Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN.02.006.01 MODUL MULTIMEDIA STANDARD KOMPETENSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN.02.006.01 MODUL MULTIMEDIA STANDARD KOMPETENSI."— Transcript presentasi:

1

2 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN MODUL MULTIMEDIA STANDARD KOMPETENSI

3 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA KOMPETENSI DASAR MENEMUKAN SYARAT-SYARAT GAMBAR ASLI TUJUAN Adapun tujuan dalam kompetensi ini adalah siswa mampu mengetahui tentang bagaimana memahami Metadata dan cara menemukan syarat-syarat yang gambar yang asli. Gambar tersebut dapat diketahui keasliannya. Dan juga siswa dapat mengetahui bagaimana membaca tentang metadata dari file gambar yang asli, supaya siswa dapat juga mengetahui gambar yang asli dengan gambar yang tidak asli.

4 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Uraian Materi Ada beberapa definisi tentang metadata yang dapat diungkapkan sbb: MMMMetadata adalah merupakan data yang tersusun dan tersandi yang menggambarkan karakteristik informasi secara tegas untuk mempermudah dalam proses identifikasi, penaksiran dan pengolahan terhadap objek tertentu. MMMMetadata adalah data yang mendiskripsikan struktur dan penggunaan informasi dan juga menggambarkan suatu sistem untuk mengelola informasi tersebut.

5 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Metadata berfungsi untuk memudahkan proses memahami, mengkategorikan dan mengelola penggunaan data Metadata dapat juga digunakan dalam berbagai bidang, yaitu • Buku • Fotografi • Audio • Halaman web. • Dll.

6 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Cara membaca metadata pada sebuah file gambar Cara Pertama :  Software ACDSee 1. Klik file lalu pilih open. 2. Klik menu view lalu pilih properties 3. Aktifkan tab Exif / File

7 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Cara membaca metadata pada sebuah file gambar Cara Kedua :  Software Adobe Photoshop 1. Klik file lalu open 2. Klik kembali menu file lalu pilih file info 3. Aktifkan opsi advancad 4. Lalu pilih exif

8 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT GAMBAR – GAMBAR ASLI TUJUAN Adapun tujuan dalam pelajaran ini, siswa dapat mengetahui bagaimana cara membuat sebuah gambar didalam kertas atau didalam komputer. Supaya siswa nantinya dapat mengetahui lebih dalam kegiatan dalam hal bidang gambar menggambar, tentunya dengan membuat gambar itu sendiri. Baik dikertas maupun di komputer ( software pengolah gambar ).

9 Uraian Materi Membuat gambar mobil-mobilan Dalam uraian kali ini dijabarkan bagaimana cara membuat gambar asli di dalam software pengolah gambar khususnya dalam software tiga dimensi SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA

10 1.Klik menu customize lalu pilih viewport configuration Pilih viewport configuration Klik customize

11 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 2.Kemudian klik tab layout lalu pilih jenis layoutnya lalu Klik OK Pilih Jenis layoutnya Klik OK Klik Tab layout

12 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 3. Dalam combo Extended Primitives klik Capsule lalu aplikasikan pada left viewport dengan ukuran sembarang. Pilih combo Extended primitives Pilih objek capsule

13 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 4.Dalam rollout parameters, beri nilai Radius = 10, Height = 215 Beri nilai 10 Beri nilai 215

14 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 5.Lalu gandakan objek capsule dengan cara klik select and move pada top view sambil tekan tombol shift dikeyboard lalu drag sumbu x disebelah objek pertama. Kemudian tampil kotak dialog, langsung klik OK.

15 6.Masih dalam combo Extended Primitives klik objek Chamferbox lalu aplikasikan pada top viewport dengan ukuran lenght = 8, width = 35, height = 140 dan fillet = 2. Atur posisi chamferbox seperti gambar dibawah ini Objek Capsule Objek Chamferbox

16 7. Gandakan objek chamferbox kemudian pendekkan ukurannya menggunakan Select and Uniform Scale dan atur posisi kira-kira seperti gambar dibawah ini Objek Chamferbox

17 8. Buatlah objek ChamferCyl pada front view dengan ukuran Radius = 28, Height = 20, Fillet = 5 Height Segs = 4, Fillet Segs = 8, Sides = 28, Cap Segs = 2. Objek ChamferCyl

18 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 9. Gandakan objek ChamferCyl, lalu atur posisi objeknya seperti petunjuk gambar dibawah ini Objek ChamferCyl

19 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 10.Buatlah objek Capsule pada front viewport dengan ukuran sembarang sebagai poros roda serta atur posisi sesuai petunjuk gambar dibawah ini Poros roda

20 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 11.Gandakan objek Capsule yang ada di tengah lalu kecilkan ukurannya dan atur posisi sesuai petunjuk gambar dibawah ini. Objek Capsule

21 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 12.Pada Top viewport buatlah objek Chamferbox dengan ukuran Length = 100, width = 80, Height = 8, dan Fillet = 4 lalu atur posisi sesuai petunjuk gambar di sebelah ini. Objek Chamferbox

22 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 13.Masih pada gambar yang sama Pada Top viewport buatlah objek Chamferbox dengan ukuran Length = 50, Width = 50, Height = 30 dan Fillet = 5. lalu atur posisi sesuai gambar dibawah ini. Objek Chamferbox

23 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 14.Buatlah objek Capsule pada Left viewport dengan ukuran Radius = 15, dan Height = 125 atur posisinya seperti gambar dibawah ini Objek Capsule

24 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 15.Pada combo Standard Primitives klik objek Torus, lalu buatlah di front viewport dengan ukuran Radius 1 = 50, dan Radius 2 = 15. Atur posisi objek seperti gambar bagian A. Dan ubah skala objek Torus menggunakan Select and Uniform Scale sampai hasil seperti gambar bagian B. Yang dapat terlihat pada gambar di bawah ini. Gambar AGambar B

25 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 16.Buatlah objek box pada Top view dengan ukuran Length = 130, Width = 40, dan Height = 4. Lalu atur posisinya menggunakan Select and Move dan Select and Rotate. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini Objek box

26 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA 17.Simpan hasil kerjanya dengan nama Mobil tempur Catatan : Peserta didik bisa menambahkan objek-objek lain Sesuai dengan keinginan. Agar lebih kelihatan lebih Menarik. Selamat berkarya......!

27 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SYARAT-SYARAT GAMBAR TIGA DIMENSI TUJUAN Adapun tujuan dalam membahas pelajaran ini adalah siswa dapat mengetahui bagaimana cara mengenal dan mengetahui syarat-syarat gambar tiga dimensi yang ada di dalam software tiga dimensi. dan juga mampu menciptakan karya yang bersifat tiga dimensi yang diinginkan untuk ke level yang lebih baik lagi.

28 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Langkah-langkah membuka aplikasi 3ds Max  Klik menu start  Lalu klik program / all program  Pilih autodesk  Autodesk 3ds max 8  3ds max 8 Uraian Materi

29 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Viewport Viewport adalah suatu jendela yang memiliki sebuah ruang 3 dimensi yang tiap sudut pandang diwakili oleh sebuah tampilan windows dalam user interface. Viewport digunakan untuk mengakses scene yang sedang kita kerjakan, jendela tersebut bisa kita digeser, diputar, diperbesar dan diperkecil sehingga kita bisa dengan leluasa mengakses seluruh area scene dari berbagai sudut pandang

30 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Viewport terbagi dari beberapa jenis yaitu : ‡ Front viewport ‡ Back viewport ‡ Left viewport ‡ Right viewport ‡ Top viewport ‡ Bottom viewport ‡ User viewport ‡ Perspective viewport ‡ Camera viewport ‡ Light viewport

31 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Kontrol Navigasi  Zoom  Zoom All  Zoom extends  Zoom extends selected  Zoom extends all & Zoom selected all  Field Of View ( FOV )  Zoom region  Pan  Arc Rotate  Min / Max Toggle

32 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Tool-tool Utama Main toolbar Panel command Trackbar Status bar Kontrol Viewport Panel Reactor Menu Utama

33 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Mengubah tampilan viewport - Klik menu customize lalu klik viewport configuration Klik customize Pilih viewport configuration

34 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA - Klik tab layout, lalu pilih layout yang diinginkan Klik tab layout Klik tombol OK - Kemudian klik tombol OK.

35 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Menyeleksi objek 3ds max memiliki beberapa jenis tipe seleksi yang sering digunakan, masing-masing tipe tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda Move, fungsinya untuk memindahkan / menggeser objek yang sedang aktif. Cara penggunaannya : - Klik /aktifkan objek Lalu klik select and move Lalu drag diantara sumbu-sumbunya yaitu : X,Y, Z

36 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Rotate, fungsinya untuk memutar objek yang sedang aktif Cara penggunaannya : Aktifkan objeknya Lalu klik select and rotate Lalu drag diantara sumbu-sumbunya yaitu : X, Y, Z Scale fungsinya untuk mengubah ukuran pada objek yang aktif

37 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Ada tiga jenis scale yaitu : Select and Uniform Scale Berfungsi untuk membuat skala dibidang XYZ dengan sama besar disetiap sumbu- sumbunya. Select and Non-Uniform Scale Berfungsi untuk mengubah skala yang tidak sama besar disetiap sumbu-sumbunya. Select and Squash Berfungsi untuk mengubah skala pada objek secara bebas disetiap sumbu-sumbunya.

38 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Menggandakan Objek Cara untuk menggandakan objek adalah sebagai berikut :  Klik select and move  Klik sumbu x, y, z sambil menekan shift di keyboard  Setelah tampil kotak Clone Option kemudian klik OK.

39 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Material, Cahaya, Camera dan Rendering Material Adalah tahapan dimana kita memberikan sebuah tekstur pada objek yang telah kita modeling sebelumnya. Dalam tahapan ini kita bisa mengubah objek menjadi transparan dan mengkilap seperti kaca atau juga bertekstur seperti kayu.

40 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Cahaya 3ds max menyediakan tiga tipe cahaya yaitu Omni, Spot, dan Direct.  Omni adalah tipe cahaya yang memiliki energi cahaya menyebar seperti matahari  Spot adalah tipe cahaya yang memiliki sifat menyorot seperti senter.  Direct adalah tipe cahaya yang memiliki sifat pemancaran cahaya lurus dalam ruang lingkup suatu lingkaran.

41 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Camera Adalah objek yang dapat meng- akuratkan sudut pandang kita terhadap objek atau angle tertentu. Ada dua jenis camera di dalam 3ds max. Pertama target dan yang kedua free. Rendering Rendering adalah proses output hasil akhir dari kerja kita, dimana objek tersebut dapat dipublikasikan.

42 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT GAMBAR TIGA DIMENSI TUJUAN Adapun tujuan dalam pelajaran ini, siswa mampu dalam membuat ataupun mampu dalam memodifikasi objek atau istilah dalam aplikasi 3ds max adalah memodelingkan berbagai bentuk objek. Siswa langsung memperaktekkan teori dalam proses kerja untuk membuat berbagai jenis model. Seperti membuat sofa, membuat meja, cara penataan objek- objek yang telah dibuat dll. objek yang telah dibuat dapat dipublikasikan dalam berbagai bentuk tipe format. Seperti AVI, Move, JPG, BMP, PNG dll.

43 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Uraian Materi Membuat objek sofa Cara membuat objek sofa adalah sebagai berikut : Pertama buka aplikasi 3ds max, kemudian Klik menu Customize, lalu pilih Units Setup Aktifkan Radio Metric, setelah itu ubah combo yang ada menjadi Centimeters, lalu klik Ok. Aktifkan Radio metric Ubah Combonya Menjadi Centimeters OK

44 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik Objek Box yang ada dalam combo Standard Primitives Aplikasikan Objek Box pada Top viewport. Caranya klik tahan pada K1 lalu drag ke K2 lalu arahkan ke K3 Kemudian klik. K1 K2 K3

45 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Kemudian klik tab Modify dan didalam rollout Parameters, ubah Length = 85, width = 150, Height = 25, Lenght Segs = 4, Width Segs = 5, Height Segs = 4. Beri nilai = 85 Beri nilai = 150 Beri nilai = 25 Beri nilai = 4 Beri nilai = 5 Beri nilai = 4 Klik tab modify

46 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik Kanan pada objek Box, lalu pilih Convert to, kemudian klik pilihan Convert to Editable Poly. Klik kanan Pada objek Pilih Convert to Pilih Convert to Editable Poly

47 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Dalam rollout Selection, aktifkan Polygon Klik Polygon

48 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Gunakan Select Object, lalu klik K1 kemudian K2 sambil menekan tombol Ctrl di keyboard, lalu K3, K4, K5. K1 K2K3 K5 K4

49 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Buka rollout Edit Polygon, lalu klik kotak setting Extrude. Setelah tampil kotak dialog, beri nilai Extrusion Height = 8, lalu klik tombol Apply sebanyak tiga kali dan akhiri dengan OK. Buka rollout Edit Polygons Klik kotak Setting Extrude beri nilai = 8 klik ok Klik sebanyak 3x

50 Aktifkan tombol Vertex yang ada dalam rollout Selection. Klik Vertex

51 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Dalam Left Viewport, seleksilah objek sesuai petunjuk pada gambar, caranya klik tahan dari K1 lalu drag ke K2. K1 K2

52 Klik kanan pada tombol Select and Move Setelah tampil kotak dialog, dalam group Offset:Screen beri nilai X = 5, lalu tekan Enter dan tutup kotak dialognya. Klik Close Beri nilai = 5

53 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik kembali tombol Vertex untuk menon- aktifkannya. Dan pastikan objek masih keadaan aktif, lalu klik tab modify, kemudian buka Modifier List, dan pilih MeshSmooth Klik tab Modify Klik modifier list Pilih MeshSmooth

54 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Dalam rollout Subdivision Amount, beri nilai Iteration = 2 Beri nilai = 2

55 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Pastikan objeknya masih aktif, kemudian didalam combo Name and Color, ketiklah Sofa1 Ketik Sofa1

56 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tab Create kemudian klik Geometry dan ubah Standard Primitives menjadi Extended Primitives, pilih objek ChamferBox. Klik tab Create Klik Geometry Pilih objek ChamferBox Ubah Combo Standard menjadi Extended

57 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Pada Top Viewport, aplikasikanlah objek ChamferBox tersebut dengan cara klik tahan K1 dan drag K2 lalu klik pada K3 dan klik lagi K4. K1 K4 K3 K2

58 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tab Modify, lalu dalam rollout Parameters, beri nilai Length = 75, width = 18, Height = 55, dan Fillet = 5 dan beri nama Sofa2

59 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Gandakan objek ChamferBox dalam Top Viewport, dan aturlah posisi objek seperti dibawah ini, menggunakan Select And Move lalu ubah namanya menjadi Sofa3. Sofa3

60 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Selanjutnya pada Top viewport, Buat kembali objek ChamferBox dengan ukuran sembarang, dan klik tab Modify lalu beri nilai pada Length = 55, Width = 48, Height = 20, dan Fillet = 5. dan beri nilai Length Segs = 5, Width Segs = 4, Heigth Segs = 3, Fillet Segs = 3. Setelah selesai ubah namanya menjadi Sofa4. Dan Letakkan objek tersebut sesuai petunjuk dibawah ini.

61 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tab Modify, lalu klik Modifier List dan pilih FFD 4x4x4, kemudian klik tulisan FFD 4x4x4 untuk mengaktifkan Control Points yang ada di dalamnya. Klik tab modify Klik modifier list Pilih FFD 4x4x4 Klik tulisan FFD 4x4x4

62 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Seleksi Control Points pada Front Viewport dari K1 hingga ke K2, setelah itu klik kanan pada Select and Move. Setelah tampil kotak dialog, dalam group Offset:Screen beri nilai pada Y = - 6 lalu tekan Enter di keyboard. K1 K2 Beri nilai = -6 Close

63 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Pada Top Viewport seleksi K1 hingga ke K2. Setelah itu pada kotak dialog Move Transform Type-in, beri nilai Y dalam group Offset:Screen = 3. K1 K2 Close Beri nilai = 3

64 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tab Create, lalu aktifkan Geometry, dan ubah Standard Primitives menjadi Extended Primitives, lalu klik ChamferBox. Klik tab Create Klik Geometry Pilih objek ChamferBox Ubah Combo Standard menjadi Extended

65 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Pada Front Viewport, klik mulai K1 lalu drag ke K2, klik di K3 lalu klik lagi K4, kemudian klik tab Modify, dan beri nilai Length = 40, Width = 48, Height = 12, dan Fillet = 12, lalu beri nilai Length Segs = 4, Width Segs = 5, Height Segs = 2 dan Fillet Segs = 3. Setelah selesai ubah objeknya menjadi Sofa5. K1 K2 K3 K4

66 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik Select by Name, setelah tampil kotak dialog, pilih objek Sofa 4, lalu klik Select. Pilih Sofa 4 Klik Select

67 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tab Modify, setelah itu klik kanan pada tulisan FFD 4x4x4 dan pilih Copy Klik tab Modify Klik kanan FFD 4x4x4 Pilih Copy

68 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tombol Select by Name, setelah tampil kotak dialog, pilih objek Sofa 5, lalu klik Select. Kemudian klik tab Modify, lalu klik kanan pada tulisan FFD 4x4x4 dan pilih Paste Klik tab modify Pilih Paste Klik kanan pada ChamferBox

69 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tombol Mirror, Kemudian aktifkan radio Z, dan pilih No Clone, terakhir klik OK. Aktifkan Radio Z Aktifkan Radio No Clone Klik OK

70 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Aturlah posisi seperti gambar di bawah ini, dengan menggunakan Select and Move dan select and Rotate

71 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Klik tombol Select and Name, setelah tampil kotak dialog, pilih objek Sofa 4 dan Sofa 5, lalu klik Select. Kemudian geser kedua objek tersebut secara bersamaan sambil menekan tombol Shift pada keyboard menggunakan Select and Move. Setelah tampil kotak dialog, aktifkan radio Copy, lalu beri nilai Number of Copies = 2 dan klik tombol OK. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

72 SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA Demikian penjabaran Modul ini Semoga Bermanfaat


Download ppt "SMK T. AMIR HAMZAH INDRAPURA MEMBUAT GAMBAR CLEAN-UP DAN SISIP Kode : MMP.AN.02.006.01 MODUL MULTIMEDIA STANDARD KOMPETENSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google