Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. A. Pendidikan dan Kedewasaan IIlmu pendidikan atau Pedagogik diartikan sebagai ilmu yang dipelajari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. A. Pendidikan dan Kedewasaan IIlmu pendidikan atau Pedagogik diartikan sebagai ilmu yang dipelajari."— Transcript presentasi:

1 KONSEP PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

2 A. Pendidikan dan Kedewasaan IIlmu pendidikan atau Pedagogik diartikan sebagai ilmu yang dipelajari untuk kepentingan pendidikan. Pedagogik adalah seni mendidik atau segala kecakapan yang kita pergunakan untuk mendidik anak. Menurut Knowles, pedagogik diartikan sebagai “….the arts and science of teaching children”. Pedagogik teoritis adalah ilmu pendidikan ditinjau dari segi teoritis semata-mata yang terbagi atas pedagogik sistematis dan pedagogik histories. Konsep Pendidikan

3   Pendidikan memiliki sifat atau karakteristik praktis dan normative. Dalam kaitan dengan itu langeveld menyebut pedagogik sebagai ilmu pengetahuan praktis, oleh karena membicarakan perbuatan manusia yang disebut pendidikan. Oleh Langeveld disebut juga sebagai antropologi praktis yang normatif, karena didalamnya dibicarakan penerapan antropologi filsafi, yaitu ilmu tentang hakekat manusia.   Mendidik dapat didefinisikan sebagai membimbing anak ke suatu tujuan. Tujuan (yang bersifat normative) adalah kedewasaan. Kegiatan mendidik berakhir manakala seseorang telah mencapai tingkat kedewasaan dalam makna yang luas. Dalam pengertian ini pendidikan diselenggarakan dalam keluarga secara informal dan disekolah sebagai kegiatan formal.

4 B. Pendidikan dan Proses Belajar Menurut ICED, pendidikan itu menyerupai belajar. Tegasnya pendidikan adalah proses belajar yang terus menerus. Dengan demikian pendidikan tidak hanya diselenggarakan di sekolah saja, tetapi di luar sekolah. Sekolah hanya salah satu saja dari lembaga pendidikan yang ada di masyarakat untuk membantu individu-individu belajar. Masih banyak lembaga- lembaga lain se-efektif dan se-efisien sekolah yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Konsep ICED ini merupakan titik tolak dari konsep lifelong education (pendidikan seumur hidup). Dewey menganggap bahwa pendidikan tidak berakhir, melainkan merupakan proses berkesinambungan.

5 Sekolah Pendidikan Belajar Individu-individu belajar Masyarakat menyajikan banyak cara untuk membantu individu- individu belajar Sekolah hanya salah satu saja dari berbagai cara untuk menyajikan pendidikan. Cara-cara lain banyak yang efektif dan efisien,seperti sekolah

6  Jika di telaah jauh ke belakang, pendidikan seumur hidup sudah ada sejak lama. Dalam konsep pendidikan seumur hidup terkandung gagasan belajar untuk hidup (learning to be) dan masyarakat gemar belajar (learning society). Learning to be adalah tujuan dari belajar berfikir, belajar menjadi warga negara yang produktif, dan lebih luas lagi tujuan dari proses penemuan dari perwujudan diri untuk mencapai tingkat kualitas hidup yang memadai. The learning society adalah masyarakat yang terdapat di dalamnya, lembaga-lembaga pendidikan dan lembaga- lembaga non-pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan. Konsep Pendidikan Seumur Hidup B. Konsep Pendidikan Seumur Hidup

7  Pendidikan seumur hidup merupakan proses yang panjang, mencakup keseluruhan kurun waktu kehidupan individu. Dia mencakup pendidikan in-formal, formal dan non formal termasuk pendidikan orang dewasa. Lembaga yang memainkan peragaman dalam pendidikan seumur hidup adalah keluarga dan masyarakat, termasuk kelompok-kelompok ketetanggan, sosio-budaya, dan politik, kelompok profesional dan sebagainya. Pendidikan seumur hidup memiliki sifat fleksibel, berusaha mencari kesinambungan dan kaitan antara dimensi vertical atau longitudinal, dan integrasi setiap dimensi horizontal pada setiap tahap kehidupan. Pesyaratan pokok pendidikan horizontal pada setiap tahap kehidupan. Persyaratan pokok pendidikan seumur hidup meliputi kesempatan dan edukabiliti.


Download ppt "KONSEP PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. A. Pendidikan dan Kedewasaan IIlmu pendidikan atau Pedagogik diartikan sebagai ilmu yang dipelajari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google