Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Model Relasional Merupakan hubungan logika antar data dalam basis data dalam bentuk tabel-tabel dimensi dua yang terdiri dari baris dan kolom yang menunjukkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Model Relasional Merupakan hubungan logika antar data dalam basis data dalam bentuk tabel-tabel dimensi dua yang terdiri dari baris dan kolom yang menunjukkan."— Transcript presentasi:

1 1 Model Relasional Merupakan hubungan logika antar data dalam basis data dalam bentuk tabel-tabel dimensi dua yang terdiri dari baris dan kolom yang menunjukkan atribut-atribut.

2 2 Struktur Data Relasi Setiap tabel dalam database mempunyai nama yang unik yang mengidentifikasi isinya. Sebuah relasi ialah istilah yang resmi untuk tabel. Sebuah baris atau record biasa disebut dengan tupel. Tiap kolom dalam tabel harus mempunyai nama yang berbeda tanpa spasi dan tanpa tanda minus “-” kecuali tanda underscore “_”

3 3 Struktur Data Relasi Banyaknya tupel pada sebuah relasi disebut Cardinality. Banyak atribut atau kolom disebut degree.

4 4 Domain Merupakan Himpunan nilai yang berlaku bagi suatu atribut. Nilai atribut dibatasi oleh tipe dan panjang datanya,sedangkan himpunan nilai yang diperbolehkan untuk atribut tersebut disebut domain.

5 5 Kunci (Key) Merupakan satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan satu baris data (row) dalam tabel secara unik. Jika suatu atribut dijadikan sebagai key, maka tidak boleh ada dua atau lebih baris data yang mempunyai nilai sama untuk atribut tersebut.

6 6 Kunci (Key) Macam/jenis kunci (Key) : –Candidate Key –Primary Key –Alternate Key –Foreign Key –Composite Key

7 7 Kunci (Key) Candidate Key Merupakan satu atau lebih atribut/field yang dapat membedakan sebuah baris data secara unik dalam sebuah tabel. Fungsi dari Candidate Key adalah sebagai calon Primary Key (Kunci Primer/kunci utama)

8 8 Kunci (Key) Primary Key Candidate Key yang terpilih yang dapat membedakan sebuah baris data secara unik. Primary Key (kunci primer) harus merupakan atribut(field) yang benar-benar unik tidak boleh ada nilai NULL (kosong).

9 9 Kunci (Key) Alternate Key adalah candidate key yang tidak terpilih sebagai primary key.

10 10 Kunci (Key) Foreign Key (Kunci Tamu) adalah suatu primary key pada suatu tabel yang menjadi atribut/field di tabel lain. (menjadi pendatang di sebuah tabel)

11 11 Kunci (Key) Composite Key Jenis primary key yang menggunakan gabungan dua atau lebih atribut yang dapat membedakan suatu baris data secara unik. Composite Key (kunci komposit) harus merupakan field yang benar-benar unik tidak boleh ada nilai NULL (kosong).

12 12 Aturan-Aturan Primary Key Aturan dalam Primary Key selain nilai datanya harus unik, juga berhubungan dengan masalah integritas (entity Integrity) antara lain : 1. Integritas Entity 2. Integritas Referensial

13 13 1.Integritas Entity yaitu bahwa nilai yang dipilih sebagai primary key tidak boleh NULL untuk setiap record yang ada dalam relasi/tabel. Pengertian Null ada dua; a. Null untuk data string/teks, yaitu apabila panjangnya nol atau tidak ada datanya. b. Null untuk data Numeric/angka, yaitu apabila datanya berisi nilai nol (0). Aturan-Aturan Primary Key

14 14 2. Integritas Referensial yaitu berhubungan dengan dua atau lebih tabel/relasi dalam suatu sistem basis data dengan key yang sama. Jika tabel-tabel tersebut direlasikan maka primary key harus menjamin bahwa untuk setiap nilai primary key tertentu pada suatu tabel,harus ada pula record/tupel dengan nilai primary key sama pada tabel lain. Aturan-Aturan Primary Key


Download ppt "1 Model Relasional Merupakan hubungan logika antar data dalam basis data dalam bentuk tabel-tabel dimensi dua yang terdiri dari baris dan kolom yang menunjukkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google