Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER GRAFIS I MENGEDIT OBJEK SUBTRACT Subtraction adalah salah satu operasi boolean yang berfungsi memotong obyek 3D solid atau region. Adapun cara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER GRAFIS I MENGEDIT OBJEK SUBTRACT Subtraction adalah salah satu operasi boolean yang berfungsi memotong obyek 3D solid atau region. Adapun cara."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER GRAFIS I MENGEDIT OBJEK SUBTRACT Subtraction adalah salah satu operasi boolean yang berfungsi memotong obyek 3D solid atau region. Adapun cara kerja dari subtraction ini adalah memotong obyek dengan obyek pemotong. Jadi untuk dapat bekerja dengan operasi ini diperlukan dua buah obyek. Syarat lain adalah obyek pemotong dan obyek yang akan dipotong harus saling bertabrakan, besarnya tabrakan disesuaikan dengan kebutuhan pemotongan. Sebagai contoh, perhatikan Gambar di bawah ini, di sana terdapat dua obyek 3D solid yang saling berpotongan,. Pada gambar lanjutannya merupakan hasil yang didapat setelah proses subtraction. Berikut ini adalah perintah untuk melaksanakan proses pemotongan. command: SUBTRACT Select solids and regions to subtract from select object: (pilihobyekdipotong) Select objects: (Enter) Select solids and regions to subtract Select objects:(pilih obyek pemotong) Select objects: (Enter)

2 Solid 1 dan 2 pada gambar di atas merupakan solid yang terpisah pada gambar diatas (a). Perintah intersect akan mencari volume solid 1 yang beririsan dengan solid 2. Hasilnya ditunjukkan pada gambar di atas (b) SLICE Fungsi ini membelah solid berdasarkan permukaan potong tertentu. Perintah yang dijalankan adalah:

3 SECTION Fungsi ini membentuk penampang irisan solid. Gambar b merupakan penampang irisan objek dengan bidang XY (lihat gambar a). irisan telah ditambahi arsiran untuk kejelasan. Perintahnya seperti di bawah ini.


Download ppt "KOMPUTER GRAFIS I MENGEDIT OBJEK SUBTRACT Subtraction adalah salah satu operasi boolean yang berfungsi memotong obyek 3D solid atau region. Adapun cara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google