Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DIRI 1. MENCARI IDENTITAS DIRI 2. KARAKTERISTIK MANUSIA MENURUT AL QURAN 3. TUGAS MANUSIA DI DUNIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DIRI 1. MENCARI IDENTITAS DIRI 2. KARAKTERISTIK MANUSIA MENURUT AL QURAN 3. TUGAS MANUSIA DI DUNIA."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DIRI 1. MENCARI IDENTITAS DIRI 2. KARAKTERISTIK MANUSIA MENURUT AL QURAN 3. TUGAS MANUSIA DI DUNIA

2 1.MENCARI IDENTITAS DIRI Pernahkah kita bertanya :  Siapakah kita?  Dari mana kita ?  Untuk apa kita ?  Mau kemana kita ? Pikirkanlah (karena kita punya akal) Amatilah ( karena kita punya mata) Dengarkanlah (karena kita punya telinga) Rasakanlah (karena kita punya hati)

3 Siapa kita? JANIN YANG TIDAK BERDAYA TANPA KASIH SAYANG IBU

4 SIAPA YANG MENGGERAKKAN TANGAN BAYI INI MASUK MULUT ? ALLAH MENGAJARKAN BAYI INI UNTUK BELAJAR MENYUSUI

5 BAYI YANG SUDAH SIAP UNTUK DILAHIRKAN, UNTUK ITU, USAHA SIAPA AGAR BAYI INI BISA LAHIR?

6

7 SETIAP BAYI AKAN MEMANCARKAN AURA YANG MENGGEMASKAN, HAL ITU KARENA BAYI SANGAT BERSIH DARI DOSA.

8 MASA REMAJA ADALAH MASA YANG PALING INDAH, BILA DIISI DENGAN HAL-HAL YANG POSITIF.

9 SEMUA ORANG AKAN MENGALAMI MASA TUA

10 Dari mana kita ? Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani, dan Kami hendk mengujinya dengan perintah dan larangan, karena itu kami jadikan dia melihat dan mendengar. Kami telah menunjukinya jalan yang LURUS, ada yang bersyukur, dan ada pula yang kufur. Kita berasal dari satu tetes sperma, yang :  Bila dijual, tidak akan ada yang membeli  Bila tercecer….. Sangat jijik dan kotor.

11 SPERMA YANG SEDANG BERUSAHA MENEMBUS SEL TELUR, YANG JUMLAHNYA 200 – 600 JUTA. TERNYATA YANG AKAN MENJADI EMBRIO HANYA SATU.

12 Untuk apa kita?  Ternyata kita diciptakan Allah, bukan tanpa sebab. Artinya Allah tidak menciptakan kita dengan sia-sia… tapi ada “maksud tertentu”. APA MAKSUD NYA??? Apakah kalian mengira bahwa Kami menciptakan kalian dengan sia- sia, dan tidk akan kembali pada kami ? (QS. 23:115) Apakah kalian mengira bahwa ia akan dibiarkan begitu saja tanpa pertanggungjawaban?( QS 75: 36)  KITA SENGAJA DICIPTAKAN UNTUK DIMINTA KEMBALI TANGGUNG JAWAB KITA SELAMA KITA HIDUP.  BISA ATAU TIDAK KITA MELEWATI “HIDUP” DI DUNIA SESUAI DENGAN KETENTUAN2 YANG MENCIPTAKAN KITA, ATAU  SEMAU GUE SAJA!

13 MAU KEMANA?  Ternyata, perjalanan manusia itu dimulai dari sebuah lubang kecil dipojokan bumi, rumah masa depan setiap manusia. Yaitu liang kubur, lubang sempit gelap yang menakutkan, yang akan meremukkan setiap tulang dan memisahkan persendian, melumat daging dan menghancurkannya. Dunia hanyalah tempat persiapan “bekal” kita menuju lubang tsb.

14 KITA AKAN KEMBALI LAGI KEPADA ALLAH DENGAN KERIDHAAN ALLAH (HUSNUL KHOTIMAH)

15 ATAU DENGAN MURKA ALLAH (SU’UL KHOTIMAH)

16 RUMAH MASA DEPAN

17  Dunia ini, hanyalah tempat singgah sementara, untuk mengumpulkan bekal-bekal buat dibawa ke liang kubur Ibarat, kita mau bepergian jauh…. Kita berhenti dulu di Mall, beli sesuatu untuk bekal di perjalanan, kita beli makanan, pakaian,semua keperluan, dsb. (Selama di Mall, kita senang ga? Pasti semua orang yang masuk mall, akan merasa happy). Trus… apakah kita akan terus-terusan di Mall, berhari-hari ga pulang-pulang? Saking senangnya! Tentu tidak khan? Kita pasti akan keluar dari mall, dan membayar semua barang dan melanjutkan niat kita untuk pergi ke tempat tujuan.  Nah, di tempat tujuan, kita bisa bahagia, atau bisa juga sedih…. Tergantung bekal kita, banyak sedikit, mau ada acara apa, permainan apa yang akan dilakukan, dsb.

18  Dunia itu ibarat Mall.  Akhirat tempat tujuan kita.  Apabila kita hanya mencari kesenangan di dunia saja, kita akan merasakan kesenangan yang sebentar saja.  Misalnya, kita isi hidup kita dengan menikmati masa remaja dengan semau kita, ga tahu aturan, bergaul sebebas mungkin, maka kita akan “merasakan” kesenangan…… tapi kesenangan itu akan berakhir dengan “penderitaan”.

19  Contoh: pergaulan remaja masa kini, tidak bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan oleh mereka. (Betul tidak???)  Pegangan tangan??? Ohhh sangat biasa!  Cipika cipiki?? Wajar KOK, ga ada rasa apapun! Itu kan bentuk kasih sayang!!  Cium bibir?? Yaah sekali-kali, untuk orang yang paling disayang kan ga apa-apa!! bahkan lebih dari itu pun…. Bisa dilakukan juga!!!

20 Awalnya dari pegangan tangan

21

22 BENTUK FREE SEX YANG SUDAH SANGAT BIASA DILAKUKAN

23 BAGAIMANA DENGAN BAYI-BAYI YANG DENGAN SENAGAJA DIBUNUH OLEH IBU BAPAKNYA ? APAKAH MEREKA TIDAK AKAN MENUNTUT? APAKAH MEREKA LUPA, BERAPA BAYI YANG TELAH DIBINASAKAN???

24

25

26

27 2. Karakteristik manusia, menurut AL QURAN 1.Manusia yang beriman, yang selalu mempertahankan keimanannya dalam kondisi apapun. 2.Manusia yang ingkar (kafir), yang sama sakali menutup mata, hati dan telinganya dari apa-apa yang Allah perintahkan. 3.Manusia yang menukar keimanan dengan kesenangan (munafik).

28  Sesungguhnya Allah menjadikan dunia terdiri dari 3 bagian :  Sebagian untuk orang mukmin  Sebagian untuk orang munafik  Sebagian untuk orang kafir. Maka orang mukmin menyiapkan perbekalan, orang munafik menjadikan perhiasan, orang kafir menjadikan kesenangan.

29 Orang yang beriman  Ketika masuk kubur, Malaikat menyambut : “Inilah harimu yang telah dijanjikan kepadamu”  Allah berfirman : Mana orang-orang yang saling mencintai dengan kemuliaanKU? Aku akan menaunginya dengan naungan Ku! (1. Imam yang adil, 2. Remaja yang tekun beribadah, 3. Remaja yang hatinya tertaut dengan masjid, 4. dua orang yang saling mencintai karena Allah, bertemu dan berpisah karena Allah, 5. lelaki yang diajak berzina oleh wanita, ia menolak karena takut pada Allah, 6. Remaja yang bersedekah diam- diam, 7. Remaja yang mengingat Allah dalam kesendirian lalu berlinang air matanya)

30 Apa balasan orang beriman?? Karena di dunia banyak menahan diri, maka Allah memfasilitasi mereka dengan kenikmatan syurga :  Dihiasi gelang emas, pakaian hijau dari sutera halus, bersandar diatas dipan-dipan indah (QS Al Kahfi 30-31)  Tidur diatas kasur tebal lagi empuk. Bertelekan diatas permadani sutra (QS, Ar rahman: 54,76; Al Ghasyiyah:13-16)

31  Dibangunkan rumah dari batu bata emas perak, yang dibawahnya ada sungai2 yang mengalirkan susu, madu, arak, air jernih yang tidak berubah rasa, harum.  Ditemani bidadari mulus, putih, jelita, belum pernah tersentuh jin dan manusia.  Kendaraannya kuda bersayap dari mutiara.  Disiapkan kemah dari muatiara Lu’lu yang tingginya 60 mil. Tiada seorang pun yang dapat mengganggu.

32 Kenikmatan syurga :  Allah berfirman : AKU mempersiapkan sesuatu yang tak pernah terlihat oleh mata, tak terdengar oleh telinga dan tak terlintas dalam hati, yaitu bermacam- macam ni’mat yang menyedapkan pandangan mata. (ini jamuan Allah, QS. As Sajdah:17)  Bau dan aroma syurga bisa dicium dari jarak 100 tahun.

33  ….Kami kawinkan mereka dengan bidadari yang cantik bermata jeli (QS. Ath Thurr: 20)  Dilayani pelayan di surga (anak orang muslim yang meninggal waktu kecil). (Bandingkan dengan anak yang diaborsi oleh orang tuanya).  Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek, sloki, yang berisi minuman… (QS Al Waqiah : 17-18)

34 Mereka bersenang-senang dalam kesibukan (QS. Yaa Siin:55). Apa kesibukannnya? Kesibukan mereka adalah memecah keperawanan bidadari-bidadari. “Sesungguhnya seorang laki- laki di jannah nanti akan berhubungan badan dengan 100 perawan sehari (HR. Abu hurairah). Di surga, seorang mukmin diberi kekuatan sekian banyak menggauli wanita (HR. Tirmidzi, shahih). Sesungguhnya nafsu syahwat penduduk syurga,mengalir dalam tubuhnya selama 70 tahun (ingat…. 70 tahun disana tidak sama dengan 70 tahun dunia…!!!)

35  Sesungguhnya dalam Jannah terdapat pasar yang didatangi setiap hari jum’at. Berhembuslah angin utara menyentuh wajah dan pakaian mereka, sehingga mereka pun bertambah tampan dan ganteng. Para wanitanya semakin cantik dan menawan.  Sepetang atau sepagi di syurga lebih baik dari dunia dan seisinya. Kalau wanita jannah itu melongok ke dunia, wanginya akan memenuhi bumi ini.

36  Sesungguhnya keadaan penduduk jannah akan terus sehat dan tidak pernah sakit.  Akan tetap hidup dan tidak pernah mati.  Akan tetap muda dan tidak pernah tua.  Akan tetap senang dan tidak pernah sengsara.  Dapat melihat wajah Allah yang mulia, yang selama ini jadi kerinduannya. TEMPAT INIKAH YANG AKAN KITA KEJAR?

37 Orang yang kafir dan munafik  Allah mengumpulkan mereka dalam keadaan tersungkur, (diseret) atas wajah- wajah mereka? Mengapa? Karena keadaan mereka buta, bisu, dan tuli.  Itulah mereka yang pada saat didunia mereka pura-pura buta, tuli, dan bisu terhadap kebenaran yang datang pada mereka.

38  Manusia durhaka, digiring ke dalam neraka secara rombongan2.  Penduduk neraka dibesarkan ukurannya oleh Allah agar dapat merasakan setiap siksa yang diperolehnya.  Kadar panas jahanan, apabila neraka dibuka seukuran hidung lembu di bumi sebelah timur, maka ada seseorang di bumi sebelah barat akan meleleh otaknya karena tidak mampu menahan panasnya.

39  Setiap mereka yang dilemparkan ke dalam jahanam, jahanam marah, maka terdengar gaung suaranya dengan menggelegar.  Bahan bakar jahanam adalah manusia dan batu.  Teman didalam jahanam adalah ular dan kalajengking yang taringnya sebesar pohon kurma.  Makanannya zaqqum, siapa yang memakannya maka ususnya terburai keluar. (Ash shaffat : 62-68).

40  Mereka makan pohon dhari, yang apabila dimakan, maka akan menyumbat tenggorokan, tidak keluar dan tidak juga masuk kedalam perut. (Al Ghasiyah :6)  Ghislin, minuman mereka yaitu nanah bercampur darah yang keluar dari tubuh penduduk neraka. (Al Haqqah : 35-37).  Al Hamin, air yang panas yang disuguhkan dengan besi panas yang dibengkokkan ( An Naba : 24-25).

41  Wajah mereka cacat dan terbakar.  Setiap kulit mereka matang karena terbakar, maka Allah mengganti dengan kulit yang baru, begitu seterusnya.  Aroma badan mereka mengeluarkan bau yang sangat busuk.  Mereka menangis minta tolong, sampai mengeluarkan air mata darah.  Neraka kedalamannya sejauh batu yang dijatuhkan selama 70 tahun.

42  Mereka minum Al Ghassaq, air yang sangat dingin. Yaitu nanah kental yang jika diteteskan ke bumi, maka penduduknya akan mencium baunya yang sangat busuk.  Ash Shadid, yaitu nanah bercampur darah, yang bila diminum akan membuat wajah mereka hangus, bahkan kulit kepala dan rambutnya mengelupas.  Air seperti muhl, yaitu endapan minyak yang hitam yang mendidihkan perut.  Pakaian mereka adalah tembaga yang dilebur, tikar dan selimut dari api.

43 Hadith Qudsi: Bagaimana kamu masih boleh melakukan maksiat sedangkan kamu tak dapat bertahan dengan panasnya terik matahari Ku. Tahukah kamu bahwa neraka jahanamKu itu: 1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 tingkat 2. Setiap tingkat mempunyai 70,000 daerah 3. Setiap daerah mempunyai 70,000 kampung 4. Setiap kampung mempunyai 70,000 rumah 5. Setiap rumah mempunyai 70,000 bilik 6. Setiap bilik mempunyai 70,000 kotak 7. Setiap kotak mempunyai 70,000 batang pohon zaqqum 8. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 ekor ular 9. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandungi lautan racun yang hitam pekat. 10. Di setiap pohon zaqqum mempunyai 70,000 rantai 11. Setiap rantai diseret oleh 70,000 malaikat

44 ILUSTRASI DI NERAKA TIDAK ADA SEORANG PENOLONG PUN YANG BISA DIHARAPKAN, SETIAP HAMBA MERAIH APA YANG DIUSAHAKANNYA DI DUNIA

45  Rosul ketika Mi’raj, melihat :  Melihat para wanita yang digantung pada kedua teteknya, dan dari kemaluannya mengeluarkan bau yang sangat busuk. Mereka berada disuatu wadah yang atasnya tertutup. “Itulah mereka para pezina”.  Kaum yang kepala mereka dipecahkan dg batu karang, utuh, lalu dipecahkan lagi. “mereka yang keberatan/ mikir-mikir untuk mengerjakan sholat.  Kaum yang memakan daging mentah dan busuk. “Mereka yang suka datang ke tempat pelacuran.

46  Kaum yang berkuku tembaga lalu menggaruk wajah dan dada mrk sampai terkelupas. “Mereka yang menjatuhkan kehormatan manusia dengan Kata-kata kasar dan bahasa binatang kpd manusia.  ‘siapa saja yang mencela manusia dengan bahasa binatang, Allah mengirimkan binatang tsb dan menggigitnya, yang sakitnya akan terasa sampai hari kiamat.

47  Kaum yang digantung urat diatas tumit mereka, kepalanya dibawah, mrk menjilati air & tanah yang hitam berbau. “mereka orang yang berpuasa tetapi berbuka sebelum waktunya”  Laki-laki dan perempuan yang dipenuhi dan memakan kotoran manusia dan dari kemaluannya mengeluarkan bau yang sangat busuk.”mereka adalah para pezina kaum homo dan lesbi. Allah tidak Ridho umat Muhammad tercemari kaum tsb, maka mrk tidak termasuk umat Muhammad lagi. Nanti Allah yg mengum- pulkan mereka sama2 dengan Kaum Luth.

48 3. TUGAS MANUSIA  MEMILIH…. HIDUP KEKAL DI AKHERAT DENGAN KESENANGAN ABADI, ATAU MERASAKAN KESENANGAN SESAAT??  MENCARI CARA AGAR SELAMANYA KITA SELALU ADA DALAM ATURAN ALLAH. (CARI TEMAN BERGAUL YANG BAIK, JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU YANG ALLAH BERIKAN).

49 Kedua kaki seorang hamba tidak akan melangkah pada hari kiamat sehingga ia ditanya terlebih dahulu tentang 4 perkara: 1. Tentang umur, untuk apa ia habiskan. 2. Tentang masa mudanya, untuk apa ia lewatkan. 3. Tentang hartanya dari mana dia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan. 4. Dan tentang ilmunya, untuk apa ia gunakan. TERIMA KASIH SEMOGA MENJADI RENUNGAN UNTUK KITA SEMUA

50


Download ppt "KONSEP DIRI 1. MENCARI IDENTITAS DIRI 2. KARAKTERISTIK MANUSIA MENURUT AL QURAN 3. TUGAS MANUSIA DI DUNIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google