat ' Pendamping."— Transcript presentasi:

1 Kunjungan UP2M ke Pos Pelkes BENIH di Air Abik, Belinyu Bangka September 2013 Sesuai dengan Program kerja UP2M Mupel Jabar 2 maka 19 Jemaat ' Pendamping / Penanggungjawab pemandirian 19 pos pelkes mengadakan kunjungan ke lokasi pos pelkes. GPIB "Immanuel" Depok bertugas mendampingi Pos Pelkes di Air Abik. Ringkasan informasi yang diperoleh setelah perkunjungan :

2 Ketua Kelompok Usaha : Dkn. Zefnat Abidi. Data Pos Pelkes : •Nama Pos Pelkes : Pos Pelkes "Benih" Air Abik di Belinyu, Bangka. •Jemaat Induk : GPIB "Immanuel" Belinyu, Bangka. •Alamat Pos Pelkes : Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, •Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka- Belitung. •Pendeta Pos Pelkes belum ada, pelayanan masih dirangkap oleh Pdt. Ronald Marbun KMJ GPIB "Immanuel: Belinyu. •Jumlah Kepala Keluarga : 21 KK yang terdiri dari 68 Jiwa dilayani oleh 4 presbiter.

3 Kegiatan dalam waktu dekat : •Mohon kepada MS GPIB agar ditempatkan Pendeta di Pos Pelkes "Benih" Air Abik. •Menyelesaikan pembuatan sertifikat tanah. •Memelihara perkebungan karet coklat, sengon dan sawit (pembersihan, pemupukan dan penyemprotan hama). •Pengadaan kendaraan operasional (motor roda tiga) •Melengkapi SBU bagi setiap Kepala Keluarga

4 Laporan perkunjungan : Sebagai pendahuluan perlu diinformasikan bahwa Pendeta Ronald Marbun dari Pos Pelkes Air Abik telah mengikuti PUP UP2M (Pengembangan Usaha Perdesaan Unit Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat) yang dilakukan untuk periode 2009 s.d di GPIB Immanuel Depok. Beliau telah memibuat profil pos pelkes dan juga membuat dan melaksanaka rencana kerja tahunan, dan rencana kerja jangka pendek. Usaha dana untuk memulai kegiatan perkebunan antara lain adalah dengan membuat proposal kepada jemaat GPIB. Dengan Kerja sama jemaat-jemaat GPIB secara sinodal melalui ABSP dan dana sinodal dari Dept Pelkes GPIB pelaksanaan di bidang perkebunan telah dimulai dan tanaman yang baru bertumbuh dan masih muda ini perlu dipelihara dengan baik. Program UP2M kini dilanjutkan dan dikoordinasikan oleh Mupel Jabar 2 bekerja sama dengan Mupel Bangka-Belitung dan sebagai jemaat pendamping adalah GPIB "Immanuel" Depok.

5 Diawali dengan kunjungan ke gereja GPIB "Immanuel" Belinyu Bangka yang adalah gereja induk Pos Pelkes "Benih" Air Abik untuk bertemu dengan KMJ Pdt. Ronald Marbun dan mengadakan percakapan di Pastori.

6

7 Malam harinya presbiter mengadakan jamuan makan dan percakapan sekitar kota Belinyu dan tentang pelayanan dan kesaksian gereja. GPIB Immanuel memiliki 18 Kepala Keluarga dan dilayani oleh 4 orang presbiter.

8

9 Minggu pagi, 15 September 2013 mengikuti Ibadah Hari Minggu di Gereja Immanuel Belinyu.

10 Prasasti peresmian gereja pada tanggal 30 November 1958 oleh pendeta C.Ch. Kainama... sudah berusia 55 tahun.

11 Pendeta Ronald Kabar Mauli Marbun, S. Si- Teol, Pendeta Jemaat Pos Pelkes Air Abik kemudian menjabat KMJ GPIB "Immanuel" Belinyu. Pendeta Pos Pelkes : Pdt. Ronald Mauli Kabar Marbun, S.Si Teol Pendeta Ronald mengikuti program Pengembangan Usaha Perdesaan UP2M di GPIB Immanuel Depok sejak tahun 2009 dimana beliau dengan dedikasi tinggi meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan sebagai motivator, fasilitator dan dinamisator dalam upaya menggerakkan PUP. Beliau telah menyusun profil pos pelkes dan membuat dan melaksanakan rancana kerja tahunan, jangka pendek dan jangka panjang menuju kemandirian di bidang teologi daya dan dana

12

13 Sambutan, penjelasan dan pengarahan Pnt. Rompas mengenai maksud kunjungan ke pos pelkes

14 Sehabis ibadah dan sambutan-sambutan ada ramah tamah... jamuan teh. Info dari KMJ, jumlah KK di jemaat ini ada 18 kepala keluarga.

15

16

17 Tanah lokasi pekuburan warga jemaat Air Abik. Di tempat ini dimakamkan Mat Belang, kepala dusun Air Abik yang menghibahkan tanah miliknya seluas hektar (530x300 m) kepada GPIB / jemaat Air Abik.

18

19 Bersama Ibu Luhulima *) *) Ibu Luhulima kirim salam untuk ibu Sonya Daada di Depok

20 Jalan menuju Pos Pelkes Air Abik. Sebagian ruas jalan sebelumnya adalah jalan tanah yang berlumpur pada waktu hujan, kini telah ditingkatkan berupa perkerasan tanah merah bercampur kerikil.

21 Dari Belinyu, memasuki desa Gunung Muda kita tiba di lokasi tanah milik GPIB Tanah milik gereja seluar 15.9 ha, dihibahkan oleh Mat Belang kepala dusun Air Abik tahun 1970 an. Saat ini sedang diurus pembuatan sertifikat tanah (tanah tersebut terletak di dua dusun yaitu Gunung Muda dan Air Abik)

22

23 Perkebunan kelapa sawit di desa Gunung Muda. Sudah ada 500 pohon sawit usia 3 tahun dan 1 tahun di Dusun Gunung Muda

24 Buah pertama Kelapa Sawit puji syukur terima kasih Tuhan.....

25 Berdiskusi tentang pengembangan perkebunan di sawung kebun sawit....

26 Area Kebun Coklat

27 Sudah ada 300 pohon coklat usia 1.5 tahun. Direncanakan pula untuk membuat kebun buah-buahan. Dalam rangka Pengembangan Ekonomi Gereja telah dibentuk Panitia Pengembangan Ekonomi Jemaat di Pos Pelkes Air Abik. Sebagai Ketua adalah Zefnat Abidi dan Sekretaris Desi Natalia yang mengelola kegiatan pembuatan kebun karet, sawit, coklat dan pohon sengon. Panitia telah menyusun rencana kegiatan dan anggaran biaya. Bagi Bapak/Ibu/Saudara/i yang ingin memberikan dukungan dana dapat mengirimkan melalui : BRI Unit Belinyu Nomor Rekening atas nama : Panitia Pengembangan Ekonomi Jemaat, alamat : Pos Pelkes "BENIH" Air Abik - Belinyu - Bangka

28 Dkn. Zefnat Abidi Lokasi ini masih berupa hutan dan agar tetap dipertahankan / dilestarikan Direncanakan dibuat jalan setapak melalui hutan dan perkebunan untuk rekreasi / wisata pos pelkes di alam bebas - hutan, taman, kebun wisata - dilengkapi tempat olah raga / outbond dan pusat informasi pertanian / perkebunan pos pelkes.

29 Area Tempat Retreat Direncanakan ke depan akan didirikan tempat retret. untuk kapasitas : 200 rang. Fasilitas : R. Ibadah, R. Doa, R. Hall Utama, Pendidikan / Taman Kanak-kanak, perpustakaan, Km. Tidur Tempat Rekreasi, Olah raga, Tempat ibadah padang / api unggun. Parkir, Utility, Fasilitas wisata rohani. dll. Pendeta Ronald Marbun memakai istilah Teologi Naturalizem.

30 Papan nama Pos Pelkes Benih, Air Abik

31 Salib di gereja

32 Penatua L.G. Rompas (Ketua I PHMJ GPIB "Immanuel" Depok)

33

34 Gudang pupuk dan semprotan anti hama. Gudang dari papan ini didirikan menggunakan sebagian biaya yang diperoleh dari Departemen Pelkes GPIB

35 Pupuk urea

36 Peralatan dan penyemprotan penyemprotan Anti hama Bibit pohon coklat, sawit, karet dan yang ditanam oleh jemaat dan juga oleh peserta ABSP dan oleh Departemen Pelkes GPIB mulai mekar bertumbuh. Tanaman muda ini memerlukan pemeliharaan berupa pemberian pupuk dan penyemprotan anti hama. Untuk maksud tersebut Dept. Pelkes GPIB menganggarkan dalam program kerjanya bantuan untuk biaya tenaga dan pemeliharaan.

37 Generator listrik

38 Pompa air dari sumur untuk kebutuhan sehari-hari di pos pelkes..

39 Area perkebunan Kayu Sengon dan Karet Sudah ada 500 pohon sengon. Penanaman sengon dilakukan oleh MS GPIB / Dept. Pelkes GPIB pada bulan Mei Penanaman pertama dilakukan oleh Ketua I MS GPIB XVIII Pdt. J.D. Sihite. Pada bulan Pebruari 2012 dilaksanakan ABSP (Aksi Bakti Sosial Pemuda) di Air Abik. Kegiatannya a.l. membuka hutan dan menanam bibit pohon karet. Penanaman pohon karet perdana dilakukan oleh Ketua I MS GPIB XIX Pdt. Marthinus Tetelepta.Kini (September 2013) telah ditanam 1000 pohon karet dan sudah berusia 2 tahun. Untuk pemeliharaan kebun ini (pembersihan, pemberian pupuk dan pemberantasan hama) maka Dept. Pelkes GPIB memprogramkan secara sinodal bantuan untuk pemeliharaan kebun di pos pelkes Air Abik.

40 Perkebunan karet

41 Diskusi di pastori Pos Pelkes Air Abik

42 Perkunjungan dan diskusi ke rumah jemaat... Keluarga Manurung..

43

44 Ibadah Hari Minggu 15 September 2013 di Pos Pelkes "Benih" Air Abik... mimbarnya unik..

45 Organis.

46

47

48

49 Vocal group.

50 Pnt. Rompas memberi sambutan, pengarahan dan diskusi dengan warga jemaat

51 Tanggapan dan masukkan dari warga jemaat a.l. : Bidang teologi : - segera ditempatkan seorang pendeta di pos pelkes Air Abik Bidang daya : - sertifikat tanah atas nama GPIB agar dapat diurus dan diselesaikan - didirikan sebuah Taman Kanak-Kanak Bidang Dana : - usaha perkebunan tetap dilanjutkan dan ditingkatkan dilengkapi fasilitas operasional - pembuatan tempat retret yang dapat digunakan oleh gereja-gereja di pulau Bangka dan sekitarnya

52 Tanggapan dan masukkan dari warga jemaat a.l. : Bidang teologi : - segera ditempatkan seorang pendeta di pos pelkes Air Abik Bidang daya : - sertifikat tanah atas nama GPIB agar dapat diurus dan diselesaikan - didirikan sebuah Taman Kanak-Kanak Bidang Dana : - usaha perkebunan tetap dilanjutkan dan ditingkatkan dilengkapi fasilitas operasional - pembuatan tempat retret yang dapat digunakan oleh gereja-gereja di pulau Bangka dan sekitarnya

53 Jamuan kasih.

54

55

56 Anak-anak dapat oleh- oleh dari opa Rompas

57 Terima Kasih opa Rompas

58 Vocal Group Pelkat PA.

59

60

61 Sebagian warga jemaat Air Abik.

62 Acara selesai... pulang ke rumah.

63 Usai perkunjungan, kembali ke Depok.

64 Bangunan lama di Belinyu (Depan gereja Immanuel)

65 Tiang Listrik Jadul

66 Restoran China Food di Belinyu

67

68 Hotel di Belinyu.

69 Di pelabuhan Belinyu.....


Download ppt "Kunjungan UP2M ke Pos Pelkes BENIH di Air Abik, Belinyu Bangka 14 - 16 September 2013 Sesuai dengan Program kerja UP2M Mupel Jabar 2 maka 19 Jemaat ' Pendamping."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google