Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Muhtad Fadly, SE, MBA..  Field data, unit data terkecil.  Record, koleksi field-field data yang saling berhubungan.  File, koleksi record yang saling.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Muhtad Fadly, SE, MBA..  Field data, unit data terkecil.  Record, koleksi field-field data yang saling berhubungan.  File, koleksi record yang saling."— Transcript presentasi:

1 Muhtad Fadly, SE, MBA.

2  Field data, unit data terkecil.  Record, koleksi field-field data yang saling berhubungan.  File, koleksi record yang saling berhubungan.  Database, sekumpulan file yang saling berhubungan ◦ Definisi umumnya, database adalah kumpulan seluruh data yang berbasis komputer dalam sebuah perusahaan. ◦ Definisi sempitnya, database adalah kumpulan data yang berada dibawah kendali software manajemen basis data.

3  Relational database structure, adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berhubungan.  Flat files, adalah suatu tabel yang tidak memiliki kolom-kolom berulang.  Normalization, suatu proses formal untuk menghapus field-field data yang berulang, sambil menjaga kemampuan basis data untuk menambah, mengubah, dan menghapus tanpa menyebabkan kesalahan.

4  Key field, adalah satu/kombinasi field yang berisi satu nilai yang secara unik mengidentifikasi masing-masing record di dalam tabel.  Key candidate, adalah sebuah field yang secara unik mengidentifikasi masing-masing baris namun tidak dipilih untuk menjadi kunci.  Relating tables, tabel yang menunjukan hubungan logis antar field.

5  Database management system (DBMS), aplikasi software yang menyimpan struktur basis data, data itu sendiri, hubungan antar data di dalam basis data, formulir, laporan dan hal lain yang terkait database.

6  Hierarki database structure. ◦ Grup, sub-grup, sub- sub-grup. Seperti cabang- cabang pada pohon.  Bekerja dengan baik untuk sistem pemprosesan transaksi  Network database structure. ◦ Dikembangkan untuk memungkinkan penarikan record-record tertentu.

7 Relasional adalah ketika hubungan antara table itu implisit  Relasi fisik. ◦ Ketika struktur database (hierarki dan network)  Relasi implisit. ◦ Ketika struktur database

8

9  Konsep database: integrasi logis dari record- record yang melintasi berbagai lokasi fisik.  Idependensi data: kemampuan untuk melakukan perubahan pada struktur data tanpa melakukan perubahan pada program- program aplikasi yang memproses data.  Kamus data: mencakup definisi-definisi dari data yang disimpan dalam database dan dikendalikan oleh sistem manajemen database.

10  Menentukan data yang anda butuhkan  Menguraikan data tersebut  Memasukkan data ke database

11  Identifikasi masalah  Mengidentifikasikan keputusan yang dibuat  Menjabarkan keutuhan informasi  Menentukan proses yang dibutuhkan  Menentukan spesifikasi kebutuhan data

12  Menentukan semua kebutuhan data perusahaan dan kemudian menyimpan data tersebut dalam database.

13


Download ppt "Muhtad Fadly, SE, MBA..  Field data, unit data terkecil.  Record, koleksi field-field data yang saling berhubungan.  File, koleksi record yang saling."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google