Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERILAKU REMAJA, NARKOBA DAN HIV AIDS Nara Sumber : Iswan Deni Herawan SP (Yayasan Mitra Sehati)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERILAKU REMAJA, NARKOBA DAN HIV AIDS Nara Sumber : Iswan Deni Herawan SP (Yayasan Mitra Sehati)"— Transcript presentasi:

1 PERILAKU REMAJA, NARKOBA DAN HIV AIDS Nara Sumber : Iswan Deni Herawan SP (Yayasan Mitra Sehati)

2 APA SICH REMAJA ?

3 Remaja Adalah :  Batasan Usia antara Tahun (Pakar psikologi Drs. Andi Mappiare)

4 Perilaku kenakalan Remaja  Perkelahian pelajar antar sekolah  Kebiasaan Merokok, menyalahgunakan narkoba  Menyalahgunakan obat perangsang, melihat Film dewasa yang memicu tindakan asusila  Kebebasan bergaul tanpa adanya pengawasan yang memicu tindakan anarki atau Brutal  Perjudian di kalangan remaja

5 TAPI…………..  Tidak bisa dikatakan mutlak sepenuhnya bahwa remajalah yang bersalah  Karena Remaja sebelum menginjak masa remajanya tentu melewati masa anak – anak yang taklepas dari bimbingan orang tua dan juga keberadaan lingkungan setempat

6 UNTUK ITU UNTUK MENCEGAH DAN MENGURANGI KENAKALAN PADA REMAJA PERLUNYA PENDIDIKAN TENTANG DAMPAK PEMAKAIAN NARKOBA DAN BAHAYA HIV AIDS

7 7 Mengapa Seseorang Memakai Drugs  Tradisi : sebagai bagian dari upacara adat.  Pengobatan diri : untuk mengatasi rasa cemas, takut, dan depresi.  Penawar rasa sakit : untuk meringankan rasa sakit fisik.  Kesenangan : untuk dampak yang menyenangkan, untuk senang- senang.  Gaya hidup : agar dapat diterima oleh kelompok sesama.  Melupakan masalah : untuk menghilangkan kesengsaraan dan ketidakberuntungan.

8 8 Tahapan Pengguna Napza USER : Pemakai Pemakaian Sekali-sekali, coba-coba, tanpa masalah berarti. Semua aspek kehidupan normal- normal saja. ABUSER : Penyalahguna Pemakaian agak bermasalah, menggunakan cukup rutin. Sebagian aspek kehidupan mulai/amat terganggu. ADDICT : Pecandu Pemakaian bermasalah, menggunakan sangat rutin hingga setiap hari. Segala aspek kehidupan rusak. Seolah hidup untuk pakaw, dan pakaw untuk hidup.

9 9 Telur Adiksi Telur Adiksi merupakan sebuah mata rantai yang tidak dapat terpisahkan. Telur Adiksi terdiri dari drugs, uang, seks, virus HIV/AIDS, Hepatitis C & IMS (Infeksi Menular Seksual), kekerasan, dan kriminalitas.

10 10 Putus Zat (Withdrawal) Keadaan penghentian atau pengurangan penggunaan drugs yang sebelumnya sudah digunakan dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu lama secara terus- menerus. Menimbulkan gejala fisik dan mental. Contoh : gelisah, kesulitan tidur, pusing- pusing, mual, muntah, cemas, depresi, tubuh serasa ditusuk-tusuk jarum, keringat dingin. Gejala tersebut dalam bahasa pergaulan disebut sakaw/wakas.

11 11 Kekambuhan Kembali (Relapse) Alasan seseorang relapse :  Menghentikan penggunaan drugs bukan atas keputusan sendiri, misalnya : dipaksa menjalani terapi atau rehabilitasi.  Dosis napza pengalih terlalu rendah  Kembali merasa bahwa tidak ada bahaya yang besar dari penggunaan napza.  Stres emosi  Tekanan dari kelompok atau teman-teman yang mendorong untuk memakai napza kembali.

12 12 Faktor Penyebab Relapse (Trigger) Faktor Internal (Gangguan Kepribadian)  Suasanana hati yang negatif (bosan, cemburu, marah, kesepian)  Pikiran Negatif (kurang percaya diri, mengasihanni diri sendiri, bertindak tanpa memikirkan akibatnya, penyangkalan) Faktor Eksternal (Lingkungan)  Orang (People). Teman pecandu yang masih aktif, dll.  Tempat (Place). Diskotik, rumah bandar, dll.  Benda (Thing). Insulin, papir, alat hisap (bong)

13 13 Detoksifikasi Metode Detoksifikasi : suatu proses pengenyahan drugs dari tubuh  Farmakoterapi (Subtitusi) : mengganti napza yang dipakai pengguna (Methadone, Subutex, Naltrexon).  Konvensional (tanpa obat) : peacandu melewati masa putus zat (withdrawal) secara alamiah / tanpa menggunakan obat (cold turkey)

14 14 Rehabilitasi Rehabilitasi : Pengobatan berbasis abstinens. Proses pemulihan mental, emosional dan spiritual seorang pecandu agar dapat mencapai tingkat kstabilan berpikir, bertindak, dan mampu untuk berfungsi kembali di masyarakat secara normal. (religi, TC, NA,, medis berbasis di rumah sakit)

15 BAHAYA HIV DAN AIDS PADA REMAJA

16 H - Human I - Immuno- deficiency V - Virus Virus hanya dapat menginfeksi manusia Virus, membuat tubuh manusia turun sistem kekebalannya, sehingga tubuh gagal melawan infeksi Virus,karakteristiknya mereproduksi diri sendiri didalam sel manusia

17 Kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh karena adanya HIV didalam tubuh Kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh karena adanya HIV didalam tubuh ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROM AIDS

18

19 •TIDAK BISA DIPASTIKAN DARI KONDISI FISIK •ORANG DENGAN HIV+ TERLIHAT SEHAT DAN MERASA SEHAT •ORANG DENGAN HIV+ TIDAK TAHU BAHWA DIRINYA SUDAH TERINFEKSI •TES HIV ADALAH SATU-SATUNYA CARA UNTUK MENDAPATKAN KEPASTIAN SIAPA YANG DAPAT TERINFEKSI HIV?

20 BAHAYA HIV PADA REMAJA  Pacaran Remaja  Penggunaan Narkoba atau zat adiktif

21  Menyuntik Narkoba dapat tertular HIV  Membuat Tato atau Tindik

22 BAHAYA HIV  HIV tidak dapat disembuhkan  Orang HIV Menjadi AIDS  Banyak kasus meninggal karena AIDS  ARV

23 TERIMA KASIH


Download ppt "PERILAKU REMAJA, NARKOBA DAN HIV AIDS Nara Sumber : Iswan Deni Herawan SP (Yayasan Mitra Sehati)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google