Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Usaha dan energi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Usaha dan energi."— Transcript presentasi:

1

2 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Usaha dan energi

3 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Usaha dan energi KOMPETENSI DASAR: 1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik INDIKATOR 1. Menguraikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan 2. Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik 3. Menerapkan hubungan antara usaha dan energi kinetik 4. Menerapkan hubungan antara usaha dengan energi potensial 5. Menganalisis bentuk hukum kekekalan energi mekanik STANDAR KOMPETENSI 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

4 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Mengapa mobil jeep ini mampu menarik sebuah beban yang sangat berat ??? karena adanya usaha. Apa yang dimaksud dengan usaha ?

5 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI  DEFINISI Usaha adalah hasil kali antara gaya konstan F dengan perpindahan s. Keterangan : F = gaya (N) s = perpindahan yang dilakukan (m)  = sudut yang dibentuk oleh gaya dan perpindahan.( 0 )  Satuan SI dari kerja: newton.meter = joule (J)

6 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Satuan Dari usaha

7 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Teorema Usaha -Energi Dan Energi Kinetik

8 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI  Kebanyakan orang mengharapkan hasil ketika ia melakukan kerja.  Tetapi dalam Fisika, hasil diperoleh ketika resultan gaya melakukan kerja pada suatu benda.  Hasil tersebut merupakan perubahan energi kinetik dari benda tersebut.

9 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI ENERGI KINETIK  Definisi Energi kinetik dari suatu benda dengan massa m dan laju v, diberikan oleh:  Satuan SI dari Energi Kinetik adalah: joule (J)

10 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI TEOREMA USAHA-ENERGI Ketika resultan gaya melakukan kerja W pada suatu benda, energi kinetik dari benda tersebut berubah dari keadaan awal EK 0 ke keadaan akhir KE f, Perbedaan antara kedua nilai ini sama dengan kerja yang dilakukan:

11 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI USAHA OLEH ENERGI KINETIK

12 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI ENERGI POTENSIAL GRAVITASI  Definisi Energi Potensial Gravitasi (EP) adalah energi yang dipunyai oleh benda dengan massa m yang bergantung pada posisi relatif terhadap permukaan bumi. Posisi benda tersebut diukur pada ketinggian h yang relatif terhadap suatu titik acuan:

13 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Energi Mekanik Total

14 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI  Konsep dari kerja dan teorema kerja-energi telah memberikan kesimpulan bahwa suatu benda dapat mempunyai dua jenis energi: energi kinetik dan energi potensial gravitasi.  Jumlahan dari kedua jenis energi ini dikenal dengan energi mekanik total E, sehingga: E = EK + EP  Teorema kerja-energi dapat dituliskan dalam bentuk energi mekanik total: W nc = E f – E 0 ENERGI MEKANIK TOTAL

15 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Kekekalan Energi Mekanik  Jika tidak ada kerja yang dilakukan oleh gaya non-konservatif, atau W nc = 0, maka E f = E 0 (½mv f 2 + mgh f ) = (½mv mgh 0 )  Atau energi mekanik total bernilai konstan sepanjang lintasan antara titik awal dan akhir, atau tidak ada perubahan dari nilai awalnya E 0.

16 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Contoh: Roller Coaster Raksasa Satu dari yang tercepat diantara roller coaster di dunia adalah Magnum XL- 200 di Cedar Point Park in Sandusky, Ohio (seperti gambar). Kereta seakan- akan jatuh dari ketinggian 59,4 m. Asumsikan bahwa coaster ini memiliki kecepatan yang mendekati nol ketika berada di puncak. Abaikan gesekan dan tentukan kecepatan kereta tepat ketika berada di bawah.

17 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSIPENYELESAIAN  Gaya normal tegak lurus arah gerak sehingga tidak ada kerja yang dilakukan. Gesekan diabaikan, sehingga W nc = 0 J.  Gunakan hukum kekekalan energi mekanik, sehingga:

18 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI DAYA  Definisi Daya rata-rata adalah rata-rata perubahan dari kerja W yang dilakukan dan diperoleh dengan membagi W dengan waktu yang diperlukan untuk melakukan kerja tersebut.  Satuan SI untuk Daya adalah joule/detik = watt (W)

19 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Tabel Satuan dari Daya

20 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI BENTUK LAIN DARI DAYA  Daya dapat pula didefinisikan sebagai perubahan dari energi dibagi dengan waktu.  Karena kerja, energi dan waktu merupakan besaran skalar, maka daya juga merupakan besaran skalar.  Karena W = Fs maka daya rata-rata juga dapat dituliskan sebagai berikut:

21 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI LATIHAN SOAL 1. Usaha yang dilakukan oleh gaya sebesar 50 N sewaktu menarik beban seperti gambar pada sudut 45ºsejauh 10 m adalah … (J) a b.150√2150√2 c.200 √2200 √2 d.250 √2250 √2 e

22 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI JAWABAN : BENAR Penyelesaian : D W = F x s cos θ = 50 x 15 cos 45 0 = 250 √2 SOAL SELANJUTNYA …

23 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI JAWABAN : SALAH Silakan coba lagi…

24 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI 2. ANGKAT BEBAN Atlet angkat berat sedang mengangkat barbel dengan berat 710 N. Pada gambar b ia mengangkat beban sejauh 0,65 m di atas dadanya. Pada gambar c ia menurunkannya dedngan jarak yang sama. Beban dinaikkan dan diturunkan dengan kecepatan yang sama. Besar usaha yang dilakukan pada barbel ketika diangkat adalah … a.460 J460 J b J- 460 J c.300 J300 J d.-350 J-350 J e.280 J280 J

25 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Penyelesaian : A  Barbel diangkat dan diturunkan dengan kecepatan yang sama, sehingga kondisinya adalah setimbang. Konsekwensinya, gaya F yang dikerjakan oleh atlet haruslah seim- bang dengan berat dari barbel tersebut, sehingga F = 710 N Kerja ketika beban dinaikkan: JAWABAN : BENAR

26 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI JAWABAN : SALAH Silakan coba lagi…

27 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI 3. Berdasarkan soal no. 2 besar usaha yang dilakukan pada barbel ketika diangkat adalah … a.460 J460 J b J- 460 J c.300 J300 J d.-350 J-350 J e.280 J280 J

28 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Penyelesaian : B  Barbel diangkat dan diturunkan dengan kecepatan yang sama, sehingga kondisinya adalah setimbang. Konsekwensinya, gaya F yang dikerjakan oleh atlet haruslah seim- bang dengan berat dari barbel tersebut, sehingga F = 710 N Kerja ketika beban diturunkan adalah … JAWABAN : BENAR

29 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI JAWABAN : SALAH Silakan coba lagi…

30 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI 1. Ekowati, Evelyn Fisika untuk SMA kelas XI Program Ilmu Alam. Surakarta : Penerbit CV. Haka MJ. 2. Kanginan, Martin Fisika untuk SMA Kelas XI Semester 1. Jakarta : Penerbit Erlangga 3. Kanginan, Martin Seribu Pena untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga 4. usaha dan energi.

31 KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI PENYUSUN Nama: Novita Pratama, s. Pd Instansi: Sma Negeri 2 arga makmur Website : www. Sman2arma.com EDITOR Nama: Nur Samsudin, S. Pd.Fis.


Download ppt "KOMPETENSI BERANDA MATERI LATIHAN EVALUASI PENYUSUN REFERENSI Usaha dan energi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google