Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER GRAFIS 2 01234567891011 12 1314 15 1. TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER GRAFIS 2 01234567891011 12 1314 15 1. TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER GRAFIS TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu pilih icon Camera. Kamera merupakan alat untuk melihat suatu objek tertentu, ada dua cara untuk membuat camera, yaitu: target dan free. 1. Target : Membuat kamera dengan menentukan tempat kamera dan titik sasaran Cara penitikan target kamera adalah dari atas (top). 1. Pilih icon camera, kemudian pada bagian bawah klik icon target. 2. Arahkan kursor ke posisi layar top, lalu klik dan tahan pada daerah dimana pandangan kamera berdiri kemudian drag ke arah objek sehingga akan terlihat titik target camera, lalu klik pada posisi target yang diinginkan. 3. Setelah kamera tertata, perhatikan viewport left, kamera yang terlihat masih berada di permukaan, sehingga harus didirikan lebih tinggi, untuk itu gunakan perintah move, lalu klik kameranya dan arahkan ke posisi yang lebih tinggi, sesuai keinginan. 4. Begitu juga pada titik target, klik titik tersebut dan arahkan ke ketinggian yang diinginkan.

2 KOMPUTER GRAFIS Kolom pengaturan Clipping Planes Posisi Far Clip Objek yang dilihat Ruangan Posisi Near Clip (atur garis merah hingga berada di dalam ruangan 2. Free: Untuk menjalankan kamera free, lebih mudah dibanding dengan cara target, yaitu anda hanya diminta menentukan posisi camera dan arah target, berbeda dengan cara target, untuk cara ini, proses perletakan camera dilakukan pada viewport left,front, atau pada posisi viewport arah berdiri (sumbu z). 2. TEKNIK LIGHTING STANDARD Objek cahaya mensimulasikan sumber cahaya yang sesungguhnya seperti matahari, lampu atau lampu sorot. 3d studio MAX menyediakan pencahayaan default yang menghasilkan shading dari

3 KOMPUTER GRAFIS OMNI Berikut adalah contoh penggunaan cahaya Omni. Pertama –tama buatlah sebuah bidang dasar dari plane, kemudian letakkan sebuah teapot di atasnya. 1. Klik icon cahaya kemudian klik icon omni, dibawahnya. Lalu arahkan cursor ke viewport top, lalu klik posisi cahaya omni ditempat yang diinginkan 2. Lihat viewport front, cahaya omni masih terletak dipermukaan, maka dengan menjalankan perintah move, gerakkan omni ke posisi yang lebih tinggi.


Download ppt "KOMPUTER GRAFIS 2 01234567891011 12 1314 15 1. TEKNIK CAMERA Dalam 3D Studio Max, kamera dibuat dengan memilih tombol create dalam command panel, lalu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google