Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W. Untuk memperoleh cahaya merata, di dalam ruangan harus diberi 3 Komponen Sumber Cahaya : 1.Key light 2.Fill light.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W. Untuk memperoleh cahaya merata, di dalam ruangan harus diberi 3 Komponen Sumber Cahaya : 1.Key light 2.Fill light."— Transcript presentasi:

1 Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W

2 Untuk memperoleh cahaya merata, di dalam ruangan harus diberi 3 Komponen Sumber Cahaya : 1.Key light 2.Fill light 3.Back light

3 Lighting adalah tekhnik mengatur pencahayaan, agar gambar yang dihasilkan berkualitas tinggi dengan tingkat fokus yang baik. Cahaya terbagi menjadi 2 jenis: 1.Natural Light 2.Artificial Light

4 Natural Light merupakan cahaya yang berasal dari alam seperti cahaya matahari, bulan, dan api. Contoh Natural Light. Cahaya matahari yang menyinari lembah

5 Artificial Light merupakan cahaya buatan yang berasal dari cahaya lampu. Dilihat dari komposisi tata cahaya yang tampak dalam frame kamera Contoh Arificial Light. Cahaya laser didalam bangunan

6 Ada beberapa cahaya dasar dalam komposisi tata cahaya Artificial light, diantaranya: 1.Key Light : Adalah Cahaya utama yang berfungsi sebagai penerang pokok utama. 2.Fill Light : Adalah cahaya tambahan yang berguna untuk mengisi bagian yang gelap. 3.Back Light : Termasuk cahaya tambahan juga, tetapi berguna menciptakan suasana ruang di belakang adegan. 4.Available Light : Adalah cahaya pendukung suasana. Berguna untuk mempertegas suasana.

7 Ketika memotret seorang model atau sebuah produk dan merasa ada bagian- bagian dari obyek tersebut yang kurang tercahayai oleh sumber cahaya utama tapi menginginkan cahaya yang lembut untuk mengisinya di sinilah kehadiran reflektor untuk memantulkan cahaya tambahan diperlukan.

8 - Reflektor alamiah. Reflektor yang terbuat dari alam yang ada di sekitar kita. Misalnya : pasir putih yang memantulkan cahaya matahari, pantulan cahaya matahari pada air laut, kolam atau danau, bidang tembok putih pada sebuah bangunan.

9 - Reflektor buatan. Reflektor buatan manusia yang memang sengaja dibuat untuk keperluan fotografi.

10 - Reflektor berwarna emas atau gold. biasanya digunakan untuk memberikan efek warna yang lebih hangat pada skin tone manusia atau model.

11 - Reflektor berwarna perak atau silver. digunakan untuk menerangi bagian gelap pada model atau obyek dengan efek yang lebih putih atau terang yang agak keras.

12 - Reflektor berwarna putih. biasanya dibuat dari bahan styrofoam, untuk memberi efek warna putih yang lebih lembut dan merata.

13

14 Syarat agar mendapatkan suatu gambar adalah objek harus dilingkupi cahaya atau memiliki cahaya. Ada berbagai tipe cahaya yang menerpa objek: Front Lighting Side Lighting Back Lighting Hair Lighting

15 Front Lighting. Cahaya yang berasal dari arah depan objek, sejajar dengan kamera. Dalam hal ini, Flash pada kamera termasuk dalam Front Lighting.

16 Side Lighting; Cahaya yang berasal dari arah samping objek. Contoh foto di samping memakai cahaya samping atau side lighting dari arah sebelah kanan objek.

17 Back Lighting adalah arah sumber cahaya yang berlawanan dengan posisi kamera. Posisi sumber cahaya diletakkan di belakang objek, dipantulkan, atau langsung mengenai objek. Efek yang dihasilkan adalah foto siluet atau foto yang objeknya dikelilingi oleh rim light ( cahaya yang ada di sekeliling objek ).

18 Sumber cahaya tepat berada di atas objek.

19 Adalah susunan dari berbagai objek dalam gambar sehingga kehadirannya dapat membangun atau mengacaukan sebuah gambar. Any QUESTIONS ??


Download ppt "Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W. Untuk memperoleh cahaya merata, di dalam ruangan harus diberi 3 Komponen Sumber Cahaya : 1.Key light 2.Fill light."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google