Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

(CRITICAL REVIEW) MAKNA TEKS YANG TERDAPAT DALAM FILM (Analisis Semiotik terhadap aspek Gender dalam Film Arisan! Karya Nia Dinata)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "(CRITICAL REVIEW) MAKNA TEKS YANG TERDAPAT DALAM FILM (Analisis Semiotik terhadap aspek Gender dalam Film Arisan! Karya Nia Dinata)"— Transcript presentasi:

1 (CRITICAL REVIEW) MAKNA TEKS YANG TERDAPAT DALAM FILM (Analisis Semiotik terhadap aspek Gender dalam Film Arisan! Karya Nia Dinata)

2 Artikel • simbolisasi kosmopolitan dan gender terdapat dalam bentuk setting ruang, kostum, aksesoris dan penokohan serta konflik yang terdapat dalam adegan film Arisan. Dalam film Arisan ini lebih banyak menuangkan gaya kosmopolitan dan persoalan gender ke dalam bentuk ikon- ikon pergaulan kehidupan masyarakat kelas menengah atas kota Jakarta.

3 • Kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa simbol-simbol kosmopolitan lebih nampak dalam penggunaan aksesoris serta gaya hidup yang ditampilkan. Sedangkan simbolisasi mengenai gender dalam film Arisan ini, lebih diungkap kedalam bentuk krisis hubungan kaum istri dengan suami, serta tingkat maskulinitas yang sudah memasuki ikon-ikon femenitas dalam perawatan dan kecantikan tubuh

4 KRITIK • Artikel yang merupakan hasil penelitian tersebut telah menggambarkan semiotika yang ada dalam film Arisan. Namun, penulis tidak menjelaskan lebih detail bahwa makna semiotika dari film ini merupakan kehidupan metropolitan yang berbeda dengan kota lainnya dan menggambarkan realitas yang dipenuhi topeng.

5 Pesan dikemukakan dengan jelas lewat semiotika tersebut, bahwa kehidupan kaum jetset Jakarta yang dipenuhi topeng. Mereka menunjukkan keglamouran, kesuksesan, dan kesempurnaan dibalik kehidupan mereka yang penuh dengan konflik.

6 Sehingga… • kita dapat menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes yaitu tanda konotatif tidak sekedar memiliki makna tambahan namun juga mengandung makna kedua bagian tanda denotative yang melandasi keberadaannya. • semiotika yang ditampilkan lewat film tersebut ada makna denotasi/ bukan makna sebenarnya yang dapat kita temukan.

7 • Penulis menganalisis dengan menggunakan teori dari Charles Sanders Peirce, yaitu Ikon, symbol, dan indeks. Tetapi,penulis hanya menjelaskan ikon dan symbol dari film tersebut, tidak menunjukkan fungsi dari indeks • indeks yang dikemukakan dalam setiap tanda dalam film ini adalah hubungan sebab dan akibat dari setiap konflik yang terjadi. Setiap tokoh dalam film ini mempunyai masalah dan mereka berusaha untuk menutupinya,.

8 TERIMA KASIH


Download ppt "(CRITICAL REVIEW) MAKNA TEKS YANG TERDAPAT DALAM FILM (Analisis Semiotik terhadap aspek Gender dalam Film Arisan! Karya Nia Dinata)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google