Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VECTOR ART and STREET ART. What is VECTOR? Grafik Vektor (Vector Graphic) juga disebut sebagai model geometri atau grafis object oriented Gambar vector.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VECTOR ART and STREET ART. What is VECTOR? Grafik Vektor (Vector Graphic) juga disebut sebagai model geometri atau grafis object oriented Gambar vector."— Transcript presentasi:

1 VECTOR ART and STREET ART

2 What is VECTOR? Grafik Vektor (Vector Graphic) juga disebut sebagai model geometri atau grafis object oriented Gambar vector yang kita buat tidak akan pecah ketika di-zooming, karena gambar bitmap menggunakan basis pixel ketika di-zooming gambar akan pecah Sedangkan gambar vector tidak akan pecah. Menggunakan unsur-unsur geometri seperti titik, garis, kurva, dan bidang poligonal.

3 Mengunakan vector grafis kita dapat menghilangkan detil-detil gambar yang tidak perlu dari sebuah foto Detil dapat ditambah atau dihilangkan dari gambar vector. Ilustrasi vector dapat diedit warnanya menurut keinginan artis seni

4 Tampilan gambar vector modern dapat di temukan ditampilan sinar laser, menggunakan cermin X-Y yang bergerak cepat untuk menggambar bentuk dan teks pada layar lebar Gambar vector sekarang biasanya digunakan pada gambar komputer dalam konteks gambar dua dimensional. Model lain termasuk teks, multimedia dan 3D rendering Secara virtual semua sistem render 3D modern diselesaikan dengan menggunakan teknik 2D grafis vector

5 Mengoperasikan Gambar Vector Dalam mengedit gambar vector, kita dapat memutar, memindah, membalik, menarik, dan sebagainya untuk men- transformasikan gambar untuk menjadi gambar yang lebih kompleks. Transformasi lain yang dapat kita lakukan antara lain adalah menggabungkan objek, memotong objek, menduplikasi objek dan sebagainya.

6 Vector grafis idealnya digunakan pada gambar yang sederhana atau tidak memerlukan gambar foto-realis. Yang menguntungkan dari Vector grafis, karena menggunakan basis vector, ketika kita menggunakan sebuah logo vector pada kartu nama, gambar tidak akan pecah ketika kita akan mencetak gambar tersebut pada billboard yang berukuran sangat besar dibandingkan yang tercetak di kartu nama.

7 What is Vector Art? Vector Art adalah sebuah teknik untuk menggambar, bukan style! Penjelasan lebih lanjutnya… Vector art adalah seni yang dibuat berdasarkan program berbasis vector Yang termasuk dalam Vector art adalah membuat paths (garis) dan titik pada program seperti illustrator atau Freehand. Objek-objek yang terjadi terbentuk antara hubungan antara garis dan titik.

8 Vector dapat diperbesar atau diperkecil dengan kualitas yang sama baiknya. Objek tersebut juga diartikan sebagai objek yang solid, dapat di gerakan dengan bebas, atau dikelompokan dengan objek- objek lain. So vector art is… Apa pun yang diciptakan menggunakan Illustrator, Freehand, Corel Draw, Flash atau program ilustrasi "vector“ (Vector programs: Illustrator, Freehand, Corel Draw, Flash, etc.)

9 Sedangkan yang disebut dengan Raster Art bersifat kebalikannya. Raster Art berdasarkan informasi pixel. Jenis gambar ini dapat menghasilkan hasil yang lebih halus dan lebih detil pada foto atau lukisan, tapi ketika gambar diperbesar atau diperkecil maka hasil objek akan didistorsi untuk menciptakan informasi gambar yang baru. Raster Programs : Photoshop, Painter, Fireworks, MS Paint, etc RASTER ART?

10 What is Not Vector Art? Hanya karena sebuah objek memiliki warna yang datar bukan berarti itu adalah sebuah vector. Menggunakan fungsi filter untuk membuat objek berbasis raster tidak dianggap sebagai objek vector. Menggunakan tool lasso dan paint bucket Sebuah objek vector membutuhkan waktu untuk dibuat. Artist membuat keputusan berapa banyak atau sedikitnya detil yang akan digunakan, berapa warna dan warna apa.

11 What Does Vector Art Look Like? Apakah semua yang menggunakan warna blok/datar adalah vector art? TIDAK Apakah vector art dapat memiliki tampilan detil yang rumit seperti lukisan? YA Vector Art 1.Menggunakan program basis vector 2.Menggunakan komputer (yang jelas) 3.Dapat digunakan untuk membuat objek lebih sederhana 4.Dapat digunakan untuk membuat ilustrasi yang berdetil tinggi

12 Vector Art

13

14

15

16

17

18 Vector Art by: Chiho Aoshima

19 What is Street Art? Street Art adalah seni yang diterapkan pada public spaces. (dinding, pavement, jalan, pagar tembok, dsb) Biasanya memiliki bentuk ungkapan peduli terhadap masalah- masalah sosial, dan politik. Atau karya grafitti saja seperti; grafitti stensil, sticker art, wheat pasting, street poster art, video projection, art intervention, guerrilla art, flash mobbing, dan street installations

20 Tradisional grafitti biasanya menggunakan aerosol paint (pylox,bahasa gampangnya…) Sedangkat Street Art menggunakan banyak media dan teknik seperti wheatpasting Sticker Stensil Mosaic Video projection Street installations.

21 Adalah… Gerakan Street Art yang terjadi di New York dan Los Angeles sebagai evolusi dari graffiti. Sekarang Street Art sudah tersebar diseluruh dunia dan ada di negara-negara yang mengembangkan grafitti. Street Art bersifat lebih aktif, agresif, dan biasanya mengadaptasi tempat umum yang menjadi medianya. Street Art memiliki arti penting pada awal gerakan graffiti, sekarang guerrilla art sering disebut sebagai Post-Graffiti Art. GUERRILLA ART

22 Guerrila art berbeda dengan bentuk gambar lainnya, tidak ada batasan eksternal antara gambar dan lingkungan sekitarnya. Street Art bersifat environmental. Hasil dari guerrilla art berfokus pada efek dan sebab, bukan pada bentukan materinya. Membidik pada menciptakan efek dalam pikiran masyarakat yang hidup dilingkungan tersebut. Tidak harus fokus pada menghasilkan seni yang berarti.

23 Street Artist seperti Banksy, Swoon, Twist, 108, ORB, Ellis Gallagher, Judith Supine, Neckface, dan Os Gemeos sudah mendapat perhatian Internasional atas hasil karya mereka dan menampilkan hasil karya mereka di museum atau galeri dengan setting yang sama dengan di jalanan. Tidak jarang seorang Street Artist meraih kesuksesan komersial (Shepard Fairey, Faile, Kaws, dan Buffmonster), yang mengerjakan grafis untuk perusahaan lain kemudian memulai usaha merchandising lines mereka sendiri. Siapa saja Artist Street Art?

24 Wheatpaste, (juga dikenal sebagai, pasta kentang, pasta tepung, pasta beras, marxist glue atau hanya pasta) Adalah cairan adhesive yang digunakan sejak zaman dahulu untuk macam-macam seni rupa seperti papier-mache. Misalnya untuk membuat wallpaper pasta, kita gunakan tepung dan air, kemudian kita panasi sampai tebal dan keras. Wheatpaste juga digunakan untuk memasang graffiti pada dinding atau gedung. Pasta ini sangat mudah dibuat untuk pengganti adhesive yang sudah jadi. Media Street Art

25 Stencil graffiti Graffiti yang menggunakan kertas, cardboard, atau media lain untuk menciptakan gambar atau teks yang mudah direproduksi. Desain yang diinginkan dipotong dari media yang dipilih, kemudian gambar ditransfer ke permukaan dinding menggunakan spray paint (pylox… bahasa gaulnya…) atau roll on paint. Terkadang beberapa lembar stencil digunakan pada 1 objek gambar untuk menambah warna atau menciptakan kedalaman ilusi. Salah seorang Graffiti Artist yang sering menggunakan stencils ada Banksy

26 Sticker Art Sticker art adalah bentuk Street Art dimana pesan diterapkan pada stiker. Stiker art dapat dilihat di daerah yang ramai, karena dapat mempromosikan politik, komentar terhadap isu-isu, atau membuat avantgarde art campaign Sticker Art populer dikalangan remaja. Terkadang stiker-stiker gratis dari bilik pemilihan, stiker retail, dan sebagainya digunakan oleh para artist untuk digambar, dilukis, menggunakan stensil atau apa pun. Sticker art termasuk dalam subkategori dari postmodern art.

27 Street Art Left : Kurt Wenner 3D pavement art Up : Graffiti by Most misha in Saint petersburg- Russia (2007)

28 Left : Charcoal wall drawing by Jorge Rodriguez-Gerada in Barcelona-Spain Right : Street Art in Padangbai,Bali, Indonesia,2005

29 Graffiti by Neva Micheva in Sevilla, Spain (2004)

30 By Hannibal Vector

31 Stencils Art Stencil graffiti in Venice, Italy, In memory of Kursk submarine tragedy

32 banksy-stencil- guerilla-street-art

33 Kill_rude_Stencil near Rush and State Street-Chicago

34 Ich_Bin_Eine_TerroristinStencil Graffiti of Rosa Luxemburg on a portion of the Berlin Wall on display in Potsdamer Platzin Berlin

35 Up : Mind the income gap, Multicolor in Columbus, Ohio Left : Devil Bush by CDR in New York City.

36 Sticker Art

37

38

39 END

40 Contoh Grafitti Vandalisme


Download ppt "VECTOR ART and STREET ART. What is VECTOR? Grafik Vektor (Vector Graphic) juga disebut sebagai model geometri atau grafis object oriented Gambar vector."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google