Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Seminar Foto Jurnalistik Politeknik Swadarma. Foto jurnalistik adalah karya jurnalistik yang berupa visual, memiliki nilai berita atau pesan yang layak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Seminar Foto Jurnalistik Politeknik Swadarma. Foto jurnalistik adalah karya jurnalistik yang berupa visual, memiliki nilai berita atau pesan yang layak."— Transcript presentasi:

1 Seminar Foto Jurnalistik Politeknik Swadarma

2 Foto jurnalistik adalah karya jurnalistik yang berupa visual, memiliki nilai berita atau pesan yang layak untuk diketahui orang banyak dan disebarluaskan melalui media massa. Produk foto yang mempunyai nilai berita bisa disebut sebagai foto jurnalistik.

3 1.Rasa ingin tahu manusia yang menjadi naluri dasar. 2.Pertumbuhan media audio visual yang memuat gambar dan tulisan. 3.Kemajuan teknologi yang membuat perkembangan dunia fototografi berkembang pesat.

4 Fungsi Foto Jurnalistik 1. Menyiarkan informasi 2. Mendidik 3. Menghibur 4. Mempengaruhi Korban kelaparan Sudan 1993 by Kevin Carter

5 Universalitas Aktualitas Periodisitas Publisitas Prof Mitchel V.Charnley: Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau opini yang penting atau menarik minat Atau keduanya bagi sejumlah besar orang.

6 Jenis-jenis fotojurnalistik menurut World Press Photo 1. Spot Photo Peristiwa yang tidak terduga dan terjadwal langsung di lokasi. kebakaran, kecelakaan, perkelahian, dan perang, dll. 2. General News Photo Peristiwa yang terjadwal, rutin, dan biasa. Politik,ekonomi, dan humor. 3. People in the News Photo Subjek utamanya orang atau masyarakat dalam suatu berita.

7 4. Daily Life Photo Peristiwa kehidupan sehari-hari manusia dipandang dari segi kemanuasiawiannya (human interest). Pengrajin, pedagang,dan pengemis, dll. 5. Portrait Wajah seseorang secara close up dan ditampilkan karena adanya kekhasan pada wajah atau memiliki karakter yang unik. 6. Sport Photo Peristiwa olahraga.

8 7. Science and Technology Photo Peristiwa berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. 8. Art and culture Photo Peristiwa seni dan budaya. 9. Social and Environment Kehidupan sosial masyarakat serta lingkungan hidup sebagai subjek utama.

9 Foto jurnalistik merupakan kombinasi antara bentuk visual (foto) dengan kata-kata (5W+1H) dan dipublikasikan kepada masyarakat. Sehingga menjadi sebuah berita ataupun informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik lokal, regional, nasional maupun internasional. “If your pictures aren’t good enough, you’re not close enough,” - Robert Cappa

10 Kassian Cephas (15 Februari )15 Februari Fotografer Pribumi yang menjadi pelopor di Indonesia. Kassian belajar menjadi jurufoto di bawah petunjuk jurufoto pemerintah yang bekerja untuk Sultan Yogyakarta waktu itu, Simon Willem Camerik.

11 Borobudur (kiri) HB VII dengan pakaian kebesaran Kesultanan Yogyakarta (tengah). HB VII dengan kostum militer Belanda - Pada 1878, HB VII (kanan)

12 Ansel Easton Adams [ ] American landscape photographer Fotografer asal Amerika Serikat selaku aktivis lingkungan yang banyak menghasilkan karya foto hitam putih mengenai Amerika Serikat Barat. “Not everybody trusts paintings but people believe photographs. “- Ansel AdamsAnsel Adams

13

14 "I have been a witness, and these pictures are my testimony. The events I have recorded should not be forgotten and must not be repeated." -James Nachtwey-

15 SUDAN, FAMINE VICTIM IN A FEEDING CENTER. SUDAN, FAMINE VICTIM ABOUT TO RECEIVE WATER IN A FEEDING CENTER.

16 ANAK MENJADI KORBAN TRAGEDI MBAH PRIUK DI TANJUNG PRIUK- BY MUNI MOON- WAJAH IBU -BY MUNI MOON-

17 SEPATU SATPOL PP TERNODA BY MUNI MOON WAJAH MERAH BY MUNI MOON

18 Tamat


Download ppt "Seminar Foto Jurnalistik Politeknik Swadarma. Foto jurnalistik adalah karya jurnalistik yang berupa visual, memiliki nilai berita atau pesan yang layak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google