Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DINI OKTARIKA,S.KOM.  Sebuah kunci merupakan kombinasi dari suatu kolom atau lebih dalam suatu tabel yang secara unik mengidentifikasi masing- masing.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DINI OKTARIKA,S.KOM.  Sebuah kunci merupakan kombinasi dari suatu kolom atau lebih dalam suatu tabel yang secara unik mengidentifikasi masing- masing."— Transcript presentasi:

1 DINI OKTARIKA,S.KOM

2  Sebuah kunci merupakan kombinasi dari suatu kolom atau lebih dalam suatu tabel yang secara unik mengidentifikasi masing- masing baris pada tabel.

3  Familiarity: nilai-nilai kunci yang harus berarti bagi pengguna  Stability: nilai-nulai kunci tidak harus bisa berubah  Minimality: kolom harus tercakup di dalam kunci jika penting untuk keunikan.  Simplicity: pendek, kunci yang sederhana lebih baik dari pada panjang. Secara konsep, kunci bersifat kompleks.

4  Primary Key  Secondary atau candidate key  Simple key  Compound atau composite key  Surrogate key  Intellegent key  Natural key

5  Suatu kunci yang dipilih oleh DBA untuk menyajikan tabel. Pada model relasional suatu tabel harus terlebih dahulu memiliki sebuah kunci utama (primary key).  PRIMARY KEY juga digunakan oleh batasan REFERENCES sehingga memungkinkan adanya struktur indeing khusus lain yang memelihara batasan antara tabel yang merujuk dan yang dirujuk

6  Suatu kombinasi dari kolom yang berbeda dari kunci utama yang juga membuat sebuah kunci.  Kunci dinyatakan dengan UNIQUE dan batasan NOT NULL pada SQL.

7  Suatu kunci terdiri dari hanya satu atribut. Idealnya, suatu kunci yang diinginkan oleh pengguna adalah yang paling pendek atau tipe data yang sesederhana mungkin sehingga gabungan bisa dilakukan secara cepat.  Contoh INTEGER atau tipe data numerik lainnya yang memiliki dukungan perangkat keras sebagai perbandingan dan operasinya.

8  Suatu kunci yang berisi lebih dari satu atribut

9  Juga disebut “meaning key” atau “artificial key” merupakan kunci yang dibangun di dalam basis data yang berisi informasi.  Sebuah surrogate key sering digunakan sebagai pengganti dari meaningful compound key yang terlalu susah dipakai dalam penggunaan basis data.

10  Suatu kunci yang juga memiliki nilai-nilai dari suatu atribut yang ditempelkan sehingga berisi informasi.

11  Suatu kasus khusus dari intelegent key dalam beberapa cara yang alami dan abadi atas aplikasi.

12

13 1. Null Nilai suatu atribut yang tidak diketahui dan tidak cocok untuk baris (tuple) tersebut. Nilai (konstanta) Null digunakan untuk menyatakan / mengisi atribut-atribut yang nilainya memang belum siap/tidak ada. 2. Entity Integrity Tidak ada satu komponen primary key yang bernilai null. 3. Referential Integrity Suatu domain dapat dipakai sebagai kunci primer bila merupakan atribut tunggal pada domain yang bersangkuta n.

14  Pembuatan relasi antar tabel bertujuan untuk membuat hubungan antar table agar ada relasi antara table yang satu dengan yang lain.  Sebagai contoh sistem informasi perpustakaan, yang terdiri table sebagai berikut: ◦ table buku ◦ table peminjaman ◦ table anggota.

15  Tabel Buku

16  Tabel Anggota

17  Tabel Pinjam

18  Hubungan antar tabel : ◦ Antara tabel anggota dan tabel pinjam (field KodeAnggota yang ada pada tabel pinjam merupakan foreign key yang berhubungan dengan field KodeAnggota yang merupakan primary key pada tabel Anggota. ◦ Antara tabel buku dan tabel pinjam (field KodeBuku yang ada pada tabel pinjam merupakan foreign key yang berhubungan dengan field KodeBuku yang merupakan primary key pada tabel Buku.

19


Download ppt "DINI OKTARIKA,S.KOM.  Sebuah kunci merupakan kombinasi dari suatu kolom atau lebih dalam suatu tabel yang secara unik mengidentifikasi masing- masing."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google