Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-GOVERNMENT PROVINSI JAWA BARAT Dra. LINDA NIM : 12251078 ANGKATAN : XX KELAS : REG. C.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-GOVERNMENT PROVINSI JAWA BARAT Dra. LINDA NIM : 12251078 ANGKATAN : XX KELAS : REG. C."— Transcript presentasi:

1 E-GOVERNMENT PROVINSI JAWA BARAT Dra. LINDA NIM : ANGKATAN : XX KELAS : REG. C

2 1. PENILAIAN WEBSITE  IDENTITAS LEMBAGA Jawa Barat adalah salah satu Provinsi yang termasuk pemenang e-Government tahun 2008 dengan menempati peringkat kedua. Website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah Identitas Alamat Website sudah sesuai dengan PERMEN KOMINFO bahwa setiap situs pemerintahan menggunakan domain go.id

3  TAMPILAN

4

5  KUALITAS ISI • Berdasarkan isi yang ditampilkan di website Pemprov Jabar sudah baik. Karena berisikan informasi, layanan, profil daerah, kelembagaan dan ragam. • Kualitas isi dari website Pemprov jawa barat sudah terbilang sangat lengkap. Dimana pengunjung website dapat melihat info-info terbaru yang disertai dengan foto khusunya sekitar Provinsi Jawa Barat

6  LAYANAN MASYARAKAT

7 Layanan Masyrakat Pemprov Jabar Meliputi : • Pelayanan Hotel Di Prov. Jabar setidaknya kurang lebih ada 900 Layanan Hotel yang diperuntukan bagi masyarakat atau mereka yang mengunjungi daerah tersebut. • Pelayanan Restoran Untuk pelayanan restoran di Prov. Jabar tersedia kurang lebih 530 restoran yang berkualitas. • Pelayanan Rumah Sakit Di Prov. Jabar tersedia untuk pelayanan Rumah Sakit lebih kurang 280 Rumah sakit yang tergolong lengkap dan berkualitas. • Pelayanan Bursa Kerja Pemerintah Prov. Jabar sangat pro aktif terhadap lulusan sekolah dan universitas sehingga para lulusan dapat disalurkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan cara melakukan kerja sama dengan instansi-instansi yang terkait. Hal ini diperuntukan sebagai cara penanggulangan terhadap penganggura. • Layanan Pajak Kendaraan Pemerintah Jabar sangat peduli dan memprioritaskan Para pemakai kendaraan dengan cara menyediakan mobil pelayanan terhadap pajak kendaraan. Sehingga Masyarakat tidak perlu datang ke Kantor pelayanan pajak yang jaraknya mungkin lebih jauh.

8 2. E-LEADERSHIP -Visi dan Misi Pimpinan

9 -Komitmen TI

10 3. PELAYANAN PUBLIK -Jenis Layanan

11

12 -Kualitas Layanan Berdasarkan hasil dari informasi dan tampilan dari website prov.Jabar kualitas layanan termasuk dalam kategori Cukup Baik, karna hanya memuat 2 kategori pelayanan, padahal masih banyak pelayanan lain nya namun tidak ditampilkan pada website. Contoh pada bidang transportasi

13 -Kinerja Layanan Dari uraian kualitas layanan dapat kita gambarkan bahwa kinerja layanan publik di prov.jabar termasuk dalam kategori cukup baik.

14 4. PROSES PERUBAHAN Perubahan Manajemen Layanan Sudah banyak Perubahan Manajemen Layanan di Prov. Jabar khusunya untuk pelayanan masyarakat. Perubahan tersebut meliputi. 1. Bidang Transportasi Untuk transportasi sendiri di prov. Jabar berubah sangat signifikan, diantaranya diadankan nya TMB (Trans Metro Bandung), Damri yang berkapasitas AC. 2. Pelayanan Pembayaran Pajak melalui Sistem Online. Sekarang sudah tersedia pembayaran pajak secara online di prov. jabar. Jadi masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor pajak, cukup dengan membayar melalui online kemudian uang pembayaran ditransfer melalui nomer rekening pajak yang telah disediakan. 3. Pengaduan Pelayanan Publik Pengaduan ini sudah disediakan oleh pemprov jabar di website resi jawa barat. Disitu masyarakat bisa menulis pengaduan untuk pelayanan publik.

15 5. INVESTASI IT -Besaran Investasi

16

17

18

19 -Efektifitas Investasi Meningkatnya taraf hidup masyarakat, pemerataan pendapatan dan memperluas kesempatan kerja dan juga diharapkan dapat mencapai target–target seperti yang telah ditetapkan baik untuk regional atau nasional. Untuk mengukur kinerja perkembangan ekonomi disuatu wilayah dapat diamati melalui pertumbuhan ekonomi makro, struktur perekonomian, pendapatan perkapita dan indikator ekonomi lainnya. Di samping itu, data statistik dan indikator ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis dan menentukan arah kebijaksanaan serta mengevaluasi hasil pembangunan. Salah satu indikator ekonomi yang diperlukan untuk mendapatkan gambaran mengenai perekonomian regional secara makro adalah data investai menurut penggunaan.

20 6. KOLABORASI -Pihak-pihak yang berkolaborasi

21

22

23 -Manfaat Kolaborasi

24

25

26 KESIMPULAN HASIL PENILAIAN E-GOVERNMENT JAWA BARAT Menurut pendapat saya Provinsi Jawa Barat masuk kategori dalam PHASE ke-3. Karna terlihat adanya bukti transaksi ataupun pengaduan langsung dari masyarakat secara on line. Selain itu juga masyarakat dapat mengetahui pemetaan daerah di jawa barat, misalnya kawasan hotel, rumah sakit, restoran dan Objek wisata.

27 KRITERIA PENILAIAN E-GOVERNMENT JAWA BARAT KRITERIAATRIBUTBOBOTNILAITOTAL NILAI 1. Website Lembaga1.Identitas 2.Tampilan 3.Kualitas Isi 4.Layanan Masyarakat 10% E-Leadership1.Visi dan Misi Pimpinan 2.Komitmen 10% Pelayanan Publik1.Jenis layanan 2.Kualitas Layanan 3.Kinerja Layanan 25% Proses PerubahanPerubahan Manajemen Layanan 15% Investasi IT1.Besaran Investasi 2.Efektifitas Investasi 15% Kolaborasi1.Pihak-pihak yang berkolaborasi 2.Manfaat Kolaborasi 25%200


Download ppt "E-GOVERNMENT PROVINSI JAWA BARAT Dra. LINDA NIM : 12251078 ANGKATAN : XX KELAS : REG. C."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google