Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu : - Perangkat keras (hardware) - Perangkat lunak(software) - Aspek manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu : - Perangkat keras (hardware) - Perangkat lunak(software) - Aspek manusia."— Transcript presentasi:

1 2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu : - Perangkat keras (hardware) - Perangkat lunak(software) - Aspek manusia

2 •Seperti kita ketahui, manusia merasakan dunia nyata menggunakan peranti yang lazim dikenal dengan panca indra – mata, telinga, hidung, lidah dan kulit – sehingga lewat komponen panca indra inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi.

3 2.1.PENGLIHATAN •Penglihatan atau mata barangkali merupakan salah satu panca indra manusia yang paling berharga. Beberapa ahli berpendapat bahwa mata manusia terutama digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.

4 •Beberapa istilah dalam penglihatan 1.Luminans 2.Kontras 3.Kecerahan 4.Sudut & Ketajaman Penglihatan 5.Medan Penglihatan 6.Warna

5 1 Luminans •Luminans adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek. •Diameter bola mata akan mengecil sehingga akan meningkatkan kedalam fokusnya. Hal yang sama terjadi pada lensa kamera ketika aperturnya diatur. Bertambahnya luminans sebuah obyek atau layar tampilan akan menyebabkan mata bertambah sensitif terhadap kerdipan (flicker).

6 2. Kontras •Kontras adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut. • Kontras didefinisikan sebagai selisih antara luminans obyek dengan latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang.

7 •Nilai kontras positif akan diperoleh jika cahaya yang dipancarkan oleh sebuah obyek lebih besar dibanding yang dipancarkan oleh latar belakangnya. •Nilai kontras negatif apabila cahaya latar belakang lebih besar dibandingkan cahaya yang dipancarkan oleh obyek

8 3. Kecerahan •Kecerahan adalah tanggapan subyektif pada cahaya. •Tidak ada arti khusus dari tingkat kecerahan seperti pada luminans dan kontras, tetapi luminans yang tinggi berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.

9 •Anda akan melihat suatu kenyataan yang ganjil ketika melihat pada batas kecerahan tinggi-ke-rendah seperti pada gambar berikut :

10 4. Sudut dan ketajaman Penglihatan •Sudut penglihatan (Visual angle) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata. •Ketajaman penglihatan (Visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.

11

12 •L= Tinggi Obyek •D= Jarak dari data pengamat •  = Sudut penglihatan yang dibentuk

13 5. Medan Penglihatan •Medan penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh, yang dapat dibagi menjadi empat daerah :

14 •Daerah Pertama adalah tempat kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama (disebut penglihatan Binokuler).

15 •Daerah Kedua adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri ketika mata kiri kita gerakkan ke sudut paling kiri (disebut penglihatan Monokuler kiri).

16 •Daerah Ketiga adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kanan ketika mata kanan kita gerakkan ke sudut paling kanan (disebut penglihatan Monokuler kanan).

17 •Daerah Keempat adalah daerah Buta, yakni daerah yang sama sekali tidak dapat dilihat oleh kedua mata.

18 •Besarnya daerah atau medan penglihatan dinyatakan dalam derajad. •Medan penglihatan bervariasi tergantung pada gerakan mata dan kepala dapat dibagi atas : -Kepala & mata diam -Kepala diam mata bergerak -Keduanya bergerak

19 •Medan penglihatan ketika kepala dan mata keduanya diam, Daerah penglihatan binokuler akan berada kira-kira sebesar 62 o sampai 70 o. Daerah penglihatan monokuler berkisar antara 94 o sampai 104 o.

20 •Medan penglihatan ketika kepala dan mata diperbolehkan untuk bergerak, medan penglihatan maksimum 95 o, tetapi untuk pekerjaan yang bersifat interaktif medan penglihatan optimum 15 o.

21 •Medan penglihatan ketika kepala diam dan mata bergerak, Daerah penglihatan binokuler akan berada kira-kira sebesar 62 o sampai 70 o. Daerah sebesar 30 o merupakan daerah yang paling efektif.

22 6. Warna •Cahaya tampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik. •Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 400 – 700 nm yang berada pada daerah ultraungu sampai inframerah.

23 •Banyaknya warna yang dapat dibedakan satu dengan yang lain bergantung kepada tingkat sensitifitas mata seseorang •Mata dapat membedakan warna secara akurat ketika posisis obyek membentuk sudut sebesar ±60 o

24 •Penggunaan warna yang sesuai dengan pengguna akan mempertinggi efektifitas tampilan grafis •Tetapi jika warna digunakan dengan tidak mengindahkan aspek kesesuaian dengan pengguna, maka pengguna justru akan menerima informasi yang salah

25 a.Psikologi Warna •Warna merupakan suatu sensasi yang dihubungkan dengan sistem syaraf •Lensa pada mata manusia tidak mempunyai kemampuan untuk mengoreksi warna. Hal ini menimbulkan suatu efek yang disebut kromostreopsis. •Kromostreopsis : Efek yang menyebabkan warna-warna murni pada jarak yang sama terlihat mempunyai jarak yang berbeda. •Warna Merah biasanya mempunyai jarak paling dekat. •Warna Biru mempunyai jarak paling jauh.

26 •Lensa akan menyerap energi hampir dua kali lebih banyak pada daerah warna biru dibanding warna merah atau hijau. •Retina manusia terdiri atas banyak sekali Rods dan Cones yang sensitif terhadap warna

27 •Rods bertanggung jawab untuk penglihatan malam •Cones merupakan sel-sel yang sangat sensitif terhadap warna yang akan menterjemahkan panjang gelombang menjadi sensasi warna

28 •Kisaran sensasi ditentukan oleh 3 fotopigmen yaitu : -Biru (445 nm) -Hijau (535 nm) -Merah (575 nm)

29 •Buta Warna (color blindness) penyebabnya adalah kurang atau tidak adanya fotopigmen biru, merah, hijau •Hilangnya fotopigmen biru akan menyebabkan buta warna total

30 b.Persepsi •Persepsi adalah proses pengalaman seorang dalam menggunakan sensor warnanya •Meskipun sangat sukar untuk menentukan pilihan warna untuk mempercantik tampilan, sejumlah kombinasi warna telah diuji coba untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan warna yang optimal

31 •Kombinasi Warna terbaik

32 •Kombinasi Warna terjelek

33 c. Petunjuk Penggunaan Warna yang Efektif •Hindarkan penggunaan tampilan sejumlah warna yang tajam •Hindarkan warna biru murni untuk teks •Hindarkan warna merah dan hijau yang ditempatkan secara bersebrangan pada tampilan berskala besar •Tidak semua warna mudah dibaca

34 2. Pendengaran •Manusia dapat mendeteksi suara pada kisaran 20 hertz – 20 Khertz •Suara berkisar antara 1000 – 4000hertz menyebabkan pendengaran menjadi lebih sensitif

35 •Suara juga dapat bervariasi dalam hal kebisingan (loudness). •Batas kebisingan dinyatakan sebagai 0 db(dicible) •Suara bisikan mempunyai tingkat kebisingan 20 dB •Percakapan biasa 50 – 70 dB •Kerusakan telinga jika tingkat kebisingan lebih dari 140 dB

36 3. Sentuhan •Sentuhan merupakan sarana interaksi yang menduduki urutan ketiga setelah penglihatan dan pendengaran •Sensitifitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis

37 4. Permodelan Sistem Pengolahan


Download ppt "2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu : - Perangkat keras (hardware) - Perangkat lunak(software) - Aspek manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google