Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Bab 1 Pengantar Teknik Animasi I. Definisi Animasi Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederatan gambar secara tepat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Bab 1 Pengantar Teknik Animasi I. Definisi Animasi Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederatan gambar secara tepat."— Transcript presentasi:

1 1 Bab 1 Pengantar Teknik Animasi I

2 Definisi Animasi Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederatan gambar secara tepat yang memiliki sedikit perbedaan antara yang satu dengan yang lain (Buletin info teknologi, edisi september, jakarta, apkomindo hal 30) Animation is the act of animating or state of being animated, state of having life, liveliness, briskness, vivacity, artinya animasi adalah aksi animasi atau yang dianimasikan, mempunyai kehidupan, kesenangan, ketajaman, dan kebahagiaan hidup (Harrap’s reference, harrap’s dictionary of arts and artists, London: clarck Robinson, 1990 p. 97) Animasi adalah seni yang memberikan penglihatan gerakan dari suatu obyek yang tidak bergerak (Hallas, John & Roger Manvell, The technique of film animation, London: The Local Press)

3 Definisi Animasi Animasi adalah bukti teknik yang menyatukan hal kemudahan gerak dari obyek yang tidak bergerak (Animation: Basic Titling and Animation for Mation Picture, 1971, p. 50) Animasi adalah suatu sequence gambar yang diekspose pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak (Animator Forum, Roy Adimulyo, 2000) Animasi adalah seni menggerakkan gambar dengan menggunakan ilusi optik (Majalah Hai, Edisi Khusus Film:Aksi Animasi, 2007, hal 5) Animasi berarti menghidupkan urutan still image/gambar tidak hidup atau teknik menfilmkan susunan gambar atau model untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi. Jadi animasi itu dibentuk dari model-model yang dibuat secara grafis yang kemudian digerakkan (Majalah Concept, Vol.04, Edisi 22, 2008)

4 Sejarah Animasi 2000 SM Orang Mesir kuna membuat urutan gambar pegulat untuk dekorasi(Thomas 1958:8) M Pada masa Heian, Lukisan Jeoang Kuno Memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup dengan menggelarkan gulungan lukisan (Encyclopedia Americana vol 19, 1976) Sekitar abad 19 di Eropa, Thaumatrope, lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18)

5 Sejarah Animasi Hingga tahun 1880an, Jean Marey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerak terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat yang menjadi cikal bakal kamera film hidup yang berkembang sampai sekarang. 1892, Emile Reynaud mengembangkan mainan gambar animasi yang disebut Praxinoscope, berupa rangkaian ratusan gambar animasi yang diputar dan diproyeksikan pada sebuah cermin menjadi sebuah gerak film, sebuah alat cikal bakal proyektor pada bioskop (Laybourne 1978 : 23) 1909, Emile Cohl di Perancis membuat animasi sederhana berupa figur batang korek api 1909, Winsor McCay di Amerika membuat fila animasi Gertie the Dinosaurus

6 Sejarah Animasi , Animator Amerika Max Fleischer mengembangkan “Ko Ko the Clown” dan Pat Sullivan membuat “Felix the Cat” 1919, Lotle Reiniger di Jerman mengembangkan film animasi bayangan 1930, Bertosch dari Perancis membuat percobaan film animasi potongan dengan figur yang berasal dari potongan-potongan kayu 1934, George Pal di Nederland menggunakan boneka sebagai figur dalam film animasi pendeknya 1935, Alexander Ptushko di Rusia membuat animasi boneka panjang “The New Gulliver” 1935, Len Lye di Canada, memulai menggambar langsung pada film setelah memasuki pembaruan dalam film berwarna melalui film “Colour of Box”

7 Sejarah Animasi , Walt Disney di Amerika membuat animasi bersuara melalui film “Mickey Mouse”, “Donald Duck”, dan “ Silly Symphony” 1931, Walt Disney membuat animasi warna pertama dalam film “Flower and Tress” 1938, Walt Disney membuat film animasi carton panjang pertama dalam film “Snow White and Seven Dwarfs”

8 Jenis Animasi Berdasarkan bahan dasar obyek animasi : 1. Flat Animasi / Dwi-matra Animasi ini menggunakan bahan paper / bidang datar yang dapat Animasi ini menggunakan bahan paper / bidang datar yang dapat digambar di atas permukaannya. digambar di atas permukaannya. A. Animasi Sel / Cel Technique A. Animasi Sel / Cel Technique Animasi ini merupakan dasar film animasi kartun (Cartton animation). Animasi ini merupakan dasar film animasi kartun (Cartton animation). Animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas Animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas lembaran plastik tembus pandang, biasanya ada cell obyek animasi lembaran plastik tembus pandang, biasanya ada cell obyek animasi yang bergerak dan background yang diam yang bergerak dan background yang diam B. Animasi Potongan / Cut-Out Animation B. Animasi Potongan / Cut-Out Animation Obyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu Obyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada dipotong sesuai dengan bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada sebuah bidang datar sebagai latar belakangnya. sebuah bidang datar sebagai latar belakangnya. C. Animasi bayangan / Silhoutte Animation) C. Animasi bayangan / Silhoutte Animation) Obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang terang, Obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang terang, karena pencahayaannya berada di belakang layar karena pencahayaannya berada di belakang layar

9 Contoh animasi cel

10 Jenis Animasi Berdasarkan bahan dasar obyek animasi : D. Animasi Kolase / Collage Animation D. Animasi Kolase / Collage Animation animasi yang bebas mengembangkan animasi yang bebas mengembangkan keinginan kita untuk menggerakkan keinginan kita untuk menggerakkan obyek animasi semuanya di meja dudukan obyek animasi semuanya di meja dudukan kamera kamera E. Penggambaran langsung pada Film E. Penggambaran langsung pada Film Penggambaran obyek animasi dibuat langsung pada Penggambaran obyek animasi dibuat langsung pada pita seluloid baik positif atau negatif, tanpa melalui pita seluloid baik positif atau negatif, tanpa melalui runtun pemotretan kamera “stop frame” runtun pemotretan kamera “stop frame”

11 Jenis Animasi 2. Object Animation / Tri-Matra Obyek animasi tri matra menggunakan karakter obyek animasi, sifat Obyek animasi tri matra menggunakan karakter obyek animasi, sifat bahan yang dipakai, waktu, cahaya, dan ruang. bahan yang dipakai, waktu, cahaya, dan ruang. A. Animasi Boneka / Puppet animation A. Animasi Boneka / Puppet animation Obyek animasi yang dipakai dengan boneka atau figur lainnya merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada dan merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingkai per mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingkai per bingkai seperti kayu, kain, lilin, kertas, tanah lempung bingkai seperti kayu, kain, lilin, kertas, tanah lempung B. Animasi Model B. Animasi Model Obyek animasi menggunakan bentuk-bentuk abstrak seperti balok, bola, prisma, poramida, silinder, kerucut, molekul. Biasanya untuk animasi bola, prisma, poramida, silinder, kerucut, molekul. Biasanya untuk animasi non-figur untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan ilmu non-figur untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam. pengetahuan alam. C. Pixilasi / Pixilation C. Pixilasi / Pixilation Obyek animasi ini menggunakan figur manusia berbuat atau melakukan Obyek animasi ini menggunakan figur manusia berbuat atau melakukan sesuatu adegan. sesuatu adegan.

12 Jenis Animasi Berdasarkan Proses Produksi, animasi dikategorikan : A. Animasi Klasik Animasi yang menggunakan teknik film animasi gambar sel (Cell Animasi yang menggunakan teknik film animasi gambar sel (Cell Animation) yang memiliki perencanaan dan proses gambar cukup Animation) yang memiliki perencanaan dan proses gambar cukup matang untuk menjadi sebuah film animasi yang terkontrol dalam matang untuk menjadi sebuah film animasi yang terkontrol dalam pelaksanaan proses produksinya pelaksanaan proses produksinya B. Animasi Stop Motion (Stop-Motion Animation) B. Animasi Stop Motion (Stop-Motion Animation) Animasi ini menganalisa langsung gerak animasi yang dihentikan Animasi ini menganalisa langsung gerak animasi yang dihentikan sesaat pada saat merekam gambar suatu obyek. Yang termasuk sesaat pada saat merekam gambar suatu obyek. Yang termasuk animasi ini yang berhubungan dengan teknik shooting / rekam, animasi ini yang berhubungan dengan teknik shooting / rekam, diantaranya cut-out animation, silhoutte animation, puppets diantaranya cut-out animation, silhoutte animation, puppets animation. animation. C. Animasi Komputer / Digital (Digital Animation) C. Animasi Komputer / Digital (Digital Animation) Animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer. Animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer.

13 Bentuk Animasi Bentuk animasi didasarkan pada panjang pendeknya cerita, yaitu 1. Animasi Spot, masa durasi detik, biasa dipakai untuk iklan, cerita yang sangat pendek dipakai untuk iklan, cerita yang sangat pendek 2. Animasi Pocket Cartoon, masa durasi 1- 2 menit. menit. 3. Animasi pendek, masa durasi 2 – 20 menit. 4. Animasi Setengah panjang / Medium Length, masa durasi menit masa durasi menit 5. Animasi Panjang, masa durasi minimal 50 menit menit

14 Gaya Animasi Gaya animasi didasarkan pada proses teknik pembuatan gerak animasi yang digunakan dalam produksi animasi, yaitu 1. Photoscope / Gaya menjiplak realistis Animasi yang gerak animasinya menjiplak dari gambar live-action Animasi yang gerak animasinya menjiplak dari gambar live-action atau gambar video yang ada, sehingga gerak yang tampak atau gambar video yang ada, sehingga gerak yang tampak sangat halus dan natural seperti gerak hidup sebuah live-action sangat halus dan natural seperti gerak hidup sebuah live-action biasa. biasa. 2. Limited / Gaya sederhana Banyak digunakan untuk animasi berseri yang membutuhkan Banyak digunakan untuk animasi berseri yang membutuhkan tingkat produksi tinggi demi usaha kejar tayang yang sesuai tingkat produksi tinggi demi usaha kejar tayang yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan jadwal yang telah ditentukan 3. Exaggeration / Gaya Berlebihan Animasi yang melebih-lebihkan gerak sehingga tampak lebih Animasi yang melebih-lebihkan gerak sehingga tampak lebih dramastis dan ekpresif dalam mempertegas pesan adegan yang dramastis dan ekpresif dalam mempertegas pesan adegan yang akan disampaikan akan disampaikan

15 Penggunaan Animasi Penggunaan Animasi digunakan pada 1. Film Cerita, animasi sebagai cerita panjang, cerita pendek, sisipan / trailer untuk iklan pada cerita pendek, sisipan / trailer untuk iklan pada bioskop dan TV bioskop dan TV 2. Pelayanan Pemerintah, Animasi ini digunakan untuk propaganda, penerangan dan pendidikan untuk propaganda, penerangan dan pendidikan 3. Perusahaan, animasi ini digunakan untuk hubungan masyarakat atau iklan pengenalan produk masyarakat atau iklan pengenalan produk 4. Televisi komersial, animasi digunakan untuk tujuan komersial komersial

16 Terima Kasih


Download ppt "1 Bab 1 Pengantar Teknik Animasi I. Definisi Animasi Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederatan gambar secara tepat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google