Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELFISTA MARIA ERLANDITA Kelas : IX-4 Tugas TIK Membuat Tata Cara Pembuatan Hotmail.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELFISTA MARIA ERLANDITA Kelas : IX-4 Tugas TIK Membuat Tata Cara Pembuatan Hotmail."— Transcript presentasi:

1 SELFISTA MARIA ERLANDITA Kelas : IX-4 Tugas TIK Membuat Tata Cara Pembuatan Hotmail

2 Tata Cara Membuat Hotmail atau Windows Live

3 a. Pengertian Hotmail Windows Live Hotmail adalah salah satu fitur yang terdapat dalam keluarga Windows Live, biasanya apabila kita hendak berhubungan dengan Microsoft, Windows Live Hotmail ini dibutuhkan sebagai jembatannya, contohnya apabila kita ingin mendapatkan API Keys Bing Maps, kita akan login menggunakan akun Windows Live Hotmail. Adapun Pengertian Windows Live Hotmail atau sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail, menurut Wikipedia merupakan layanan berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group, Windows Live Hotmail memiliki fitur penyimpanan yang tidak terbatas, pengaman dengan hak paten, teknologi Ajax, dan intergrasi dengan Windows Live Messenger, Spaces, Calender, SkyDrive, dan Contacts.

4 b. Mengenal Hotmail MSN dan Hotmail sebelum bergabung merupakan vendor terpisah dan berdiri sendiri. Namun sejak beberapa tahun silam keduanya berlebur menjadi satu di bawah bendera Microsoft. Dengan demikian akhirnya jadilah perusahaan penyedia informasi online dan menjadi sarana yang sangat ampuh untuk digunakan sebagai media komunikasi, dan informasi diseluruh dunia. Anda bisa membuat atau registrasi di MSN atau di Hotmail, keduanya mempunyai fasilitas yang relatif hampir sama. Dengan anda bisa berkomunikasi lewat atau berchating menggunakan fasilitas yang bundel dalam Microsoft Windows bernama Windows Messenger, registrasi weblog, menggunakan forum, mailinglist juga harus menggunakan . Maka dari itu untuk sangat sulit untuk berkomunikasi dengan dunia luar tanpa memiliki alamat . memang sangat berguna dan bermanfaat untuk berbagai keperluan secara online

5 c. Kelebihan Hotmail 1)Kemampuan untuk menambahkan konten Bing yang sangat mudah. 2)Fitur “sweep” atau filter cepat (quick filter) yang sangat bermanfaat. 3)Fitur view collapse yang juga tidak kalah bermanfaat dengan fitur lainnya. 4)MSN Hotmail dapat mendeteksi yang masuk sebagai spam sehingga kita dapat menerima hanya dari pengirim yang kita kenal. 5)MSN Hotmail mempunyai tampilan yang mudah untuk digunakan. 6)Hotmail mempunyai tingkat security yang tinggi dengan adanya fasiltas Virus Protected.

6 d. Kekurangan Hotmail • Hotmail tidak memberikan akses POP3 atau IMAP secara gratis. Jika ingin mengePOP, maka kita harus membayar kepada Microsoft. • Tetap tidak dapat menempatkan inline image dari hard disk ke dalam . • Emoticon berukuran cukup besar bukanlah sebuah peningkatan. • Dukungan ubahan theme yang semakin sulit untuk dioperasikan.

7 e. Registrasi di MSN Hotmail Anda bisa registrasi dan memilih e- mail yang akan digunakan, misalnya, menggunakan atau bisa menggunakan hal ini tergantung selera dan keinginan anda. Untuk registrasi tidak diperlukan keahlian khusus, anda cukup mengisi formulir yang telah disediakan secara online dan apabila sudah selesai mengisi form registrasi cukup menekan tombol I Agree untuk mendaftar atau Cancel untuk membatalkan proses pendaftaran tersebut.

8 Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah mendaftar atau registrasi free webmail atau di MSN Hotmail. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Pastikan komputer anda sudah terkoneksi ke internet.

9 2. Jalankan Internet Explorer atau browser lain yang ada di komputer anda. 3. Setelah jendela internet Explorer tampil dilayar komputer ketikkan atau atau bisa mengetikkan

10 4. Klik tombol HOTMAIL jika anda belum registrasi, kalau sudah memiliki account klik tombol SIGN IN. 5. Setelah anda menekan tombol HOTMAIL atau SIGN IN, jendela MSN Hotmail akan menampilkan pernyataan agar anda melakukan LOG IN bagi yang sudah memiliki account di MSN atau Hotmail dan pilihan SIGN IN digunakan bagi yang belum memiliki account di MSN atau Hotmail.

11 6. Klik tombol Sign Up untuk melakukan registrasi anda apabila sudah memiliki account di MSN atau Hotmail, anda tidak perlu memilih SIGN UP melainkan cukup menuliskan atau User name di kolom LOG IN dan ketikkan password atau sandi anda di kolom Password.

12 7. Klik tombol Get it free untuk melakukan registrasi. Setelah anda menekan tombol tersebut komputer akan menampilkan jendela berikutnya. 8. Klik Country/Region dan pilih Indonesia

13 8. Ketikkan nama yang diinginkan, misalnya, selfista.

14 9. Ketikkan Password anda di kolom tersebut.

15 10. Klik mouse anda di kolom Retype password, lalu ketikkan sekali lagi password anda.

16 11. Klik di kolom Alternatif , masukkan atau ketikkan nama alternatif, atau kalau anda belum memiliki isi saja sesuai keinginan anda, misalnya,

17 12. Klik mouse anda tepat di kolom First name, lalu ketikkan nama depan anda, misalnya Selfista dan di kolom Last name, ketikkan nama belakang anda, misalnya Erlandita

18 13. Klik kode pos lalu isi dengan kode pos kalian masing-masing. Setelah itu klik bagian jenis kelamin lalu pilih sesuai dengan jenis kalian masing-masing, misalnya perempuan.

19 14. Dengan cara mengklik di kolom ulang tahun atau tanggal kelahiran dan mengklik tombol drop down yang disediakan, misalnya untuk mengisi bulan klik tombol drop down dan pilih bulan kelahiran anda, misalnya Maret, lalu klik tombol drop down dan pilih tanggal kelahiran anda, misalnya 01, dan klik tombol drop down untuk memilih tahun kelahiran anda, misalnya 1997.

20 15. Masukkan karakter yang anda lihat. Lalu klik ceklis pada kalimat “Kirimi saya berisi tawaran promosi dan undangan survei dari Windows Live, Bing, dan MSN. (Anda bisa berhenti berlangganan kapan saja.)” jika anda berminat.

21 16. Klik tombol saya menerima. Dengan mengklik Saya menerima berarti Anda menyetujui perjanjian layanan dan pernyataan privasi Microsoft.

22 f. Membuka dan Mengirim E- mail di MSN Hotmail Setelah melakukan registrasi apabila diteruskan anda sudah bisa digunakan, baik untuk mengirim maupun menerima . Namun, apabila sudah melakukan log out atau keluar dari MSN Hotmail, untuk mengecek atau harus melakukan log in terlebih dahulu. Sebenarnya, webmail di hotmail ini hanya contoh saja. Anda juga bisa membuat dengan MSN, prosedur atau langkah yang harus dilakukan juga sama, hanya pada saat anda memilih jenis harus ditentukan mau MSN atau Hotmail. Untuk kali kebetulan yang sudah diregistrasi adalah di Hotmail. Jadi, dengan sendirinya anda pun

23 Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membuka dan mengirim di MSN Hotmail. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Pastikan komputer anda sudah terkoneksi ke internet.

24 2. Jalankan Internet Explorer atau browser lain yang ada di komputer anda. Setelah jendela internet Explorer tampil dilayar komputer ketikkan atau atau bisa mengetikkan

25 3. Klik tombol Sign In, setelah itu komputer akan menampilkan jendela MSN. 4.Ketikkan username anda, misalnya setelah itu, ketikkan password nya juga.

26 5. Klik Sign In untuk masuk ke webmail anda. Setelah itu jendela webmail segera ditampilkan.

27 6. Untuk membuka dan mengirim di hotmail ada 3 cara, antara lain : a.Sorot bacaan hotmail di pojok kiri atas pada halaman awal lalu klik pesan masuk. b. Klik bacaan ke pesan masuk dekat sorotan hotmail di bagian tengah halaman awal. c. Klik bacaan pesan masuk di dekat kata ada pesan yang belum anda baca. Setelah muncul jendela pesan masuk, klik pesan yang ingin kita baca.

28 7. Untuk mengirim , ada 2 tipe yaitu mengirim dengan lampiran dan mengirim tanpa lampiran. a.Mengirim tanpa lampiran Untuk mengirim tanpa lampiran anda cukup menuliskan alamat di kolom kepada, CC, atau tembusan, dan BCC atau tembusan berikutnya. Kemudian mengisi perihal di kolom subject. Kemudian ketikkan surat elektronik yang akan anda kirim di kolom yang telah disediakan. Setelah selesai cukup klik tombol kirim atau send. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengirim tanpa lampiran :

29 -K-Klik tombol Baru -S-Setelah muncul jendela, klik mouse di kolom kepada, lalu ketikkan alamat yang dituju dikolom kepada, Misalnya -K-Klik mouse di kolom CC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya -K-Klik lagi di kolom BCC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya -T-Tuliskan judul pesan yang ingin di kirim di kolom subject. -K-Klik di kolom untuk menuliskan . Tuliskan atau surat yang akan anda kirimkan di kolom tersebut. Setelah selesai anda periksa terlebih dahulu. -K-Klik tombol kirim untuk melaksanakan pengiriman.

30 b. Mengirim menggunakan lampiran Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengirim dengan lampiran : -Klik tombol Baru -Setelah muncul jendela, klik mouse di kolom kepada, lalu ketikkan alamat yang dituju dikolom kepada, Misalnya -Klik mouse di kolom CC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya -Klik lagi di kolom BCC, lalu ketikkan alamat berikutnya, misalnya -Klik di kolom untuk menuliskan . Tuliskan atau surat yang akan anda kirimkan di kolom tersebut. Setelah selesai anda periksa terlebih dahulu. - Klik tombol lampiran, setelah itu komputer secara otomatis akan terbukan pada My Computer, lalu pilih file yang akan dikirim, misalnya LATIHAN.DOC -Klik nama file tersebut, lalu klik Open -Klik tombol OK. Jika file yang akan dikirimkan mengandung virus, secara otomatis file tersebut akan ditolak saat proses Upload file. Jika demikian, bersihkan file tersebut dari virus dan coba upload sekali lagi. Jika tidak ada masalah, file akan tampil di form pengiriman -Klik send untuk mengirim beserta file LATIHAN.DOC Jika akan disimpan alamat tersebut seluruhnya beri tanda cek dengan mengklik nya satu per satu, lalu klik Add untuk menyimpannya ke dalam Contact. Apabila pekejaan sudah selesai, klik OK untuk menyimpan ke dalam Contact.

31 g. Menghapus Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan apabila anda akan menghapus yang sudah dibaca atau sampah yang masuk ke folder Inbox atau folder lain yang ada di lokasi anda. Apabila sedang berada di jendela Inbox atau jendela depan MSN Hotmail, kemudian anda akan melakukan penghapusan, maka cara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Apabila sedang berada di Tab Today, maka klik tab mail 2. Klik di depan yang akan diberi tanda cek list 3. Klik Delete untuk menghapus dan menyimpannya ke dalam Trash Can, caranya klik tab Junk 4. Klik Ok apabila akan dihapus secara permanent atau Cancel ubtuk membatalkan penghapusan Apabila sudah selesai bekerja dengan , anda bisa menutupnya atau bisa juga dengan membunyikan dengan mengklik tombol Minimize. Sedangkan apabila akan keluar fasilitas Webmail di MSN Hotmail anda bisa mengakhirinya dengan klik Sign Out dan keluar dari Inbox kembali kehalaman MSN Hotmail secara umum.

32


Download ppt "SELFISTA MARIA ERLANDITA Kelas : IX-4 Tugas TIK Membuat Tata Cara Pembuatan Hotmail."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google