Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS Cara pembuatan obyek 3D di dalam AutoCAD dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS Cara pembuatan obyek 3D di dalam AutoCAD dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS Cara pembuatan obyek 3D di dalam AutoCAD dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menggunakan teknik menaikkan ketebalan (thickness) obyek 2D yang akan membentuk obyek 3D. Setiap obyek 2D yang dibuat, misalnya garis, busur, dan lingkaran, mempunyai nilai thickness nol, berarti obyek tersebut tidak memiliki ketebalan yang membedakan antara obyek 2D dengan 3D. Cara mengganti atau mengubah thickness obyek 2D adalah dengan menggunakan perintah CHANGE. Sebagai contoh, misal Anda ingin mengganti thickness dari obyek empat persegi seperti pada Gambar di bawah ini: Command: change Select objects: klik objeknya Select objects: enter Specify change point or [Properties]: tulis p Enter property to change [Color/Elev/LAyer/LType/ltScale/LWeight/Thickness]: tulis t Specify new thickness : ketik 4 Enter property to change [Color/Elev/LAyer/LType/ltScale/LWeight/Thickness]: enter

2 2 Kubus sebelah kanan terlihat meninggi, karena telah diubah elevasinya dari 0, menjadi THICKNESS DAN ELEVASI GLOBAL Kegunaan thickness dan elevasi telah diulas pada subbab terdahulu. Setiap obyek yang dibuat kemudian diganti thickness dan elevasinya sesuai dengan tujuan dari obyek 3D yang akan dibuat. Menggunakan thickness dan elevasi merupakan latihan awal yang cukup baik untuk memulai mengenal dunia 3D. Menggunakan perintah CHANGE untuk mengganti thickness dan elevasi obyek bersifat hanya obyek yang dipilih saja yang akan mengalami efek thickness dan elevasi. Sebenarnya thickness dan elevasi merupakan perlengkapan dasar dari obyek-obyek di dalam AutoCAD, dan setiap obyek memiliki variabel yang mengatur nilai-nilai untuk thickness dan elevasi. Jika Anda dihadapkan suatu kesempatan untuk menggambar obyek 3D menggunakan fasilitas dari thickness dan elevasi dalam jumlah yang lumayan banyak, ada cara yang dapat menyederhanakan proses penggantian nilai thickness dan elevasi, yaitu membuatnya menjadi nilai global. Adapun perintah berkenaan dengan tujuan tersebut adalah THICKNESS dan ELEV. Ketik langsung perintah THICKNESS pada prompt Command:, yang akan menanyakan nilai thickness global, misal diisi nilai 2. maka setiap objek 2 dimensi yang di buat akan otomatis membentuk 3 dimensi dengan nilai thicknessnya 2. Begitu

3 Objek solid (padat) berbeda dengan objek permukaan, Objek permukaan hanya memiliki luas, sedangkan objek solid selain luas juga memiliki volume. BOX Membentuk sebuah objek solid 3D. Parameter untuk menggambar permukaan kotak solid 3d ditentukan pada gambar di bawah. Pilih menu > Draw > solid > box. Command : _box Specify corner of box or [center] : (Pilih sembarang titik) Specify corner or [cube/length] : L lalu di enter Specify length : 11 lalu dienter Specify width : 5 lalu dienter Specify height : 6 lalu dienter SPHERE Fungsi ini membentuk bola solid. Parameter untuk menggambar bola solid, ditunjukkan pada gambar di bawah.


Download ppt "KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS Cara pembuatan obyek 3D di dalam AutoCAD dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google