Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KESEHATAN HAJI dr. Sutrisnowati, Msi MODAL DASAR IBADAH HAJI • MATERIAL •BIAYA UNTUK HAJI •BIAYA UNTUK YANG DITINGGAL • MENTAL •IMAN DAN TAQWA •JIWA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KESEHATAN HAJI dr. Sutrisnowati, Msi MODAL DASAR IBADAH HAJI • MATERIAL •BIAYA UNTUK HAJI •BIAYA UNTUK YANG DITINGGAL • MENTAL •IMAN DAN TAQWA •JIWA."— Transcript presentasi:

1

2 KESEHATAN HAJI dr. Sutrisnowati, Msi

3 MODAL DASAR IBADAH HAJI • MATERIAL •BIAYA UNTUK HAJI •BIAYA UNTUK YANG DITINGGAL • MENTAL •IMAN DAN TAQWA •JIWA / BATIN KITA • KESEHATAN •DI TANAH AIR (PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT) •DI PERJALANAN •SAAT DI TANAH SUCI

4 IBADAH HAJI = IBADAH FISIK • TANPA KESIAPAN FISIK YANG BAIK AKAN BANYAK KENDALA DALAM MELAKSANAKAN SEGALA SYARAT, WAJIB DAN RUKUN HAJI. • BERATNYA MEDAN, SUASANA DAN CUACA MEMERLU KAN KESIAPAN FISIK YANG PRIMA. • KESEHATAN FISIK DAN PSIKIS MERUPAKAN SYARAT MUTLAK DALAM PELAKSANAAN IBADAH HAJI.

5 KESEHATAN DI TANAH AIR  PEMERIKSAAN KESEHATAN ADA 3 TAHAP ◦ PEMERIKSAAN SAAT MENDAFTARKAN ◦ PEMERIKSAAN KE 2 SATU - DUA BULAN SEBELUM KEBERANGKATAN ◦ PEMERIKSAAN SAAT DI EMBARKASI  VAKSINASI ◦ ENSEFALITIS ◦ INFLUENSA (MENINGITIS DI RSUD BONTANG)  LATIHAN FISIK ◦ MELATIH STAMINA ◦ MELATIH OTOT DAN TULANG. ◦ AKLIMATISASI.  PERSIAPAN OBAT ◦ OBAT YANG AKAN DIBAWA BESERTA DOKUMENNYA YG TERDIRI DARI OBAT EMERGENCY DAN OBAT KHUSUS UNTUK MASING2 JAMAAH. ◦ PISAHKAN OBAT UNTUK DI PERJALANAN DAN OBAT UNTUK DI TANAH SUCI. ◦ BAGI IBU2 PERSIAPKAN UNTUK PENGATURAN HAID

6 KESEHATAN DALAM PERJALANAN KESEHATAN DALAM PERJALANAN  PERJALANAN SANGAT LAMA & MELELAHKAN ( + 10 – 12 JAM).  PERSIAPKAN OBAT UNTUK DI PERJALANAN, OBAT RUTIN UNTUK 2-3 HARI & OBAT EMERGENCY DIPISAHKAN DI TAS JINJING.  PERGUNAKAN WAKTU ISTIRAHAT SEBAIK-BAIKNYA, BILA DAPAT TIDUR AKAN MENGURANGI KELELAHAN.  BAGI CALHAJ YG SERING MABUK DI PERJALANAN, MINUM LAH OBAT ANTI MABUK 15 –30 MNT SEBELUM NAIK KENDARAAN.  INGAT PERJUANGAN BERAT SELANJUTNYA.

7 KELELAHAAN  ASTENIA ◦ KELELAHAN YANG MENETAP  HEAT RELATED ILLNESS. •FAKTOR PENDUKUNG; •SUHU TINGGI / RENDAH & KELEMBABAN RENDAH •AKTIFITAS BERLEBIHAN DIBAWAH SINAR MATAHARI LANGSUNG •SIRKULASI UDARA YANG KURANG BAIK •KEKURANGAN CAIRAN TUBUH. •HEAT STROKE •HEAT EXHAUSTION •HEAT CRAMP  PANDANGAN BERGELOMBANG  KELELAHAN AKAN MEMPERMUDAH TERJANGKIT NYA PENYAKIT.

8 KESEHATAN DI TANAH SUCI  6 PENYAKIT YG SERING MENIMPA JAMAAH HAJI: 1.SALURAN NAFAS 2.SALURAN CERNA 3.OTOT & TULANG 4.KARDIO VASCULER 5.KULIT 6.STRES & YG BERHUBUNGAN DENGAN CUACA.  JAGALAH KESEHATAN MASING2, KARENA MENGGANTUNGKAN DIRI KEPADA PETUGAS RASANYA TIDAK BIJAK KARENA JUMLAH YG TIDAK SEIMBANG.  JANGAN MAKAN MINUM SEMBARANGAN.  CUKUP ISTIRAHAT.

9 PENYAKIT SALURAN NAFAS  MERUPAKAN PENYAKIT YANG PALING MENGGANGGU DAN PALING SERING TERJADI PADA JEMAAH HAJI.  SAKIT TENGGOROKAN DISERTAI / TIDAK DG PANAS, BATUK SAMPAI BERKEPANJANGAN MERUPAKAN MASALAH UTAMA PADA JAMAAH HAJI.  APABILA SAUDARA MENGALAMI SAKIT TENGGOROKAN PILEK BATUK TANPA DISERTAI PANAS; ATASI DENGAN MINUM OBAT FLU & BATUK BILA DISERTAI DEMAM KE DOKTER KLOTER.  APABILA MENGALAMI SESAK NAFAS / ASMA ATAU O K YG LAIN KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER.  JANGAN TERGODA UNTUK MINUM ES, JUS, PERBANYAK MINUM HANGAT, AIR MINERAL YG TIDAK DINGIN.  JANGAN TERLALU CAPAI DAPAT MEMPERBERAT SAKITNYA.  BILA MAKAN BUAH CUCI DULU SEBELUM DIMAKAN, BAHAN PENGAWET MAKANAN BISA BERPENGARUH PADA SALURAN PERNAFASAN.

10 PENYAKIT SALURAN CERNA.  YANG PALING SERING KARENA SALAH MAKAN.  BERHATI-HATILAH THD MAKANAN YG KITA MAKAN.  BILA MENGALAMI MENCRET2 SEGERA MINUM ORALIT & NEW DIATAB, ATAU BUSCOPAN. BILA TIDAK MENGATASI KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER.  MAG KAMBUH KARENA STRES MENINGKAT / PENGARUH SITUASI. MINUMLAH ANTASID /MYLANTA TAB ATAU YG LAIN.

11 SAKIT OTOT & TULANG  OLEH KARENA KELELAHAN AKIBAT AKTIFITAS YG TINGGI SERING MENGELUH ANGGOTA TUBUH PEGEL / SAKIT SEMUA; BISA DIBERIKAN ANALGETIK ( ANTI SAKIT ) & OBAT GOSOK.  BILA DIKETAHUI O K KELEBIHAN ZAT DIDALAM TUBUH MISAL ; AS.URAT KONSULKAN KE DOKTER.  BILA O K TRAUMA, BENTURAN ATAU TERKILIR PERIKSA KAN KE DOKTER.

12 PENYAKIT KARDIO VASKULER  HAL INI BIASANYA SUDAH DIBAWA DARI TANAH AIR, BAGI YG DIRINYA MENGETAHUI ADA KELAINAN PADA JANTUNG & P.DARAHNYA AGAR MEMPERHATIKAN ANJURAN / SARAN DOKTER YG MERAWAT.  BILA MEMPUNYAI OBAT YG HARUS DIMINUM JANGAN SAMPAI LUPA.  BILA MENGALAMI KELAINAN SEGERALAH BERKONSULTASI KE DOKTER.  KELELAHAN FISIK & PSIKIS DAPAT SEBGAI PENCETUS TIMBULNYA P. CARDIO VASKULER.  DIKARENAKAN MUSIM DINGIN KADANG ADA KELUHAN PERDARAHAN HIDUNG OK. TIDAK TAHAN DINGIN.

13 KELAINAN KULIT.  KARENA UDARA KERING & PANAS/DINGIN SERING KALI KULIT KITA MENGALAMI PECAH2 TERUTAMA DAERAH TELAPAK KAKI.  PERGUNAKAN PELEMBAB KULIT / CREAM SPT NIVEA / YG LAIN UNTUK KULIT MUKA, LENGAN DAN TUNGKAI. GUNAKAN VASELINE UNTUK TELAPAK KAKI DAN DAERAH LIPATAN SIKU / LUTUT.  PERGUNAKAN PELEMBAB BIBIR LIPS GLOS, UNTUK MENGHIDARI BIBIR PECAH2.

14 STRES & YG BERHUBUNGAN DENGAN CUACA.  APABILA KESIAPAN MENTAL KURANG, DAPAT BERAKIBAT TERJADINYA GANGGUAN MENTAL / STRES.  PERBANYAK BERDOÁ, DZIKIR DAN MENYERAH DIRI KEPADA ALLH S W T. LAKUKAN TAUBAT NASUKA.  ISTIRAHAT CUKUP AKAN LEBIH BAIK.  PERGUNAKAN SELALU PAYUNG BILA PADA TERIK MATAHARI & MASKER PADA DAERAH BERDEBU.

15 INGAT !!!  SUHU UDARA, KELEMBABAN UDARA, DEBU DAN SUASANA YG SANGAT BERBEDA DENGAN DI NEGARA KITA.  PAKAILAH PELINDUNG (PAYUNG) SAAT PANAS PADA SIANG HARI.  PAKAILAH SELALU MASKER PADA SAAT LINGKUNGAN BERDEBU.  PAKAILAH  KREAM PADA KULIT YANG TERKENA SINAR MATAHARI  VASELIN CREAM/CAIR PADA DAERAH TELAPAK KAKI  PELEMBAB BIBIR.  JANGAN TERGODA DENGAN MINUM ES / JUS YG DINGIN SAAT CUACA TERIK / KEHAUSAN, MINUMLAH AIR MINERAL ATAU MINUMAN HANGAT.  MINUMLAH YG BANYAK, LITER SE HARI.  ISTIRAHAT CUKUP, TIDUR CUKUP AKAN MENGURANGI GANGGUAN PENYAKIT.

16 OBAT-OBAT YANG DIBAWA 1. OBAT-OBAT EMERGENCY 1.OBAT SAKIT KEPALA 2.OBAT FLU 3.OBAT SAKIT PERUT / MAAG 4.OBAT DIARE 2. OBAT-OBAT KHUSUS / PRIBADI, OBAT-OBAT YANG DIBERI DOKTER SESUAI PENYAKIT, MISALNYA : 1.HYPERTENSI 2.DIABETES 3.DLL.

17 CARA MENGATUR HAID (Pengertian /Istilah) Haid adalah siklus alami yang wajar pada setiap wanita. Namun haid dapat menjadi gangguan atau halangan bagi kaum wanita yang tengah melakukan aktifitas penting dalam hidupnya, seperti melaksanakan ibadah haji.  Darah haid adalah darah kotor yang keluar dari rahim seorang wanita sehat tanpa ada sebab, terlaranglah baginya untuk menjalankan ibadah agama.  Darah istihadh adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang bukan karena haid, Wanita ini wajib menjalankan semua ibadah sebagaimana ketetapan hukum wajib atas orang berpenyakit lain.

18 Seperti sabda Rasulullah s.a.w. yang artinya : Seperti sabda Rasulullah s.a.w. yang artinya :  Sesungguhnya Fatimah binti Abi Hubaisy telah berdarah penyakit, kata Rasulullah kepadanya ; sesungguhnya darah haid itu hitam warnanya dikenal oleh kaum wanita, maka apabila darah semacam itu ada, hendaklah engkau tinggalkan sholat, apabila keadaan darah tidak seperti itu hendaklah engkau berwudhu dan sholat.

19 A.PENUNDAAN HAID Untuk menunda haid caranya adalah minumlah MPA paling lambat 2 minggu sebelum haid yang berikutnya, atau lebih baik dimulai 5 hari setelah haid dan hentikan pemakaian 3 hari sebelum haid yang diinginkan. Haid biasanya akan datang 2-3 hari setelah penghentian pemakaian MPA. Selain untuk ibadah suci (haji), Medroksi Progesteron Asetat (MPA) dapat juga diberikan seperti pada :  Liburan panjang (bulan madu ).  Mengikuti ujian.  Sebelum tindakan Operasi.  Mengikuti pertandingan Olah raga.

20 Dosis MPA yang dianjurkan adalah 10 mg (1 tab)/hari, lamanya tergantung pada tujuan pemakaian seperti tertera diatas. OBAT LAIN YG SERING DIPAKAI: - Premolud N. - Endometril. - Lutenyl

21 PENUNDAAN HAID = minum MPA / PIL Minum pil

22 APA YANG HARUS DILAKUKAN APABILA TIMBUL PENDARAHAN BERCAK (SPOTING)  Kadang kadang dijumpai pendarahan bercak pada wanita tertentu selama menggunakan obat ini.  Untuk hal tersebut perlu dijelaskan bahwa pendarahan bercak itu pada dasarnya tidak perlu diberikan obat apapun.  Keadaan tersebut sering dijumpai pada penggunaan hormon progesteron.  Bila wanita tersebut tetap terganggu oleh pendarahan bercak itu, cara mengatasinya adalah dengan memberikan tambahan tablet 10 mg lagi, selama 3 hari. Apa bila dengan penambahan dosis pendarahan bercak masih ada bisa diberikan pil KB, hal tersebut tidak akan mengganggu ibadah.  Pendarahan bercak (spoting) yang mungkin terjadi selama menggunakan obat ini, menurut ahli hukum islam digolongkan kedalam darah istihadh. Oleh karena itu keadaan tadi tidak menghalangi wanita tersebut menjalankan ibadah/ rukun haji.

23 Para ahli kurang menganjurkan penggunaan pil KB “untuk penundaan haid” (bagi wanita yg tidak ber KB pil) karena pil tersebut dapat menimbulkan mual dan muntah serta memiliki banyak kontra indikasi seperti ; tekanan darah tinggi, kencing manis, varises, usia diatas 35 tahun, penyakit hati, penyakit jantung, dll. Estrogen saja tanpa kombinasi dengan progesteron tidak dibenar kan penggunaannya. Bila ingin menggunakan estrogen saja tidak boleh lebih dari 14 hari (bahaya kanker ). Para ahli kurang menganjurkan penggunaan pil KB “untuk penundaan haid” (bagi wanita yg tidak ber KB pil) karena pil tersebut dapat menimbulkan mual dan muntah serta memiliki banyak kontra indikasi seperti ; tekanan darah tinggi, kencing manis, varises, usia diatas 35 tahun, penyakit hati, penyakit jantung, dll. Estrogen saja tanpa kombinasi dengan progesteron tidak dibenar kan penggunaannya. Bila ingin menggunakan estrogen saja tidak boleh lebih dari 14 hari (bahaya kanker ).

24 HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA PENGGUNAAN TABLET MPA. 1. Bila tiba-tiba timbul sakit kepala mendadak, tablet MPA harus dihentikan. 2. Wanita dengan penyakit ginjal, jantung, epilepsi, migrain memerlukan pengawasan lebih ketat. 3. Wanita dengan riwayat depresi kejiwaan harus diawasi. Tablet MPA harus dihentikan bila depresi timbul kembali dengan lebih serius. 4. Wanita dengan diabetes melitus perlu diawasi secara teliti.Penurunan toleransi glukosa dapat terjadi pada sebagian kecil wanita yang menggunakan tablet MPA. 5. Penambahan berat badan mungkin ada hubungannya dengan penggunaan tab. MPA.

25 Beberapa keunggulan lain Medroksi Progesteron Asetat (MPA) adalah : 1. Tidak menimbulkan pengaruh kelaki lakian pada wanita yang memakainya. 2. Daya kerjanya sama kuat dengan obat progesteron turunan testoteron. 3. Tidak membebani kerja hati (liver) karena tidak perlu mengalami proses pengubahan. 4. Dosis yang diperlukan cukup rendah, yaitu 10 mg/hari (1 tablet).Berbeda dengan turunan testoteron yang memerlukan dosis sampai 3-4 tablet/hari. 5. Mudah diolah oleh hati. 6. Tidak mempengaruhi metabolisme lemak kolesterol (HDL). 7. Dapat menurunkan kadar testoteron (hormon yang menyebabkan kelaki lakian). 8. Tidak menurunkan kadar estradiol (hormon wanita) secara berarti selama pemakaian.Hal ini membuktikan bahwa MPA tidak mengganggu fungsi indung telur dan pembuatan hormon seks. 9. Tidak atau jarang ditemukan pengaruh sampingan yang berat.

26 17 Oktober : Take 0ff dari Balikpapan.. 18 Oktober : Umroh. 1 Nopember : Berangkat Wukuf ARAFAH. 2 Nopember : Tawaf Ifadah, Idul Ad’a (Lempar Jumrah Aqobqh.) Nopember : Tasrik ( Lempar Jumrah Ulla, Wusstho, Aqobah.) 15 – 22 Nop: Arbain di Madinah. 24 Nopember : Take off dari Jedah. 25 Nopember : Tiba di Balikpapan. Sehingga bagi Ibu2 Cal. Jamaah Haji yg jatuh haidnya antara tanggal 23 – 30 Oktober & 4 – 14 Nopember tidak perlu repot2 minum pil pengatur Haid. Bagi yang menginginkan jangka lama tidak Haid sudah harus minum obat secara teratur mulai hari ke 5 Haid bulan September - 22 Nopember. Misalnya mulai (hari pertama) Haid tgl. 15 Desember, harus sudah mulai minum tgl 20 September – 22 Nopember ASUMSI JADUAL PERJALANAN HAJI (PENGATURAN HAID)

27 ASUMSI JADUAL PERJALANAN HAJI. (PENGATURAN HAID) GELOMBANG I. 1 Januari = Take 0ff dari Balikpapan. 2 Januari, - Januari 9 Februari Arbain di Madinah. 10 Januari Umroh. 31 Januari = berangkat Wukuf ARAFAH. 1 Februari =Tawaf Ifadah, Idul Ad’a (Lempar Jumrah Aqobqh) 2 & 3 Februari = Tasrik ( Lempar Jumrah Ulla, Ustho, Aqobah) 9 Februari = Take off dari Jedah. 10 Februari = Tiba di Balikpapan. Sehingga bagi Ibu2 Cal. Jamaah Haji yg jatuh haidnya antara tgl. 12 – 25 Januari tidak perlu repot2 minum pil pengatur Haid

28 SEMOGA MENJADI :

29 DEMIKIAN TERIMAKASIH WABILAHI TAUFIK WAL HIDAJAH WASALAMUÁLAIKUM WR WBR


Download ppt "KESEHATAN HAJI dr. Sutrisnowati, Msi MODAL DASAR IBADAH HAJI • MATERIAL •BIAYA UNTUK HAJI •BIAYA UNTUK YANG DITINGGAL • MENTAL •IMAN DAN TAQWA •JIWA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google